Pengertian Ekonomi Secara Umum dan Menurut Para Ahli [Lengkap]

Istilah ekonomi tentu sudah tidak lagi asing bagi kita. Ekonomi mencakup berbagai macam aspek dengan pemahaman atau pengertian masing – masing. Mulai dari pengertian ekonomi islam atau syariah sampai dengan ekonomi konvensional berkaitan sangat erat.

Istilah ekonomi sendiri berkaitan dengan berbagai bidang kehidupan sehari – hari kita mulai dari harga beras, sampai dengan berbagai macam kegiatan jual beli sehari – hari. Ruang lingkup ekonomi pun juga sangat luas. Merujuk pada dunia ekonomi yang luas, pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya.

Kita akan membahas berbagai aspek tentang pengertian ekonomi sampai prinsip – prinsipnya. Cek informasinya dalam uraian di bawah ini!

Pengertian Ekonomi

pengertian ekonomi islam

Pada dasarnya pengertian ekonomi secara umum berarti suatu kegiatan dalam hidup manusia yang sangat berkaitan erat dengan kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi dengan menggunakan uang sebagai alat tukarnya.

Sementara pengertian ekonomi secara singkat berarti suatu kegiatan yang membuat orang melakukan kegiatan jual beli hasil produksi.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

pengertian ekonomi mikro

Menurut Aristoteles

Pengertian ekonomi menurut Aristoteles adalah suatu cabang yang dapat digunakan dengan dua jalan yaitu bisa dipakai dan bisa ditukar dengan barang. Dengan demikian ekonomi memiliki nilai tukar dan nilai guna lebih.

Menurut Abraham Maslow

Pengertian ekonomi menurut Abraham Maslow bahwa ekonomi adalah suatu bidang ilmu yang dapat menyelesaikan permasalahan. Tentang kehidupan manusia melalui penggemblengan seluruh sumber ekonomi yang tersedia atas dasar kehidupan manusia.

Semuanya berdasarkan pada teori dan prinsip dalam suatu sistem ekonomi yang memang dianggap sangat efektif dan efisien.

Menurut Adam Smith

Secara umum pengertian ekonomi menurut Adam Smith adalah suatu penyelidikan tentang kondisi dan sebab adanya kekayaan negara.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian ekonomi menurut KBBI adalah suatu bidang ilmu yang membahas tentang berbagai asas produksi, distribusi dan pemakaian barang serta kekayaan seperti halnya perindustrian, perdagangan dan juga keuangan.

Prinsip – Prinsip Ekonomi

pengertian ekonomi makro

Masing – masing orang menghadapi trade off

Pengorbanan ini dapat berupa uang, waktu, konsentrasi dan apa saja. Trade off tidak hanya berlaku pada suatu ekonomi pemerintah, melainkan juga berlaku pada suatu ekonomi negara yang berkaitan antara negara dengan pemerintah dan masyarakat.

Pengorbanan biaya untuk mendapatkan sesuatu

Melakukan pengorbanan biaya untuk mendapatkan sesuatu sering juga disebut sebagai opportunity cost. Artinya adalah kesempatan. Kesempatan ini nantinya akan hilang dan berubah menjadi suatu pilihan yang Anda harus putuskan. Karena itu ada baiknya Anda mengambil kesempatan tersebut menjadi hal yang memiliki nilai sebanding atau lebih banyak.

Berpikirlah secara rasional

Orang berpikir secara rasional maksudnya adalah jika seseorang menentukan keputusan atau suatu pilihan. Orang tersebut kemudian melakukan apa saja yang menjadi pilihannya dalam pikiran secara lebih rasional.

Seorang akan berpikir secara rasional untuk mendapatkan suatu keuntungan dan juga apa yang menjadi kerugian dari kesempatan yang sudah ia pilih.

Perdagangan yang menguntungkan semua pihak

Pada prinsip ini yang paling ditonjolkan adalah spesialisasi. Contohnya yaitu suatu negara akan memproduksi sesuatu sesuai dengan kemampuan yang paling optimal dari negaranya.

Suatu negara dengan biaya produksi dalam kondisi rendah, kemampuan dalam produksi tinggi dengan kualitas yang bagus kemudian menjual produk yang dihasilkan tersebut ke negara lain yang tidak bisa melakukan apa yang dilakukan negara tersebut.

