Contoh Proposal Proyek dan Cara Membuatnya [Lengkap dan Rinci]

Contoh Proposal Proyek Setiap kita mau mengadakan sebuah kegiatan, acara atau yang lainnya, pasti membutuhkan sebuah perencanaan yang matang dan terperinci. Dari mulai latar belakang yang mendasari pelaksanaan kegiatan, tujuan, biaya dan lain-lain.

Proposal sering juga dikatakan sebuah rencana untuk mencapai sebuah tujuan kegitan. Didalam proposal pula terdapat rencana kerja, analisis, penyajian data dan lain-lain. Yang dilakukan secara objektif dan sisitematis untuk memecahkan sebuah persoalan.

Proposal ini memiliki banyak macamnya dari mulai proposal bisnis, proposal proyek, proposal penelitian dan proposal kegiatan. Tapi kali saya akan membahas contoh-contoh dan cara membuat sebuah proposal untuk proyek. Proposal ini biasannya digunkan untuk memperoleh sebuah perizinan, dukungan atau sponsor, bantuan dana dan lain-lain.

Untuk proposal proyek ini biasanya adalah untuk sebuah perizinan dan bantuan dana. Karena dalam pembangunan yang cukup besar biasanya memerlukan biaya yang cukup banyak sekali. Dan harus meminta izin kepada pihak-pihak yang terkait untuk melancarkan sebuah pembangunan.

Proposal proyek atau pembangunan merupakan proposal yang ditujukan untuk memohon bantuan dana atau yang lainnya. Yang biasanya pembangunan tersebut dibuat oleh semacam yayasan atau organisasi kemasyrakatan.

Proposal kegiatan pembangunan, biasanya bersifat untuk kepentingan bersama atau umum. Misalnya proyek perbaikan jalan, pembuatan selokan air, atau proyek pembangunan Masjid. Semua proposal tersebut diajukan karena atas dasar kepentingan masyarakat secara umum.

Maka dari itu, proposal proyek atau pembangunan di laksanakan oleh lembaga tertentu. Sebagai bentuk kepentingan masyarakat disekitarnya. Yang selayaknya dapat menunjukan surat anjuran atau surat pengantar proposal. Yang diketahui dan mendapat tandangan oleh pihak terkait.

Sebelum saya bahas tentang cara membuat proposal proyek atau pembangunan. Saya ingatkan ini merupakan hal yang paling pentuk untuk diulas terlebih dahulu adalah tentang kepanitian pembangunan dan fungsinya.

Panitia secara organisatoris, idealnya terbagi menjadi dua kepanitiaan yaitu :

1. Panitia Steering Commite/SC (Panitia pengarah)

Panitia Steering Commite adalah bagian dalam kepanitian yang bertanggung jawab, dan mengendalikan semua proses dari awal sampai akhir kegiatan. Maka yang dipilih sebagai ketua SC adalah orang yang sudah paham tentang metode-metodenya. Dan bisa dibilang seorang master dalam bidang ini.

Dan yang pasti dalam pemilihan ketua Panitia pengarah tidak boleh asal memilih. Karena pemilihan ketua Panitia pengarah ini sangat berpengaruh pada keberhasilan kegiatan. Kepanitian ini hanya butuh seorang ketua, sekertaris, bendahara dan yang lainnya anggota. Kegiatan panitia pengarah adalah menemukan ide-ide atau gagasan pembangunan.

2. Panitia Organizing Commite/oc (Panitia Pelaksana)

Panitia Organizing Commite adalah panitia yang dibentuk oleh Steering Commite yang juga terdiri dari ketua, sekertaris, bendahara dan seksi-seksinya. Contohnya seksi pengumpulan dana, seksi pengawas pembanguna, seksi humas dan seksi-seksi yang lain yang dianggap penting oleh panitia.

Kepanitian Organizing Commmite ini bertugas sebagai teknis pelaksanaan kegiatan pembangunan. Atau sebagai pelaksana dari gagasan atau konsep ide hasil dari musywarah panitian Steering Commite.

Tapi kenyaatan di tengah masyarakat kita, kepanitian seperti ini sangat jarang di jumpai. Karena masyarakat berfikir praktis dan sederhana serta tidak mau terlalu ribet. Namun, tidak ada salahnya jika kita menerapkan susunan kepanitian seperti diatas.

Cara Membuat Proposal Proyek atau Pembangunan

Sebelum membuat proposal proyek ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:

  1. proposal pembangunan sebaiknya dibuat secara fakta dan tidak mengada-ada.
  2. proposal pembangunan sebaiknya dibuat secara terperinci , agar lebih jelas.
  3. proposal pembangunan sebaiknya mendapat persetujuan dari pihak terkait. Seperti kepala desa dan camat, sehingga memiliki legalitas formal yang kuat.

Sistematis Penulisan Proposal Proyek yang Baik dan Benar

Halaman Cover
Kata Pengantar Proposal Pembangunan

Pendahuluan

  1. Latar Belakang
  2. Tujuan
  3. Visi dan Misi

Nama Kegiatan

Waktu dan Tempat Kegiatan

Pelaksanaan

Rencana Anggaran Biaya

Penutup

  1. Lampiran-lampiran.
  2. Foto lokasi pembangunan.
  3. Sertifikat tanah lokasi pembanguana.
  4. Fotocopy gambar sketsa rencana pembangunan.
  5. Jika bangunannya berupa tempat ibadah, yang baru didirikan biasanya harus membutuhkan tanda tangan dari masyrakat. Sebanyak minimal 50 orang, yang berfungsi adanya persetujuan dari masyrakat setempat.
  6. Surat izin mendirikan bangunan (IMB).

