Oleh-oleh Khas Surabaya yang Terkenal Enak dan Murah

Oleh-oleh Khas Surabaya – Kota Surabaya merupakan salah satu Kota besar yang ada di Indonesia, dimana di Kota ini menawarkan banyak sekali tempat yang bisa memikat hati anda untuk mengunjungi. Tentunya untuk melakukan kunjungan ke tempat-tempat yang ada di Surabaya membutuhkan waktu yang banyak, tidak cukup hanya dalam hitungan hari saja.

Untuk meninggalkan kesan anda di Kota Surabaya tetap teringat, maka oleh-oleh khas Surabaya adalah hal yang wajib anda bawa pulang. Karena memang Kota Surabaya sendiri selain terkenal akan beragam tempat yang menarik, juga menawarkan beragam jenis oleh-oleh yang bisa membuat anda ketagihan.

Penasaran dengan tempat oleh-oleh khas Surabaya, jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa jenis oleh-oleh dari Surabaya yang wajib anda bawa pulang ketika berlibur di Kota ini. Untuk itu anda perlu menyimak pembahasan berikut ini dengan baik.

Artikel Terkait :  10+ Oleh-oleh Khas Bandung yang Terkenal dan Wajib di Coba

Makanan Oleh-Oleh Khas Surabaya

Jika sewaktu-waktu Anda berkunjung atau liburan ke Kota Surabaya, jangan lupa untuk menikmati pariwisata dan kulinernya. Namun, Anda juga disarankan untuk membeli beberapa buah tangan untuk dibawa pulang. Karena oleh-oleh khas Surabaya ini dapat Anda jadikan kenangan-kenangan bahwa pernah bersinggah di Kota Surabaya

Terdapat banyak sekali jenis oleh-oleh khas Surabaya, tapi kami hanya akan memberikan beberapa daftar oleh-oleh yang paling terkenal dan dicari oleh wisatawan. Berikut beberapa daftar oleh-oleh khas Surabaya :

1. Almond Crispy

oleh-oleh khas surabaya 2018

Ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Surabaya kekinian yang bisa menjadi rekomendasi pertama anda ketika berlibur di Kota Surabaya. Walaupun oleh-oleh satu ini belum lama muncul, tapi kehadirannya mampu memikat hati wisatawan lokal maupun mancanegara. Dimana jajanan ini terbuat dari campuran tepung, gula, telur, keju, dan susu bubuk. Tidak lupa dilengkapi dengan topping Almond yang akan menambah menarik makanan ini. Untuk kualitas rasanya sendiri tidak boleh diragukan lagi, dimana makanan ini menawarkan banyak sekali varian rasa yang lezat.

2. Spikoe

oleh-oleh khas surabaya pasar genteng

Makanan satu in juga tidak boleh anda lewatkan ketika berlibur di Kota pahlawan atau Surabaya, karena memang makanan ini masih menggunakan resep kuno yang akan membuat cita rasanya tetap original dan asli. Spikoe adalah makanan kue laps yang memiliki tiga lapisan, yaitu kuning, coklat, dan kuning. Dilengkapi juga dengan tekstur yang sangat lembut akan membuat makanan ini menjadi sangat lezat. Bagi anda yang tertarik, silakan anda kunjungi langsung alamat oleh-oleh khas Surabaya jenis ini yaitu berada di Jalan Rungkut Madya 41.

3. Guna-guna Snack

oleh-oleh khas surabaya di bandara juanda

Mungkin nama makanan satu ini akan membuat anda sedikir terkejut, walaupun begitu perlu anda ketahui makanan yang terbuat dari singkong dan kentang ini memiliki rasa yang sangat lezat dan gurih. Seperti namanya jika guna-guna snack ini mampu membuat wisatawan tidak akan pernah berhenti memakan snack satu ini. Varian rasa yang ditawarkan akan membuat anda bebas memilih rasa yang sesuai dengan selera anda.

4. Sambal Udang Bu Rudy

oleh-oleh khas surabaya yang murah

Bagi anda yang suka makanan pedas, maka sambal udang bu Rudy adalah pilihan yang tepat. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya wisatawan yang membeli sambal udang ini dalam bentuk kemasan. Kelebihan dari sambal udang satu ini yaitu memiliki cita rasa yang tidak dimiliki oleh jenis sambal pada umumnya. Jadi sudah tidak mengherankan lagi, jika sambal ini mampu menarik perhatian wisatawan. Untuk alamat pusat oleh-oleh Surabaya ini yaitu berada di Jalan Dharmahusada 140.

