✓ 20 Contoh Surat Niaga yang Sederhana Untuk Perdagangan

Contoh Surat Niaga – Didalam dunia perdagangan dari skala yang menengah sampai atas tidak akan luput dari yang namanya surat menyurat. Perdagangan memang sesutu yang sangat serius dan dijalani dengan benar sesuai prosedur, apalagi yang perdagangannya sudah kelas atas yang menyangkut dunia pasti akan membutuhkan banyak dokumen-dokumen.

Untuk memperlancar perdagangan ataupun kerjasama, tentu harus dibutuhkan kerjasama yang sangat kuat antara pihak satu dan pihak yang lainnya. Dalam hal tersebut perusahaan harus menggunakan berbagai macam media komunikasi dengan pelangggan mereka ataupun kolega.

Meskipun pada zaman sekarang menggunakan surat sebagai alat komunikasi sudah jarang digunakan, namun bagi perusahaan tidak demikian. Perusahaan-perusahaan dari dulu sampai sekarang masih banyak menggunakan surat untuk berkomunikasi. Surat yang digunakan untuk berkomunikasi biasanya disebut dengan surat niaga.

Surat niaga merupakan surat resmi yang isinya berupa tawaran, jual beli barang mapun jasa. Yang dimana biasanya digunakan dalam hal perdagangan ataupun perniagaan. Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh surat niaga yang bisa Anda jadikan sebgai refrensi.

Contoh Surat Niaga Penawaran

contoh surat niaga

Didalam dunia bisnis maupun perdagangan pasti akan ada yang namanya istilah seperti penawaran, harga, permintaan dan lain sebgainya. Untuk jenis-jenis bentuk niaga bermacam-macam, mulai dari yang kecil, menengah sampai yang besar.

Berbicara mengenai niaga, saya akan memberikan contoh surat niaga, namun dibagian penawaran. Surat niaga penawaran penawaran ini digunakan untuk memberikan penawaran suatu produk milik perusahaan ditawarkan kepada perusahaan lain. Berikut contoh surat niaga penawaran perusahaan mobil, mesin dan sejenisnya.

PT JAYA ABADI
Jl. Pangeran Diponegoro No. 23
SEMARANG

Semarang, 05 Januari 2019

Nomer : 15/17/XII/2019
Hal : Penawaran Barang
Lamp : 1 lembar brosur AP/DG

Kepada Yth

Manager PT Jaya Terus

Jl. Ahmad Yani No. 36

Semarang

Dengan hormat,

Menidaklanjuti surat permintaan barang yang diberikan kepada kami sebelumnya pada tanggal 1 Desember 2018, maka dengan surat ini kami menawarkan produk atau barang-barang yang tersedia di perusahaan kami.

Berikut ini kami lampirkan beserta rincian barang secara detail, dari daftar harga, cara pembelian serta sistem pembayarannya.

Lebih jelasnya kami berikan dua lembar lampiran dari rincian produk dan cara pembelian yang ditujukan kepada PT Jaya Terus.

Berikut lampiran yang kami sertakan :

  1. 1 Buah Buku Modul Rincian Produk dan Harga
  2. 1 lembar Tata cara Pembelian dan Pembayaran

Demikianlah surat penawaran barang ini kami ajukan, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Area Sales Manger PT Jaya Abadi

Ttd.

Sudarman Karno, ME

Contoh Surat Niaga dalam Bahasa Inggris

Surat niaga berbahasa Inggris ini biasanya digunakan sebagai surat niaga untuk perdagangan Internasional, seperti menjalin kerjasama dengan pihak luar negri. Namun sekarang ini kebanyakan perusahaan-perusahaan besar dalam kerjasama dengan perusahaan luar sudah membawa seorang penerjemah, yang dimana tugasnya untuk menerjemahkan pembicaraan kedua belah pihak.

Tapi tetap ada juga perusahaan besar yang masih menggunakan surat niaga untuk menjalin kerjasa dengan perusahaan luar negri. Berikut contoh surat niaga berbahasa Inggris yang bisa Anda jadikan acuan.

