10+ Negara Terkaya di Dunia 2017 Beserta Jumlah Pendapatannya [Bank Dunia]

Negara Terkaya di Dunia – Beberapa negara terkecil di dunia, sekarang ini mendominasi daftara negara terkaya di dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis dari Majalah Global Finance.

Urutan negara terkaya di dunia ditentukan berdasarkan indikator dan Pendapatan Nasional Bruto yang dihasilkan oleh sebuah negara setiap tahunnya. Sebagian besar negara-negara yang memiliki wilayah atau kekuasaan kecil sangat bergantung pada pekerja imigran.

Mengapa kok negara kecil bergantung kepada mereka? Karena pekerja imigran sering tidak bekerja di negara mereka atau tidak diberikan status sebagai warga negara. Maka dari itu, hal tersebut tidak dihitung dalam PDB (Produk Domestik Bruto ) perhitungan per kapita.

Manakah Negara Terkaya di Dunia?

10 Negara Terkaya di Dunia

Mungkin sebagian orang yang awam pasti akan menjawab Amerika Serikat. Ya, itu termasuk jawaban yang wajar saja, karena anggapan mereka bahwa Amerika Serikat adalah negara Adi Daya (super power).

Dimaksud super power adalah negara yang memiliki ribuan perusahaan besar kelas dunia, dan juga penduduknya ini berpendapatan miliaran. Misalnya seperti Waren Buffet, Bill Gates, dan Mark Zuckberg pendiri Facebook.

Amerika Serikat memang negara yang mempunyai pendapatan nasional tertinggi di dunia. Selain itu negara tersbut sering juga dijadikan sebagai standart atau patokan perekonomian bagi setiap negara di dunia.

Tapi, untuk menentukan sebuah julukan sebagai “Negara Terkaya di Dunia”, harus memakai berbagai metode atau prosedur dan perhitungan tertentu. Nah, salah satunya adalah dengan membandingkan besaran Pendapatan Nasional Bruto atau GDP (Gross Domestic Product).

Gross Domestic Product adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh semua rumah tangga keluarga dari suatu negara. Serta dalam menjumlahkan hasilnya biasanya selama satu tahun.

Setelah mengetahui hasil dari menghitung GDP (Gross Domestic Product) semua negara, maka dapat menentukan daftar negara terkaya di dunia berdasarkan hasil paling tinggi.

Dalam memutuskan daftar itu, seorang analisis harus mengambil data dari sebuah lembaga dunia yang tidak diragukan lagi keakuratannya. Sehingga data dan informasi yang disajikan benar-benar asli dan terpercya. Misalnya lembaga dunia yang dapat dipercaya adalah Bank Dunia.

Daftar Negara Terkaya di Dunia

Dari berbagai lembaga keuangan Internasional, seperti Bank Dunia (Wordl Bank), IMF (Internasional Monetary Fund). Lembaga tersebut telah melakukan analisis dan riset terkait GDP perkapita di semua negara di dunia.

Setelah dilakukan analisis dan riset, akhirnya hasil laporannya keluar dan langsung di publikasikan oleh IMF dan Bank Dunia. Berikut ini daftar negara terkaya untuk tahun 2016 dan sebagai gambaran di tahun 2017 ini.

1. Qatar (US$ 129.726)

negara terkaya di dunia nomor satu adalah Qatar

Qatar merupakan sebuah negara yang berada di Timur Tengah. Untuk lebih tepatnya terletak di Jazirah Arab, sebelah selatan perbatasan dengan Arab Saudi dan sisanya dibatasi Teluk Persia.

Pada abad ke-19, perekonomian penduduk negara Qatar bertopang pada industri perikanan dan mutiara. Namun, kemudian industri tersebut bangkrut dan harus gulung tikar di tahun 1930-an.

Hal tersebut disebabkan karena industri ikan dan mutiara penduduk negara Qatar mendapat saingan dari negara Jepang. Negara Jepang ini dapat memborbardir harga pasar ikan dan mutiara. Serta mereka berhasil mengembangkan dan membudidayakan mutiara.

Namun setelah negara mengalami kerugian besar, pada tahun 1940-an bangkit dan terjadi transformasi ekonomi. Hal tersebut terjadi ketika dinegara Qatar ditemukan cadangan minyak bumi yang melimpah.

Sampai sekarang ini, negara Qatar masih menjadi salah satu negara pengekspor minyak terbesar di dunia. Tahun lalu 2016, negara tersebut berhasil memperoleh pendapatan nasional lebih dari 165 miliar dolar, data ini diambil dari laporan Bank Dunia.

Tapi, dalam laporan IMF pada Oktober 2016, pendapatan nasional negara Qatar berjumlah 129.726. Dengan jumlah segitu bisa di perkirakan bahwa setiap penduduk negara tersebut per tahunnya memperoleh penghasilan sekitar 1,7 miliar rupiah atau kurang lebih 150 juta/bulan.

