Kumpulan Doa Sehari-hari dari Bangun Sampai Tidur Lagi [Lengkap]

Doa sehari-hari merupakan salah satu amalan yang harus dibiasakan untuk dilakukan. Dengan mengamalkan doa sehari-hari, maka pekerjaan ataupun aktivitas kita akan menjadi bermakna dan berpahala, dan itu bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun kita berada. Mari kita mulai sekarang ini hafalkan dan amalkan doa sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan keutamaan berdoa, tata cara berdoa, waktu berdoa, dan tempat paling mustajab untuk berdoa, dan juga ada dalili-dalil anjuran untuk berdoa. Dan tentunya ada kumpulan doa sehari-hari yang bisa langsung dihafal dan diamalkan.

Keutamaan Doa

 

doa sehari-hari dan keutamannya

 

Doa merupakan sebuah senjata bagi umat islam, maka dari itu doa ini memiliki banyak sekali keutamaan. Untuk penjelasannya mari kita simak baik-baik beberapa keutamaan doa :

1. Doa merupakan suatu amalan dan termasuk juga bagian dari wujud ketaatan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah bersabda :

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

“Do’a adalah ibadah.” (HR. Abu Daud no. 1479, At Tirmidzi no. 2969, Ibnu Majah no. 3828 dan Ahmad 4/267; dari An Nu’man bin Basyir).

2. Doa yaitu sebab untuk mencegah sebuah musibah atau bala bencana.

3. Doa merupakan sebuah kekuatan dan disaat kita kita sedang melawan musuh, maka akan cepat memperoleh pertolongan.

4. Doa mempunyai banyak sekali manfaat, atas izin Allah SWT. Manfaat doa dibagi menjadi tiga keadaan, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini :

” ما مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلاَ قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلاَّ أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلاَثٍ إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِى الآخِرَةِ وَإِمَّا أَنُْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا “. قَالُوا إِذاً نُكْثِرُ. قَالَ ” اللَّهُ أَكْثَرُ “

“Tidaklah tiap muslim memanjatkan do’a pada Allah ‘Azza wa Jalla selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi antar saudara melainkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan beri padanya tiga hal, yaitu :

1) Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan langsung mengabulkan do’anya.

2) Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan menyimpan baginya di akhirat kelak. Dan

3) Allah ‘Subhanahu Wa Ta’ala akan menghindarkan darinya keburukan yang serupa.”

Para sahabat lantas mengatakan, “Apabila seperti itu, kami akan memperbanyak berdo’a.”
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam langsung berkata:

“Allah Ta’ala nanti yang memperbanyak mengijabah do’a-do’a kalian.” (HR. Ahmad 3/18, dari Abu Sa’id. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanadnya jayyid).

5. Doa merupakan sebuah bukti benarnya iman dan tempat untuk pengenalan seseorang kepada Allah, baik itu dalam rububiyyah, uluhiyyah, mapun asma wa sifat-Nya dan nama-nama-Nya.

Doa seseorang yang dipanjatkan kepada Tuhan (Allah) membuktikan bahwa dia yakin Allah SWT itu ada, dan juga Allah itu Maha Mencukupi, Maha Melihat, Maha Mulia, Maha Pengasih, Maha Mampu, Tuhan yang berhak disembah semata tidak pada selain-Nya.

6. Doa memberikan bukti benarnya berserah dirinya seseorang terhadap Allah. Karena jika seseorang itu berdoa, maka berarti bahwa orang tersebut memohon pertolongan kepada Allah. Serta ia juga berarti menyerahkan urusannya kepada Allah SWT semata.

7. Doa juga merupakan sebagai pengurang azab Allah SWT. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ لَمْ يَسْأَلِ اللَّهَ يَغْضَبْ عَلَيْهِ

“Barangsiapa yang tidak meminta pada Allah ‘Azza wa Jalla, maka Allah subhanahu wata’ala akan murka padanya.” (HR. Tirmidzi no. 3373. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Semoga keutamaan-keutamaan diatas dapat memberikan motivasi pada kita untuk selalu berdoa dan banyak berlindung pada Allah SWT. Perlu diingat bahwa setiap doa itu pasti berguna.

Apabila Anda berdoa pasti akan diberikan yang terbaik oleh Allah SWT menurut-Nya. Jadi jangan menyerah dan teruslah berdoa, meskipun dalam kondisi apapun .

