cara menghapus akun whatsapp

Meski terbilang mudah, cara menghapus akun WhatsApp memiliki beberapa ketentuan khusus yang harus ditaati, bagi Anda yang telah mengerti tata cara menghapus akun tersebut ada baiknya Anda membagi informasi ini kepada orang lain yang mengalami kesulitan.

WhatsApp atau kerap disebut dengan WA merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang diperuntukan untuk ponsel pintar, memiliki fungsi yakni memudahkan para pengguna dalam bertukar pesan, gambar hingga video serta lainnya. Karena fungsi tersebut, aplikasi ini digemari banyak orang.

Bagaimana Menghapus Akun WhatsApp

cara menghapus akun whatsapp orang lain

cara menghapus akun whatsapp di hp orang lain

Setelah mengetahui ketentuan yang harus diperhatikan dan konsekuensi yang di dapat, berikut ini cara dan langkah yang dapat Anda gunakan untuk menghapus akun WhatsApp. Langkahnya sangat mudah dan tidak akan membuat Anda kerepotan dalam melakukannya.

  • Pertama Anda harus masuk ke akun WhatApp.
  • Setelah itu masuk ke Menu Setelan dan pilih Akun.
  • Pilih menu Hapus Akun Saya.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan nomor WhatsApp akun yang akan dihapus.
  • Kemudian akan ada pertanyaan mengenai alasan dan penyebab Anda menghapus akun.
  • Pertanyaan tersebut tidak wajib diisi, selanjutnya pilih Hapus Akun Saya.
  • Ketika memasuki beberapa langkah terakhir, akan ada beberapa ketentuan ketika Anda memilih menghapus akun.
  • Akun WhatsApp telah berhasil dihapus.

Cara Menghapus Akun WhatsApp

Meski banyak yang menggemari aplikasi pesan yang satu ini, tidak jarang pula ada yang ingin menghapusnya, dengan berbagai macam alasan pribadi. Namun, sebelum mengetahui cara menghapus WA terdapat ketentuan tertentu yang ahrus Anda perhatikan dan perlu dilakukan, berikut beberapa diantaranya.

  • Akun WhatsApp yang telah Anda hapus tidak dapat Anda akses kembali.
  • Berpengaruh pada informasi yang dimiliki oleh pengguna lain, dalam hal ini pesan yang telah Anda kirim.
  • Membutuhkan waktu 90 hari untuk menghapus data yang dapat diakses di WhatsApp terutama dalam sistem cadangan.
  • Informasi yang Anda sampaikan ke perusahaan Facebook akan dihapus.

Selain ketentuan diatas yang perlu Anda perhatikan, terdapat konsekuensi yang harus ditanggung ketika Anda memutuskan untuk menghapus akun Anda. Beberapa konsekuensi yang harus ditanggung tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menghapus akun Anda dari keanggotaan grup WhatsApp.
  • Menghapus riwayat pesan WhatsApp dari telefon.
  • Menghapus info akun WhatApp dan foto profil Anda.
  • Menghapus cadangan Google Drive.

Beberapa Alasan Menghapus Akun WhatsApp

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa terdapat beragam macam alasan pribadi bagi para si pengguna memilih untuk menghapus akun WhatsApp mereka. Beberapa hal ini mungkin merupakan masalah yang membuat pengguna ingin menghapus akun.

  • Ganti Nomor

Menghapus akun karena ingin ganti nomor bisa saja menjadi alasan utama, tetapi perlu diketahui bahwa Anda tidak harus sampai menghapus akun hanya karena ingin mengganti nomor. Anda dapat mengganti nomor dengan tetap menggunakan aplikasi tersebut.

  • Keluar dari Grup Tanpa Diketahui

Terdapat momen dimana Anda sudah tidak nyaman lagi berada dalam sebuah grup WA, hal ini memunculkan ide untuk pergi atau keluar dari grup tersebut. Namun, satu hal yang menjadi batu sandungan adalah Anda meraa tidak enak dengan admin grup tersebut.

Menghapus akun WA merupakan salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk keluar dari grup tanpa diketahui oleh admin. Bisa dengan menghapus WA secara permainen, kemudian untuk kembali Anda tinggal mendaftarkan lagi nomor tersebut untuk membuat WA baru.