Jakarta, January 01, 2019

Attention To:
Sukamto
Resources Manager
PT. Maju Mundur Nabrak
Jl. Becak Bocor No. 41
Jakarta Selatan

Dear Mr. Sukamto,

I wish to apply for the position of Accounting Staff that was advertised on Tempo, January 05, 2019.

I have over one year experience as an Accounting with PT. Songkro Ambrol Finance and have experience of a wide variety of pattern techniques. My computer skills are very good, and I have an excellent record as a reliable, productive employee.

I am looking for new challenges and the posistion of Accounting Staff sounds the perfect opportunity. Your organisation has an enviable record innovation in investor financial cosultant, and an excellent reputation as an employer, making the position even more attractive.

I enclose my CV for your inspection and look forward to hearing from you soon. I am available for interview at your convenience

 

Sincerely yours,

Puji Maharaniswati

Contoh Surat Niaga Perkenalan

contoh surat niaga perkenalan

Didalam dunia perdaganagn ataupun bisnis pasti akan terdapat sebuah surat perkenalan. Surat tersebut berfungsi untuk memperkenalkan sebuah produk perusahaan kita  atau pun perusahaan ke konsumen atau agen-agen.

Bagi kalian yang masih bingung cara membuat surat niaga perkenalan, kami akan memberikan contoh surat niaga perkenalan bisa Anda jadikan refrensi.

PT  LUNTUR JAYA

PRODUSEN  KERAMIK
JAKARTA

Bulan No. 26,

Jakarta Selatan

 

Telp. (____) ___________ . Fax. ________

Email : [email protected]

Jakarta Selatan, 05 Maret 2019

No.      : 25/PLJ/II/2019

Lamp. : –

Hal      : Perkenalan Produk

Kepada Yth

Pimpinan PT Bangun Sentosa

Jl. Rarno Karno Soekidjo No. 15

Bandung

Dengan Hormat,

Kami PT LUNTUR JAYA yang bergerak didalam memproduksi
berbagai keramik yang sudah terkenal di wiliyah Jakarta Selatan ingin memperkenalkan suatu produk kepada perusahaan PT BANGUN SENTOSA.

Produk yang kami tawarkan berupa varian motif tahan banting.
Kami menawarkan kepada perusahaan Anda karena kami bulan ini ada diskon 90% untuk pembelian 100 pax.

Demikianlah surat perkenalkan produk ini kami sampaikan.
Semoga perusahaan anda tertarik untuk membeli jenis keramik varian motif baru ini. terimakasih atas perhatiannya.

Hormat kami,

Jus Morinyo, SE

Contoh Surat Niaga Permintaan Penawaran

Disaat perusahaan banyak orderan atau stock lagi habis, disitulah perusahaan meminta penwarang kepada perusahaan lain yang menyediakan barang sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Nah, Anda bisa mencari informasi perusahaan mana yang menyediakan produk sesuai yang perusahaan Anda butuhkan.

Sesudah mendapatkan perusahaan yang stock produk sesuai kebutuhan perusahaan Anda, maka Anda tinggal meminta surat penawaran dari perusahaan tersebut. Untuk mengetahui ketersedian barang mereka, harga barang dan sistem kerjasama & sistem pembayaran yang mereka sediakan.

PT. MANDIRI TERUS
Jl. Soedirman No.24
Bandung

Bandung, 29 April 2019

No. 110/PB/IX/19

Yth. Manajer Pemasaran PT. Tri Jaya Abadi
Jl. Soekarno Hatta No 8
Jakarta

Hal : Permintaan Penawaran

Dengan hormat,

Berkenaan dengan tahun anggaran 2019 tersedia anggaran untuk pembelian mesin printing.

Dari salah seorang relasi, kami memperoleh keterangan bahwa perusahaan bapak bergerak dibidang peralatan dan perlengkapan mesin percetakan yang berkualitas baik dan murah.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami meminta agar bapak mengalatan dan dirimkan surat penawaran mengenai peralatan dan perlengkapan mesin printing, disertai keterngan  – keterangan sebagai berikut :

  1. Jumlah barang yang tersedia.
  2. Syarat penyerahan barang.
  3. Potongan harga yang diberikan.
  4. Syarat Pembayaran.
  5. Layanan purna jual.