2. Luxemburg (US$ 101.936)

negara terkaya di dunia Luxemburg

Urutan daftar negara terkaya di dunia berikutnya adalah Luxemburg. Pada tahun sebelumnya, negara ini terkaya di dunia nomor satu. Namun pada tahun 2016 digeser oleh negara Qatar.

Walaupun sebuah negara kecil dengan luas sekitar 2.586 km persegi. Negara Luxemburg memiliki Pendapatan Nasional lumayan tinggi, Pendapatan GDP setiap tahunnya lebih dari 1 Milyar dolar.

Negara yang mempunyai nama resmi Keharyapatihan Luxemburg dikelilingi oleh tiga negara maju, yaitu Jerman, Prancis, dan Belgia. Hal tersebut menjadikan selain kaya disisi ekonomi, juga kaya dalam mengenai budaya.

Hal itu dibuktikan dari penggunaan tiga bahasa resmi yaitu, Jerman, Perancis, Luxemburg. Negara Luxemburg memiliki tingkat inflasi dan pengangguran yang rendah. Karena memang penduduk negaranya bekerja di industri, seperti perindustrian baja, karet, dan lain sebagainnya.

Pendapatan rata-rata penduduknya setiap tahun adalah 1,3 miliar atau sekitar 110 juta rupiah per bulan.

3. Singapura (US$ 87.082)

negara terkaya di dunia Singapura

Urutan negara terkaya di dunia berikutnya adalah negara Singapura. Negara ini berada dikawasan Asean, tepatnya di Asia Tenggara yang masuk dalam zona rich country. Singapura memiliki luas wilayah tidak lebih sekitar 716 km persegi (lebih kecil Pulau Bali).

Wilayah tersebut dihuni penduduk dengan jumlah sekitar 5,5 juta jiwa. Dengan letaknya yang strategis, menjadikan negara ini sebagai salah satu daerah transit terpadat di dunia. Sumber kekayaan yang didapat oleh negara Singapura berasal dari divisi pelayanan jasa, industri kimia, dan beberapa divisi lainnya.

Data peringkat negara Singapura merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan negara-negara di Asia. Hal tersebut dihitung dalam pertumbuhan infrastruktur, rekrutmen pekerja, dan indikasi sosial.

Pendapatan Nasional yang dilaporkan tahun 2016, Singapura memiliki GDP mencapai tingkat USD 87.082 (IDR 1,13 miliar).

4. Brunei Darussalam (US$ 79.710)

negara terkaya di dunia Brunei Darussalam

Urutan negara terkaya di dunia selanjutnya yaitu negara Brunei Darussalam. Selain Singapura, negara kecil di Asia Tenggara yang tergolong negara sejahtera adalah Brunei Darussalam. Sumber kekayaan negara didapatkan dari ekspor minyak mentah dan gas bumi.

Gas bumi dan minyak mentah merupakan penyumbang terbesar begi pendapatan Brunei Darussalam, sejak 80 tahun lalu sampai sekarang ini. Negara yang memiliki julukan beribu Kota Bandar Sri Begawan ini tercatat sebagai salah satu eksportir gas alam cair terbesar di dunia.

Dengan pendapatan yang tinggi, perekonomian mereka tidak lepas dari berbagai pihak perusahaan dalam dan luar yang menggerakan. Selain itu juga didukung oleh pemerintah yang kuat.

Layak saja jika negara yang memiliki luas 5.765 km persegi ini, memiliki pendapatan nasional per tahun 79.710 US$ atau lebih dari 1,03 miliar rupiah.

5. Kuwait (US$ 71.263)

negara terkaya di dunia Kuwait

Urutan negara terkaya di dunia selanjutnya yaitu negara Kuwait. Negara muslim Kuwait dilaporkan memiliki pendapatan nasional per kapita mencapai USD 71.263 ditahun 2016. Sumber kekayaan negara monarki ini yang terbanyak berasal dari ekspor cadangan minyak mentah.

Ekspor itu mencapai 10% atau sekitar 104 juta barel. Selain dari cadangan minyak mentah, negara ini memiliki sektor jasa keuanagan. Negara yang memakai matau berupa dinar ini mempunyai sisitem perbankan yang baik dan berkualitas.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya sebuah Bank yang berdiri di negara Kuwait yaitu The National Bank of Kuwait. Bank itu sebgai Bank terbesar yang ada di Arab.

6. Irlandia (US$ 69.374)

negara terkaya di dunia Irlandia

Posisi negara terkaya di dunia nomor enam adalah negara Irlandia. Irlandia meruipakan negara kecil yang terletak dibagian barat laut Eropa. Wilayah kekuasaan negara Irlandia dihuni berjumlah lebih dari 4 juta jiwa dan termasuk masuk dalam Uni Eropa.