Kemudian barang produksi yang tidak bisa dihasilkan secara optimal menjadikan negara tersebut akan membeli barang dari negara lain yang diproduksi secara jauh lebih maksimal.

Pasar merupakan sarana terbaik dalam mengordinasikan kegiatan ekonomi

Pasar adalah suatu tempat terjadinya interaksi antara produsen atau perusahaan dengan konsumen atau rumah tangga dalam melakukan suatu aspek tawar menawar nilai atau harga atas suatu barang. Sebuah produsen tentu memiliki hak dalam menentukan siapa saja yang nantinya akan dipekerjakan.

Juga tentang barang apa yang akan diproduksi, serta konsumen yang memiliki hak untuk bekerja di sebuah perusahaan dan yang akan membeli apa dari penghasilan yang mereka dapatkan.

Baca Juga : Pengertian Kebudayaan

Motif Ekonomi

pengertian ekonomi secara umum

Motif Intrinsic

Yang dimaksud dengan motif intrinsic adalah suatu motif ekonomi yang timbul didalam diri seseorang tanpa adanya suatu pengaruh dari faktor secara eksternal. Semisal ketika seseorang merasa haus dan lapar maka ia akan segera membeli makanan dan juga minuman.

Motif Ekstrinsic

Motif ekstrinsik artinya motif ekonomi yang timbul didalam diri seseorang karena adanya pengaruh dari faktor eksternal. Jadi semisal seseorang menunjukkan laptop baru miliknya kepada teman, kemudian nanti akan timbul suatu keinginan membelinya didalam diri teman tersebut.

Kegiatan Ekonomi

pengertian ekonomi secara singkat

Kegiatan Produksi

Secara umum kegiatan produksi merupakan suatu aktivitas atau pekerjaan yang dapat menghasilkan sebuah produk baik barang atau jasa. Dengan adanya kegiatan produksi maka diharapkan suatu barang atau jasa yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Beberapa jenis barang yang dihasilkan dari sebuah kegiatan produksi diantaranya :

  • Jenis Barang mentah
  • Produksi Barang setengah jadi
  • Produk Barang jadi

Kegiatan distribusi

Kegiatan distribusi adalah suatu kegiatan dalam menyalurkan sebuah produk baik itu yang berupa barang atau jasa dari produsen ke tangan konsumen. Sehingga suatu produk tersebar luas ke masyarakat yang memang membutuhkan.

Tujuan dari kegiatan distribusi sendiri adalah dalam rangka memastikan keberlangsungan kegiatan produksi dan juga berusaha memastikan suatu produk diterima dengan baik di tangan konsumen atau tidak.

Adapun beberapa aktivitas dalam kegiatan distribusi meliputi :

  • Pembelian yang dilakukan produsen
  • Pengangkutan suatu barang
  • Pengepakan atau pengemasan
  • Penjualan ke grosir atau pedagang besar
  • Penyimpanan di gudang
  • Standarisasi mutu barang
  • Klasifikasi barang
  • Kegiatan promosi
  • Penyaluran barang

Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah suatu aktivitas penggunaan barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia didalam kehidupan. Pelaku dari kegiatan konsumsi sendiri disebut konsumen.

Teori Ekonomi

pengertian ekonomi syariah

Teori ekonomi secara umum terbagi ke dalam dua jenis yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Keduanya hadir dengan berbagai macam definisi dan pengertian yang berbeda – beda. Penjelasannya dapat Anda simak berikut ini :

Ekonomi Makro

Pengertian ekonomi makro berarti suatu jenis teori ekonomi yang berusaha mempelajari tentang mekanisme kerja perekonomian secara menyeluruh. Tujuan ekonomi makro adalah memahami berbagai peristiwa ekonomi dan memutuskan serta memperbaiki suatu kebijakan ekonomi.

Ekonomi Mikro

Pengertian ekonomi mikro yaitu berbagai macam teori ekonomi yang berusaha mempelajari tentang perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat suatu keputusan untuk mengalokasikan sumber daya secara terbatas.

Ekonomi mikro sendiri belajar tentang berbagai bagian seperti perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga pasar untuk satu jenis barang tertentu dengan kuantitas faktor input barang dan juga jasa.

Itulah informasi lengkap untuk Anda tentang pengertian ekonomi dan prinsipnya. Semoga semakin menambah wawasan kita semua.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.