Doa Ulang Tahun Paling Lengkap [Latin dan Arab]

Doa Ulang Tahun – Sebagai hari lahir maka lebih dikenal dengan istilah ulang tahun. Ulang tahun memberikan makna yang cukup baik untuk membuat hidup ini lebih berkualitas. Dengan adanya ulang tahun, maka seseorang lebih memahami bagaimana hidup ini menjadi lebih baik.

Bagi sebagian orang, kado ulang tahun yang diberikan tentu akan sangat berarti. Selain kado, ucapan ulang tahun yang sesuai begitu memberikan kesan tersendiri. Serta untuk doa bertambah umur yang tepat haruslah anda ketahui. Ayat ulang tahun sendiri terletak pada QS. Maryam : ayat 33. Berikut ulasan mengenai doa ulang tahun yang dapat anda gunakan.

Banyak masyarakat yang percaya bahwa doa dan harapan di hari ulang tahun akan lebih mudah terwujud. Hal ini tentu dikarenakan adanya kepercayaan yang timbul termasuk pada diri sendiri. Rasa optimis yang memberikan semangat untuk mencapai tujuan tersebut.

Doa merupakan salah satu bagian terpenting dalam melakukan usaha yang ada. Doa harus di lalui dengan usaha untuk mencapai hasil yang baik. Terlebih untuk doa anak ulang tahun maka dapat digunakan yang sesuai. Simak penjelasan lebih lengkap mengenai beberapa doa ulang tahun.

Doa Ulang Tahun Paling Lengkap

doa ulang tahun untuk diri sendiri

Doa merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meminta segala yang diperlukan. Doa yang dipanjatkan tentu haruslah baik dan tidak merugikan.

1. Doa Ulang Tahun Islami

Doa ulang tahun dalam al-quran tentu memiliki makna yang sangat baik. Doa yang baik sudah pasti akan memiliki fungsi yang baik pula untuk kedepannya. Berikut doa yang dapat digunakan :

وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma thowwil ‘umuuronaa, wa shohhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijanaa fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun

Artinya: Ya Allah! Panjangkan umur kami, sehatkan jasad kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari keburukan, kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau (Allah) Maha Kuasa atas segala sesuatu. [1]

2. Doa Untuk Kerabat

Sebagai bagian dari keluarga, tentu harus memberikan doa yang terbaik untuknya. Dimana setiap hal dan aktivitas yang dilakukan semoga menjadi yang terbaik. Berikut doa ulang tahun untuk sahabat :

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuun waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama

Artinya: Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa. [1]

3. Doa Untuk Diri Sendiri

Manusia sudah pasti memiliki kesalahan yang melimpah. Namun, alangkah baiknya untuk selalu berusaha dalam membuat diri menjadi lebih berkualitas. Dengan menggunakan doa ini, semoga dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Berikut doa ulang tahun untuk diri sendiri :

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti

Artinya: Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. [1]

4. Doa Ulang Tahun Anak

Anak-anak kerap kali mengadakan ulang tahun sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT selama ini. Menjalani kehidupan yang ada tentu harus bersyukur dan berbagi kepada sesama. Berikut doa ulang tahun anak dalam islam :

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

ROBBI HABLII MIN LADUNKA DZURRIYYATAN THOYYIBATAN INNAKA SAMII’UD DU’AA-I

Artinya : Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar Doa

5. Ucapan Selamat Ulang Tahun

Masih banyak masyarakat yang belum memahami dengan benar bagaimana ucapan yang tepat dalam islam. Dengan pengucapan yang tepat tentu akan memberikan pemahaman arti yang baik. Berikut bahasa arab selamat ulang tahun yang dapat anda sampaikan :

بارك الله في عمرك

Barakallah Fii Umrik

Artinya: “semoga mendapatkan berkah dari Allah S.W.T dalam usiamu”

Begitulah ulasan mengenai doa ulang tahun yang dapat anda sampaikan. Doa yang benar tentu akan lebih cepat untuk didengar oleh Allah SWT. Doa sendiri tidak hanya dapat dilakukan pada satu waktu saja, termasuk pada saat ulang tahun. Melainkan dapat dilakukan sewaktu-waktu untuk doa yang lebih mujarab. Doa diatas dapat digunakan sebagai doa ulang tahun anak perempuan.

Selain itu, dapat pula digunakan pada doa ulang tahun anak laki-laki. Jangan lupa, untuk membawa kue saat mendatangi undangan ulang tahun. Bagi anda yang belum paham cara membuat kue ulang tahun maka dapat mempelajarinya. Semoga artikel ini bermanfaat !

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.