Mengenal Bahan Moscrepe Beserta Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Jika Anda ingin tahu bahan moscrepe seperti apa, maka bahan kain ini merupakan kain dari keluarga kain crepe. Harga bahan moscrepe berada di rentang medium. Banyak orang menggunakan kain dengan harga medium ini untuk membuat aneka gamis, hijab atau khimar.

Kain moscrepe memiliki tekstur seperti pasir akan tetapi tidak terlalu kasar dan memiliki kerut kain yang cenderung kecil. Sama halnya dengan jenis kain yang lain, diketahui, moscrepe juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Informasi selengkapnya akan kami sampaikan dalam ulasan di bawah ini!

Apa Itu Bahan Kain Moscrepe?

gamis moscrepe

Bahan kain moscrepe merupakan jenis kain dari keluarga kain wollycrepe. Tekstur jenis kain moscrepe cenderung kasar seperti pasir yang tersusun. Jika Anda lihat dari jarak dekat, seperti terdapat pasir yang menempel di area permukaannya namun sangat halus dan rapi.

Lantas, jenis bahan moscrepe panas atau tidak?

Diketahui bila jenis kain moscrepe memang memiliki tekstur yang cenderung kasar, akan tetapi jika Anda gunakan tidak panas. Hanya saja, jika Anda jadikan kain moscrepe sebagai pilihan bahan untuk gamis, ada baiknya agar Anda tambahkan furing didalamnya.

Gamis moscrepe tanpa furing tentu agak memberikan sensasi kasar dari teksturnya. Hal inilah yang akan menjadikan penggunanya merasa seperti panas ketika menggunakannya. Namun untuk penggunaan kain moscrepe sebagai bahan hijab, banyak orang yang tidak perlu menambahkan furing didalamnya.

Karakteristik Bahan Moscrepe

bahan moscrepe import

Jika Anda sudah menyentuh kain moscrepe, Anda akan tahu bedanya kain ini dengan jenis kain yang lain. Ada beberapa karakteristik dari bahan moscrepe yang Anda perlu kenali, diantaranya :

Teksturnya agak kasar seperti terdapat butiran pasir

Jenis kain moscrepe baik itu menggunakan bahan moscrepe premium atau yang biasa memiliki sifat yang ketika Anda sentuh terkesan agak kasar. Kesannya seperti terdapat butiran pasir yang berjajar disana. Namun butiran halus tersebut lebih halus dari pasir.

Mudah ketika disetrika

Salah satu kelebihan lainnya dari kain moscrepe adalah sebagai jenis kain yang sangat mudah disetrika. Anda akan sangat mudah untuk merapikannya. Tak butuh waktu lama menyetrika kain jenis ini karena tingkat kemudahannya ketika Anda setrika.

Bahkan walau Anda gunakan setrika yang masih belum terlalu panas, Anda tidak akan mengalami kesulitan apa pun ketika merapikan kain bahan moscrepe.

Kainnya tebal dan tidak mudah tembus pandang

Banyak orang yang memahami jika bahan yang tidak tembus pandang merupakan bahan yang tebal. Ya, memang hal demikian adanya. Termasuk bahan moscrepe merupakan jenis kain yang tidak tembus pandang karena teksturnya yang tebal.

Kainnya tidak mudah kusut dan dingin

Keunggulan lainnya dari kain moscrepe adalah mudah dirapikan dan disetrika, jenis kain ini juga tidak mudah kusut. Selain itu bahan ini juga termasuk ke dalam jenis bahan yang dingin ketika menyentuh kulit. Dengan adanya kedua hal tersebut menjadikan jenis kain ini tidak akan mudah pudar warnanya ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Memiliki warna yang jauh lebih hidup

Jika Anda adalah orang yang suka dengan kain yang punya banyak pilihan warna, maka menggunakan kain bahan moscrepe adalah yang terbaik. Bahan ini merupakan bahan yang banyak sekali pilihan warnanya dan warnanya juga jauh lebih hidup jika dibandingkan dengan jenis bahan lainnya.

Tidak menimbulkan rasa gatal ketika digunakan

Bahan moscrepe memiliki karakter bahan yang halus walau ada tekstur pasirnya. Dengan adanya hal tersebut menjadikan bahan ini tidak akan mudah menimbulkan rasa gatal ketika digunakan sebagai baju, kemeja atau yang lain.

