Penjelasan Bahan Wollycrepe Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan

Jika Anda menemukan jenis kain yang memiliki tekstur agak kasar seperti kulit jeruk, maka jenis kain yang seperti ini merupakan ciri kain wollycrepe. Bahan wollycrepe hadir dengan berbagai macam varian. Hanya saja bahan wollycrepe sampai saat ini masih belum familiar dan belum banyak orang tahu.

Bahan wollycrepe sebenarnya merupakan jenis kain yang sangat cocok untuk disulap menjadi aneka model hijab dan gamis syar’i. Model gamis bahan wollycrepe sendiri sekarang ada banyak variannya. Rentang harganya tentu bervariasi.

Anda bisa memilih sesuai yang Anda inginkan dan tentu sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang kain wollycrepe, disini kita akan ulas dalam informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Bahan Wollycrepe?

model gamis bahan wollycrepe

Bahan wollycrepe adalah jenis bahan kain yang memiliki tekstur kulit jeruk paling halus. Jika Anda lihat, serat kain dari bahan wollycrepe mirip dengan serat kain pada jenis kain wolfis. Akan tetapi jenis kain wollycrepe sedikit lebih jelas teksturnya dibandingkan kain wolfis ketika Anda raba dengan tangan.

Bahan wollycrepe hadir dengan tekstur crepe di bagian permukaan kainnya. Mereka yang masih awam memang banyak yang mengira kalau jenis bahan yang satu ini bukan dari keluarga kain crepe.

Baca Juga: Informasi Lengkap Tentang Bahan Polyester yang Harus Diketahui

Hal tersebut karena serat kain dari bahan ini yang cukup halus sehingga berbeda dengan bahan moss crepe atau bahan crepe yang lain. Akan tetapi faktanya kain wollycrepe merupakan keluarga dari kain crepe.

Lantas bahan wollycrepe melar atau tidak?

Karena kain ini tidak memiliki elastisitas seperti kain kaos atau yang lainnya, maka jenis kain wollycrepe merupakan jenis kain yang tidak mudah melar. Susunannya akan tetap rapat seperti ketika pertama kali Anda membelinya bahkan walau Anda cuci berulang kali.

Karakteristik Bahan Wollycrepe

harga bahan wollycrepe premiume

Ada beberapa ciri yang teridentifikasi dari kain dengan jenis wollycrepe. Ciri – ciri kain bahan wollycrepe diantaranya :

  • Kain crepe adalah jenis kain dengan tekstur yang paling halus
  • Serat kainnya memiliki susunan yang mirip dengan serat kain pada kain wolfis
  • Hadir banyak pilihan bahan wollycrepe motif
  • Jenis kain crepe yang tidak memiliki sifat elastis
  • Sangat cocok untuk dijadikan kain membuat hijab masa kini mulai dari hijab pashmina atau hijab syar’I masa kini
  • Kainnya tidak mudah kusut sehingga Anda yang malas menyetrika akan tetap rapi dengan pakaian atau hijab yang menggunakan kain wollycrepe

Keunggulan Bahan Wollycrepe

gamis bahan wollycrepe

Ada banyak keunggulan yang bisa Anda temukan dari jenis kain ini. Secara umum, salah satu keunggulan bahan wollycrepe adalah dari ketebalan kainnya. Sifat kain wollycrepe jatuh atau tidak kaku sehingga cocok untuk bahan hijab dan gamis.

Gamis bahan wollycrepe sendiri sekarang ini bisa Anda temukan dengan mudah. Rentang harganya pun bervariasi tergantung juga atas model yang Anda inginkan. Semakin rumit modelnya maka akan semakin mahal pula harganya.

Selain hal tersebut, diketahui wollycree memiliki serat kain yang rapat dan tidak menerawang. Bahan kain ini juga tidak mudah kusut namun merupakan jenis kain yang tidak mudah menyerap keringat. Sehingga ada baiknya jika Anda membuat gamis dari bahan ini, Anda perlu gunakan furing yang dapat menyerap keringat di bagian dalamnya.

