Cara Menghilangkan Iklan di Android

Bagi pengguna android pasti sering melihat iklan yang tiba-tiba muncul sendiri. Hal tersebutlah menandakan kalau smathphone nya sedang terserang malware. Tentu saja itu sangat mengganggu bagi pengguna saat berselancar di internet.

Tetapi iklan tersebut sebenarnya tidak mengganggu kita, asalkan iklan nya bagus dan responsif. Berikut ini kami paparkan beberapa cara menghilangkan iklan di android. Tapi sebelumnya Anda harus mengetahui terlebuh dahulu apa penyebab iklan muncul sendiri.

Penyebab Iklan Muncul Sendiri

Sebelum mengetahui apa penyebabnya iklan muncul sendiri, beberapa aplikasi dan game android biasanya para developer menawarkan dua opsi. Diantaranya aplikasi tersebut free dan premium, versi premiume inilah yang umumnya bebeas dari iklan.

Tetapi biasanya juga iklan muncul bukan karena di tawarkan oleh para developer atau webmaster. Tetapi melainkan terkena virus dan ini yang menyebabkan smartphone kita banyak iklan nya.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

cara menghilangkan nya ini bisa menggunakan aplikasi yang gratis dan tanpa melakukan root. Anda juga bisa men-setting pengaturan browser atau samartphone Anda.

Adblock Plus (ABP)

 cara menghilangkan iklan di hp tanpa aplikasi

Aplikasi adblock plus ini bisa menghilangkan semua iklan di android, termasuk iklan bawaan smartphone atau yang dari aplikasi dan game. Adblock plus sendiri merupakan sebuah open source yang mempunyai pilihan untuk mengizinkan iklan non-intrusif.

Aplikasi ini sendiri bisa bekerja di perangkat yang tanpa root maupun yang sudah di root. Hal ini yang menjadikan aplikasi adblock sangat di instal banyak orang.

Langkah-langkah pengaturan aplikasi adblock plus :

  • Masuk ke pengaturan > aplikasi (atau keamanan pada 4.0 dan diatas) pada perangkat Android Anda.
  • Selanjutnya Menavigasi ke opsi Unknown sources.
  • Kemudian jika dicentang, maka ketuk kotak centang dan selanjutnya tekan OK untuk konfirmasi pop up.

Cara Instal dan konfigurasi Adblocker Plus

cara menghilangkan iklan di hp android yang tiba tiba muncul

  1.  Buka browser pada smartphone Anda dan download Adblock Plus untuk Android. Kemudian perangkat Android Anda akan mneerima APK file: adblockplus android-version.apk. Selain itu Anda juga bisa download di Playstore.
  2. Setelah Anda download kemudian Instal file aplikasi tersebut (jika Anda download di browser maka carilah file nya di manajer file, pilih buka App Manager dan kemudian klik menginstal.)
  3. Bagi perangkat yang sudah di root: setelah mengintal, bukalah Adblock Plus. Aplikasi ini akan meminta izin pengguna (super user permissions).
  4. Bagi perangkat yang belum di root: Anda memerlukan beberapa tahap yang harus dilalui, secara manual mengatur proxy dalam Android Anda. Namun perlu dipahami bahwa setiap versi Android beda” setting-nya.

Nah sekarang Adblock Plus Anda akan mulai memblokir semua iklan. Adblock juga ada fitur ads filter lists, non-instrusive ads, dan lain-lain.

Adguard

cara menghilangkan pop up iklan di android

Adguard merupakan salah satu aplikasi penghilang iklan di Android yang sangat populer. Selain itu aplikasi ini juga bisa menghindarkan kita dari pelacakan online dan web phising.

Adguard ini juga dapat menghemat bandwith serta melindungi hp kita dari ancaman pembobolan data-data.

kelebihan:

  • Dapat memblokir iklan disemua sistem dan melindungi dari malware dan phisisng.
  • Tidak harus memerlukan root terlebih dahulu.

Kekurangan:

  • Kalau untuk menghilangkan iklan Anda harus menggunkan versi yang berbayar.

Noroot Firewall

cara menghilangkan iklan di hp asus

Aplikasi ini termasuk aplikasi yang bisa menghilangkan iklan tanpa melakukan root terlebih dahulu. Sistem aplikasi ini ketika aplikasi tidak terhubung dengan internet, maka otomatis iklan tidak akan muncul. Tetapi kita tidak bisa main game online dong? Tetap aja bisa lah.