5. Kerupuk Ikan Kenjeran

oleh-oleh khas surabaya selain makanan

Indonesia memang memiliki lautan yang sangat luas, hal inilah yang dimanfaatkan oleh warga Surabaya untuk mengembangkan kreativitasnya dalam mengolah hasil laut. Dan salah satu bukti kreativitas warga tersebut yaitu mengolah kerupuk dengan berbahan dasar seafood. Bagi anda yang melewati Jalan Sukolilo atau sekitaran Pantai Kenjeran, biasanya anda sudah bisa mencium aroma khas kerupuk seafood. Untuk harga oleh-oleh makanan khas Surabaya satu ini yaitu berkisar antara Rp.15.000 sampai Rp.300.000, tergantung dari jenis kerupuk yang anda pilih.

6. Bunarendang

oleh-oleh khas surabaya di tunjungan plaza

Mungkin bagi sebagian orang nama ini akan terdengan asing, karena memang Bunarendang merupakan singkatan dari Burger Nasi Rendang. Makanan satu ini merupakan salah satu hasil dari kreativitas mahasiswa ITS atau Institut Sepuluh November. Makanan ini akan sangat lezat disantap ketika masih hangat, karena memang makanan ini termasuk kedalam golongan makanan cepat saji. Walaupun begitu anda tetap bisa menikmati makanan ini dengan menghangatkannya kembali dirumah.

7. Jenang dan Sirup Mangrove

oleh-oleh khas surabaya bandeng asap

Mangrove sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang kerap kali kita jumpai di Pantai. Tapi saat ini anda bisa menikmatinya sebagai olahan jenang maupun sirup. Tentunya olahan ini hanya bisa anda dapatkan di Kota Surabaya. Jadi dalam hal ini akan sangat disayangkan sekali, ketika anda memiliki waktu luang dan berlibur di Kota Surabaya tanpa membawa oleh-oleh khas Kota Surabaya satu ini. Selain jenis olahan yang langka, olahan satu ini juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

8. Siropen Telasih

oleh oleh khas surabaya almond crispy cheese

Satu lagi jenis minuman yang akan membuat anda ketagihan yaitu Siropen Telasih, dimana ini adalah salah satu jenis minuman khas Surabaya yang memiliki kesegaran lebih. Hal ini lepas dari resep minuman ini yang tetap menjaga keaslianya. Dimana minuman ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1923, dan pada waktu itu hanya golongan bangsawan saja yang bisa menikmati minuman ini. Dan bagi anda yang penasaran mengenai rasa dari minuman ini, anda bisa membelinya dalam bentuk kemasan botol yang sangat berkelas.

9. Abonsapi Padmosusastro

oleh oleh khas surabaya online

Mendengar nama abon, sudah tidak diragukan lagi jika semua jenis makanan olahan abon akan memiliki rasa yang lezat dan enak. Salah satunya yaitu abon sapi, dimana abon ini memiliki rasa yang berbeda dengan jenis abon pada umumnya. Bagi anda yang tertarik untuk mencobannya, anda bisa datang langsung ke Jalan Padmosusastro, dimana disana anda akan menjumpai banya sekali penjual abon sapi dengan kualitas rasa yang lezat. Untuk varian rasa yang ditawarkan yaitu rasa manis dan pedas, dijamin anda tidak akan menyesal untuk mencoba makanan ini.

10. Kue Bikang Peneleh

oleh-oleh khas surabaya jawa timur

Ini adalah salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang murah dan wajib anda coba. Dimana makanan ini memiliki tampilan yang sangat menarik, tentunya tidak melupakan rasa didalamnya. Kue ini sendiri terbuat dari bahan tepung beras, santan dan gula yang akan membuat rasanya menjadi legit dan lezat. Bagi anda yang penasaran mengenai rasa dari kue ini, silakan anda kunjungi Jalan Peneleh 32-34, disana anda akan menjumpai banyak penjual Kue Bikang.

11. Bebek Djangkep

alamat oleh oleh khas surabaya

Surabaya adalah merupakan salah satu Kota yang sangat cocok untuk anda menghabiskan liburan, karena memang di Kota ini anda bisa melakukan perjalanan wisata kuliner Surabaya, wisata alam, dan wisata fashion. Salah satu kuliner yang terkenal di Kota Surabaya yaitu Bebek Djangkep, dimana makanan ini terbuat dari bebek yang divariasikan dengan rempah-rempah serta bumbu kuning yang akan membuat makanan ini menjadi sangat lezat.

Bagaiaman apakah anda tertarik untuk mencoba semua jenis oleh-oleh khas Surabaya tersebut ? Siapkan uang yang banyak, karena memang anda tidak akan pernah berhenti untuk mencoba semua jenis masakan yang sudah kami sampaikan diatas.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.