10 Makanan Khas Sunda yang Terkenal, Terpopuler dan Enak

Selamat datang para pembaca gallery qudsfata, kesempatan kali ini kami akan menulis sebuah artikel yang sedikit berbeda, dan ini pertama kali dibahas di portal qudsfata. Admin akan membahas tentang makanan khas dari suku yang terletak di Jawa Barat yaitu suku Sunda.

Sebelum melangkah ke daftar makanan khas Sunda, perlu kita ketahui Sunda merupakan salah satu suku atau kelompok etnis yang berada di bagian barat Pulau Jawa, Indonesia. Membicarakan soal makanan khas sunda, sudah pasti langsung berfikirnya yang manis-manis, iya nggak?

Padahal, tidak semua makanan khas Sunda itu rasanya manis lho, namun ada juga cita rasa yang gurih, asin, asam segar dan pedas menggigit. Masakan khas Sunda ini memilih banyak penggemar, jadi tidak hanya orang Jawa Barat saja.

Biasanya kuliner atau makanan yang berasal dari tanah Sunda ini terbuat dari bahan dasar sayuran. Karena memang masyrakat Sunda yang lebih menyukai makanan yang banyak sayurnya. Jika Anda penasaran dengan apa saja makanan khas Sunda, simak aja bahasan dibawah ini.

1. Nasi Timbel

masakan khas sunda di bandung

Nasi Timbel ini pasti sudah terkenal di tanah air ini. Tapi tahukah asal muasal nasi timbel? Ternyata, nasi tumbel adalah makanan khas Sunda yang memiliki cita rasa yang kuat dan unik, sangat khas dengan masakan orang Sunda.

Kalau di daerarah lain nasi timbel hanya itu-itu saja variannya, kalau di Sunda sendiri nasi timbel memiliki banyak versi. Sehingga banyak orang mau memilih varian yang mana saat ingin makan nasi timbel di tanah Sunda.

Sejarah nasi timbel ini awalnya makanan hidangan yang disiapkan untuk para petani untuk dimakan waktu jam istiorahat, tetapi sekrang ini nasi timbel disajikan bagi untuk semua kalangan. Penyajiannya pun tergolong unik yaitu dibungkus dengan daun pisang.

Selain itu, di Warung-warung nasi timbel disajikan menggunkan piring biasa. Nasi timbel ini ditemani dengan lauk-lauk yang enak sekali, seperti ikan asin, pepes ikan, empal, ayam goreng, tawes, dan japuh. Dan tidak ketinggalan juga lalapan serta sambal.

2. Nasi Liwet

masakan khas sunda di surabaya

Makanan khas sunda selanjutnya yaitu nasi liwet. Makanan ini sudah tidak asing ditelinga orang-orang Indonesia. Nasi liwet ini mempunyai dua versi, jika di Jawa Tengah tepatnya daerah Solo nasi liwet dibuat dengan santan dan disajikan bersama labu siam yang dimasak dengan santan. Sedangkan kalau di Sunda kebalikannya, nasi liwet tidak dimasak dengan santan.

Nasi liwet khas Sunda mempunyai cita rasa yang gurih walaupun dalam proses masaknya tidak menggunkan santan. Rasa gurih tersebut didapatkan dari hasil penggunaan bumbu rempah-rempah khas Indonesia, seperti daun kemangi, batang serai, bawang merah dan lain sebagainya.

Kebanyakan nasi liwet disantap bersamaan dengan ikan asin sebagai menu pelengkapnya. Selain itu, biasanya orang memakannya dengan ditemani sayur asem, ikan bagar, dan gorengan tahu tempe.

3. Nasi Tutug Oncom

 masakan khas sunda bandung

Selain nasi timbel dan nasi liwet, Sunda juga memiliki makanan khas lagi yaitu nasi tutug oncom. Kalau didengarkan dari namanya saja, makanan khas Sunda ini sudah pasti berbau dengan tradisional.

Nasi tutug oncom atau biasanya disebut orang Sunda sangu tutug oncom atau biasa disingkat T.O, merupakan hidangan nasi yang diaduk dengan oncom goreng maupun oncom bakar. Menyantap nasi tutug oncom yang pas jika disantap dalam keadaan hangat.

4. Karedok

masakan khas sunda di bogor

Makanan khas Sunda selanjutnya yaitu karedok, di DKI sendiri banyak sekali penjual karedok. Sampai-sampai dikira banyak orang kalau karedok adalah makanan khas betawi, padahal kenyataanya bukan.

Karedok merupakan makanan khas Sunda yang memiliki kemiripin dengan gado-gado atau pecel. Makanan karedok menyajikan berbagai sayuran dan juga ditaburi dengan saus kacang yang mempunyai cita rasa pedas yang bisa menggugah selera.

Biasanya sayuran yang dibuat untuk membuat karedok yaitu seperti timun, tauge, kacang-kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil, dan jenis sayuran lainnya. Perbedaan gado-gado dan koredok yaitu kalau gado-gado sayurannya direbus & koredok sayurannya mentah.

