Makanan Burung Lovebird Agar Cepat Ngekek Gacor dan Panjang

Hello sahabat kicau mania, pada kesempatan ini saya akan memparkan beberapa makanan burung lovebird. Sebelumnya, saya juga menulis artikel tentang makanan burung kenari. Sebeanarnya asupan pakan hampir sama antara keduanya. Tapi ada sedikit perbedaannya dengan racikan dan porsinya. Untuk lebih lanjutnya simak baik-baik ulasannya sampai akhir.

Burung lovebird merupakan burung yang memiliki warna paling indah dan cantik. Selain warna yang indah, burung lovebird juga mempunyai kicauan yang merdu dan lantang. Sehingga para kicau mania banyak yang memelihara hanya untuk mencari warna baru dan langka. Semakin langka dan baru warna burung lovebird, maka harga jualnya semakin tinggi.

Burung lovebird yang memiliki warna indah dan suara ngekek panjang. Hal itu, tidak lepas dengan cara merawat dan pemberian pakannya. Dulunya, burung ini hanya dijadikan sebagai burung hias saja. Namun, karena kicaunnya yang berdurasi panjang, menjadikan burung ini banyak dilombakan.

Penilaian dalam kompetisinya adalah burung yang ngekek panjang. Sehingga, semakin panjang suara ngekeknya, maka makin besar peluang tercapainya untuk dapat juara. Namun, dalam upaya untuk memperoleh burung yang mampu ngekek berdurasi panjang memang tidaklah instan.

Pada dasarnya, selain pola perawatan dan pakan lovebird yang diberikan setiap harinya juga sangat menentukan burung kedepannya. Misalnya, makanan dan porsi harian sudah diberikan dengan baik dan sesuai dengan karakter burung. Maka, pasti hasilnya akan cepat didapatkan.

Namun sebaliknya, jika kalau hal tersebut kurang diperhatikan, maka kemungkinan nantinya penampilan burung akan jadi natural saja.

Sehubungan dengan perawatan, setelan pada umumnya banyak diterapkan oleh para pecinta lovebird kompetisi. Sebenarnya tidaklah berbeda jauh dengan perawatan rutin tiap hari, yaitu memandikan, menjemur, dan pemasteran.

Sedangkan untuk pakan burung lovebird, pada dasarnya tidak terlalu rumit dan mudah dicari. Bisa dibilang begitu, karena para pecinta burung lovebird memeberikan porsi pakan hampir keseluruhan adalah jenis pakan yang alami dan bukan racikan.

Yang perlu diperhatikan adalah pakan burung lovebird harus memiliki beberapa nutrisi penting. Dan dapat menunjang keberlangsungan hidup burung tersebut. Berikut ini beberapa nutrisi penting, diantaranya adalah :

Nutrisi Makanan Burung lovebird

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan nutrisi yang sangat penting bagi semua makhluk hidup, termasuk burung lovebird. Bagi burung lovebird karbohidrat tidak hanya berfungsi sebagai sumber tenaga saja. Tapi juga berfungsi untuk mempelancar metabolisme.

Jika metabolismenya baik, maka tubuhnya akan selalu, aktif, tidak mudah terserang penyakit dan juga sehat. Untuk memenuhi karbohidrat, anda bisa memberikan pakan pada burung berupa jagung muda dan sayuran segar.

Protein

Protein menjadi zat sangat penting dalam pertumbuhan burung lovebird. Protein juga berperan sejak pembentukan telur, saat pergantian bulu, pertunasan bulu baru. Dan juga pada saat kawin, serta saat anakan burung lovebird menetas agar bisa tumbuh normal dan cepat besar.

Vitamin

Vitamin ini juga sangat penting sekali, bagi anda yang menginginkan burung lovebird nya ngekek panjang. Maka berikanlah asupan tambahan makanan yang mengandung Vitamin A, B, C, D, E, dan K. Tapi, vitaminnya harus alami yang berasal dari buah-buahan segar dan sayuran segar.

Makanan Burung Lovebird

Makanan baik untuk burung ini adalah yang tentunya bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Dengan begitu, burung lovebird bisa selalu sehat dan panjang umur. Umur burung lovebird ini bisa mencapai lebih dari 10 tahun, apabila memang dirawat dan diperhatikan dengan baik.

Apalagi kalau burung ini mempunyai bentuk dan warna yang indah pasti yang memiliki burung itu akan senang jika umurnya panjang. Terlebih lagi, jika burung lovebirdnya memiliki ngekek panjang dan selalu juara ketika ada kompetisi kicauan.

Langsung saja, tidak usah panjang lebar saya akan membahas dibawah ini, dan jangan lupa simak baik-baik.
Sebelumnya saya bahas perlu diperhatikan, bahwa saya akan membagi makanan burung lovebird menjadi dua macam. Yaitu makanan pokok lovebird dan makanan tambahan (extra food lovebird).

