11+ Oleh-oleh Khas Jakarta yang Paling Populer Murah dan Enak

Oleh-oleh Khas Jakarta – Siapa sih yang tidak kenal dengan Ibukota Indonesia, ya Jakarta merupakan kota besar yang terkenal akan Kota metropolitan. Bahkan sampai saat ini Jakarta sendiri masih identik dengan yang namanya kemacetan.

Walaupun begitu Kota Jakarta juga memiliki beragam tempat wisatan maupun argowisata yang bisa anda kunjungi. Selain itu Kota Jakarta juga memiliki ciri khas yang berbeda dengan kota lainnya. Salah satunya adalah oleh-oleh khas Jakarta yang bisa membuat anda ketagihan.

Banyak sekali jenis oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang setelah menikmati keindahan Kota Jakarta. Penasaran mengenai harga oleh-oleh khas Jakarta, jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai oleh-oleh khas jakarta dan harganya.

Karena memang oleh-oleh itu sendiri bisa anda jadikan sebagai hadiah atau pengingat kenangan anda di Jakarta.Untuk itu bagi anda yang belum mengetahui daftar oleh-oleh dari Jakarta, maka anda perlu menyimak pembasan berikut ini dengan baik.

Artikel Terkait :  11+ Oleh-oleh Khas Surabaya Terkenal Murah & Enak

Oleh-Oleh Khas Jakarta

Kota Jakarata memang adalah pusat perdagangan dan juga segala urusan tentang kenegaraan ada di Jakarta semua. Sehingga dengan begitu, Jakarta sangatlah padat karena menjaditujuan utama bisnis maupun non bisnis di Indonesia. Jadi tidak heran kalau Kota Jakarta sangatlah ramai dan dan akan kendaraaannya.

Namun dengan hal tersebut ada sebuah sisi yang sangat menarik akan wisata kuliner yang terdapat di Kota Jakarta. Terdapat banyak sekali tempat yang jual oleh-oleh khas Jakarta yang wajib anda kunjungi dan beli, berikut lebih lengkapnya dibawah ini.

1. Roti Buaya

oleh-oleh khas jakarta di kelapa gading

Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Roti buaya merupakan makanan khas orang asli Betawi, biasanya makanan ini sering dijumpai pada saat acara seserahan didalam pernikahan. Walaupun begitu anda tetap bisa membeli roti buaya, karena memang makanan ini memiliki rasa manis yang gurih lengkap dengan varian rasa yang beragam. Jadi dalam hal ini roti buaya merupakan rekomendasi yang tepat untuk anda beli sebagai buah tangan keluarga dirumah.

2. Dodol Betawi

oleh-oleh khas jakarta selatan

Seperti namanya jika makanan ini merupakan makanan khas dari orang Betawi. Dan ini adalah salah satu jenis oleh-oleh khas Jakarta Selatan. Makanan yang memiliki bentuk kenyal dan rasa manis membuat banyak orang menyukai makanan ini. Walaupun saat ini banyak sekali daerah yang membuat dodol, tapi untuk ukuran rasa dodol betawi masih berada dalam posisi teratas yang harus anda coba. Dimana dodol betawi menggunakan ketan putih dan gula merah sebagai bahan dasarnya.

3. Bir Pletok

oleh-oleh khas jakarta timur

Minuman satu ini adalah oleh-oleh dari jakarta yang sudah sangat populer, walaupun namanya mirip dengan minuman memabukkan. Tapi anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut, karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bir pletok merupakan bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan seperti, daun pandan, batang serai, jahe, dan rempah-rempah lainnya. Dengan meminum bir pletok masuk angin dan pegal-pegal yang ada ditubuh anda akan hilang seketika.

Baca Juga: 11+ Oleh-oleh Khas Malang Paling Populer Murah dan Enak [2018]

4. Kue Geplak

oleh-oleh khas jakarta barat

Mungkin bagi masyarakat saat ini kurang familiar dengan jenis kue oleh-oleh khas Jakarta satu ini, karena memang kue geplak sendiri sudah sangat jarang dijumpai. Walaupun begitu makanan ini bisa menjadi rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta yang bisa anda beli, karena harga yang di tawarkan relatif murah dan bisa didapatkan oleh semua kalangan. Kue geplak merupakan jenis makanan yang berbahan dasar beras, dimana diolah dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan tangan. Bagi anda yang penasaran, anda bisa mendapatkannya di daerah Bintaro.

