Contoh Undangan Aqiqah anak pertama

Contoh Undangan Aqiqah – Hello sobat, aqiqah itu apa sih? Jika Anda beragama Islam pasti taulah apa itu aqiqah. Aqiqah dalam ajaran Islam adalah hewan sembelihan untuk anak laki-laki atau perempuan yang baru lahir.

Sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT atas karunia terindah yang telah Ia berikan, dengan syarat dan niat tertentu. Secara bahasa, aqiqah memiliki makna rambut yang ada di kepala bayi yang baru dilahirkan. Selain itu Aqiqah juga berarti pemotongan.

Sedangkan untuk secara syariat aqiqah adalah memotong domba untuk bayi yang baru dilahirkan. Terkadang juga ada yang menyebutkan bahwa domba yang dipotong adalah aqiqah. Oleh sebagian ulama’, aqiqah disebut dengan nasikah atau dzabihah yang mempunyai arti sembelihan.

Sebelum melangkah lebih jauh menegenai undangan aqiqah, sebaiknya pahami dahulu tentang hukum dan syarat-syarat dalam menjalankan sunnah rasul ini. Namun, apabila Anda sudah mengetahui apa itu hukum dan syarat aqiqah, Anda bisa melewatinya.

Hukum Aqiqah

contoh undangan aqiqah

Hukum aqiqah ini para ulama’ berbeda-beda pendapat, ada tiga macam pendapat yaitu, ada yang menyebutkan bahwa hukum aqiqah itu sunnah, ada yang bilang wajib, dan ada yang berpendapat mengingkari disyariatkannya aqiqah. Berikut ini penjelasannya lebih lengkap :

Hukum Aqiqah Sunnah

Mayoritas ulama’ fikih kebanyakan berpendapat jika aqiqah hukumnya adalah sunnah. Ulama yang berpendapat bahwa aqiqah sunnah di antaranya adalah Imam Malik, ulama Madinah, Imam Syari’i beserta para pengikutnya, Imam Ahmad, Ishaq, Abu Tsur, dan sebagian besar ulama ahli fikih dan ijtihad.

Dalil yang mereka kemukakan adalah hadits berikut ini, Rasulullah SAW bersabda. “Semua bayi tergadaikan dengan aqiqah-nya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama, dan dicukur rambutnya.” (Shahih, HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan lain-lainnya).

Hukum Aqiqah Wajib

Ulama yang berpendapat bahwa aqiqah wajib diantaranya dalah Imam Hasan Al-Bashri, Al-Laits ibn Sa’ad, dan lainnya.

Sedangkan dalil mereka yang pegang adalah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hasan dan Samurah ibn Jundad dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda, “Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya.”

Dari hadits diatas dapat dipahami bahwa anak yang baru saja dilahirkan itu tertahan. Dan bayi tersebut tidak dapat memberikan syafaat kepada kedua orang tuanya sampai si bayi diaqiqahkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa aqiqah adalah hukumnya wajib.

Pendapat yang Meningkari Disyariatkannya Aqiqah

Ulama’ yang berpendapat demikian adalah para ulama yaang menganut mazhab Hanafi. Mereka beranggapan bahwa mengingkari disyariatkan aqiqah. Para ulama’ tersebut mengemukakan pendapatnya dengan hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud, dan Baihaqi dari Amr ibn Syu’aib, dari ayahnya dari kakeknya.

Sang kakek berkata bahwa rasulluwah SAW pernah ditanya mengenai aqiqah. Kemudian Rasulluwah bersabda, “Aku tidak menyukai Al-‘uquq“. Sepertinya Rasulullah tidak menyukai dari segi namanya saja.

Lalu para sahabat bertanya “Wahai Rasulullah, tujuan kami adalah melakukan nusuk (ibadah) dalam rangka menyambut kelahiran anak kami?”

Lantas Rasulluwah lang menjawabnya, “Siapa di antara kalian hendak menyembelih untuk anaknya maka hendaknya ia melakukannya. Untuk anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing sementara untuk anak perempuan satu ekor saja.”

Syarat – syarat aqiqah

contoh undangan aqiqah dan syarat kambingnya

Dalam melaksanakan sunnah rasullah SAW ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Supaya aqiqah yang di lakukan sesuai dengan ajaran dan syariat islam serta dapat memberikan kemashalatan kepada masyarakat.

Berikut ini syarat dalam melakukan aqiqah sesuai dengan syariat islam :

1. Pemilihan Hewan Sembelihan yang Sah Untuk Aqiqah

Dalam memilih seekor hewan sembilihan harus yang sah dengan syariat islam. Dikitab Al-Majmu’ karangan Imam Nawawi rahimahullah, dijelaskan bahwa “hewan yang layak (sah) disembelih sebagai aqiqah adalah domba yang dewasa. Serta ciri-ciri kambing yang dewasa yaitu sudah memiliki gigi seri (gigi depan).”

Seekor domba yang digunakan untuk aqiqah harus selamat dari cacat. Karena aqiqah berarti mengalirkan darah secara syar’i (sesuai dengan tuntunan Islam). Hewan domba untuk aqiqah tersebut syaratnya sama dengan hewan kurban.

Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dengan sanad sahih bahwa Ibnu Abas r.a. berkata , “Rasulullah mengaqiqahkan Hasan dan Husain masing-masing dengan seekor domba.

