cara menghapus akun facebook sendiri

Facebook merupakan platform media sosial yang banyak digunakan oleh orang saat ini. Popularitas Facebook tidak hanya pada golongan generasi muda namun juga menyentuh golongan lainnya. Namun dibalik popularitas Facebook, banyak orang yang sudah bosan dan ingin menghapus akunnya.

Cara menghapus akun facebook ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.Namun sebelum Anda menghapus akun Facebook, sebaiknya berpikir terlebih dahulu apakah memang benar-benar ingin melakukan penghapusan akun atau menonaktifkan akun? Kedua hal tersebut sangat berbeda. Berikut akan di ulas perbedaan antara penghapusan akun dan menonaktifkan akun Facebook.

Perbedaan antara Menonaktifkan Akun dan Penghapusan Akun Facebook

Proses penghapusan akun dan penonaktifan akun sangat berbeda. Penghapusan akun akan membuat akun Anda tidak dapat di akses sama sekali dan jejak digitalnya hilang di internet secara permanen. Namun menonaktifkan akun Facebook sifatnya sementara dan dapat di akses lagi dengan melalui mekanisme tertentu. Berikut adalah perbedaannya.

1. Penonaktifan Akun Facebook

Penonaktifan akun Facebook dapat Anda gunakan ketika sedang jenuh dengan dunia digital dan ingin refresh sejenak dari media sosial tersebut. Hal itu sangat berbeda dengan penghapusan akun yang akan menghapus akun secara permanen. Berikut akan di ulas beberapa kondisi yang akan Anda alami ketika melakukan penonaktifan akun Facebook.

  • Pengaktifan akun kembali dapat dilakukan segera dan tanpa adanya batas waktu tertentu.
  • Follower dan teman Anda tidak dapat melihat postingan dan mencari Anda ketika akun di nonaktifkan sementara.
  • Namun beberapa informasi tetap dapat di lihat oleh pengguna Facebook lainnya seperti informasi pesan yang Anda kirimkan.

2. Penghapusan Akun Facebook

Penghapusan akun Facebook sebaiknya Anda lakukan ketika sudah benar-benar bosan dan tidak ingin menggunakan platform media sosial Facebook. Ketika Anda sudah memutuskan untuk menghapus akun, maka selamnya tidak akan bisa mengakses akun Anda. Berikut adalah beberapa kondisi yang akan Anda temui ketika melakukan penghapusan akun.

  • Akses akun Facebook Anda sudah sepenuhnya tidak dapat dilakukan
  • Ketika Anda mengajukan permohonan untuk penghapusan akun, pihak Facebook akan memberikan tenggat waktu selama 90 hari untuk melihat aktivitas Anda di media sosial tersebut.
  • Apabila dalam jangka waktu 90 hari Anda masih membuka akun Facebook, maka pengajuan Anda tidak akan diproses lebih lanjut.
  • Ketika Anda sudah melewati tenggang waktu 90 hari maka pihak Facebook akan menghapus seluruh informasi data Anda di platform Facebook dan sudah permanen tidak dapat di akses oleh siapapun.
  • History pengiriman pesan tidak akan bisa terhapus sempurna karena teman Anda yang menerima pesan juga memiliki history tersebut sehingga dapat mengakses pesan tersebut.

Itulah perbedaan kondisi yang akan Anda temukan ketika melakukan penghapusan akun maupun penonaktifan akun Facebook. Keduanya tentunya memiliki perbedaan mendasar yang harus Anda cermati sebelum memutuskan untuk memilih. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara menonaktifkan akun berikut akan di ulas di bawah ini.

Cara Menonaktifkan Akun Facebook

cara menghapus akun facebook lite

Melakukan penonaktifan akun Facebook dapat menjadi solusi bagi Anda yang jengah dengan kicauan buzzer dan berbagai komentar negatif yang mengganggu. Sejenak Anda akan beristirahat dari hiruk pikuk dunia Facebook dan akun Anda dapat diaktifkan kapan saja diinginkan. Berikut akan di ulas beberapa tahapannya.

1. Masuk ke web browser ponsel, laptop, maupun PC Anda
2. Masukkan alamat www.Facebook.com di kolom alamat web browser
3. Login ke akun Facebook
4. Klik opsi menu ( Ikon tiga garis sejajar)
5. Masuk ke menu pengaturan
6. Masuk ke Informasi Facebook Anda
7. Klik opsi kepemilikan dan kontrol akun
8. Pilih opsi penonaktifkan dan penghapusan
9. Pilih opsi penonaktikan akun
10. Masukkan kata sandi akun Facebook Anda
11. Masuk ke menu “ ini hanya sementara. Saya akan kembali
12. Klik keluar

Cara di atas dapat menjadi panduan Anda dalam melakukan proses penonaktifan akun Facebook. Lama waktu penonaktifan akun dapat Anda tentukan sesuai dengan keinginan Anda. Pengaktifan akun kembali dapat dilakukan dengan mudah. Anda tinggal melakukan login pada akun Facebook kapanpun Anda inginkan.

