cara download story instagram

Instagram story atau yang seringkali disebut dengan istilah instastory atau snapgram merupakan sebuah elemen atau fitur yang cukup penting di aplikasi Instagram. Seperti layaknya story pada facebook dan snapchat, instagran story akan tetap terlihat sampai batas waktu 24 jam dari waktu story tersebut di upload. Beberapa story yang dirasa menarik tidak dapat disimpan.

Jika kita tidak tahu, bisa dikatakan bahwa cara download story instagram memang cukup sulit, bahkan orang-orang mungkin menyangka bahwa tidak ada caranya. Ternyata, caranya cukup mudah. Simak penjelasannya disini.

Cara Download Instagram Story Pribadi

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mendownload Instagram story pribadi dan menyimpannya di smartphone Anda.

1. Publikasikan Story Anda

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah membuat story melalui akun Instagram pribadi Anda, karena tentu saja Anda tidak dapat mendownload story milik sendiri tanpa membuatnya terlebih dahulu. Baik gambar berupa foto, video, atau bahkan boomerang, semuanya dapat disimpan di smartphone Anda ketika Anda sudah membuatnya.

2. Tekan Icon yang Menyerupai Tiga Titik Vertikal

Ketika story Anda sudah dalam keadaan aktif, tekan pada story tersebut. Anda dapat melakukannya dengan cara menekan gambar profil akun Instagram Anda. Setelah itu, tekan sebuah icon menyerupai tiga titik yang tersusun secara vertikal di bagian pojok kanan bawah layar smartphone Anda.

3. Simpan Story Anda

Apabila Anda sudah mengikuti langkah sebelumnya dengan benar, maka akan ada sebuah menu pop-up yang muncul dengan berbagai pilihan. Selanjutnya Anda hanya perlu menekan pilihan “Simpan” atau “Save”. Dengan demikian, story yang sudah Anda buat akan otomatis tersimpan di galeri smartphone Anda.

Dengan 3 langkah sederhana di atas, Anda sudah berhasil menyimpan story Instagram Anda sendiri. Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana apabila Anda ingin menyimpan Instagram story milik pengguna lain? Pembahasan mengenai hal tersebut akan dilanjutkan pada bagian berikut ini.

Cara Download Instagram Story Orang Lain

Pembahasan mengenai cara download story Instagram milik user lain tentunya menjadi salah satu pembahasan yang paling ditunggu-tunggu. Untuk dapat mendownload Instagram story orang lain, Anda akan memerlukan bantuan dari pihak ketiga, yang dalam hal ini hadir dalam wujud aplikasi tambahan. Aplikasi tersebut akan berbeda antara pengguna Iphone dan Android.

Pengguna Iphone, pengguna Android, serta pengguna web PC masing-masing memiliki cara yang berbeda untuk mendownload story Instagram milik seseorang. Sebab itu, cara-cara yang akan dijelaskan akan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu untuk pengguna Iphone, pengguna Android, dan pengguna Desktop. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Untuk Pengguna Iphone

Pengguna Iphone biasanya memiliki kekhawatiran lebih apabila menyangkut aplikasi tambahan, karena tidak semua aplikasi tambahan didukung oleh sistem operasi iOS. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab cara berikut ini dapat Anda lakukan dengan mudah lewat App Store. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka App Store pada perangkat Apple Anda
  2. Ketuk kolom pencarian dan ketikkan “Story Reposter” pada kolom tersebut. Tekan Enter.
  3. Setelah aplikasi Story Reposter muncul dalam hasil pencarian, ketuk pada tampilan overview aplikasi tersebut. Kemudian, ketuk pilihan “Download” yang terletak di sudut kanan atas tampilan layar Iphone Anda.
  4. Tunggu proses download hingga selesai
  5. Apabila proses download sudah selesai, ketuk icon aplikasi tersebut untuk menjalankannya
  6. Pada tampilan awal, Anda diwajibkan untuk masuk dengan akun Instagram Anda. Setelah itu, Anda dapat melihat sebuah tampilan yang hampir sama dengan tampilan pada halaman awal Instagram.
  7. Tentukan story dari pengguna yang ingin Anda simpan/download. Anda hanya dapat mendownload story dari akun yang terbuka. Dengan kata lain apabila akun orang tersebut di-private, maka Anda tidak dapat mendownloadnya
  8. Pilih story yang ingin Anda download apabila akun tersebut telah mem-posting lebih dari 1 story dalam 24 jam terakhir.
  9. Ketuk pilihan “Download” yang terlihat pada layar Anda kemudian ketuk pilihan “Simpan” untuk menyimpannya.
  10. Selesai. Story user lain yang Anda pilih telah tersimpan di galeri Iphone Anda.
  • Untuk Pengguna Android

