10+ Negara Termiskin di Dunia 2017 Beserta Pendapatannya

Negara Termiskin di Dunia – Ketemu kembali dengan kita di portal qudsfata. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai negara termiskin di dunia. Sebelumnya di portal ini juga membahas tentang negara terkaya di dunia. Nah, untuk mengetahui mana saja negara termiskin di dunia, maka simak baik-baik ulasan di bawah ini.

Menjadi negara termiskin di dunia adalah hal yang paling tidak inginkan oleh semua negara. Karena kemiskinan merupakan kehidupan yang paling di takuti oleh negara-negara. Tidak hanya negara, sebagian orang juga takut dengan momok kemiskinan.

Kehidupan kemiskinan pasti bukan hal yang di inginkan bagi semua negara. Tapi apalah daya, jika kemiskinan akan selalu terjadi apabila suatu negara membiarkan para koruptor masih bebas berkeliaran untuk merampok uang negara.

Namun, tidak hanya faktor itu yang menyebabkan kemiskinan pada sebuah negara. Masih ada banyak hal-hal lainnya yang menjadikan suatu negara itu miskin. Diantaranya yaitu tingkat pendidikan rendah, distribusi yang tidak merata, dan lain sebagainya.

Banyak yang percaya bahwa uang merupakan segalanya bagi kehidupan di dunia. Setelah berpikir dua kali, gagasan ini sepertinya tidak ada salahnya dan mungkin juga benar. Memang pada umumnya, beberapa orang paling berkuasa di dunia adalah orang-orang yang kaya.

Daftar Negara Termiskin di Dunia

Untuk menyeimbangi artikel informasi kemarin tentang negara terkaya di dunia. Kita juga mensajikan 10 negara termiskin di dunia beserta dengan jumlah pendapatan per kapitanya. Berikut ini daftar negara termiskin di dunia versi qudsfata.com, dimulai dari rangking 10 :

10. Madagaskar (US$ 1.504)

negara termiskin di dunia Madagaskar

Untuk rangking ke-10 negara termiskin di dunia di pegang oleh negara Madagaskar. Republik Madagaskar merupakan sebuah negara yang terletak di Pulau Samudra Hindia, lepas pesisir Timur Afrika.

Madagaskar mimiliki luas kekuasaan sekitar 587.041 km persegi, serta jumlah penduduknya sekitar 23 juta penduduk jiwa. Republik Madagaskar merupakan sebuah negara miskin dengan pendapatan per kapita sekitar US$ 1.504, atau sekitar 19,5 juta rupiah.

Untuk rata-rata pendapatan setiap penduduknya hanya memperoleh penghasilan 1,6 juta/bulan.

9. Eritrea (US$ 1.321)

negara miskin di dunia Eritrea

Urutan negara termiskin di dunia selanjutnya adalah Eritrea. Negara ini merupakan negara yang lebih miskin dari Madagaskar. Letak negara ini berada di bagian timur Laut Afrika, dan berbatasan dengan Sudan di sebelah barat.

Pada bagian selatan negara ini dibatasi dengan negara Ethiopia dan Djibouti di tenggara. Negara Eritrea memiliki Pendapatan Nasional per kapita sekitar US$ 1.321 atau sejumlah 17,1 juta rupiah.

8. Guinea (US$ 1.271)

negara miskin di dunia Guinea

Urutan negara termiskin di dunia selanjutnya adalah Republik Guinea. Negara Guinea merupakan sebuah negara miskin yang terletak di kawasan Afrika Barat. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 246.000 km persegi atau 94.981 mil persegi.

Republik Guinea berbatasan dengan Samudera Atlantik bagian barat dan selatannya. Negara ini berdekatan dengan negara Liberia, Sierra Leone, dan Pantai Gading. Sumber ekonomi utama tergantung dengan sektor pertanian.

Negara Guine memiliki produk utama untuk diekspor, yaitu kacang mede, kacang tanah, dan ikan. Pendapatan Nasional per kapita negara ini adalah sekitar US$ 1.271.

7. Mozambik (US$ 1.228)

negara miskin di dunia Mozambik

Posisi nomor tujuh negara termiskin di dunia adalah Mozambik. Negara ini memiki kondisi alam yang gersang dan tandus. Memang negara yang berada di benua hitam Afrika ini terjerat dalam kemiskinan dan kelaparan. Salah satunya negaranya yaitu Mozambik yang berada di benua Afrika bagian selatan.

Sumber ekonomi utama penduduk negara Mozambik adalah pertanian. Selain itu juga bergantung pada industri, terutama pada makanan dan minuman, pabrik kimia, alumunium dan produksi minyak bumi semakin bertambah. Pendapatan Nasional per kapita negara ini adalah sebesar US$ 1.228.

6. Malawi (US$ 1.139)

negara miskin di dunia Malawi

Urutan negara termiskin di dunia selanjutnya adalah Malawi. Negara Malawi memiliki kondisi ekonomi yang lebih parah dibanding dengan Mozambik. Malawi terletak di bagian selatan, dan berbatasan langsung dengan Mozambik. Pendapatan Nasional per kapita negara ini sebesar US$ 1.139 atau sekitar 15 juta rupiah.

