Keindahan Jenis Bunga Tulip yang Memiliki Banyak Manfaat

Saat pertama kali mendengar tentang bunga tulip, apa yang ada dalam pikiran Anda? Biasanya orang langsung terbayang dengan negeri kincir angin yaitu Belanda. Karena negara Belanda memiliki banyak tanaman bunga tulip yang indah.

Padahal sebenarnya bunga tulip bukan dari Belanda, tapi melainkan bunga asli dari negara Turki. Dahulu kala bunga ini hanyalah bunga liar yang tumbuh di pegunungan disekitar negara-negara Asia Tengah, diantaranya yaitu Kazakhtan.

Menurut sejarah bunga tulip ditemukan pada masa pemerintahan Kekhilafahan Turki Utsmani. Pada waktu itu orang-orang Turki yang membawa bunga tulip masuk ke negara angin kincir Belanda. Kata tulip sendiri berasal dari bahasa turki yang artinya sorban.

Sorban merupakan semacam kain yang dililit untuk menutupi kepala. Saat ini bunga tulip lebih dikenal dengan bunga  ciri khas negara Eropa. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa keahlian negara Belanda dalam melestarikan dan membudidayakan bunga tulip.

Serta bisa  menjadi berkembang biak dinegaranya dengan pesat. Dan bisa menjadikan bunga tersebut sebagai ikon dari negaranya.

Di negara Indonesia sendiri, bunga dari negara angin kincir ini hanya hidup di daerah tertentu saja. Hal itu karena bunga ini hanya bisa tumbuh di daerah yang mempunyai suhu dingin seperti di daerah Dieng, Puncak, dan lainnya.

Kalau Anda ingin melihat keindahan dan keistimewaan bunga tulip, kamu bisa dengan mengunjungi Taman Bunga Nusantara yang berada di Cipanas, Cianjur Jawa Barat.

Keindahan berbagai ragam warna yang cerah serta memukau hati, membuat pecinta bunga terpesona dan  menjadikan bunga ini sebagai penghias taman rumah mereka. Tetapi hal tersebut mungkin tidak bisa dilakukan karena bunga ini sangat susah jika dibudidayakan di daerah dengan cuaca tropis.

Jenis-jenis Bunga Tulip yeng Terkenal di Dunia

Bunga tulip adalah salah satu tanaman hias yang sangat banyak disukai oleh para pecinta bunga hias. Hal itu dikarena keindahan dan keragaman warnanya yang cerah dan menawan hati. Setiap jenis bunga ini memiliki ciri khas sendiri dan warna yang berbeda-beda.

Bunga tulip memiliki jenis dan warna  yang banyak diantaranya seperti bunga tulip putih, merah, ungu, bunga tulip pink (merah muda), bunga tulip orange dan berbagai warna yang lainnya.

Diantara sekian banyak jenis bunga indah diatas ada beberapa jenis saja yang diketahui dan terkenal di masyarakat. Bunga ini lebih terkenal dibandingkan dengan bunga-bunga lainnya. Kerena memang bunga ini memiliki warna yang indah serta bentuk yang menawan hati.

Untuk lebih mengenal jenis bunga dari negara kincir angin, berikut ini adalah beberapa jenis bunga tulip yang banyak dikenal di seluruh dunia :

Bunga Tulip Putih

bunga kutip putih

Bunga jenis ini lebih dikenal dengan bunga penghormatan dan perdamaian, karena memiliki simbol suci yaitu putih. Dinegara asalnya setiap tamu negara yang berkunjung ke Istana pasti akan disuguhkan bunga tulip putih di meja pertemuan mereka. Hal tersebut menunjukkan bahwa penghormatan kepada tamu besar yang diterima dan dilayani dengan kerendahan hati.

Bunga Jenis Double Late

Bunga Tulip Double Late

Bunga jenis ini memiliki keistimewaan yaitu pada daun mahkota memiliki ukuran lebih besar dibandingkan jenis lainnya. Selain itu, kelopak bunganya juga memiliki ukuran besar, dan apabila disusun dengan rapi maka terlihat indah. Hal tersebutlah yang menjadikan bunga ini disebut dengan Double Late.

Karakteristik bunga dari negara kincir angin  ini tidak tahan dengan curah hujan yang tinggi, angin kencang, dan juga berbagai cuaca ekstrim lainnya. Bunga dari negara angin kincir yang berjenis Double Late biasanya berbunga ketika memasuki bulan April. Dengan memiliki ukuran bunga yang besar dan warna yang cerah. Menjadikan  bunga ini menjadi salah satu bunga favorit bagi pecinta bunga.

Bunga Jenis Single Late

Bunga Tulip Single Late

Bunga jenis ini mempunyai ciri dan karakteristik yang hampir mirip dengan jenis bunga tulip double late. Perbedaanya hanya pada ukuran mahkota bungannya yang kecil. Pada umumnya bunga dari negara angin kincir ini berbunga saat memasuki bulan April, tapi untuk bunga ini sedikit lama untuk berbunga.

Namun, jangan khawatir, bunga ini pasti akan berbunga pada waktunya. Sekitar akhir bulan April bahkan terkadang sampai masuk bulan Mei Baru mulai berbunga.

Bunga Jenis Greigii

Bunga Tulip Greigii

Bunga jenis ini dikembangkan dari spesies Tulipa dan berasal dari Turkestan. Keistimewaan bunga dari negara angin kincir yang berjenis ini adalah bentuk bunganya yang memiliki kelopak besar dan terbuka. Selain itu bagian dasar kembang terkadang terlihat lebih gelap.