Cara setting aplikasi Noroot Firewall

  • Download terlebih dahulu aplikasi di playstore
  • Kemudian jalankan aplikasi noroot firewall.
  • Setelah terbuka maka akan muncul tampilan pertama dengan daftar-daftar aplikasi yang dimiliki.
  • Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin diblok atau dihilangkan ikalannya di android.
  • Pilih centang lalu silang warna merah, hal itu menandakan aplikasi sudah di blok akses internet nya dan iklan tidak akan muncul.

UC Browser

cara menghilangkan iklan di hp samsung

Cara yang ketiga ini tergolong sangat mudah sekali dilakukan yaitu dengan memaatikan js (javascript) di aplikasi tertentu. Pada UC Browser sendiri menyediakan cara menghilangkan iklan di android tanpa perlu root.

Setting UC Browser agar tidak  muncul iklan pop up.

cara menghilangkan iklan yang tiba tiba muncul

  • Pertama masuk ke menu setting.
  • Selanjutnya klik menu setting (icon gear).
  • Aktifkan menu adblock, ceklik opsi adblocker & Adblocker yang kuat.

Sekarang iklan yang biasanya menggangu kita saat berselancar di internet, alhasil akan tidak akan muncul lagi karena di adblock.

Google Chrome

Google chrome ini aplikasi browser yang paling populer di Indonesia, karena kebanyakan smartphone baru sudah ada bawaan browser Google chrome.

Kebanyakan orang pasti belum tau kalau di browser Google Chrome ini terdapat pengaturan untuk menghilangkan iklan di Android, cara ini tidak jauh berbeda dengan UC browser.

Setting Google Chrome agar tidak muncul iklan.

cara menghilangkan iklan yang muncul tiba tiba di android tanpa root

  • Pertama masuk ke setelan Google Chrome
  • Kemudian ke setelan situs
  • Setelah itu klik Pop-up dan pengalihan.
  • Selanjutnya geser tombol bulat agar iklan di android tidak muncul di browser Google Chrome.

HP Samsung

Hp Samsung sendiri di Indonesia masih banyak peminat nya. Tapi kami yakin bahwa masih banyak yg belum mengerti cara menghilangkan iklan di android khususnya smartphone Samsung tanpa ada tambahan aplikasi.

Iklan pop up ini tiba-tiba muncul dengan sendiri nya disebabkan karena terdapat aplikasi-aplikasi mencurigakan yang biasanya tidak terdapat di playstore. Maka dari itu, kami sarankan untuk uninstal (menghapus) aplikasi tersebut dari perangkat Anda. Selain untuk menghindari iklan-iklan pop up yang menggangu juga akan menjaga data-data Anda yang berada di perangkat.

Cara pertama menghapus aplikasi  yang tidak terdapat di playstore.

  • Masuk pengaturan HP Samsung Anda
  • Pilih aplikasi
  • Selanjutnya pilih aplikasi yang mencurigakan, yang tidak tersedia di playstore. Kemudian lakukan uninstal aplikasi tersebut.

Cara kedua untuk menghapus aplikasi mencurigakan yang sedang berjalan. Aplikasi ini bisa saja di masukkan script-script yang membahayakan untuk smartphone Anda oleh developer yang jahat.

cara menghilangkan iklan di android root

  • Buka pengaturan HP Anda
  • Kemudian pilih Aplikasi Aktif
  • Selanjutnya seleksi aplikasi yang dikira mencurigakan atau tidak dikenal yang sedang berjalan.
  • Setelah menemukan, lakukan uninstal aplikasi tersebut.

HP Xiaomi

HP Xiaomi ini juga banyak peminat dan pengguna di Indonesia, karena harganya yang terbilang cukup murah dan spesifikasi nya tinggi. Cara menghilangkan iklan di HP Xiaomi ini berbeda dangan smartphone merek lain.

Cara setting nya:

  • Masuk ke pengaturan xiaomi
  • Pilih opsi tambahan
  • Kemudian pilih menu privasi

  • Selanjutnya tap Aplikasi dengan akses pengguna

cara menghilangkan iklan di hp samsung j2  Navigasi Halaman 1	 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya

  • Pilih msa dan matikan pilihan “Izinkan akses penggunaan”.

Sekarang di HP Xiaomi Anda tidak akan muncul iklan pop up lagi yang mengganggu aktifitas kita berselancar di internet.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan iklan di android tanpa root dengan aplikasi atau setting pengaturan HP. Semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman semua.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.