Pada tahun 1995-2007 ekonomi di negara Irlandia tumbuh dengan sangat pesat. Rata–rata pertumbuhan pendapatan nasional per kapita waktu itu sebesar 6 %. Namun, semenjak terjadi krisis ekonomi global pada tahun 2008, aktivitas ekonomi menjadi menurun.

Hal tersebut menyebabkan kondisi ekonomi negara Irlandia sempat mengalami krisis. Berbagai macam usaha cara mengembalikan ekonomi yang menurun, akhirnya berhasil membawa ekonomi Irlandia berada pada kondisi stabil.
Sekarang ini, PDB negaranya berada diangka USD 69.374 atau sekitar 902 juta rupiah.

7. Norwegia (US$ 69.296)

negara terkaya di dunia Norwegia

Posisi negara terkaya di dunia nomor enam adalah negara Norwegia. Norwegia merupakan negara yng memiliki jumlah penduduk rendah di Eropa, setelah Islandia. Negara ini memiliki cadangan minyak bumi, gas alam, mineral, makanan laut, dan air segar yang melimpah.

Selain negara Timur Tengah yang menjadi penghasil minyak dan gas alam terbanyak. Ternyata Norwegia juga penghasil minyak dan gas terbanyak yang diluar dari negara Timur Tengah.

Selain sektor minyak dan gas alam, sumber kekayaan terbesar negara ini juga berasal dari sektor laut. Negara Norwegia memiliki wilayah seluas 385,525 km persegi, dengan jumlah penduduk sebanyak 4,9 juta jiwa.

Dengan kondisi negara yang stabil dan maju, Norwegia mampu mencapai pendapatan per kapita sebesar USD 69.295  atau sekitar Rp 900 juta.

8. Uni Emirat Arab (US$ 67.696)

negara terkaya di dunia Uni Emirat Arab

Urutan negara terkaya di dunia nomor delapan yaitu Uni Emirat Arab. Negara ini terletak di wilayah Timur Tengah, dengan sumber daya alam yang melimpah ruah. Sumber kekeyaan negara ini yang paling utama adalah minyak dan gas alam.

Minyak dan gas alam merupakan roda ekonomi bagi dunia. Negara Uni Emirat Arab adalah negara penghasil minyak tertinggi nomor tiga di wilayah teluk setelah negara Arab Saudi dan Iran.

Semenjak tahun 1973, negara Uni Emirat Arab mengalami perubahan dalam gaya hidup. Negara yang terletak di gurun itu menjadi negara modern dengan taraf kehidupan yang tinggi.

Selain sumber alam yang menjadi sektor kekayaan negara Abu Dhabi. Pelayanan dan telekomunikasi juga turut andil dalam memajukan perekonomian negara ini. Pendapatan Nsaional per kapita Uni Emirat Arab berjumlah sekitar USD 67.696 atau sekitar 880 juta rupiah.

9. Swiss (US$ 59.375)

negara terkaya di dunia Swiss

Urutan negara terkaya di dunia nomor delapan yaitu negara Swiss. Swiss adalah sebuah negara yang terletak di Eropa, dan sebagian wilayahnya adalah terdiri dari gunung Alpen. Sumber kekayaan negara ini berasal dari bahan kimia dan mesin industri.

Selain sumber kekayaan diatas, negara Swiss juga dikenal sebagai pusat perbankan dan inveestasi terbaik di belahan dunia. Wajar saja, jika banyak miliader dunia dan juga orang-orang terkaya di Indonesia yang menanamkan saham dan berinvestasi di negara Swiss.

Pendapatan Nasional per kapita negara ini lebih besar diobandingkan dengan negara Eropa Barat lainnya. Pada tahun 2016 pendapatan nasional tercatat sebesar USD 59.375 atau sekitar 772 juta rupiah.

10. Hongkong (US$ 58.094)

negara terkaya di dunia Hongkong

Urutan negara terkaya di dunia yang terakhir adalah Hongkong. Negara Hongkong merupakan salah satu pusat keuanagn dunia. Negara ini menjalankan sistem ekonomi kapitalis, yang dibuktikan dengan pembayaran pajak rendah dan perdagangan bebas.

Negara Hongkong memiliki jumlah penduduk sekitar 7,5 jiwa, hal itu membuat negara ini menjadi salah satu kawasan padat penduduk. Pendapatan nasional per kapita negara ini adalah sekitar USD 58.094 atau lebih dari 755 juta rupiah.

Nah, itulah 10 daftar negara terkaya di dunia dan jumlah pendapatannya per tahun. Sedangkan untuk negara kita Indonesia berada di rangking 100 dari 180 negara, dan datanya itu diambil dari IMF. Pendapatan Nsional per kapita Indonesia adalah 11.699 USD atau sekitar 152 juta rupiah.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.