cara menggunakan whatsapp web

Dengan lebih daru satu milyar pengguna, Whatsapp Mesengger terbukti menjadi salah satu aplikasi terpopuler di dunia. Aplikasi ini membuat Anda dapat mengirimkan pesan lewat koneksi internet dan bukan menggunakan pulsa telepon, yang mana sangat menghemat pemakaian pulsa bulanan Anda. Tapi, tahukah Anda bahwa aplikasi ini juga dapat digunakan di web? Berikut pembahasan mengenai cara menggunakan Whatsapp Web.

Cara Menggunakan Whatsapp di PC

cara menggunakan whatsapp web di hp

Menggunakan aplikasi Whatsapp dari PC berarti mengirimkan pesan-pesan lewat komputer Anda menuju smartphone atau komputer kontak yang dituju. Yang Anda butuhkan adalah Whatsapp di ponsel Anda dan sebuah PC yang terkoneksi ke internet. Pada pembahasan di bawah akan dijelaskan mengenai langkah-langkah detailnya:

Menggunakan WhatsApp di PC Anda dapat dilakukan dengan menggunakan fitur WhatsApp Web. Untuk menggunakannya, Anda juga perlu akun WhatsApp yang aktif di ponsel Anda. Beberapa langkah di bawah ini adalah cara menggunakan Whatsapp web yang dapat Anda ikuti sesuai dengan jenis handphone Anda:

• Android

Secara umum, penggunaan Whatsapp Web dari smartphone Android mencerminkan cara penggunaan yang paling dasar apabilda dibandingkan pada smartphone lain. Berikut cara-cara mudah yang dapat Anda ikut:

  1. Buka web.whatsapp.com di komputer Anda menggunakan browser web (Chrome, Firefox, Opera, Safari atau Edge dapat Anda gunakan)
  2. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dengan mengetuknya iconnya pada tampilan smartphone Anda
  3. Buka layar Obrolan dan pilih Menu yang menyerupai icon berbentuk tiga titik verital, lalu pilih WhatsApp Web. Akan ada kode QR (terlihat seperti barcode acak) di layar komputer. Pindai ini menggunakan ponsel Anda. Cara memindainya adalah dengan mengarahkan barcode agar terlihat dengan baik melalui tampilan layar smartphone
  4. WhatsApp kemudian akan terbuka di browser komputer Anda dan Anda akan dapat menggunakannya untuk mengirim pesan seperti yang Anda lakukan di ponsel Anda.

Ketika Anda telah selesai sesi Anda, ingatlah untuk logout. Klik pada menu tiga titik di atas daftar obrolan di sisi kiri layar, kemudian klik Logout di bagian bawah daftar maka akun Anda secara otomatis keluar dari Whatsapp Web.

• iPhone

cara menggunakan whatsapp web di laptop

Cara mengakses Whatsapp web dari Iphone tidak jauh berbeda dengan cara mengakses Whatsapp web dari Android. Berikut langkah-langkah mudah yang dapat Anda tempuh untuk melakukannya:

  1. Buka web.whatsapp.com di komputer Anda menggunakan browser web seperti Chrome, Firefox, Opera, Safari, Edge, atau browser apapun yang kompatibel di PC Anda.
  2. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dengan mengetuk icon Whatsapp pada tampilan Iphone Anda.
  3. Jika Anda sedang dalam obrolan, navigasikan kembali ke layar obrolan utama dan pilih Pengaturan dari menu di atas sebelah kanan.
  4. Kemudian pilih WhatsApp Web. Akan ada kode QR (terlihat seperti barcode acak) di layar komputer. Pindai ini menggunakan ponsel Anda seperti apabila Anda memindai barcode pada umumnya. WhatsApp kemudian akan terbuka di peramban komputer Anda dan Anda akan dapat menggunakannya untuk mengirim pesan seperti yang Anda lakukan di telepon.

Sekali lagi, ingatlah selalu untuk logout apabila Anda sudah selesai menggunakan Whatsapp web. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara klik pada menu tiga titik di atas daftar obrolan di sisi kiri layar, kemudian klik Logout di bagian bawah daftar. Akun Whatsapp Iphone Anda akan secara otomatis logout.

