√ Contoh Teks Pembawa Acara (MC) Pengajian, Seminar dan Rapat

Contoh Teks MC atau Pembawa Acara– Sejatinya menjadi seorang pembawa acara ini tidaklah perkara yang sulit dengan apa yang Anda bayangkan. Namun bagi Anda yang belum pernah sama sekali menjadi MC, mungkin akan merasa kesulitan. Nah disini pas banget Anda berada diartikel ini, kami akan membagi contoh teks pembawa acara dengan bahasa yang mudah dipahami.

Dalam jalannya sebuah acara baik itu acara formal atupun informal umunya dipimpin atau dipandu oleh Master of Ceremony (MC). Pembawa acara ini sangat diperlukan untuk memandu berjalnnya sebuah acara, agar acara nya dapat berjalan atau berlangsung dengan baik dan tertata rapi.

Contoh Teks Mc Acara Pengajian

contoh teks mc

Untuk menjadi seorang MC acara pengajian, Anda harus terlebih dahulu menyusun jadwal acara nya terlebih dahulu. Dalam acara pengajian terdapat beberapa susunan misalnya seperti pembukaan, pembacaan Kalam Illahi, Mauidhotul Hasanah (acara inti), pengumuman dan penutup diserta do’a bersama.

Pembukaan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita khadirat Allah SWT yang telah begitu banyak memberikan nikmat serta hidayat-Nya kepada kita semua selaku hambanya. Tak lupa kita ucapkan sholawat dan salam juga kepada baginda kita Nabi Muhammad SAW yang sudah memperjuangkan umat Islam dari zaman jahilyah sampai sekarang ini.

Yang kami hormati pengisi pengajian kali ini Ustadz / Ustadzah … dan ibu-ibu dan bapak-bapak yang semoga dirahmati Allah SWT, dan mudah-mudahan harinya kita di sini menjadikan amal baik kita bertambah dan bertambahnya ilmu kita.

Sebelum kita beranjak ke acara inti, alangkah baiknya kita buka acara pengajian kali ini dengan membaca Basmallah bersama-sama dilanjutkan membaca surat Al-Fatihah.

Pembacaan Kalam Illahi

Acara selanjutnya, marilah kita dengar kan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang akan di baca kan oleh Saudara/i … Shadaqallahul ‘Adzim terima kasih kepada … yang telah membacakan ayat suci Al-Qur’an semoga dengan dibacakan nya ayat suci Al-Qur’an menambah ketebalan iman kita dan menambah keberkahan dalam acara pengajian kali ini.

Acara Inti

Untuk mempersingkat waktu langsung saja menuju acara selanjutnya yaitu acara inti (Mau’idhoh Hasanah), tausyiah dan ceramah yang akan di sampaikan langsung oleh Ustadz/Uztadzah …. waktu dan tempat kami persilakan. ( setelah acara inti nya selesai, biasanya ada sesi tanya jawab mengenai materi yang disampaikan Ustadz/Ustadzah).

Pengumuman

Terimakasih kepada Ustadz/Ustadzah ….. yang usdah menyampaikan tausyiah nya, semoga  bermanfaat dan menambah perbendaharaan ilmu kita. Sebelum ditutup ada beberapa pengumuman yang akan disampaikan saudara/i …. kepadanya kami persilahkan.

Itulah sedikit beberapa pengumumannya dan sebelum acara ini di tutup marilah kita berdo’a bersama-sama dengan dipimpin oleh Ustadz/Ustadzah ….. terima kasih kepada …. yang telah membacakan do’anya.

Penutup

Acara demi acara sudah kita lalui bersama, saat nya tiba di penghujung acara yaitu penutup. Sebelum kita tutup pengajian ini marilah kita beristigfar terlebih dahulu sebanyak tiga kali. Marilah kita tutup acara pengajian ini dengan membaca kalimatul hamdalah dan do’a kafaratl majelis.

