10+ Oleh-oleh Khas Jogja Murah Terkenal dan Kekinian [2018]

Oleh-oleh khas Jogja merupakan salah satu jenis buah tangan yang wajib anda bawa pulang ketika berlibur dari Jogja. Banyak sekali jenis oleh-oleh yang memiliki harga murah dan bisa menjadi rekomendasi anda ketika bingung cari oleh-oleh khas Jogja.

Jogja sendiri merupakan salah satu yang memiliki sejuta keindahan alam, budaya, seni, dll. Jadi sudah tidak mengherankan lagi jika Kota ini selalu menjadi tujuan utama untuk menghabiskan waktu liburan.

Nah setelah anda selesai melakukan berbagai macam wisata di Jogja, tentunya ada satu hal lagi yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu berburu oleh-oleh baik untuk keluarga, saudara, teman, dll.

Penasaran apa saja jenis oleh-oleh khas Jogja dan harganya, jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beragam macam daftar oleh-oleh khas Jogja yang bisa anda jadikan buah tangan. Untuk itu anda perlu menyimak pembahasan berikut ini dengan baik.

Artikel Terkait : 11+ Oleh-oleh Khas Surabaya Terkenal Murah & Enak

Oleh-oleh  Khas Jogja Kekinian

Qudsfata memiliki punya beberepa rekomendasi oleh-oleh khas jogja ynag dapat anda bawa pulang untuk keluarga, kerabat, tetengga, teman kerja atau orang lain. Ada banyak sekali aneka oleh-oleh khas Jogja yang murah dan tahan lama, berikut lebih lengkapnya dibawah ini.

1. Bakpia

oleh-oleh khas jogja terbaru

Ini adalah jenis oleh-oleh yang sudah sangat terkenal khususnya bakpia Jogja. Makanan yang memiliki bentuk bulat kecil lengkap dengan isian kacang hijau didalamnya membuat makanan ini semakin lezat dan enak untuk dimakan.

Dan saat ini bakpia pathok sendiri sudah memiliki beragam varian rasa yang bisa memikat hati anda untuk mencobanya. Selain itu harga yang ditawarkan juga terbilang relative rendah. Bagi anda yang penasaran dengan bakpia, anda bisa mengunjungi alamat oleh-oleh khas Jogja satu ini yaitu berada di Jalan Terminal lama, Umbulharjo.

2. Geplak

oleh-oleh khas jogja di tangerang

Ini merupakan oleh-oleh dari Jogja yang terbuat dari kelapa, gula dan pewarna sebagai bahan dasarnya. Untuk menambah menarik makanan ini, biasanya makanan ini akan disajikan dalam bentuk warna yang sangat mencolok, seperti pink, kuning, biru, dll.

Selain itu varian rasa yang ditawarkan juga beragam, mulai dari durian, vanilla, coklat, nangka, dll. Bagi anda yang tertarik dengan makanan ini, anda tidak akan kesulitan dalam mendapatkannya. Karena memang hampir seluruh pusat oleh-oleh khas Jogja menyediakan makanan satu ini.

3. Gudeg

oleh-oleh khas jogja bakpia 25

Siapa sih yang tidak kenal dengan gudeg, semua orang tentunya sudah familiar dengan makanan khas Jogja yang tahan lama ini. karena memang Kota Joga terkenal akan sebutannya dengan Kota Gudeg.

Bahkan saat ini gudeg Jogja tidak hanya berada di kawasan Jogja saja, tapi sudah hampir menyeluruh di wilayah Indonesia. Bagi anda yang ingin menikmati gudeg original dari Jogja, anda bisa datang langsung ke Gudeg Yu Djum yang berada di Jalan Kaliurang, Yogyakarta.

Baca Juga: 11+ Oleh-oleh Khas Jakarta yang Paling Populer Murah dan Enak

4. Salak Pondoh

oleh-oleh khas jogja dan harganya

Daerah pegunungan Merapi ternyata bisa menjadi berkah bagi masyarakat sekitar, karena memang di daerah tersebut akan sangat cocok sekali ditanami salak pondoh. Salak pondoh sendiri memiliki ciri khas yaitu daging yang kering dan berwarna putih, selain itu rasa dari salak pondoh juga terbilang manis dan tidak sepat.

Kami jamin anda tidak akan puas hanya memakan satu salak pondoh saja, dan yang lebih unik di Jogja terdapat satu tempat argowisata salak pondoh yang berada di Kampung Gandung, Bangunkerto, Sleman.