Pilihan warna yang dihadirkan sangat variatif. Anda bisa temukan kain wollycrepe yang warnanya cerah, basic sampai warna – warna pastel. Jenis kain tersebut juga hadir dengan berbagai macam motif. Anda bisa pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Mengenal Kekurangan dan Kelebihan Bahan Wolfis Beserta Karakteristik

Kekurangan Bahan Kain Wollycrepe

bahan wollycrepe motif

Namun dibalik semua kelebihannya, terdapat beberapa kekurangan dari bahan wollycrepe. Kekurangan kain dengan bahan wollycrepe diantaranya :

  • Tidak memiliki sifat elastis. Anda yang suka dengan kain elastis kemungkinan akan kurang cocok dengan bahan ini.
  • Agak sedikit transparan sehingga jika Anda gunakan sebagai bahan membuat pakaian, tentu dianjurkan agar Anda menggunakan lapisan furing di bagian dalamnya.
  • Harga bahan wollycrepe premium lebih mahal dibandingkan jenis yang lain.

Perbedaan Bahan Wollycrepe dan Moscrepe

bahan wollycrepe melar atau tidak

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan antara kain wollycrepe dengan moscrepe karena keduanya sama – sama merupakan keluarga kain crepe. Moscrepe sendiri merupakan salah satu jenis wollycrepe yang dapat ditemui di pasaran.

Untuk bahan kain wollycrepe yang jenisnya moscrepe teksturnya seperti pasir yang tersusun. Jika Anda lihat dari dekat, seperti ada susunan pasir yang menempel pada area permukaannya. Padahal sebenarnya susunan pasir tersebut merupakan tekstur dari kain itu sendiri.

Jenis bahan ini seringkali dijadikan bahan kain untuk gamis atau hijab masa kini karena tidak mudah bergeser – geser ketika digunakan. Banyak juga gamis syar’I yang dijual dengan menggunakan bahan moscrepe yang sebenarnya adalah keluarga dari kain crepe.

Baca Juga: Mengenal Bahan Moscrepe Beserta Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Selain moscrepe, jenis bahan wollycrepe lainnya yang juga dapat menjadi pilihan kain untuk Anda yang ingin membuat gamis atau hijab diantaranya :

Kain bahan bubble crepe

Jenis kain yang satu ini merupakan jenis kain dengan tekstur jeruk yang sangat terlihat. Tekstur jeruk sangat nampak. Jika dibandingkan dengan kain lainnya, jenis kain bubble crepe adalah jenis crepe yang paling kasar.

Karakteristik dari bubble crepe, merupakan jenis kain yang agak tipis akan tetapi tidak menerawang. Bahan kainnya juga jatuh, ringan dan tidak melar. Anda juga harus tahu bahwa sifat melarnya dari kain ini hanya bersifat semu.

Hal tersebut karena kain jenis ini sebenarnya bukan jenis yang mudah melar. Jika kain ini melar maka ada kemungkinan kain ini terlalu sering ditarik – tarik dalam penggunaannya.

Kain bahan Arabian crepe

Jenis kain Arabian crepe memiliki tekstur kain yang sangat halus dan dingin. Jika dibandingkan dengan kain moscrepe, kain bahan Arabian crepe lebih tebal dan lebih adem dirasakan.

Akan tetapi soal harga, dibandingkan moss crepe, kain Arabian crepe juga lebih mahal. Secara kasat mata antara moscrepe dengan Arabian crepe cukup sulit untuk dibedakan. Akan tetapi perbedaan yang sangat terlihat adalah ketika Anda merabanya.

Kain bahan crezia crepe

Jenis kain crezia crepe merupakan jenis kain wollycrepe yang hadir dengan kesan elastis. Bahkan jika dibandingkan dengan jenis kain crepe yang lain, crezia crepe adalah jenis yang paling elastis. Tingkat elastisitasnya cukup tinggi.

Anda dapat membuktikan tingkat elastisitasnya dengan merenggangkan bahan kain ini secara diagonal. Jangan merenggangkan secara vertical atau horizontal. Bentuk kain yang satu ini juga merupakan jenis yang paling unik.

Hal tersebut karena tekstur dari crezia crepe yang seperti garis – garis tersusun dengan objek wajik. Walau tidak tampak sangat jelas akan tetapi secara sekilas akan Anda lihat ciri khas tersebut pada kain jenis crezia crepe.

Itulah sedikit informasi untuk Anda tentang kain bahan wollycrepe beserta informasi keunggulan dan kekurangannya. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.