Tata Cara Berdoa

 

doa sehari-hari dan tata caranya

 

1. Menghadap Kiblat

Didalam berdoa umat muslim dianjurkan untuk menghadap kiblat (Ka’bah Mekkah). Hal tersebut berdasarkan sebuah hadits, “Rasulullah datang ketempat Wuquf di Arafah dan ia menghadap kiblat lalu terus menerus berdo’a sehingga tenggelam matahari”.

2. Membaca hamdalah atau pujian pada Allah, Istighfar dan Shalawat

Seorang sahabat nabi pernah berkata : “Ketika Nabi Muhammad saw duduk dimesjid, tiba-tiba datang seorang laki-laki masuk, lalu ia shalat. Setelah selesai ia membaca doa,’Allahummaghfirlii warhamnii’. Maka waktu itu Rasulullah pun berkata, wahai kawan, engkau terburu-buru. Jika Engkau shalat, duduklah dahulu kemudian bacalah puji-pujian kepada Allah. Karena dia yang memiliki pujian itu, lalu Engkau baca shalawat kepadaku kemudian baru berdo’a .

Kemudian datang seorang yang lain setelah shalat ia memuji Allah dan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad saw. dan setelah itu Nabi bersabda, Berdo’alah akan dipenuhi.”

3. Memakai Suara lembut dan rasa takut

Dalam Al-qur’an Allah berfirman yang berbunyi, “Berserulah (Berdo’a) kepada Tuhanmu dengan merendahkan diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah engkau berbuat kerusakan dibumi sesudah (Allah SWT ) memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak diterima) dan harap (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Q.S. Al A’raf : 55-56).

Waktu yang Paling Msutajab atau Baik Untuk Berdoa

 

doa sehari-hari dan waktu mustajabnya

 

1.Ketika turun hujan.
2. Ketika melakukan tawaf.
3. Ketika menghadapi musuh di medan perang.
4. Antara azan dan Iqamat.
5. Menjelang waktu shalat dan sesudahnya.
6. Waktu sepertiga malam yang terakhir.
7. Sepanjang hari jum’at.
8. Antara Dzuhur dan Ashar, serta Ashar dan Maghrib.
9. Ketika khatam mambaca Al-Qur’an.
10. Saat ber’doa sebaiknya di ulang sebanyak tiga kali.

Tempat yang Baik Untuk Berdoa

 

doa sehari-hari dan tempat paling mustajab

 

1. Di Masjid Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam.
2. Di depan dan dalam Ka’bah.
3. Di belakang makam Nabi Ibrahim as.
4. Diatas Bukit Safa dan Marwah.
5. Di Mina, di Arafah, di Muzdalifah, dan disisi jamarat yang tiga.
6. Di tempat-tempat mulia lainnya seperti Masjid dan Mushalla.

Anjuran untuk Berdo’a

Berdo’a adalah inti ibadah dari ummat islam yang dimana tidak pandang derajat dan pangkat. Semua ummat Islam diperintahkan supaya banyak berdoa kepada Tuhan (Allah) baik waktu siang atau malam.

Orang yang berdoa seolah-olah berbisik dengan Allah, bermunajat dengan-Nya, dengan menggunkan kata-kata yang sopan, rendah, sebagai mana keadaan orang-orang miskin yang meminta kepada orang-orang kaya.

Doa memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam ibadah Islam. Orang yang tidak mau bedoa merupakan orang-orang yang sombong, menganggap dirinya lebih tinnggi, lebih pandai, dan lebih kaya dari tuhan (Allah).
Dibawah inilah Firman Allah Ta’ala mengenai anjuran untuk berdoa :

 

Artinya : “Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (Al-Mu’min : 60).

Allah berjanji akan menerima doa hambanya, namun ia tidak menetapkan waktu penerimaannya. Bagi kita ummat Islam harus ikut perintah, soal kapan waktu penerimaan do’a itu terserah kepada Allah.

 

Artinya : “Disanalah Zakaria berdo’a kpd Tuhan, nabi Zakaria berkata : Hai Tuhanku ! Berilah aku seorang anak yg baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar sekalian do’a (Ali-Imran : 38).

Doa Sehari-hari

Doa Sebelum Makan

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang Islam.”

Doa Ketika Makan Lupa Membaca Doa

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya.”

Doa Sesudah Minum

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami”

Doa Sebelum Tidur

بِسْمِكَ اللّٰهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati”.