Terimakasih atas kehadiran dan perhatian bapak-bapak / Ibu-ibu pengajian, saya selaku pembawa acara meminta maaf yang sebesar-besar jika ada salah kata atau kalimat yang kurang berkenan di hati bapak-bapak / ibu-ibu sekalian.

Jika ada kebenaran dari Allah SWT daan jika ada kesalahan datangnya dari saya sendiri. Kurang lebihnya minta maaf Akhirul Kalam Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Contoh Teks MC Pembawa Acara Formal/Non-Formal

contoh teks mc pembawa acara

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dah hidayahnya sehingga kita masih diberikan kesehatan jasmani dan rohani serta diberikan keberkahan yang sungguh tak terhingga.

Yang saya hormati Bapak …. selaku Pembicara
Yang saya hormati Ibu …. selaku (sebutkan jabatannya)
Yang saya hormati Bapak ….. selaku (sebutkan jabatannya)
Yang saya cintai rekan-rekan mahasiswa …

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas nikmat dan hidayah nya yang telah dilimpahkan oleh Allah SWT, sehingga kita bisa berkumpul didalam acara ini yang Insyallah barokah.

Bapak/Ibu dan rekan-rekan yang saya hormati, sebelum masuk ke acara selanjutnya, marilah kita mulai acara ini dengan berdo’a terlebih dahulu, agar agenda yang kita laksanakan di pagi/siang/malam ini bisa bermanfaat dan berjalan dengan lancar.

Berdo’a dimulai…

Bapak/Ibu dan rekan-rekan semuanya, di pagi/siang/malam yang berbahagia ini, saya memohon izin untuk menyampaikan susunan acara, sebagai berikut :

1. Sambutan dari Ibu (sebutkan nama dan jabatannya).
2. Sambutan dari Bapak (sebutkan nama dan jabatannya).
3. Seminar… (sebutkan seminar tentang apa.
4. Sesi tanya-jawab
5. Penutup

Para hadirin yang saya hormati, acara yang selanjutnya yaitu sambutan dari Bapak/Ibu (sebutkan namanya) waktu dan tempat kami persilahkan.

Setelah selesai menyampaikan sambutannya, tugas Anda (pembawa acara) adalah mengucapkan terimakasih atas sambutannya yang sudah disampaikannya. Kemudian melangkah ke agenda acara selanjutnya.

Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, adapun acara selanjutnya adalah sambutan dari (sebutkan namanya), kepada Bapak/Ibu …. kami persilahkan.

Terimakasih Bapak/Ibu …. atas sambutannya.

Para hadirin undangan sekalian, akhirnya kita akan masuk ke acara inti, yaitu seminar (sebutkan seminar tentang apa) yang akan dibawakan oleh Bapak/Ibu …., kepada yang bersangkutan waktu dan tempat dipersilahkan.Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak/Ibu …. atas informasi dan ilmu yang diberikan, semoga bermanfaat dan bisa langsung dipraktekan.Para hadirin sekalian, adapun agenda selanjutnya adalah sesi tanya-jawab. Kepada para hadirin yang ingin bertanya, kami persilahkan.

Bapak/ibu dan rekan-rekan semuanya, akhirnya kita sudah sampai di akhir acara. Saya disini selaku pembawa acara mengucapkan rasa terimakasih kepada Bapak/Ibu pembicara, bapak/ibu dosen, teman-teman mahasiswa, para panitia, dan para hadirin secara keseluruhan.

Apabila ada salah kata atau kalimat yang kurang berkenan dihati para hadirin, saya selaku pembawa acara, maka saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Marilah kita tutup acara ini dengan do’a bersama, semoga semua yang kita dengar dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Berdo’a bersama-sama, dimulai.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Itulah contoh teks pembawa acara atau mc, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan serta pengetahuan kita. Contoh teks mc diatas bisa Anda sesuaikan dengan kondisi acara.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.