Maksud dalam hadits diatas adalah hewan yang disembelih sebagai aqiqah harus sama dengan sifat-sifat hewan yang disembelih sebagai kurban. Sedangkan untuk penyembelihan hewan aqiqah jumlahnya berbeda-beda.

Jika anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing sebagai aqiqahnya dan untuk anak perempuan satu ekor saja.

Waktu Penyembelihan Hewan Aqiqah

Waktu yang sesuai dengan sunnah nabi adalah penyembelihan yang dilaksankan pada hari ketujuh setelah kelahirannya bayi. Jadi, hewan aqiqah disembelih pada hari keenam, bila hari kelahiran tidak dihitung.

Nah, jika bayi dilahirkan pada malam hari, maka dihitung dari hari setelah malam kelahiran itu. Penyembelihan hewan aqiqah dilaksankan pada hari ketujuh, sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Al-baihaqi dari Abdullah ibn Buraidah, dari ayahnya, dari Nabi SAW beliau bersabda.

“Hewan aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh, hari keempat belas, dan hari kedua puluh satu.” Dalam hadits lain, rasulluwah juga bersabda, “Dengan nama Allah, Ya Allah, untuk-Mu dan kepada-Mu aqiqah si Fulan.”

Hikmah Aqiqah

contoh undangan aqiqah dan hikmahnya

  • Aqiqah adalah sebuah ibadah dalam sunnah Rasulullah SAW sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan dengan kelahiran seorang anak.
  • Aqiqah juga memiliki peran untuk membuka ketertahanan bayi, sehingga ia dapat memberikan sebuah syafaat terhadap kedua orang tuanya.
  • Aqiqah merupakan bukti kebaikan orangtua terhadap anaknya sehingga anak tersebut kelak dapat menjadi anak yang berbakti dan sholeh. Supaya dapat memberikan syafaat kepada orang tuanya
  • .Aqiqah merupakan sebuah kurban seorang hamba untuk ber-taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT. Mereka melakukan aqiqah sebagai ungkapan rasa senang dan bahagia karena memperoleh nikmat dengan kelahiran seorang anak.
  • Aqiqah mempunyai manfaat sebagai sarana memperkuat tali ikatan kasih sayang antara individu dan masyarakat muslim lainnya. Dengan melaksankan aqiqah maka masyarakat berkumpul dan makan bareng serta mengucapkan selamat kepada orang tua bayi.
  • Aqiqah juga berfungsi untuk menebus sang bayi dari segala macam musibah dan malapetaka.

Doa Meneyembelih Hewan Aqiqah

Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummatin muhammadin.

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah terimalah (Kurban) dari Muhammad, dan keluarga Muhammad, serta dari ummat Muhammad.” (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud)

Doa Bayi Baru Dilahirkan

Inni u’iidzuka bikalimaatillaahit tammaati min kulli syaythaanin wa haammaatin wamin kuli ‘aynin laammatin.

Artinya : Aku berlindung untuk anak ini dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala gangguan syaitan dan gangguan binatang serta gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya. (HR. Bukhari)

Contoh Undangan Aqiqah

Saat Anda ingin melaksanakan Aqiqah untuk anak kamu yang baru di lahirkan, maka tidak afdhol kalau tidak mengundang keluarga, kerabat, ataupun tetangga. Ketika Anda ingin mengundang mereka, maka perlu sebuah surat undangan aqiqah, supaya lebih etis dan sopan.

Agar undangan aqiqah menarik maka diperlukan desain yang bagus dan indah. Berikut ini contoh undangan aqiqah yang bisa Anda buat referensi :

Contoh Undangan Aqiqah Simpel

Contoh Undangan Aqiqah bermotif bayi
Contoh Undangan Aqiqah bermotif karakter
Contoh Undangan Aqiqah motif bermotif keranjang bayi
Contoh Undangan Aqiqah motif hewan
Contoh Undangan Aqiqah anak laki-laki
Contoh Undangan Aqiqah anak perempuan
Contoh Undangan Aqiqah anak pertama
Contoh Undangan Aqiqah meriah
Contoh Undangan Aqiqah Istimewa
Contoh Undangan Aqiqah Lucu
Contoh Undangan Aqiqah bayi lucu
Contoh Undangan Aqiqah baik
Contoh Undangan Aqiqah bagus
Contoh Undangan Aqiqah menarik
Contoh Undangan Aqiqah bagus
Contoh Undangan Aqiqah keren
Contoh Undangan Aqiqah Islami

Contoh Background Undangan Aqiqah

 

Contoh Background Undangan Aqiqah bermotif masjid

Contoh Background Undangan Aqiqah bermotif keren
Contoh Background Undangan Aqiqah bermotif bunga
Contoh Background Undangan Aqiqah bagus
Contoh Background Undangan Aqiqah bermotif wayang
Contoh Background Undangan Aqiqah bermotif karakter
Contoh Background Undangan Aqiqah sederhana
Contoh Background Undangan Aqiqah bermotif hewan

Itulah bebrapa contoh undangan aqiqah yang bisa saya sajikan di artikel kali ini, semoga bisa menjadikan refensi bagi Anda yang sedang mencari contoh undangan aqiqah. Bagi anda yang sedang membutuhkan undangan aqiqah dalam bentuk docs, silahkan download disini. Sekian ulasan ini semoga dapat memberikan manfaat dan menjadikan berkah. Aminn..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.