Mengenal Bahan Scuba Beserta Karakteristik / Kelebihan / Kekurangannya

Sampai hari ini masih banyak yang bertanya, bahan scuba seperti apa? Oke, disini kita akan berikan pemaparannya. Bahan scuba adalah bahan kain yang serat kainnya lembut dan sangat halus. Jenis kain ini juga dikenal dengan istilah neoprene.

Tingkat ketebalan kain scuba tergolong lumayan tebal. Kain ini memiliki tingkat ketebalan sekitar 1 – 3 mm. Akan tetapi ketebalannya juga tergantung dari produksi pabrik. Kain scuba merupakan jenis kain yang memiliki tingkat elastisitas dan kerenggangan yang tinggi kurang lebih sekitar 40%.

Bahkan artis pun banyak yang menggunakan pakaian dengan bahan scuba. Kesan adem akan didapatkan dengan menggunakan baju yang kainnya adalah scuba. Pesona yang sangat cantik dan modis juga akan didapatkan dengan baju yang menggunakan bahan scuba. Berikut informasi selengkapnya tentang kain scuba untuk Anda!

Karakteristik Bahan Scuba

bahan scuba import

Kain scuba merupakan jenis bahan kain yang karakteristiknya cukup tebal. Lantas bahan scuba panas atau tidak dengan karakter tebalnya tersebut? Tenang saja, walau tebal akan tetapi bahan kain scuba tidaklah panas ketika digunakan.

Hal tersebut karena kain bahan scuba juga menyerap keringat. Namun, kain ini tidak tembus pandang sehingga banyak orang memanfaatkannya untuk menjadi berbagai item fashion.

Dress, ledgging, rok, baju, blouse, peplum dress, strap kamera, sarung tangan masak, aneka baju sampai dengan gamis bahan scuba juga dapat Anda temukan melengkapi busana fashion Anda.

Selain hal tersebut diatas, kain scuba memiliki daya recovery yang tinggi dan tingkat elastisitasnya cukup baik. Diketahui, kain ini memiliki keunggulan lain yaitu bahannya cepat kering dan tekstur kainnya halus. Bahan kain scuba juga tahan terhadap noda dan terasa empuk ketika digunakan.

Dengan semua kelebihan yang dimiliki, karena itu kain scuba selama ini menjelma menjadi salah satu produk kain yang sangat populer untuk dikenakan dalam industri fashion. Utamanya juga digunakan sebagai bahan olahraga mulai dari pakaian renang, pakaian senam sampai dengan pakaian selam.

Baca Juga: Mengenal Bahan Babyterry, Karakteristik Serta Kekurangan dan Kelebihan

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kain Scuba

bahan scuba adalah

Saat ini kain scuba sangat ngehits di kalangan industri fashion. Kain scuba dikenal ke dalam beberapa varian yaitu scuba knit atau scuba rajut dan scuba neoprene atau ponte. Scuba knit yaitu merupakan jenis kain scuba yang dirancang sebagai pakaian olahraga.

Kain scuba tersebut berupa kain rajut ganda yang memanfaatkan mesin rajut datar dimana ketika proses pembuatannya, mesin tersebut bekerja dengan cara membentuk rajutan dua lapis yang disatukan. Karena itu, kain scuba memiliki karakter yang tebal namun soft atau empuk.

Jika kain rajut ganda dibedakan dengan jenis kain rajut satu layer, maka tentu kain scuba rajut ganda memiliki tingkat elastisitas yang lebih terkontrol. Kualitasnya juga jauh lebih baik. Jenis kain rajut ganda memiliki kemampuan melar secara vertical dan horizontal sekaligus.

Bahan scuba sendiri berupa benang filament yang sangat halus dan kemudian dirajut secara padat sehingga akan membentuk kain rajut yang lembut dan halus. Ketebalan kain scuba mencapai kisaran 1 – 3 mm.

Jika ada jenis kain bahan scuba yang lebih tebal maka kain tersebut adalah neoprene yang memiliki lapisan dalam dari busa neuprnabe. Kain neoprene merupakan foam atau busa yang berasal dari karet sintetik yang dibuat dengan menggunakan bahan polychloroprene.

Proses pembuatan kain tersebut melalui proses pengepresan dan sekaligus pemanasan. Sementara ponte adalah kain rajut ganda yang sangat mirip dengan kain scuba. Akan tetapi jenis kain tersebut terbuat dari serat flamen yang lebih tebal.

