Pengertian Identitas Nasional, Contoh Besrta Unsur-unsur

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki bermacam identitas nasional yang teristimewa dan tentunya berbeda dari negara-negara lainnya. Disini yang dimaksudkan adalah identitas yang memacu pada kebangsaan seseorang.

Mayoritas dari masyarakat menautkan identitas nasional mereka dengan negara di mana mereka dilahirkan. Beraneka ragam suku bangsa dan bahasa di Indonesia. Menjadikan suatu tantangan besar bagi bangsa Indonesia untuk tetap dapat mempertahankan identitasnya.

Apalagi di era globalisasi seperti saat ini, banyak orang yang sudah meninggalkan identitas nasionalnya. Globalisasi merupakan suatu zaman yang ditandai dengan perubahan tatanan kehidupan dunia akibat dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Namun khususnya pada bidang teknologi informasi, sehingga hubungan manusia menjadi sempit, dan seolah-olah dunia tanpa ruangan. Zaman globalisasi dapat berpengaruh pada nilai-nilai budaya Indonesia. Zaman globalisasi tersebut sudah menggeser nilai-nilai yang sudah ada.

Identitas nasional merupakan citra diri dari sebuah bangsa yang dilihat oleh negara lain. Jangan sampai kita terbawa oleh perkembangan globalisasi, yang menampilkan keistimewaan-keistimewaan negara lain.

Sehingga kita terlena dan terpesona, yang pada akhirnya bisa membuat kita meninggalkan dan melupakan identitas bangsanya sendiri. Maka dari itu, kita sebagai generasi muda Indonesia seharusnya sudah mengenal dan mengetahui apa saja indentitas bangsanya.

Tapi pada kenyataanya yang sesungguhnya, banyak generasi muda Indonesia yang belum tahu tentang apa itu identitas nasional. Dan tidak tahu juga, apa saja bentuk identitas nasional bangsa kita.

Seringkali kita marah ketika aset, kekeyaan, budaya identitas nasional kita direbut atau ditiru, bahkan sampai diakui (maling) oleh negara lain. Namun dalam penerapannya kita sebagai warga negara Indonesia bersikap pasif dan enggan untuk mengembangkan dan mengoptimalkannya.

Oleh karena itu, dalam artikel ini saya akan membahas tentang definisi, komponen, fungsi, dan jenis-jenis identitas nasional. Yang diharapkan dapat bermanfaat untuk kita semua. Dalam memahami, menyempurnakan dan melestarikan identitas nasional bangsa Indonesia.

Pengertian Identitas Nasional

penegertian identitas sosial

Identitas Nasional merupakan hal yang sangat berarti dan harus diketahui oleh setiap warga negara. Namun, dalam berbagai permasalahan dan kondisi kehidupan setiap warga negara Indonesia itu sendiri.

Apakah semua warga negara mampu untuk mengetahui identitas bangsanya sendiri, dan mampu menjalankan apa yang menjadi Identitas Nasional?

Sehingga Identitas dapat dipertahankan oleh negara Indonesia. Dan tentunya warga negara yang dapat mengenal, memahami dan melestarikan berbagai komponen sebagai Identitas Nasional.

Identitas nasional adalah sebuah kesatuan yang terikat dengan wilayah. Dan pasti mempunyai wilayah (tanah tumpah darah), kesamaan sejarah kemerdekaan, perundang undangan, hak dan kewajiban serta pembagian kerja berdasarkan profesi.

Identitas Nasional merupakan salah satu bagian dari bentuk identifikasi ingroup. Yang dimana identitas nasional ini dapat menggambarkan perasaan, pengenalan dan penilaian yang positif, dari warga negara terhadap bangsa dan negaranya.

Selain pengertian diatas, identitas nasional merupakan suatu kumpulan nilai budaya yang tumbuh dan berkembang di dalam berbagai bagian aspek kehidupan. Dari mulai memiliki banyak suku yang ada dan dihimpun dalam satu kesatuan.

Unsur-unsur Identitas Nasional

Unsur-unsur Identitas Nasional

Unsur- unsur identitas nasional Indonesia ini memacu pada suatu bangsa yang memiliki beraneka ragam suku dan budaya. Keberanekaragaman tersebut merupakan gabungan dari unsur-unsur pembentuk identitas nasional. Unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut :

1. Suku Bangsa

Suku bangsa merupkan salah satu unsur yang berkaitan untuk dapat membentuk identitas nasional. Hal tersebut merupakan golongan sosial yang khusus dan bersifat askriptif (sudah ada sejak lahir). Yang mana sama halnya dengan golongan umur dan jenis kelamin.

Di negara kita yaitu Indonesia, memiliki banyak sekali suku bangsa atau kelompok etnis, yang jumlahnya kurang lebih 300 dialek bahasa.

2. Agama

Bangsa Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak kepercayaan atau keyakinan. Sehingga memunculkan bebrapa agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia, diantaranya adalah Agama Islam, Katholik, Kristen, Hindu, Buddha serta Kong Hu Cu. Namun, yang paling mayoritas masyrakat Indonesia adalah beragama Islam.

3. Kebudayaan

Kebudayaan merupakan salah satu pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial. Yang didalamnya mengandung berbagai perangkat-perangkat atau model-model pengetahuan. Dan digunakan secara bersama-sama oleh pendukung-pendukungnya untuk menafsirkan dan memahami lingkungan yang dihadapi.