Langkah yang perlu dilakukan oleh pengguna Android tidak jauh berbeda. Berikut tahapan-tahapannya:

  1. Buka Play Store pada smartphone Android Anda
  2. Carilah sebuah aplikasi bernama “Story Saver”. Segera sesudah muncul di halaman pencarian, download aplikasi tersebut dan tunggu hingga selesai.
  3. Setelah aplikasi tersebut berhasil didownload, ketuk untuk menjalankan.
  4. Hampir sama seperti pada Aplikasi di Iphone, Anda wajib masuk dengan menggunakan akun Instagram Anda.
  5. Setelah itu, Anda dapat melihat berbagai story dari following Anda. Anda juga dapat mencari pengguna lain berdasarkan username. Pilih story yang ingin Anda simpan.
  6. Langkah berikutnya adalah menekan tombol “Save” yang tertera di layar Smartphone Android Anda. Story tersebut akan secara otomatis berada di galeri smartphone Anda.
  • Untuk Pengguna Desktop

Pengguna desktop dapat dikatakan memiliki lebih banyak cara daripada pengguna smartphone. Hal ini dikarenakan jumlah situs yang menawarkan fitur download Instagram story begitu banyak bertebaran di web. Lewat web browser, pengguna lebih mudah mencari user Instagram yang dituju tanpa harus berpindah-pindah aplikasi seperti pada smartphone.

Ada beberapa situs yang dapat Anda kunjungi, diantaranya adalah StoryDownloader, StorySaver, StoriesIG dan Weynstag. Berikut akan dijelaskan cara-cara pada masing-masing situs tersebut. Yang pertama adalah StoriesIG. Untuk pengguna desktop, Anda dapat mengikut cara-cara berikut ini:

  1. Pergi menuju alamat storiesig.com dari web browser Anda, kemudian ketikkan username pengguna Instagram yang ingin Anda download story-nya.
  2. Ketuk foto profil pengguna yang Anda cari.
  3. Gulir ke bawah untuk melihat akun pengguna tersebut, kemudian tekan “download” pada story yang ingin Anda download. Story tersebut akan tersimpan di local disk laptop atau PC Anda.

Selanjutnya, StoryDownloader mungkin juga akan memiliki langkah yang tidak jauh berbeda dari StoriesIG. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Ketikkan storydownloader.net pada kolom pencarian web browser PC atau laptop Anda, kemudian tekan enter.
  2. Ketika halaman StoryDownloader sudah muncul, ketikkan username pengguna Instagram yang ingin Anda download story-nya, kemudian klik pada tulisan “Get Story”
  3. Story dari user tersebut akan muncul. Kemudian Anda hanya perlu memilih mana yang ingin Anda save.

StorySaver juga mengusung konsep yang kurang lebih sama dengan dua situs sebelumnya. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ambil apabila Anda memilih situs ini:

  1. Akses storysaver.net pada web browser PC atau laptop Anda.
  2. Setelah halaman awal muncul, ketikkan username dari pengguna Instagram yang story-nya ingin Anda download.
  3. Klik pada icon Download. Story dari user tersebut akan muncul beserta story-story lainnya dalam kurun waktu 24 tahun sebelumnya. Selanjutnya Anda hanya perlu menekan icon “Save As” pada story-story yang telah muncul.

Mudah bukan? Beberapa cara download story Instagram yang sudah dijelaskan di atas terbukti berhasil menyimpan story dari pengguna Instagram. Dengan demikian, sekarang Anda tidak perlu khawatir tidak dapat menyaksikan story setelah lewat 24 jam. Selamat mencobanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.