• Blackberry

Meskipun penggunaan Blackberry sudah tidak se-hype dahulu pada saat awal penjualannya, tentu masih ada yang menggunakannya. Sebab itu, berikut cara menggunakan Whatsapp web bagi pengguna Blackberry:

  1. Buka web.whatsapp.com di komputer Anda menggunakan browser web (Chrome, Firefox, Opera, Safari atau Edge yang kompatibel)
  2. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dengan mengetuknya iconnya pada tampilan Blackberry Anda
  3. Buka Obrolan, lalu Menu, lalu WhatsApp Web. Akan ada kode QR (terlihat seperti barcode acak) di layar komputer. Pindai ini menggunakan perangkat Blackberry Anda. WhatsApp kemudian akan terbuka di peramban komputer Anda dan Anda akan dapat menggunakannya untuk mengirim pesan seperti yang Anda lakukan di telepon.

Seperti halnya pada Iphone dan perangkat Android, ketika Anda telah menyelesaikan sesi Anda, ingatlah untuk logout. Klik pada menu tiga titik di atas daftar obrolan di sisi kiri layar, lalu klik Logout di bagian bawah daftar.

• Windows Phone

Windows Phone menjadi salah satu perangkat yang wajib diperhitungkan belakangan ini. Tentu saja Windows Phone juga mengusung Whatsapp sebagai salah satu aplikasi chatting andalannya. Sebab itu, inilah langkah yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan Whatsapp Web dengan akun Whatsapp Windows Phone:

  1. Buka web.whatsapp.com di komputer Anda menggunakan browser web (Chrome, Firefox, Opera, Safari atau Edge).
  2. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Windows Phone Anda dengan mengetuknya
  3. Buka Menu, lalu WhatsApp Web
  4. Akan ada kode QR (terlihat seperti barcode acak) di layar komputer. Pindai ini menggunakan Windows Phone Anda. WhatsApp kemudian akan terbuka di peramban komputer Anda dan Anda akan dapat menggunakannya untuk mengirim pesan seperti yang Anda lakukan di telepon.

Ketika Anda telah menyelesaikan sesi Anda, ingatlah untuk logout. Klik pada menu tiga titik di atas daftar obrolan di sisi kiri layar, lalu klik Logout di bagian bawah daftar.

Cara Mengaktifkan notifikasi desktop pada Whatsapp Web

cara menggunakan whatsapp web di pc

Setelah Anda meluncurkan antarmuka WhatsApp pada PC Anda untuk pertama kalinya, Anda akan memiliki opsi untuk mengaktifkan notifikasi desktop. Opsi ini akan disorot dengan warna biru di atas daftar obrolan Anda. Jika Anda ingin mengaktifkan notifikasi desktop:

  1. Klik Aktifkan pemberitahuan desktop. Sebuah kotak akan muncul meminta Anda untuk mengizinkan pemberitahuan.
  2. Klik Izinkan

Cara Logout Whatsapp Web dari Ponsel

cara menggunakan whatsapp web di iphone

Jika Anda lupa keluar dari sesi WhatsApp di komputer, Anda juga dapat keluar dari ponsel. Berikut cara logout Whatsapp web dari ponsel Anda yang akan dijelaskan sesuai dengan jenis perangkat Anda masing-masing:

• Android

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dengan mengetuknya
  2. Buka layar Obrolan dan pilih Menu lalu WhatsApp Web. Di sini Anda dapat melihat komputer mana saja yang Anda masuk dan Anda dapat keluar dari sesi pilihan Anda

• iPhone

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dengan mengetuknya
  2. Jika Anda sedang mengobrol, navigasikan kembali ke layar Obrolan utama dan pilih Pengaturan dari menu bawah
  3. Kemudian pilih WhatsApp Web. Di sini Anda dapat melihat komputer mana saja yang Anda masuk dan Anda dapat keluar dari sesi pilihan Anda

• Blackberry

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dengan mengetuknya
  2. Buka Obrolan, lalu Menu, lalu WhatsApp Web. Di sini Anda dapat melihat komputer mana saja yang Anda masuk dan Anda dapat keluar dari sesi pilihan Anda

• Windows Phone

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dengan mengetuknya
  2. Buka Menu, lalu WhatsApp Web. Di sini Anda dapat melihat komputer mana saja yang Anda masuk dan Anda dapat keluar dari sesi pilihan Anda.

Whatsapp web menjadi salah satu alternatif yang banyak diminati pengguna aplikasi chat di Indonesia karena kemudahan dan fleksibilitas yang diberikannya. Sebab itu, banyak orang perlu mengetahui cara menggunakan Whatsapp web secara tepat, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.