Bahan Maxmara / Karakteristik / Jenis / Ciri-ciri yang Perlu Diketahui

Sejak pertama kali dikenalkan, bahan maxmara ini langsung mendapat tempat tersendiri di hati para konsumen. Khususnya bagi mereka yang suka dengan kain sejenis satin seperti ini.

Tetapi demikian, apa Anda sudah tahu informasi lebih jelasnya mengenai bahan maxmara seperti apa? Jika masih belum, maka kami akan mencoba memberikan sedikit penjelasannya kepada Anda, sehingga Anda bisa lebih paham dan mengerti maxmara tersebut. So, simak baik – baik ulasan berikut ini yuk!

Karakteristik dan Spesifikasi Bahan Maxmara

bahan maxmara lotus

Bahan maxmara ini sebetulnya merupakan jenis kain yang memiliki kemiripan dengan jenis kain satin. Meskipun demikian ternyata ada pula yang memasukan bahan tersebut ke dalam golongan bahan satin, walaupun jika dilihat dengan seksama ada perbedaan antara maxmara dengan bahan satin itu sendiri.

Khususnya untuk jenis maxmara sejenis bahan roberto cavali, tetapi apabila diteliti ada bedanya yakni bahan maxmara ini lebih halus seperti sutera. Oleh sebab itu ada banyak yang menyebutnya sebagai sutera satin yang sangat halus sekali.

Apabila diuraikan satu per satu pengertiannya, satin merupakan sejenis kain yang ditenun menggunakan teknik serat filament, sehingga memiliki ciri khas yakni mengkilap. Sementara itu untuk jenis maxmara sendiri diambil dari nama rumah mode dunia, sebab jika dilihat dari segi penampilannya tampak lebih glamor.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Bahan Fleece, Karakteristik, Ciri-ciri dan Kelebihan

Termasuk jenis kain yang adem, sehingga tidak akan membikin gerah saat Anda memakainya. Selain itu, bahan tersebut juga termasuk jenis kain yang ringan, licin, jatuh, dan tidak menerawang. Jika diteliti serat kainnya terlihat lebih rapi dan lembut dibandingkan dengan kain satin.

Bahkan tak hanya itu saja, bahan maxmara ini ternyata juga memiliki beberapa karakteristik lainnya, diantaranya sebagai berikut.

• Memiliki tekstur yang halus, lembut, adem, dan nyaman di kulit
• Tipis tetapi tidak menerawang
• Termasuk jenis bahan yang licin, ringan, dan jatuh
• Jika dipegang, bahan ini terasa lebih halus dan lembut
• Bahan tersebut bahkan juga berkilau tetapi lebih doff serta tidak glossy. Kilapnya pas banget dan bagus saat dikenakan
• Untuk harga, maxmara ternyata lebih mahal dari bahan satin sebab memang kualitasnya yang jauh lebih bagus
• Terdiri dari beragam warna, ada yang polos ada pula yang bermotif sehingga Anda memiliki banyak pilihan

Ciri – Ciri Kain Maxmara

bahan maxmara seperti apa

Menjadi salah satu jenis kain yang jadi buruan banyak orang, maxmara adalah jenis kain yang super lembut yang mana saat ini mulai menggeser ketenaran kain Jepang yang sudah lebih dulu populer.

Meksipun termasuk jenis kain pendatang baru, akan tetapi faktanya bahan maxmara tersebut menjadi yang paling pas untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian. Apalagi kain maxmara ini memiliki ciri – ciri kainnya yang nyaman saat dikenakan.

Pakaian yang dibuat dari bahan tersebut pastinya nyaman dikenakan untuk berbagai aktifitas. Lalu untuk pilihan warna kainnya sendiri sudah tersedia warna polos dan berbagai bahan maxmara motif. Anda bisa dengan mudahnya mencari yang paling Anda sukai.

Kelebihan Bahan Maxmara

bahan maxmara kerudung

Tekstur kainnya lebih lembut

Bahan satu ini memiliki tekstur yang lebih lembut, adem, dan pastinya nyaman dikenakan seharian. Saat diraba, bahan tersebut terasa lembut banget.

Kainnya tidak panas

Bahan maxmara ini bahkan cocok banget digunakan untuk semua jenis cuaca, bahkan cuaca terik sekalipun. Dengan mengenakan pakaian dari bahan dasar tersebut, maka Anda tidak akan merasa kegerahan.