Kain jenis itu biasanya terbuat dari kain polyester yang dikombinasikan dengan kain spandek atau lycra. Ada juga yang dikombinasikan dengan bahan rayon. Kain scuba neoprene secara keseluruhan biasanya digunakan membuat pakaian selam.

Namun beberapa waktu belakangan ini, designer menyulapnya menjadi aneka pakaian dengan tampilan khusus dan berbeda. Ada juga kain dengan bahan scuba yang memiliki motif keren. Bahan scuba printing yang memiliki motif menarik, bahan scuba salur dan juga bahan thick scuba beberapa waktu belakangan ini menjadi trend.

Baca Juga: Mengenal Kekurangan dan Kelebihan Bahan Wolfis Beserta Karakteristik

Jenis – Jenis Kain Scuba

bahan scuba premium

Kain katun scuba

Diantara semua jenis bahan scuba, yang jenisnya kain katun adalah jenis kain yang paling adem dan mudah menyerap keringat. Kain katun ini berdaya serat kapas dan juga memiliki permukaan yang teksturnya sangat halus.

Kain scuba polyester

Adapun jenis kedua adalah bahan scuba polyester merupakan jenis bahan kain yang bisa dibilang panas namun tidak mudah menyerap keringat. Hal tersebut terjadi karena kain scuba polyester terbuat dari serat sintetis yang berpadu dengan biji plastic.

Walau bahannya panas, akan tetapi polyester tidak akan mudah mengkerut atau kusut. Bahan kain ini juga tidak mudah melar walau sering dicuci karena itu digunakan baju sangat cocok. Baju dari kain polyester akan awet dan tahan lama.

Kain scuba linen

Untuk bahan jenis kain linen hampir mirip dengan kain katun. Akan tetapi bahan scuba linen memiliki serat yang jauh lebih kuat. Jenis bahan ini memiliki sifat yang dingin, lembut dan memiliki kemampuan menyerap keringat seperti halnya kain katun.

Kain scuba wool

Jenis Kain scuba wool merupakan jenis kain yang terkesan mewah. Kain ini jenisnya tebal dan mudah menyerap air. Akan tetapi sayangnya jika dicuci dengan cara yang salah, bahan yang satu ini mudah menyusut.

Kain sutera

Tentu kita pernah mendengar tentang kain sutera atau yang sering disebut dengan kain silk merupakan jenis kain yang terbuat dari kepompong ulat sutera. Kain ini mampu menyerap air. Hanya saja yang disayangkan, kain sutera ini mudah sobek. Karena itu penggunaan dan perawatannya harus sangat hati – hati.

Kain scuba

Jenis kain scuba merupakan jenis kain yang sangat halus dan lembut seratnya. Kain ini juga sering disebut dengan kain neoprene. Keunggulannya adalah memiliki bahan yang tebal dan bisa mencapai 1 – 3 mm lebih tebal dibandingkan kain biasanya. Jenis kain ini tahan air dengan tingkat elastisitas yang fleksibel.

Baca Juga: Mengenal Kain Bahan Crepe Karakteristik, Jenis dan Perawatannya

Kelebihan Bahan Scuba

contoh bahan scuba import

Bahan kain scuba memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan baik itu bahan kain scuba import atau bahan scuba premium. Beberapa kelebihannya yaitu :

  • Tidak panas
  • Terkesan elegan ketika digunakan
  • Dapat dijadikan baju model peplum yang sangat anggun
  • Dingin ketika digunakan
  • Memiliki tingkat elastisitas yang sangat terkontrol
  • Tahan terhadap cuaca ekstrim
  • Bahan ikan  scuba tebal sehingga tidak mudah sobek
  • Memberikan efek khusus pada pakaian. Karena itu banyak designer yang berkreasi dengan bahan kain ini.

Kekurangan Bahan Scuba

bahan scuba seperti apa

Hampir tidak ada kekurangan dari kain scuba untuk dijadikan pakaian. Akan tetapi, karena tingkat elastisitasnya yang tinggi menjadikan bahan kain scuba mudah molor jika Anda cuci dengan teknik yang salah. Jadi, ada baiknya Anda cuci kain scuba dengan hati – hati.

Itulah informasi selengkapnya tentang bahan kain scuba beserta kelebihan dan kekurangan. Anda yang sedang mencari kain yang adem untuk disulap menjadi pakaian, Anda bisa memanfaatkan bahan scuba.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.