Doa Ketika Mendapat Mimpi Baik

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ قَطْلَ الْحَاجَتِ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku”

Doa Ketika Mimpi Buruk

اَللّٰهُمَّ إِنّىِ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada Engkau dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk”

Doa Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan”

Doa Masuk Kamar Mandi Atau Toilet

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu (Allah) dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan”

Doa Keluar Kamar Mandi Atau Toilet

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Artinya: “Dengan mengharap ampunanMu (Allah), segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

Doa Istinja

اَللّٰهُمَّ طَهِّرُ قَلْبِىْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْخِىْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Artinya : “Wahai Tuhanku, sucikanlah hatiku dari sifat kepura-puraan (munafiq) serta peliharalah kemaluanku dari perbuatan keji”

Doa Menjelang Sholat Shubuh

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنْ ضِيْقِ الدُّنْيَا وَضِيْقِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat. (HR. Abu Daud)”

Doa Menyambut Pagi hari

اَللّٰهُمَّ بِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Artinya : “Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang, dan karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”

Doa Menyambut Sore Hari

اَللّٰهُمَّ بِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Artinya : “Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu petang dan waktu pagi, karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”

Doa Ketika Bercermin

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

Artinya: “Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku”

Doa Masuk Rumah

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

Doa Keluar Rumah / Doa Bepergian

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِالله

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan pertologan Allah.”

Doa Memakai Pakaian Baru

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku”

Doa Memakai Pakaian

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Artinya: “Dengan nama-Mu yaa Allah akku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya”

Doa Melepas Pakaian

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Artinya: “Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya”

Doa Memohon Ilmu Yang Bermanfaat

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu (Allah) ilmu yang bermanfaat, rezki yang baik dan amal yang baik Diterima. (H.R. Ibnu Majah)”

Doa Sebelum Belajar

يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا

Artinya : “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman”

Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau (Allah) ilmu-ilmu yang telah Engkau (Allah) ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau (Allah) lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam.”

Doa Berpergian

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Doa Naik Kendaraan

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Artinya : “Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali ”

Doa Naik Kapal

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Artinya : “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Doa Ketika Sampai di Tempat Tujuan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى سَلَمَنِى وَالَّذِى اَوَنِى وَالَّذِى جَمَعَ الشَّمْلَ بِ

Artinya:”Segala puji bagi Allah, yang telah menyelamatkan akau dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkanku dengan keluargaku.”

Doa Ketika Menuju Masjid

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ فِىْ قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِىْ نُوْرًا وَفِىْ بَصَرِىْ نُوْرًا وَفِىْ سَمْعِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِىْ نُوْرًا وَفَوْقِىْ نُوْرًا وَتَحْتِىْ

نُوْرًا وَاَمَامِىْ نُوْرًا وَخَلْفِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِّىْ نُوْرًا

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah dihatiku cahaya, pada lisanku cahaya dipandanganku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Doa Masuk Masjid

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Artinya: “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”

Doa Keluar Masjid

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu”

Doa Akan Membaca Al-Qur’an

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Artinya : “Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Doa Setelah Membaca Al-Qur’an

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْ

Artinya : “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku ikutan cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

Doa Niat Wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Artinya : “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala”

Doa Setelah Wudhu

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Artinya: “Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci”

Doa akan Mandi (Bukan Mandi Wajib)

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِى وَوَسِّعْ لِى فِىْ دَارِىْ وَبَارِكْ لِىْ فِىْ رِزْقِىْ

Artinya : “Ya Allah ampunilah dosa kesalahanku dan berilah keluasaan di rumahku serta berkahilah pada rezekiku.”

Sekian penjelasan mengenai kumpulan doa sehari-hari dan terjemahnya, yang dapat diamalkan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Doa-doa diatas bisa dipakai oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, maupun lansia.

Dengan membaca doa-doa tersebut setiap hari saat kita menjalankan aktivitas juga kan mendapatkan pahala, seperti yang sudah dibahas diatas tentang anjuran untuk berdoa dan Allah telah berjanji akan menerima doa dari hambanya.

Dan sesungguhnya Allah SWT, menyukai hambanya yang selalu memanjatkan doa kepada-Nya. Mudah-mudahan kumpulan doa sehari-hari diatas dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menjalankan kegiatan sehari-hari

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.