Disamping itu, kami minta dikirim leaflet, katalog, spesifikasi dan brosur barang tersebut.

Atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Mandiri Terus,

 

Erlangga Sucipto

Contoh Surat Niaga Pemesanan Barang

Apabila perusahaan Anda sudah menerima surat penawaran dari perusahaan lain, dan perusahaan Anda butuh dan cocok dengan produknya. Maka tidak salah untuk mencoba memeberi barang dari perusahaan tersebut, dengan membalas surat penawaran nya dengan mengirimkan surat pemesanan barang. Berikut contoh surat niaga pesanan barang.

TOKO MITRA
JL. Sukun – Rahtawu No. 100
Kudus

Kudus, 06 Januari 2019

Nomor : 10/MS /JK/2019
Hal : Pemesanan Alat Perlengkapan Fotocopy

Kepada Yth
Manager PT. Usaha Cetak
Jalan Ahmad Yani No. 4
Semarang

Dengan hormat,

Menindaklanjuti surat penawaran anda, tanggal 1 Januari 2019, perihal Alat Perlengkapan Fotocopy. Dengan ini kami bermaksud memesan :

  1. Kertas A4 100 karton
  2. Kertas A5 50 karton

Keseluruhan barang yang kami pesan harap diterima selambat-lambatnya tanggal 20 Januari 2019.

Pembayaran akan dilakukan 2 hari setelah barang-barang pesanan seluruhnya kami terima ditempat. Sebagai bukti, kami akan mengirimkan foto resi tanda bukti pembayaran.

Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Toko Mitra

Contoh Surat Pesanan Pakaian Batik

Bagi kalian yang ingin membeli secara grosir pakaian batik, Anda bisa mengajukan atau mengirim surat pesanan ke showroom batik yang sudah Anda tujukan. Berikut ini adalah contoh surat pemesanan pakaian batik.

Contoh Surat Niaga Pesanan

Contoh Surat Pesanan Barang Laptop

Barang elektronik biasanya susah didapatkan atau stock limited edition, misalnya seperti laptop ini. Kalian jika sedang bisnis atau jualan laptop dan ada beberapa laptop yang seri nya sudah tersedia di toko Anda, tapi perusahaan masih memproduksinya, Anda bisa mengirimkan surat niaga pemesanan laptop seduai pesanan, berikut ini contoh surat pesanan laptop.

Contoh Surat Niaga Pemesanan

Contoh Surat Niaga Permintaan Barang

contoh surat niaga penawaran

 

Jika saat kita sedang memimpin disebuah kantor cabang yang perusahaannya sudah besar, maka pasti akan membutuhkan koordinasi dengan kantor pusat dalam berbagai tindakan. Misalnya saat kantor cabang membutuhkan sebuah barang, maka bisa mengirimkan surat permintaan barang sesuai dengan kebutuhan kantor cabang kepada kantor pusat. Berikut ini contoh surat permintaan barang.

PT. MAJU TERUS JAYA

JL. Sosrokartono No. 45

Bandung Barat

Bandung, 5 Januari 2019

Nomor  : 615/UB/VI/2019

Perihal  : Permintaan Barang

Kepada,

Yth. PT Rash Crew

JL. Maju Lurus No. 546 Jakarta

Dengan hormat,

Menindaklanjuti dari sebuah tawaran berupa informasi produk dari perusahaan Anda pada di tanggal 20 Desember 2018. Kami PT MAJU TERUS JAYA tertarik dan ingin melakukan pemesanan kepada Anda.

Namun sebelumnya, kami ingin mengetahui beberapa rincian dari produk anda tersebut berupa :

  1. Daftar barang yang tersedia
  2. Daftar harga produk
  3. Cara pemesanan
  4. Sistem pembayaran

Jika memang dirasa cocok dengan rincian yang nanti dikirimkan oleh Ibu/Bapak. Maka kami siap untuk melakukan pemesanan dan pembayaran. Terimakasih atas perhatiannya.