5. Negara Termiskin di Dunia Niger (US$ 1.113)

negara miskin di dunia Niger

Urutan nomor lima negara termiskin di dunia selanjutnya adalah Niger. Republik Niger adalah sebuah negara yang terkurung oleh daratan, letaknya berada di bagian barat Afrika. Negara ini berbatasan langsung dengan negara Nigeria dan Benin di sebelah selatan.

Pada perbatasan bagian barat yaitu negara Mali, bagian utara berbatasan dengan Aljazair dan Libya, dan sebelah timur berbatasan negara Chad. Sumber ekonomi utama negara Niger adalah pertanian, ekspor bahan baku, dan terutama bijih uranium.

Kawasan yang kering tandus yang sebagian wilayahnya daerah gurun menjadikan negara ini mengalami kemiskinan. Pendapatan perkapita negara Niger sebedar US$ 1.113 atau sekitar 14 juta rupiah.

4. Liberia (US$ 882)

negara miskin di dunia Liberia

Urutan negara termiskin di dunia selanjutnya adalah Liberia. Republik Liberia merupakan sebuah negara di pesisir barat Afrika yang berbatasan dengan Sierra Leone, Guinea, dan Pantai Gading. Sumber ekonomi negara Liberia bergantung dengan ekspor bijih besi.

Sebelum tahun 1990 Liberia juga mampu mengekspor karet. Tapi baru-baru ini negara Liberia terjadi dua perang saudara, pada tahun 1989-1996 dan 1999-2003. Dari perang tersebut mengakibatkan ratusan ribu penduduknya mengungsi dan juga menghancurkan ekonomi Liberia.

Tapi pecahnya perang saudara yang berkepanjangan telah menghancurkan banyak prasarana negara. Dari kejadian tersebut Liberia sangat tergantung kepada bantuan luar negri. Saat di tahun 2005 negara ini mempunyai tingkat pengangguran tinggi mencapai 85%.

Hal itu merupakan tingkat pengangguran terburuk di sejarah dunia. Pendapatan Nasional per kapita negara ini adalah sekitar US$ 882 atau setara 11,5 juta rupiah.

3. Burundi (US$ 818)

negara miskin di dunia Burundi

Posisi nomor tiga negara termiskin di dunia adalah negara Burundi. Burundi merupakan sebuah negara yangterletak di tengah benua Afrika. Karena letaknya yang berada di tengah-tenagh negara ini tidak memiliki laut, namun memiliki Danau besar.

Negara Burundi sudah merdeka sejak tahun 1962 dari Belgia. Burundi memiliki penduduk sekitar 10 juta jiwa yang tidak mampu bangkit dari kemiskinan. Negara burundi ini kondisinya sangat memperhatinkan, selain sumber daya alam yang tidak berlimpah, konflik dan perang suku sering kali terjadi.

Hal tersebut menyebabkan perkembangan negara menjadi terhambat. Pendapatan per kapita negara ini sekitar US$ 818.

2. Kongo (US$ 784)

negara miskin di dunia Kongo

Urutan negara termiskin di dunia selanjutnya adalah Kongo. Negara Kongo merupakan sebuah negara yang terletak di bagian Afrika Tengah. Sebelumnya negara ini bernama Zaire saat tahun 1971 dan 1997.

Karena terjadinya perang saudara dan kekerasan yang berkepanjangan ini banyak merugikan pihak negara. Diantaranya adalah menghancurkan sarana dan prasrana negara, serta menghabiskan sumber daya mineral yang melimpah hanya untuk keuntungan individu.

Pendapatan Nasional per kapita negara Kongo hanya sebesar US$ 784 atau sekitar 10,2 juta rupiah.

1. Negara Termiskin di Dunia Republik Afrika Tengah (US$ 656)

negara miskin di dunia Republik Afrika Tengah

Posisi terakhir yaitu nomor satu negara termiskin di dunia adalah Republik Afrika Tengah. Negara ini berada di di pedalaman Afrika yang berbatasan dengan Chad, Sudan, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo dan Kamerun.

Sebelumnya negara ini di kuasai oleh kaloni perancis dan bernama Ubangi Shar. Setelah berjuang selama bertahun-tahun, akhirnya merdeka pada tahun 1960. Pada bagian wilayah utara negara ini adalah tempat angin harmattan, dengan kondisi yang panas, kering, dan juga banyak debu.

Sedangkan bagian wilayah lainnya adalah daerah langganan banjir dari sungai sekelilingnya. Sumber ekonomi negara ini adalah dari sektor pertanian, selain itu juga ada perikanan dan pertambangan mineral. Namun, yang menjadi pokok atau utamanya yaitu pada sektor pertanian.

Negara ini sering mengalami dampak inflasi, sehingga pendapatan per kapitanya hanya sebesar US$ 656 atau sekitar 8,5 juta rupiah.

Itulah 10 negara termiskin di dunia dengan jumlah pendapatannya. Kita seharusnya bersyukur bisa hidup di negara yang kaya akan alam dan damai sejahtera, seperti di Indonesia ini. Apabila kalian tidak bersyukur bisa hidup di negara Indonesia, maka lihatlah dan ingatlah negara-negara yang di atas tadi.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.