  • Pindah ke Aplikasi Lain

Selain WhatsApp tersedia banyak sekali macam aplikasi pesan berbasis online yang tersedia di PlayStore, misalnya Anda kurang nyaman dengan beragam fitur yang disediakan pihak WhatsApp maka Anda dengan mudah dapat menghapus akun dan beralih ke aplikasi lain.

  • Menjaga Privasi

Ada kalanya terdapat orang yang ingin tahu lebih mengenai kehidupan Anda melalui media sosial salah satunya WhatsApp Story yang Anda bagikan. Untuk menghilangkan jejak ini Anda dapat menghapus akun milik Anda tersebut, meskipun setelah 24 jam story tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Konsekuensi Akun WhatsApp Dihapus

Biasanya banyak para pengguna bertanya-tanya mengenai apa yang terjadi setelah akun WhatsApp dihapus, apakah seseorang bisa menggunakan nomornya untuk mendaftar ke WA lagi atau sebaliknya. Berikut ini terdapat beberapa konsekuensi permanen yang terjadi setelah akun WA dihapus.

  • Nomor Anda akan hilang dari kontak pada aplikasi WhatsApp milik teman.
  • Setelah akun dihapus maka secara otomatis Anda juga akan keluar dari grup WA yang diikuti.
  • Apabila Anda merupakan admin grup WA, maka admin akan berpindah ke anggota lain sesuai mekanisme dan cara kerja yang terapkan pihak developer. (Biasanya ke anggota pertama yang masuk ke grup)
  • Semua data dan catatan percakapan baik yang telah di backup akan terhapus, jika Anda melakukan pendaftaran lagi menggunakan nomor yang sama maka semua obrolan akan hilang.

Hal-hal Lain yang Dipertanyakan

  • Bisakah Daftar Kembali dengan Nomor yang Sama

Jawabnya adalah bisa, namun semua data yang sebelumnya terekam akan otomatis terhapus. Riwayat chat tidak dapat dikembalikan begitu juga dengan grup yang pernah diikuti, ketika proses hapus akun Anda otomatis keluar dari grup tersebut, untuk dapat kembali harus ditambahkan kembali ke dalam grup.

  • Beda Hapus Akun dan Clear Data

Pemahaman mengenai clear data atau hapus data manajemen dari aplikasi hanya akan membuat Anda keluar dari akun WhatsApp atau menghapus WA yang ada di ponsel pintar yang Anda gunakan tersebut. Akan tetapi, akun Anda masih aktif.

Ketika Anda melakukan daftar ulang kembali memakai nomor yang sama, maka semua data dan catatan obrolan juga otomatis kembali karena Anda memiliki data backup di dalam ponsel. Inilah yang membedakan dengan Anda menghapusnya secara permanen.

Jika Anda menghapus WA secara permanen maka akun otomatis langsung nonaktif, tetapi jika melalui clear data aplikasi maka akun WA Anda tetap masih aktif, kecuali jika lebih dari 45 hari Anda tidak melakukan daftar ulang kembali menggunakan nomor yang sama.

  • Bedanya Hapus Akun dengan Ganti Nomor WA?

Menghapus secara permanen seperti yang dijelaskan diatas berati menonaktifkan akun WhatsApp Anda dengan konsekuensi nomor ponsel Anda tidak akan dapat terlihat lagi pada daftar kontak aplikasi teman dan Anda akan keluar dari semua grup yang diikuti serta semua data akan terhapus permanen.

Sementara itu, mengganti nomor melalui pengaturan ganti nomor pada akun WA, aplikasi masih tetap akan aktif tetapi dengan catatan. WhatsApp yang berfungsi telah menggunakan nomor baru yang Anda daftarkan dan tidak menggunakan nomor lama, Anda tetap masih akan berada di semua grup.

Beberapa penjelasan diatas merupakan sedikit pengertian mengenai cara menghapus akun WhatsApp dengan ketentuan yang harus diperhatian dan konsekuensi yang harus Anda tanggung sebagai pengguna aplikasi obrolan berbasis online ini, semoga bermanfaat dan memudahkan Anda untuk menghapus akun WA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.