5. Kue Semprong

oleh-oleh khas jakarta yang murah

Kue semprong merupakan salah satu makanan tradisional yang memiliki tekstur kering dan renyah. Bentuk dari kue ini yaitu seperti tabung memanjang dengan warna coklat keemasan dan bau harum lengkap dengan crispy akan membuat anda tertarik untuk mencoba makanan satu ini. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya wisatawan yang tertarik untuk membeli oleh-oleh tradisional khas Jakarta satu ini.

6. Kue Kembang Goyang

oleh-oleh khas jakarta di jakarta pusat

Kue kembang goyang merupakan jenis oleh-oleh yang berbentuk snack, dengan kata lain bagi anda yang suka cemilan. Maka oleh-oleh satu ini tidak boleh anda lewatkan ketika berlibur di Kota Jakarta. Makanan satu ini juga sangat menyehatkan untuk tubuh, hal ini bisa dilihat dari bahan yang digunakan yaitu terbuat dari tepung dan gula, vanili, telur, dan perasan jahe. Selain itu rasa manis yang pas dan renyah serta gurih pada saat digigit kami yakin tidak akan membuat anda menyesal telah mencoba makanan satu ini.

7. Telor Gabus Keju

oleh oleh khas jakarta kaskus

Ini adalah salah satu jenis oleh-oleh khas Jakarta , karena memang oleh-oleh satu ini belum lama muncul. Walaupun terbilang masih baru, tapi pada kenyataanya oleh-oleh ini mampu memikat hati wisatawan untuk mencobanya.

Makanan yang memiliki rasa asin dan gurih ini terbuat dari sagu, telur, mentega, keju, dan garam. Bahan dasar yang paling dominan untuk membuat makanan ini yaitu telur dan keju, jadi sudah tidak mengherankan lagi jika nama oleh-oleh khas Jakarta ini telur gabus keju. Untuk bentuknya sendiri berbentuk lonjong memanjang.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Surabaya yang Terkenal Enak dan Murah

8. Keripik Aneka Buah

oleh oleh khas jakarta di bekasi

Satu lagi jenis oleh-oleh khas Jakarta kekinian yang wajib anda bawa pulang ketika berlibur di Kota Jakarta yaitu keripik aneka buah. Seperti namanya jika keripik ini tidak hanya terbuat dari kentang dan singkong saja, tapi bisa terbuat dari berbagai macam buah-buahan. Jadi makanan ini sudah dijamin menyehatkan untuk tubuh, selain itu rasa yang gurih dan renyah serta manis membuat makanan ini menjadi buruan wisawatawan domestik maupun mancanegara.

9. Akar Kelapa

oleh oleh khas jakarta apa ya

Ini merupakan salah satu cemilan khas Jakarta yang bisa menjadi rekomendasi anda untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Ini adalah jenis kue legendaris dari masyarakat Betawi, bahan-bahan yang digunakan juga sangat baik untuk kesehatan yaitu seperti tepung ketan, mentega, tepung berasm gula, dan telur. Sehingga untuk rasanya sendiri akan memiliki rasa yang gurih, renyah, dan masni. Untuk mengenali kue satu ini juga sangat mudah, karena memang bentuk kue ini mirip dengan akar kelapa.

10. Souvenir Ondel-Ondel

oleh oleh khas jakarta makanan

Bagi anda yang sedang cari oleh-oleh dari khas Jakarta selain makanan, maka soevenir ondel-ondel merupakan rekomendasi yang tepat untuk anda bawa pulang. Seperti yang kita ketahui ondel-ondel sendiri merupakan ikon dari Kota Jakarta itu sendiri, jadi sudah tidak mengherankan lagi jika banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang membeli souvenir ondel-ondel. Banyak sekali bentuk souvenir yang ditawarkan, mulai dari topeng ondel-ondel, baju ondel-ondel, gantungan kunci, miniatur, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: 10+ Oleh-oleh Khas Jogja Murah Terkenal dan Kekinian [2018]

11. Miniatur Monas

oleh-oleh khas jakarta online

Siapa sih yang tidak kenal dengan tugu monas, kami yakin anda semua sudah mengenal tugu monas baik dari Sabang sampai Merauke. Dimana tugu monas sendiri merupakan salah satu bentuk fisik dari perjuangan pahlawan Indonesia. Dan tugu monas ini sendiri dijadikan sebagai ikon utama dari Kota Jakarta. Untuk mengenang hal tersebut, saat ini banyak sekali pengrajin tangan yang membuat souvenir khas jakarta berupa miniatur tugu monas untuk diperjualbelikan. Karena memang keuntungan yang bisa didapat dari menjual miniatur tugu monas sangat besar.

Jadi itulah ulasan lengkap mengenai oleh-oleh khas Jakarta yang bisa menjadi rekomendasi anda ketika bingung mencari oleh-oleh jenis apa. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.