Seringkali rasa jenuh, bosan, dan malas untuk menggunakan media sosial menghinggapi Anda. Hal itu mungkin terjadi karena banyaknya buzzer dan bullying digital yang sangat mengganggu dunia media sosial. Untuk itu penghapusan akun media sosial dapat menjadi solusi. Berikut akan diulas cara menghapus akun Facebook secara Permanen.

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

cara menghapus akun facebook orang lain

Aktivitas buzzer, hate speech, dan bullying digital yang terjadi akhir-akhir ini tentunya akan sangat mengganggu Anda. Untuk itu salah satu solusinya yaitu dengan menghapus akun Facebook secara permanen. Hal tersebut dilakukan guna menghindari penyalahgunaan akun Facebook Anda. Berikut adalah beberapa tahapanya.

1. Masuk ke web browser ponsel, laptop, maupun PC Anda
2. Masukkan alamat www.Facebook.com di kolom alamat web browser
3. Login ke akun Facebook Anda
4. Masuk ke menu setting atau pengaturan
5. Klik opsi sunting pada pilihan kelola akun
6. Pilih opsi nonaktifkan akun Anda
7. Isi alasan Anda untuk menghapus akun (Terdapat beberapa opsi yang dapat di pilih)
8. Centang tolak email
9. Klik opsi tutup
10. Pilih nonaktifkan sekarang

Cara di atas dapat menjadi referensi Anda dalam menghapus akun Facebook. Penghapusan akun Facebook dilakukan guna mencegah penyalahgunaan informasi akun terhadap berbagai tindakan yang tidak bertanggung jawab. Maka apabila Anda sudah jenuh, bosan, dan malas bermain Facebook maka sebaiknya hapuslah akun Anda.

Kesibukan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari seringkali membuat Anda melupakan akun media sosial Anda. Ketika Anda berusaha untuk login ternyata password dan email yang dimasukkan salah sedangkan berbagai informasi pribadi tercantum di akun tersebut. Solusinya yaitu menghapus akun Facebook yang lupa password.

Cara Menghapus Akun Facebook Lupa Kata Sandi

cara menghapus akun facebook lama

Bagi Anda yang sudah jarang untuk membuka media sosial Facebook, seringkali melupakan kata sandi untuk login. Hal tersebut sungguh merepotkan khususnya ketika Anda ingin menghapus akun Facebook. Cara menghapus akun Facebook di atas tidak dapat Anda gunakan. Namun tidak perlu khawatir karena Anda masih dapat menggunakan cara berikut ini.

1. Masuk ke web browser ponsel, laptop, maupun PC Anda
2. Masukkan alamat www.Facebook.com di kolom alamat web browser
3. Login ke akun Facebook menggunakan akun lain
4. Gunakan fitur pencarian untuk mencari akun yang hendak di hapus
5. Buka menu profil
6. Pilih opsi lainnya
7. Pilih menu “beri masukan atau laporkan akun ini
8. Pilih alasan Anda
9. Pilih Menu kirim
10. Centang pada kotak “saya yakin bahwa ini melanggar komunitas Facebook
11. Klik kirim laporan dan selesai
12. Tunggu hingga pihak Facebook melakukan verifikasi

Cara Menghapus Akun Facebook Orang Lain

cara menghapus akun facebook

Selain Anda dapat menghapus akun sendiri, disini Anda juga dapat menghapus akun facebook orang lain, dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan. Diantaranya sebagai berikut:

  • Pemilik akun sudah meninggal.
  • Pemilik akun sudah tidak dapat mengoperasikan akun Facebook secara fisik.

Dengan adanya ketentuan-ketentuan diatas, Anda tidak boleh semena-mena menghapus akun seseorang yang masih mengoperaasikan Facebook. Berikut ini cara menghapus akun facebook orang lain, simak-baik-baik lalu praktekan.

1. Pertama masuk ke halaman sini
2. Isi lengkap nama Anda dan email di kolom yang sudah disediakan
3. Isi nama pengguna Facebook yang hendak Anda non-aktifkan
4. Kemudian isi alamat web atau URL akun Facebook dari pengguna tersebut (URL bisa dilihat di address bar pada browser Anda)
5. Isi alamat email si pengguna Facebbok yang akan di non-aktifkan.
6. Setelah itu, centang salah satu pilihan yang sudah disediakan oleh Facebook
7. Anda bisa menuliskan informasi tambahan jika Anda memiliki pertanyaan seputar pengguna akun yang hendak di non-aktifkan
8. Kirim

Cara menghapus akun Facebook secara permanen, penghapusan akun lupa password, dan penonaktifan akun di atas dapat menjadi referensi Anda untuk mengatasi berbagai persoalan. Sebelum hendak melakukannya sebaiknya Anda terlebih dahulu untuk mempertimbangkan keputusan yang hendak diambil agar tidak menyesal di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.