Serta digunakan sebagai rujukan atau pedoman untuk bertindak (dalam bentuk perbuatan atau benda-benda kebudayaan) sesuai dengan lingkungan yang dihadapi.

4. Bahasa

Bahasa merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh sebuah negara. Dalam hal tersebut, bahasa diartikan sebagai simbol, yang secara otoriter dibentuk atas unsur-unsur bunyi dan pengucapan manusia. Serta bisa digunakan sebagai sarana berinteraksi antar manusia.

Dari unsur-unsur diatas, dapat disimpulkan atau diringkas pembagiannya menjadi tiga bagian, sebagai berikut :

  1. Identitas Fundamental, yaitu pancasila sebagai falsafat bangsa, dasar negara dan ideologi negara.
  2. Identitas Instrumental, adalah identitas yang mengandung isi dari UUD 1945, serta tata perundang-undangannya. Dalam Identitas instrumental ini, bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia, bendera negara Indonesia adalah Sang Merah Putih.
    Serta lambang atau emblem negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Dan lagu kebangsaan Indonesia adalah Indonesia Raya.
  3. Identitas Alamiah, yaitu kepulauan dan pluralisme dalam budaya, suku, agama dan bahasa serta kepercayaan.

Fungsi Identitas Nasional

fungsi identitas nasional

Fungsi identitas nasional dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :

  1. Identitas Nasional memberikan jawaban yang memuaskan terhadap rasa takut akan kehilangan identitas melalui identifikasi terhadap bangsa.
  2. Identitas Nasional mengemukakan pembaharuan pribadi dan martabat bagi individu dengan menjadi bagian dari keluarga besar suatu bangsa.
  3. Identitas Nasional memungkinkan adanya realisasi dari perasaan persaudaraan, terutama melalui simbol-simbol dan upacara.

Jenis-jenis Identitas Nasional

jenis identitas nasional

1. Bahasa Nasional yaitu bahasa Indonesia

Bahasa adalah unsur yang sangat penting dalam identitas nasional yang lain. Bahasa dijadikan sebagai simbol atas kekhasannya sebuah bangsa atau negara. Bahasa ini dibentuk atas dasar unsur-unsur ucapan manusia yang digunakan untuk berinteraksi dengan orang-orang.

2. Bendera negara Indonesia yaitu Sang Merah Putih

Seperti yang sudah tertulis dalam UUD 1945 Bab 15 Pasal 35 yang berbunyi bahwa “ Bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih”. Warna pada bendera sang merah putih, memiliki arti yaitu, merah yang berarti berani dan putih berarti suci.

3. Lagu Kebangsaan yaitu Indonesia Raya

Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh Wage Rudolf Soepratman, pada tahun 1924. Lagu ini pertama dinyanyikan pada kongres pemuda (sumpah pemuda) pada tanggal 28 Oktober 1928. Sesudah proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

4. Semboyan negara Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika mempunyai makna yang sangat dalam yaitu ”berbeda-beda tapi tetap satu”. Bhineka Tunggal Ika berisi konsep kombinasi dan keanekaragaman budaya dalam kehidupan yang terikat dalam suatu kesatuan.
Bhineka Tunggal Ika tidak bersifat pendukung dan khusus. Hal ini bermakna bahwa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara itu sama-sama. Tidak ada merasa dirinya yang paling benar, dan paling hebat.

5. Konstitusi negara yaitu UUD 1945

Undang-undang dasar merupakan peraturan perundang-undangan yang tertinggi dalam sebuah negara. Hukum dasar ini tertulis dan berisi aturan yang harus ditaati dan disegani. Hukum dasar negara meliputi keseluruhan sistem ketatanegaraan. Yang berupa kumpulan peraturan yang membentuk negara dan mengatur pemerintahannya.

Undang-Undang Dasar nmerupakan suatu hal yang sangat penting dan vital dalam suatu pemerintahan yang telah merdeka.

Contoh Identitas Nasional

contoh identitas nasional

  1. Negara Indonesia yang telah menjadi Negara kepulauan dan telah merdeka pada tahun 1945 memiliki sejarah yang bertujuan agar Indonesia bisa merdeka dari penjajahan.
  2. Mewajibkan diadakannya upacara bendera merah putih setiap hari senin di setiap instansi pemerintah. Dalam upacara bendera merah putih, terdapat banyak sekali unsur identitas nasional. Diantaranya adalah saat pengibaran bendera Sang Merah Putih, pembacaan teks pancasila dan proklamasi, pembacaan UUD 1945, dan menyanyikan lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya.

Mungkin itu, sedikit penjelasan mengenai Identitas nasional. Apabila ada kesalahan dalam penulisan atau penyampaiannya kurang di mengerti mohon di kritika. Karena kritikan tersebut sifatnya untuk membangun agar lebih baik kedepannya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan dapat menjadikan kita semua, khususnya warga negara Indonesia agar lebih cinta terhadap identitas bangsanya. karena identitas nasional ini adalah aset bagi negara kita yaitu Indonesia. Maka dari itu, identitas ini selalu dijaga dan dikembangkan untuk generasi-genari bangsa berikutnya.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.