Informasi Lengkap Tentang Bahan Polyester yang Harus Diketahui

Tahukah Anda, seperti apa sih bahan polyester itu? Buat yang masih belum familiar, sebetulnya ini merupakan bahan yang paling sering ditemukan di baju, celana, tas, maupun jilbab yang Anda kenakan sehari – hari. Bahkan terkadang bahan tersebut juga dipakai untuk membuat sprei, selimut, sofa, maupun tali makrame.

Tapi, sebenarnya bahan polyester seperti apa? Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai bahan tersebut, berikut ini akan kami bagikan ulasan selengkapnya untuk Anda.

Mengenal Bahan Polyester

bahan polyester tebal atau tipis

Dikenal sebagai kain sintetis, ini berarti bahan tersebut tidak bisa tumbuh secara alami atau bahkan tidak tersedia secara bebas di alam seperti halnya woll, cotton, maupun serat yang lainnya. Bahan polyester adalah jenis kain yang dibuat oleh tangan manusia.

Seperti yang sudah kami singgung pada kalimat di atas, bahan ini bukanlah berasal dari alam, akan tetapi lewat proses kimiawi. Bahkan kata polyester sendiri asalnya dari 2 kata, yakni “Polymer” yang memiliki artian sebagai plastik, dan “Ester” yang merupakan hasil pencampuran antara alkohol, minyak bumi, dan asam karboksilat.

Baca Juga: Mengenal Kekurangan dan Kelebihan Bahan Wolfis Beserta Karakteristik

Bahan kain polyester sendiri umumnya diproduksi dalam 3 bentuk dasar – serat, plasik, dan film. Salah satu alasan kenapa bahan tersebut banyak digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, sebab polyester diklaim lebih tahan lama dan mudah dalam hal perawatannya.

Ragam Tipe Bahan Kain Polyester

bahan polyester jaket

Pada dasarnya bahan yang berjenis sintetis ini punya 3 tipe utama yang paling sering digunakan di kehidupan sehari – hari, diantaranya sebagai berikut.

• PET (Polyethethylene Terephthalate)
• PCDT (Poly-1, 4-Cyclohexylene-Dimethylene)
• Dan benang sintetis

PET adalah jenis bahan polyester yang paling sering digunakan, itu sebabnya Anda akan lebih sering menjumpai pakaian berbahan polyester, seperti jersey bahan polyester, baju koko bahan polyester, topi bahan polyester, dan lain sebagainya.

Tapi, tahukah Anda ternyata polyester ini juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan botol air minum. Kabar baiknya lagi, PET dapat didaur ulang. PET pada dasarnya dihasilkan lewat pencampuran Ethylene Glycol dengan Methyl Ester dan Antimony Catalyst.

Atimony Catalyst ini sendiri nanti akan membantu terjadinya reaksi kimia yang kemudian hasilnya bahan sintetis tersebut. Untuk jadi kain, bahan ini harus terlebih dulu divakumkan dengan suhu tinggi dalam sebuah ruangan hampa udara.

Lalu untuk PCDT ini sendiri memang tidak setenar PET, tetapi demikian ternyata tipe tersebut jauh lebih elastis dibandingkan PET. Makanya jangan heran jika PCDT lebih sering dipakai sebagai bahan dasar pembuatan kain tekstil untuk tirai dan jendela dan penutup furniture.

Selain itu, PCDT biasanya dibuat dari hasil campuran antara zat asam dan zat kimia kainnya, termasuk di dalamnya adalah Poly-1, 4-Cyclohexylene-Dimethylene itu sendiri.

Terakhir ada benang sintetis yang juga bisa dipakai untuk ciptakan bahan kain polyester. Sebagai contohnya adalah benang filamen. Ini merupakan jenis benang yang dibuat lewat proses yang sedemikian rupa, sehingga hasilkan kain berbahan polyester tersebut.