Bunga jenis ini pada bagian daunnya memiliki ciri khas bermotif seperti garis-garis dan corak warna ungu dengan tinggi tanaman sekitar 20-30 cm. Tulip Greigii biasanya akan berbunga ketika masuk bulan April.

Bunga Jenis Darwin Hybrid

Bunga Tulip Darwin Hybrid

Bunga ini merupakan tergolong jenis bunga tuli baru. Bunga ini ditemukan dan baru dikenal setelah perang dunia kedua. Bunga ini merupakan hasil dari persilangan antara tulipa Fosterian dan Darwin.

Bunga jenis Darwin Hybrid memiliki ukuran bunga yang besar dibandingkan dengan ukuran bunga tulip yang lainnya. Bunga ini banyak ditanam dan dijadikan sebagai penghias tanam maupun digunkan sebagai bunga potong.

Selain itu, jenis bunga tulip ini juga memiliki beraneka ragam variasi warna, diantaranya seperti warna Pink Impression (merah jambu), Oxford (merah) dan Apeldoorn.

Ada juga warna-warna lain yang dimiliki keturunan Apeldoorn dan Oxford, seperti Golden Oxford (kuning tua), dan Oxford (merah) dan Apeldoorn  Oxford Elite (oranye dengan pinggir kekuningan).

Bunga Jenis Triumph

Bunga Tulip Triumph

Bunga  jenis ini merupakan hasil dari Hybrida Single Early yang termasuk ke dalam bunga yang lambat berbunga. Bunga ini memiliki batang yang kuat sehingga dapat bertahan terhadap terpaan cuaca buruk.

Bunga ini sering sekali digunkan sebagai rangkaian bunga segar. Selain itu, bunga ini juga sering digunakan sebagai bunga potong, dan dijuluki sebagai tulip potong. Seperti dengan bunga dari negrara angin kincir pada umumnya bunga ini juga berbunga pada bulan April.

Bunga Jenis Apricot

Bunga Tulip Apricot

Nah, bunga jenis ini merupakan bunga tulip yang cepat untuk berbunga. Jadi bagi Anda yang ingin untuk cepat memiliki bunga dari negara angin kincir. Bunga Tulip Apricot lah yang menurut saya cocok buat Anda, apabila memng mencari yang cepat berbunga.

Bunga ini memiliki mahkota yang berlapis, yang membuat bunga ini mempunyai keindahan yang luar biasa. Keistimewaan bunga ini bisa dilihat dari jumlah mahkota bunganya, bunga ini hanya memiliki 6 daun mahkota saja.

Karakteristik dan ciri-ciri bunga ini adalah mempunyai batang cenderung pendek, tinggi tanaman sekitar 20-30 cm. Salah satu contoh jenis tulip yang masuk jenis ini adalah Apricot Beauty dan Christmas Dream.

Bunga Jenis Kaufmaniana

Bunga Tulip Kaufmaniana

Bunga  jenis ini merupakan genus yang dikembangkan dari spesies Tulipa kaufmanniana dan beraasal Turkestan. Bunga jenis ini salah satu bunga tulip yang cepat berbunga. Terkadang ketika memasuki bulan Maret tanaman ini sudah mulai mekar bunganya.

Tanaman ini mempunyai batang yang pendek, dan bagian bunganya terbuka lebar sehingga terlihat seperti bintang bersegi enam. Dengan warna kuning dengan garis merah membuatnya terlihat sangat megah dan menawan hati.

Bunga Tulip Double Early

Bunga Tulip Double Early

Bunga ini mempunyai lebih dari 6 mahkota bunga, meskipun tidak sebanyak pada jenis Double Late tetapi keindahan bunganya tidak kalah dari yang sejenis. Karakteristik bunga ini memiliki tinggi tanaman sekitar 20-30 cm serta mempunyai batang yang kuat dan bunganya juga tahan lama.

Biasanya tulip jenis ini akan mulai mekar bunganya ketika memasuki bulan April. Warna bunganya juga cukup beragam, tapi warna yang paling banyak disukai adalah warna merah muda keputihan.

Manfaat Bunga Tulip

manfaat bunga tulip

Selain Keindahan Bunganya, Ternyata bunga tulip juga mempunyai manfaat yang sangat banyak sekali. Agar tidak salah dalam memanfaatkan bunga tulip, saya akan berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan bunga ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya lebih lanju.

  1. Mencegah penyakit anemia.
  2. Mengatasi memar di tubuh.
  3. Melancarkan aliran darah.
  4. Mencegah kanker darah.
  5. Mengatasi sakit punggung.
  6. Obat pegal linu.
  7. Anti parasit dalam darah.
  8. Mencegah letih dan lesu.
  9. Anti oksidan alami.
  10. Mencegah penyakit penyumbatan pembuluh darah.
  11. Menyehatkan sel tubuh.
  12. Mencegah penyakit kanker.
  13. Menyehatkan jaringan kulit.
  14. Melindungi kesehatan pembuluh darah.
  15. Mencegah pembekuan darah.

Nah, Itulah jenis-jenis dan manfaat bunga tulip, dengan keindahan bunga dan warnanya yang beraneka ragam. Semua itu ciptaan Allah SWT yang harus dijaga dan dilestarikan. Sebenarnya di negara kita Indonesia ada bunga ini, namun tidak sebanyak yang ada di negri angin kincir Belanda.

Bila ingin melihat keindahan dan keunikan bunga dari negara angin kincir bisa berkunjung ke Taman Selecta Malang.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.