5. Yangko

oleh-oleh khas jogja bakpia pathok

Ini adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari tepung ketan, makanan ini memiliki bentuk persegi empat kecil,lengkap dengan baluran tepung terigu. Makanan satu ini juga memiliki ciri khas yang berbeda dengan makanan lainnya, yaitu memiliki aroma wangi dan manis yang kental.

Pada awalnya yangko sendiri hanya berisi cincangan gula dan kacang, tapi saat ini sudah banyak sekali varian rasa dari yagko seperti, nangka, coklat, stroberi, dan aneka buah lainnya. Untuk yang jual oleh-oleh khas Jogja ini banyak ditemukan di kawasan Kotagede Yogyakarta.

6. Coklat Monggo

oleh-oleh khas jogja kekinian

Ingin mencoba oleh-oleh khas Jogja kekinian ala eropa, silakan datang saja ke Coklat Monggo. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Belgia hanya untuk menikmati coklat, karena di Jogja sendiri sudah menyediakan coklat dengan citarasa yang sama dengan yang ada di Belgia.

Walaupun memang pemilik dari toko ini adalah orang asing, tapi kekentalan budaya jawa masih sangat kental. Hal ini bisa dilihat dari nama makanan ini yaitu Coklat Monggo. Bagi anda yang tertarik, silakan datang ke jalan Dalem KG III/978, Kotagede, disini anda bisa membeli dan melihat proses pembuatan Coklat Monggo.

Baca Juga: 11+ Oleh-oleh Khas Malang Paling Populer Murah dan Enak [2018]

7. Jadah Tempe Mbah Carik

oleh-oleh khas jogja makanan

Ini merupakan salah satu jenis oleh-oleh makanan khas Jogja yang harganya terbilang sangat murah, jadah tempe sendiri merupakan makanan khas dari Sleman Yogyakarta. Dan makanan ini hanya bisa dijumpai di sekitaran lereng merapi, tepatnya di daerah Kaliurang.

Walaupun memiliki bentuk yang sederhana yaitu hanya terbuat dari olahan ketan dan tempe tahu bacem. Tapi kami jamin anda akan ketagihan untuk mencoba makanan ini.

8. Belalang Goreng

oleh-oleh khas jogja barang

Mungkin masih banyak orang yang belum pernah mencoba makanan ini, untuk itu akan sangat disayangkan sekali ketika anda megunjungi daerah Gunung Kidul tanpa membawa oleh-oleh belalang goreng.

Salah satu merk belalang goreng yang paling banyak diminati oleh wisatawan adalah belalang goreng pak gareng, dengan rasa yang gurih, renyah, dan enak membuat belalang goreng pak gareng paling banyak diburu oleh wisatawan. Untuk harga oleh-oleh khas Jogja satu ini yaitu sekitar Rp.33.000 sampai Rp.37.000 per plastik atau toplesnya.

9. Thiwul Yu Tum

oleh-oleh khas jogja

Pada awalnya tiwul sendiri dijadikan sebagai makanan pokok Gunung Kidul, tapi saat ini tiwul sendiri sudah dijadikan sebagai jajanan pasar dan makanan khas Jogja untuk oleh-oleh. Dan salah satu penjual tiwul yang sudah sangat legendaris yaitu Tumirah, atau sering disebut dengan Yu Tum.

Tiwul Yu Tum sendiri berbeda dengan jenis tiwul pada umumnya, dimana tiwul ini menggunakan tumbukan gaplek yang halus, sehingga pada saar ditanak akan terasa sangat lembut dimulut. Selain itu tambahan gula dan parutan kelapa akan membuat makanan ini menjadi semakin enak.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Bandung yang Terkenal dan Wajib Anda Coba

10. Tahu Susu Bakso

oleh-oleh khas jogjakarta

Tahu bakso biasanya akan lebih dikenal sebagai makanan khas dari Semarang, tapi perlu anda ketahui di Jogja juga memiliki tahu bakso yang tidak kalah enaknya yaitu, Tahu Bakso Susu. Dimana tahu bakso ini memilki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan jenis tahu bakso pada umumnya.

Selain itu makanan ini juga terbilang sangat higenis, karena semua bahan yang digunakan diproduksi sendiri. Jadi dalam hal ini makanan ini juga akan bebas pengawet dan sangat baik utnuk kesehatan tubuh.

Nah itulah beberapa daftar oleh-oleh khas Jogja yang bisa menjadi buah tangan anda ketika berlibur di Jogja. Kami jamin anda tidak akan pernah merasa puas ketika sedang berada di Jogja, untuk itu agar ingatan anda di Kota Jogja tetap terkenang. Maka jenis oleh-oleh yang sudah kami sebutkan diatas, bisa menjadi pengingat anda akan Kota Jogja.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.