Hormat Kami

Bagus Soetedjo, Lc

Contoh Surat Niaga Penolakan Pesanan

Disaat perusahaan menerima pesanan barang dari perusahaan lain, tentu harus berusaha untuk menerima dan melayani permintaan. Tetapi tidak semudah itu, terkadang disaat produk lagi laris dipasaran, persediaan barang sudah habis. Maka dari itu Anda bisa mengirimkan surat penolakan pesanan agar tidak mengecewakan pelanggan atau konsumen. Dengan mengirimkan surat tersebut pelanggan atau konsumen Anda berkesempatan untuk mencari supplier lain.

PT. TUNGGAL MANUNGGAL
Jl. Mbah Blarak No. 89
Telp (021) 753047

Kudus, 7 Januari 2019

Nomor : 059/SB/V/2019

Kepada Yth,
Manager PT. Kuda Lumping
Jl. Blosok Sawah No. 03
Sidoarjo

Perihal : Penolakan pesanan

Dengan hormat,

Terima kasih kami sampaikan atas surat pesanan Saudara pada tanggal 10 Desember 2019 dengan No. 064/JI/V/2019, yang berisi pesanan 10 Ton Kerupuk Udang merk Sidomukti dengan pembayaran yang akan dilakukan secara cash on delivery.

Untuk Saudara ketahui, bahwa persediaan barang untuk Kerupuk Udang merk Sidomukti diperusahaan kami saat ini sedang tidak tersedia, kemungkinan barang tersebut akan tersedia kembali pada tanggal 20 Februari 2019, maka dengan sangat menyesal pesanan saudara tidak dapat kami penuhi atau dengan kata lain, kami tolak.

kami yakin Saudara dapat memahami alasan tersebut. Atas penolakan ini kami mohon maaf dan untuk perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

PT. Tunggal Manunggal

Contoh Surat Niaga Pengiriman Barang

Disaat perusahaan Anda mendapatkan surat pesanan barang dari perusahaan lain, maka segeralah untuk menindaklanjuti surat pesanan tersebut jika tersedia barangnya. Anda bisa membalas surat tersebut dengan mengirimkan surat pengiriman barang yang hendak dibeli sudah dikirimkan.

Hal tersebut untuk meyakinkan pembeli jika perusahaan Anda berkomitmen untuk kepuasan para pelanggan dan konsumen disertai dengan merespon pesanan dengan cepat.

PT. ANUGERAH JAYA
JL. Sudirman No. 150
Sidoarjo

Sidoarjo, 9 Januari 2019

Nomor       : 155/BM/V/2019
Lampiran  : 2 (dua) lembar
Hal            : Pemberitahuan Pengiriman Barang

Kepada
PT. CEPAT MAJU
JL. Kutilang Ketipang No. 7a
Bandung

Dengan hormat,

Surat Saudara tertanggal 9 Januari 2019 dengan Nomor: 221/SM/IV/2019 perihal pesanan barang elektronik sudah kami terima dengan baik.

Dengan ini kami beritahukan bahwa barang pesanan telah kami kirim dengan paket kilat BUROK. Barang pesanan dikemas menggunakan packing yang sangat aman dengan kertas rumput, bubble wrap agar tidak mengalami kerusakan disaat perjalanan.

Bersama ini pula kami lampirkan packing list beserta faktur seharga Rp 57.250.000,00 (lima puluh tujuh juta dua ratus lima puluh ribu) atas pembelian :

  1. 100 Kerupuk Udang
  2. 50 Kerupuk Rambak
  3. 60 Kerupuk Usus
  4. 30 Kerupuk Bandung

Bersama barang pesanan kami kirimkan pula bonus langsung berupa jajanan kripik singkong dan kerupuk tengiri, karena Saudara memesan sebelum tanggal 01 Januari 2018, sesuai dengan penawaran dari kami. Setelah barang diterima hendaknya pembayaran segera dilunasi.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,

PT. Anugerah Jaya,

Nah, itulah beberapa contoh surat niaga yang bisa mimin bagikan, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.