Baca Juga: Mengenal Bahan Babyterry, Karakteristik Serta Kekurangan dan Kelebihan

Kelebihan Bahan Moscrepe

bahan moscrepe panas atau tidak

Bahan moscrepe memiliki beberapa kelebihan. Utamanya jika Anda bandingkan dengan bahan sejenis dengan rentang harga yang sama. Adapun kelebihan dari jenis kain moscrepe diantaranya :

Tekstur kain yang berbutir halus

Kain dengan jenis moscrepe merupakan jenis kain yang lentur. Selain itu jenis kain yang satu ini juga berbutir halus. Dengan hal tersebut tentu menjadikan siapa saja yang menggunakannya akan merasa nyaman dan tidak mudah merasa risih.

Bahannya tidak mudah kusut

Karena memiliki bahan yang tidak mudah kusut, tentu sebagai pengguna Anda harusnya lega. Bahkan tanpa disetrika, Anda masih bisa menggunakan baju dengan kain jenis ini lebih percaya diri. Anda juga tidak perlu merasa khawatir karena bahan ini tidak rapi.

Bahan moscrepe tidak transparan

Bahan ini adalah bahan kain yang tidak transparan. Karena itu banyak produsen baju muslimah yang sekarang ini menggunakannya sebagai gamis moscrepe dengan berbagai warna dan model yang dapat Anda pilih.

Harga bahan cukup terjangkau

Walau memiliki beberapa kelebihan, harga dari kain moscrepe ternyata cukup terjangkau. Dengan begitu Anda tetap bisa membelinya dan kantong Anda akan tetap aman membeli baju dengan bahan kain ini.

Bahannya mudah didapatkan dan hadir ke dalam berbagai pilihan warna

Anda yang suka baju dengan aneka warna, maka dapat mempertimbangkan untuk menggunakan moscrepe sebagai bahan pilihan Anda. Hal tersebut karena bahan yang satu ini memiliki aneka ragam jenis warna. Bahan mosrepe juga terkategori sebagai salah satu bahan yang cukup mudah ditemukan dan mudah untuk Anda dapatkan.

Baca Juga: Mengenal Kekurangan dan Kelebihan Bahan Wolfis Beserta Karakteristik

Kekurangan Bahan Kain Moscrepe

bahan moscrepe premiume

Namun walau terdapat banyak kelebihan dari bahan moscrepe, ada juga beberapa kekurangan dari bahan ini. Kekurangan kain moscrepe yaitu :

Nama warna sama namun kesan berbeda

Ya, walau banyak pilihan warna menjadi salah satu kelebihan, jika diperhatikan lebih lanjut semakin banyaknya warna menjadikan Anda kesulitan memilih. Terlebih jika dari satu produsen ke produsen yang lain dengan bahan yang sama dan nama warna yang sama ternyata hasilnya berbeda.

Semisal Anda membeli kain moscrepe seukuran 2 meter yang akan dijadikan sebagai baju. Ukurannya ternyata masih kurang untuk Anda. Anda harus kembali membeli kain moscrepe dengan warna yang sama. Ketika Anda membeli bahan yang kedua, ternyata kemungkinan adanya perbedaan warna terjadi karena Anda membelinya di dua penjual kain yang berbeda.

Hadir dalam beragam tingkat ketebalan

Hal lainnya yang menjadi kekurangan dari kain moscrepe adalah ketebalannya. Akan tetapi perlu Anda tahu bahwa bahan ini terdiri dari berbagai macam tingkat ketebalan. Ada bahan kain moscrepe yang paling tebal sampai yang paling tipis mendekati transparan.

Dengan adanya hal tersebut tentu menjadikan pembeli atau calon pembeli harus selalu memperhatikan dengan seksama ketebalannya. Pilih ketebalan yang memang paling pas dengan kebutuhan Anda.

Tingkat kualitas kain moscrepe

Jika dilihat dari segi kualitas, ternyata masih banyak orang yang menganggap jika jenis kain ini memiliki kualitas kurang bagus. Hal tersebut karena bahannya tidak sebagus pada bahan katun yang mampu menyerap keringat. Penilaian ini sendiri hadir karena tingkat sensitifitas kulit dan rabaan setiap orang yang berbeda – beda.

Ciri – Ciri Bahan Moscrepe

bahan moscrepe seperti apa

Ada beberapa ciri yang menjadi pembeda antara kain moscrepe dengan jenis kain yang lain. Ciri – ciri kain moscrepe diantaranya :

• Cukup halus walau jika disentuh terasa ada barisan butiran pasir
• Agak panas ketika digunakan karena tidak mudah menyerap keringat
• Tidak tembus pandang dan tidak menerawang
• Lapisan kainnya cukup tebal
• Mudah disetrika
• Tidak mudah kusut
• Cocok untuk gamis moscrepe, atasan, kemeja, tunic, dan yang lainnya
• Tersedia ke dalam berbagai varian warna

Itulah informasi tentang bahan moscrepe beserta kelebihan dan kekurangannya yang Anda harus tahu dan pahami. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.