Contoh Proposal Proyek

Berdasarkan pada sistematis penulisan proposal diatas, maka saya akan memberiakan contoh dari mulai cover proposal, surat pengantar, pendahuluan dan latar belakang dan penutup.

Contoh Cover Proposal Proyek

Setiap karya tulis ilmiah seharusnya dibuat halaman cover. Yang mana pada halaman cover tersebut terdapat nama penyusun, nama lembaga atau instansi dan judul karya tulis. Seperti juga pada buku, skripsi, desartasi, atau makalah.

Dengan begitu pembaca akan lebih dapat memahami gambaran umum tentang isi dari karya ilmiah. Tidak berbeda dengan proposal, proposal juga harus memiliki halaman cover. Berikut ini contoh cover proposal proyek.

contoh proposal proyek

Contoh Kata Pengantar Proposal Proyek

Kata pengantar adalah bagian terpenting, yang tidak bisa dilewatkan dari sebuah proposal. Karena proposal akan terlihat kurang lengkap, dan apabila tidak disertai dengan ucapan kata pengantar didalamnya.

Sesuai dengan sebutanya, kata pengantar adalah ucapan rasa syukur dan terima kasih. Serta sambutan dari penulis terhadap karya tulis yang telah dibuatnaya. Berikut ini contoh kata pengantar proposal pembangunan.

contoh proposal proyek contoh proposal proyek

Contoh Pendahuluan dan Latar Belakang Proposal Proyek

contoh proposal proyek contoh proposal proyek contoh proposal proyek

Contoh Penyusunan Proposal Pembangunan Masjid

B. Nama kegiatan

Kegitan ini kita beri nama ” Pembangunan dan Renovasi Masjid Al-Huda Gondosari”.

C. Waktu dan Tempat kegiatan pembangunan 

  1. Waktu pelaksanaan pembangunan : kegiatan pembangunan Masjid Al-Huda ini dimulai pada tanggal 11 Desember 2017. Dan target berakhirnya pembangunan hingga selesai 11 Desember 2018.
  2. Tempat pelaksanaan : kegiatan pembangunan Masjid Al-Huda Gondosari ini terletak di Jl. Mbah Blarak, Rt 04/08 Dukuh Ngemplak Wetan, Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

D. Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan 

Panitia pembangunan Masjid ini terbagi atas 2 kepanitiaan yaitu antara lain :

1. Panitia Steering Commite/SC (Panitia Pengarah)

  • Ketua Panitia : ketua Ta’mir Masjid Al-Huda Gondosari
  • Sekertaris panitia : Sekertari Masjid Al-Huda Gondosari
  • Anggota : Ta’mir Masjid Al-Huda Gondosari

2. Panitia Organizing Commite/OC (Panitia Pelaksana)

  • Ketua : Syariffudin
  • Sekertaris : Bambang
  • Bendahara : Joko

Seksi-seksi :

  1. Koordinator Penggalian Dana : Wahyu
  2. Anggota :
  • Syahrul
  • Ramlan
  • Arif
  • Khoirul Anam
  1. Koordinator Pengawas : H. Suratmin
  2. Anggota :
  • Rustum
  • Syamsul
  • Junaidi
  1. Koordinator Sarana dan Prasarana : Hidayat Ahmad
  2. Anggota :
  • Rahmat Hidayat
  • Salim
  • Rusyidi
  1. Tim Pembantu Umum
  • Afandi
  • Herman
  • Jamal
  • Kusdi
  • Farlan

E. Rencana Anggaran Biaya Pembangunan Masjid Al-Huda Gondosari

Cara membuat rencana anggaran biaya pembangunan ini, anda harus benar-benar teliti dan menerapkan sifat kejujuran. Karena ini berhubungan dengan dana atau amanah dari warga dan para donatur. Sehingga anda harus bertanggung jawab sepenuhnya.

Untuk membuatnya anda harus menguasai salah satu program dari microsoft yaitu Ms.Excel dan Ms. Word. Namun unutk program tabel, saya menyarankan untuk memakai program ms. excel, untuk lebih detail contohnya klik disini

F. Penutup

Demikianlah proposal pengajuan bantuan dana pembangunan Masjid Al-Huda Gondosari. Semoga dapat dijadikan sebagai acuan dan bahan pertimbangan. Namun jika ada hal lain yang dianggap penting dan tidak tercantum di proposal ini, maka kami akan jelaskan kemudian.

Besar harapan dari kami agar Bapak/Ibu ikut serta berprastisipasi dalam pembangunan Masjid kami. Semoga Allah SWT membalas segala amal Ibadah Bapak/Ibu dan diberikan ganjaran yang setimpal. Dan atas perhatian Bapak/Ibu kami haturkan Jazakumullahu Khoirun Katsira.

 

Panitia Pembangunan

Masjid Al-Huda Gondosari

Syarifuddin

 

Itulah contoh dan cara membuat sebuah proposal proyek atau pembangunan. semoga artikel kali ini bermanfaat bagi semuanya. dan jangan lupa membaca artikel-artikel yang bermanfaat yang lain.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.