Polyester ini nantinya bisa terlihat mirip sekali seperti bahan atau kain yang asalnya dari bahan alami. Namun demikian akan tetap saja bahan tersebut asalnya dari bahan kimia. Oleh sebab itulah tak berarti bahan yang non alami ini buruk kualitasnya.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Bahan Monalisa Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Apalagi bahan tersebut ternyata juga memiliki beragam kelebihan yang sudah pasti akan sangat membantu kehidupan Anda. Apa saja itu? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Kain Polyester

bahan polyester tas

Lebih awet dan tahan kuman, bakteri, dan bahan kimia lainnya

Anda mungkin saja tidak pernah menyangka sebelumnya, jika ternyata kain atau bahan polyester ini memiliki daya tahan yang sangat tinggi sekali. Ini artinya Anda bisa menggunakan bahan tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama lagi.

Ditambah, bahan ini ternyata juga tahan terhadap kuman, bakteri, juga bahan kimia lainnya, sehingga Anda pun tak perlu terlalu khawatir lagi polyestermu akan rusak.

Tidak mudah berkerut seperti bahan pada umumnya

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa pada dasarnya bahan polyester jaket, bahan polyester celana, bahan polyester jilbab, maupun bahan polyester tas akan membuat Anda tidak pernah menyesal sebab sudah memilikinya.

Alasannya adalah karena bahan tersebut tidak mudah berkerut walaupun sudah Anda tekuk – tekuk, atau bahkan digunakan selama seharian. Tidak hanya itu saja, bahan ini ternyata juga tidak mudah kusut maupun melar. Makanya, bahan dengan jenis tersebut akan membuat pakaian atau pun produk kain lainnya tetap memiliki bentuk sempurna.

Lebih mudah kering dan tahan air

Apabila pakaian atau bahan kain polyester Anda dicuci, maka Anda tak perlu terlalu lama harus menunggunya kering. Sebab, bahan ini ternyata lebih cepat kering dan tahan terhadap air. Yang demikian tersebut bisa saja terjadi, karena polyester memiliki kemampuan menyerap panas yang jauh lebih baik dari kain lainnya.

Makanya tak heran jika ada banyak barang – barang outdoor seperti jaket parka, tenda kemah, maupun payung yang dibuat menggunakan polyester sebagai bahan utamanya. Bahan tersebut pas banget dipakai di daerah – daerah bersuhu dingin sebab mudah menyerap panas.

Kekurangan Kain Polyester

bahan polyester baju

Tidak punya sirkulasi udara yang baik

Baik itu bahan polyester tebal atau tipis, sama – sama memiliki tekstur yang rapat. Sebab kelemahan satu inilah, sehingga menjadikan bahan tersebut lebih mudah lembab dan sulit sekali menyerap keringat berlebih.

Hal ini yang pada akhirnya membuat pengguna bahan tersebut tidak nyaman saat memakainya, apalagi ketika siang hari yang terik. Dibuat dari bahan kimia, sehingga menjadikan bahan ini bisa membuat kulitmu iritasi. Tetapi demikian, hal tersebut pastinya tergantung dari tingkat sensitifitas kulit masing – masing orang.

Mudah terbakar

Seperti yang sudah kami jabarkan sebelumnya, bahan kain polyester baju atau pada jenis pakaian maupun barang yang lainnya ini mengandung plastik. Oleh sebab itu, bahan tersebut malah mudah terbakar. Jadi, Anda disarankan untuk tidak meletakkannya di dekat api.

Selain mudah terbakar, ternyata bahan tersebut juga mudah susut jika terlalu sering terpapar sinar panas matahari yang berlebihan. Makanya, Anda harus lebih berhati – hati lagi dalam menjemur atau bahkan menyetrika kain polyester. Pun, jangan pernah merendam atau mencucinya di air panas.

Baca Juga: Penjelasan Bahan Wollycrepe Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan

Karakteristik Bahan Polyester

bahan polyester adalah

Seperti yang sudah kami bahas di atas bahwa karakteristik bahan kain polyester, baik itu untuk kain polyester polos maupun kain polyester motif pada dasarnya sama – sama memiliki kekuatan yang sangat tinggi sekali, juga tahan banting. Sehingga polyester tahan lama, tidak luntur, dan bebas kerut.

Tetapi demikian, penyerapan kelembaban pada jenis kain ini terbilang buruk. Untungnya, kain polyester memiliki ketahaan cahaya yang lebih baik, kecuali perbedaan serta akrilik, yang mana kemampuannya dalam menahan sinar matahari lebih baik dibandingkan kain serat alami lainnya.

Demikian informasi lengkap tentang bahan polyester yang harus diketahui bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.