Makanan khas Sunda ini biasa disebut juga dengan lotek atah yang berarti lotek mentah. Menyantap koredok sangat cocok jika disertai dengan nasi panas, tempe, tahu, dan kerupuk.

5. Sayur Asem

masakan khas sunda kota tangerang banten

Orang Indonesia pastilah suka dengan sayur asem. Sayur asam adalah makanan khas Sunda yang sudah mempunyai berbagai variasi lokal. Misalnya jika di Jakarta ada sayur asam Betawi, dan didaerah-daerah lain juga pasti ada sayur asam dengan ciri khas masing-masing.

Bisa dinamakan sayur asam karena memakai asam jawa untuk memberikan citra rasa asam pada kuahnya. Sayur asam dibuat dengan menggunakan berbagai sayuran yang sudah banyak di Indonesia. Sayuran tersebut seperti labu siam, jagung, kacang panjang, nangka muda, belimbing sayur, melinjo, dan kacang tanah.

6. Tumis Genjer Oncom

 masakan khas sunda sederhana

Genjer merupakan bahan makanan yang enak dan menyehatkan. Di tanah Sunda ada sebuah masakan yang menggunakan bahan genjer, namanya yaitu Tumis Genjer Oncom. Makanan khas Sunda ini termasuk kuliner tradisional yang banyak sekali dihidangkan di warung-warung makan Sunda.

Oncom sendiri adalah bahan utama yang dipakai untuk mengolah makanan ini. Oncom memiliki cita rasa yang nikmat dan dipadukan dengan rasa manis pedas. Sedangkan genjer mempunyai kontur lunak tapi renyah ketika digigit.

7. Pepes

masakan khas sunda jawa barat

Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa pepes merupakan nama makanan. Padahal itu salah, pepes adalah teknik memasak yang banyak dijumpai di daerah Indonesia. di Sunda pepes biasanya sering dikenal dengan nama pais.

Pada hakikatnya pepes atau pais adalah sajian yang dibungkus menggunkan daun pisang yang dikukus atau dibakar sampai matang. Umumnya menu yang di pepes ini berupa ikan, tahu, jamur, dan kreasi bahan lainnya.

Di tanah Sunda pepes mempunya berbagai jenis, diantaranya ada pepes ayam, pepes daging sapi, pepes ikan asin, pepes teri, pepes jamur, pepes telur asin, pepes tahu, dan masih banyak lagi.

8. Bakakak Hayam

masakan khas sunda untuk pernikahan

Bakakak ayam merupakan menu makanan yang paling unggul dibanding makanan lainnya, dan mudah ditemukan di tanah Sunda. Bagi sebagian pasti menganggap bahwa nama in unik dan lucu, khususnya bagi mereka yang baru mendengarnya.

Bakakak hayam adalah masakan yang menggunakan bahan utama berupa ayam dan diberikan bumbu khusus dengan cita rasa Sunda. Cara pengolahan bakakak hayam yaitu dipanggang. Ayam yang dihidangkan yaitu satu ekor ayam utuh, sehingga bisa dimakan ramai-ramai.

Untuk lebih nikmat cita rasanya bakakak hayam biasa disajikan dengan dua macam pilihan sambal, yaitu ada sambal merah dan hijau. Supaya lebih mantap lagi tambahkan juga lalapan sayur.

9. Empal Gepuk Daging Sapi

masakan khas sunda asli

Empal atau gepuk daging merupakan makanan yang sangat terkenal di daerah Jawa Barat. Makanan ini bahkan menjadi menu makanan wajib yang banyak tersaji direstoran-restoran Sunda. Makanan Empal Gepuk Daging Sapi dibuat dari sayatan tipis daging sapi yang dipukul-pukul atau digepuk hingga gepeng rempeng.

Makanan ini dimasak dengan bauran bumbu-bumbu bercita rasa manis. Setelah digepengkan, kemudian mengungkep daging sampai bumbu meresap sampai dalam. Dengan diungkep biasanya daging akan mempunyai tekstur yang lebih empuk.

Sesudah diungkep, daging empal tinggal digoreng dan bisa langsung disantap. Supaya lebih nikmat lagi waktu menyantapnya sebaiknya disertai nasi hangat, lalapan, dan sambal terasi.

10. Empal Gentong

masakan khas sunda ayam

Selain empal gepuk daging sapi, makanan khas Sunda juga ada empal gentong. Kesamaan dari kedua jenis makanan ini mungkin terletak pada bahan utama yang dipakai yaitu daging. Makanan empal gentong termasuk makanan sederhana yang berasal dari Cirebon, Sunda Jawa Barat.

Makanan ini umunya disajikan bersamaan dengan kucai dan sambal yang dibuat dari abai kering giling. Dinamakan empal gentong mungkin daging sapinya dimasak menggunakan gentong. Kebanyakan empal gentong disajikan di warung-warung Sunda bersama lontong atau nasi.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.