Namun jika dilihat dari segi kenyamanannya sendiri, baik itu untuk jenis baju gamis bahan maxmara polos atau motif, gamis bahan maxmara premium dan yang lainnya sekalipun ternyata masih kalah dengan bahan katun jepang yang memang sudah terbukti kenyamanannya bagi penggunanya.

Sifat kainnya jatuh

Bahan maxmara ini memiliki sifat jatuh, licin, tipis, dan ringan. Tetapi meskipun bahan tersebut tipis ternyata tidak menerawang. Sebab memang serat kainnya yang lebih baik dibandingkan kain satin.

Baca Juga: Mengenal Kekurangan dan Kelebihan Bahan Wolfis Beserta Karakteristik

Kekurangan Bahan Maxmara

bahan maxmara motif

Bahan maxmara agak sulit dijahit

Khususnya dalam hal fleksibilitas, kain satu ini ternyata tidak bisa dijahit secara detail sebab bahannya yang licin, sehingga bisa merusak bahan. Sehingga penting sekali bagi Anda untuk lebih berhati – hati saat menjahit kain tersebut.

Harus dicuci menggunakan tangan

Dalam hal pencucian atau perawatannya sendiri, ternyata bahan maxmara ini hanya boleh dicuci dengan menggunakan tangan saja. Alasannya adalah katena jenis kain ini dibuat dari 100% sutera. Jadi merawatnya memang lebih sulit dibandingkan dengan jenis bahan lainnya yang bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci.

Lalu untuk proses penyetrikaannya pun perlu kehati – hatian. Sangat disarankan agar Anda menghindari penggunaan suhu yang terlalu panas. Sebab yang demikian tersebut bisa merusak bahan kainnya.

Baca Juga: Mengenal Bahan Balotelli Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis Kain Maxmara

gamis bahan maxmara

Bahan maxmara lux

Pada dasarnya harga kain maxmara lux ini ternyata ditawarkan lebih mahal dibandingkan jenis kain maxmara yang lainnya. Alasannya adalah karena kain tersebut tergolong yang paling adem, lembut, dan bahannya pun paling jatuh dibandingkan dengan jenis kain maxmara lain.

Gamis bahan maxmara dengan jenis satu ini pastinya akan membuat Anda nyaman memakainya selama seharian sekalipun. Selain itu, jika dilihat dari segi warnanya paling doff. Kain tersebut memang punya banyak perbedaan yang cukup mencolok sekali dari semua jenis maxmara.

Dengan semua kelebihannya, bahan maxmara ini apabila diperhatikan dengan seksama, Anda akan bisa melihat serat kainnya lebih terlihat jelas. Sehingga yang demikian inilah yang paling membedakan antara jenis lux dengan yang lainnya.

Bahan maxmara spandek

Jika menurut Anda, kira – kira bahan maxmara spandek seperti apa? Ini adalah jenis maxmara dengan karakteristik yang sangat elastis sekali. Khususnya untuk bahan maxmara kerudung biasanya dipilih yang berjenis spandek, sehingga membuat pengguna lebih mudah dalam mengenakan kerudung atau jilbabnya tersebut.

Kain dengan jenis ini jika dilihat sepintas memang hampir sama seperti maxmara lux, hanya yang membedakannya adalah serat kainnya yang hampir tidak terlihat secara kasat mata.

Bahan maxmara lotus

Lalu untuk jenis berikut ini cenderung memiliki jenis kain yang lebih kaku dan paling kilau. Apabila diraba denga tangan terasa lebih kasar di bagian dalam kainnya, tetapi di kedua sisi kain agak kaku. Bahan maxmara lotus tersebut seperti permukaan lilin, apabila dicermati jenis ini terlihat licin, namun serat kainnya hampir tidak terlihat.

Bahan maxmara polos

Untuk jenis yang terakhir ini pada dasarnya punya perbandingan kelas dibandingkan maxmara motif. Maxmara polos tersebut punya grade yang hampir sama dengan maxmara lux atau bahkan bisa dikatakan sama. Tetapi maxmara polos ini ternyata punya kualitas di atas maxmara jenis lainnya.

Selain hal tersebut, serat kainnya pun tampak lebih halus, dan hampir sama seperti maxmara lux. Sifat kainnya pun juga jatuh, lain halnya dengan maxmara lotus yang agak kaku.
Demikianlah karakteristik dan informasi lengkap bahan maxmara yang harus diketahui. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.