Makanan Pokok Lovebird

Milet

makanan burung lovebird milet

Milet ini merupakan makanan burung yang sudah umum sekali. Dan digunakan untuk pakan burung seperti Kenari, Lovebird, Blackthrot, dan burung pemakan buji-bijian lainnya. Pakan Milet ini ada yang berwarna putih dan merah, Anda sangat mudah untuk mencari pakan burung ini. Karena disetiap toko pakan burung pasti ada Milet. Kami juga menjualnya bisa hubungi kontak ini 081336842549

Biji Kenari (Canary Seed)

biji kenari bisa juga untuk makanan burung lovebird

Biji ini merupakan pakan utama bagi burung kenari. Tapi, sebagian burung berkicau pemakan biji-bijian lainnya. Seperti finch, blackthroat, dan khusunya lovebird juga sangat menyukainya. Banyak yang berpendapat dari para kicau mania. Bahwa canary seed yang berkualitas bagus ialah yang tua, kering bersih, tidak berbau, dan berwarna kuning mengkilap.

Sedangkan untuk bijian yang masih muda, dinilai kurang bagus bagi burung. Ciri-ciri bijian yang muda adalah lunak dan berwarna putih. Kandungan yang terdapat pada pakan biji kenari mencakup protein, hidrat arang, dan lemak.
Beberapa zat tersebut, dipercaya mampu menyegarkan tubuh, menambah stamina atau spirit. Serta dapat membenahi suara burung, terutama untuk yang bersuara serak dan tidak bunyi. Kami menjual biji kenari bisa hubungi kontak ini 081336842549

Biji Oat atau Haver

biji oat makanan burung lovebird

Tidak hanya bagi manusia saja, biji oat juga sangat baik diberikan untuk burung lovebir. Maupun burung pemakan biji-bijian lainnya. Karena biji oat memiliki kandungan kalori, karbohidrat dan protein yang tinggi. Maka sangat baik jika diberikan pada indukan burung yang sedang merawat anakannya.

Fungsi dari biji oat juga sangat bermanfaat untuk mempercepat pemulihan burung setelah sakit. Dan bisa meningkatkan kegemukan pada tubuh burung. Selain itu, manfaat biji ini masih sangat banyak sekali. Misalnya dapat memperbaiki sistem kerja organ-organ pencernaan, mempercepat mabung serta penghilang stres, dan lain-lain. Kami menjual biji oat bisa hubungi kontak ini 081336842549

Makanan tambahan burung lovebird (Extra Food lovebird)

Jagung Manis

jagung manis makanan burung lovebird

Jagung yang manis merupakan makanan yang paling di sukai oleh burung lovebird. Selain memiliki rasa yang manis, jagung ini mempunyai beraneka ragam manfaat. Salah satunya peran jagung manis adalah dapat menjaga kesehatan bagian mata burung lovebird. Dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan otot burung.

Jagung manis ini mempunyai beberapa kandungan yang terdapat didalamnya. Antara lain, folat, crypthoxanthin, vitamin B dan C, beta karoten, energi, karbohidrat, kolestrol, dan lain sebagainya.

Buah Apel Merah

buah apel merah makanan burung lovebird

Pakan lovebird buah apel merah ini dipercayai mampu meningkatkan daya tahan dan tenaga burung. Terlebih lagi, jika memilih buah apel yang berwarna merah dibanding dengan hijau. Selain rasanya lebih manis, buah apel juga mempunyai kandunagn yang lebih tinggi dari pada berwarna hijau.

Namun, sebelum disajikan pada burung terutama lovebird, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dicuci. Tujuannya supaya buahan segar ini lebih steril atau terjauh dari bahan-bahan yang mengandung zat berbahaya seperti pestisida.

Toge atau Kecambah

toge makanan burung lovebird

Toge ini hampir sama perannya dengan buah apel merah, yang dimana toge juga mampu meningkatkan stamina burung lovebird. Sehingga lebih sehat, aktif, dan rajin berkicau. Disisi lain, kecambah ini juga sangat disukai burung pemakan bijian khususnya lovebird.

Toge ini diduga memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap, dibandingkan dengan bijian mentah. Jadi, cobalah sajikan toge kepada burung lovebird Anda. Jika memang Anda ingin memiliki lovebird yang ngekek panjang.

Daun Kangkung

daun kangkung makanan burung lovebird

Kangkung merupakan sayuran yang banyak gizi, dibandingkan dengan sayuran lainnya. Kandungan nutris yang ada didalamnya kangkung tergolong lengkap, dengan berbagai macam gizi yang hampir sempurna. Daun kangkung ini dapat meningkatkan birahi burung lovebird, baik itu lovebird kompetisi maupun yang diternak.

Namun, birahi yang dihasilkan bisa terkendali, tidak sampai berlebihan. Karena itu banyak yang memberikan kangkung pada butung yang dilombakan atau sedang diternak.

Jual Pakan Burung Lovebird

Hai para kicau mania, Anda sedang mencari pakan burung lovebird? Anda ingin burung Lovebirdnya cepat gocor? Solusinya yaitu dengan memberikan pakan yang sudah saya jelaskan diatas. Nah, bagi Anda yang sedang mencari makanan burung lovebird, kami menyediakannya. Dari mulai Milet, Biji Kenari (Canary Seed}, dan Biji Oat atau Haver.

Silahkan Hubungi Kontak dibawah ini!

Pemesanan & Informasi
——
Pemesanan bisa Telp/WA/SMS ke 081336842549

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.