Pengertian Globalisasi Beserta Teori, Faktor Penyebab dan Dampaknya

Pengertian globalisasi ini adalah suatu kata yang mengadopsi dari bahasa Inggris, yakni globalization. Yakni, suatu kata yang di dalamnya terdiri dari kata “global” yang berarti “mendunia”, dan “lization” yang memiliki arti sebagai “proses”. Jadi, secara bahasa kata globalisasi dapat diartikan sebagai sebuah proses yang mendunia.

Selain itu, globalisasi juga didefinisikan sebagai suatu proses integrasi internasional yang tengah terjadi karena adanya beberapa pertukaran. Seperti, pertukaran pandangan pemikiran, produk, dunia, juga aspek – aspek kebudayaan yang lain.

Berikut ini kami ulasa dan simak baik-baik makna dan informasi lengkap tentang globalisasi

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Adapun yang dimaksud dengan pengertian globalisasi adalah sebuah proses yang mendunia atau pun menyeluruh. Yang pada dasarnya tidak memiliki ikatan tertentu, baik itu oleh negara atau pun batasan wilayah. Maksudnya, masing – masing orang nanti bisa terhubung dan saling bertukar informasi maupun kabar, di mana pun dan kapan pun melalui sebuah media elektronik.

Dimana hal tersebut merupakan salah satu pengertian globalisasi yang mudah dipahami oleh banyak orang. Sementara itu menurut bahasa, kata globalisasi ini memiliki artian sebagai sebuah proses yang mampu mendunia. Globalisasi tersebut bahkan bisa menyebabkan negara tidak terasa luas sebab mudahnya berkomunikasi antar negara di segala bidang.

Pada dasarnya, proses dari globalisasi ini dipengaruhi oleh banyaknya faktor. Seperti teknologi internet, infrastruktur telekomunikasi, infrastruktur transportasi, pertukaran pelajar, dan lain sebagainya. Umumnya, globalisasi ada kaitannya dengan perubahan menyeluruh di bidang perekonomian, industri, gaya hidup, dan beberapa aspek kehidupan yang lain.

Pengertian Globalisai Menurut Para Ahli

pengertian globalisasi yang mudah dipahami

Untuk lebih memudahkan Anda memahami arti penting globalisasi bagi Indonesia, mari kita merujuk pada pendapat para ahli di bawah ini.

• Anthony Giddens

Globalisasi menurutnya adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia, sehingga mampu menghubungkan antara peristiwa di satu tempat dengan tempat yang lain. Juga bisa sebabkan terjadinya perubahan pada kedua tempat tersebut.

• Laurence E. Rothernberg

Globalisasi menurutnya adalah percepatan dari intensifikasi interaksi juga integrasi antar orang – orang, maupun perusahaan dan pemerintah dari negara berbeda.

• Emanuel Ritcher

Globalisasi menurutnya adalah suatu jaringan kerja luas yang mempersatukan masyarakat yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi ke dalam untuk kemudian saling ketergantungan dan menciptakan persatuan dunia.

• Martin Albrow

Globalisasi menurutnya adalah semua proses penduduk yang ada kaitannya dalam urusan komunitas dunia tunggal juga global.

• Malcom Waters

Globalisasi menurutnya adalah proses sosial yang pada akhirnya mengakibatkan pembatasan geografis di keadaan sosial budaya menjadi kurang penting. Yang mana hal tersebut terwujud dalam kesadaran seseorang.

• Nayef R. F. Al-Rodhan

Globalisasi menurutnya adalah proses yang di dalamnya meliputi penyebab, kasus, juga konsekuensi dari integrasi transnasional serta transkultural kegiatan manusia maupun non manusia.

• Selo Seomardjan

Pengertian globaliasi adalah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat yang ada di seluruh dunia. Untuk kemudian mengikuti sistem dan kaidah tertentu yang sama.

• Achmad Suparman

Globalisasi menurutnya adalah proses yang pada akhirnya menjadikan suatu benda, atau pun perilaku sebagai ciri khas dari setiap individu di seluruh penujuru dunia, tanpa ada batas – batas wilayah sekalipun.

Teori Globalisasi yang Penting Diketahui

Cochrane dan Pain adalah kedua tokoh terkenal yang mengemukakan teori globalisasi secara lebih terperinci, diantaranya sebagai berikut.

• Para globalis, yakni mereka yang percaya bahwasannya kata globalisasi ini merupakan kenyataan yang di dalamnya mengandung konsekuansi yang nyata. Misalnya saja terhadap orang – orang maupun lembaga di seluruh dunia berjalan.

• Para tradisionalis, yakni mereka yang biasanya tidak percaya bahwa kata globalisasi tersebut sedang terjadi. Atau bahkan menganggapnya hanya sebagai mitos belaka maupun sesuatu yang dilebih – lebihkan.

• Para transformalis, yakni mereka yang ada di tengah – tengah globalis dan tradisionalis. Biasanya mereka percaya bahwasannya globalisasi saat ini lagi berlangsung, tapi beranggapan bahwa pengaruhnya terlalu dibesar – besarkan globalis.

Ragam Faktor Penyebab Globalisasi

arti penting globalisasi bagi indonesia

Faktor Teknologi

Salah satu faktor penyebab globalisasi yang paling umum adalah adanya perkembangan di dunia teknologi informasi dan transportasi. Sebab, hal tersebut memiliki peran besar dalam proses globalisasi dunia. Teknologi yang berjalan semakin maju mampu membuat kegiatan transaksi jual beli menjadi lebih mudah. Contohnya saja jenis bisnis e-commerce.

Tidak hanya itu, kerjasama ekonomi internasional juga menjadi penyebab utama globalisasi. Kemudahan dalam membuat kesepakatan perdagangan antar negara – negara di dunia mengakibatkan proses globalisasi ini terjadi terus menerus.

Faktor Kemudahan Akses

Adapun faktor lain penyebab terjadinya globalisasi adalah kemudahan dalam pengiriman barang maupun jasa. Masyarakat antar negara pun sekarang bisa dengan mudahnya mengirimkan barang dan jasa satu sama lain. Sehingga tidak heran jika akhirnya ada banyak sekali produk asing yang masuk di dalam negeri dan diadaptasi masyarakat.

Contohnya saja, produk kosmetik asal Korea yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Nah, ketika masyarakat kita menggunakan produk dari negara lain, maka terjadilah asimilasi kebudayaan antar negara.

Semakin tinggi kesadaran masyarakat akan pentingnya hubungan internasional, maka yang demikian ini akan mengakibatkan berkurangnya konflik antar negara. Saat antar negara tersebut melakukan hubungan yang baik, maka terjadi globalisasi.

Faktor SDA

Selain itu, pada dasarnya ada beberapa sumber daya alam yang nanti akan alami pengurangan di setiap tahunnya. Contohnya saja logam mulia dan minyak bumi. Sehingga yang demikian ini membuat beberapa negara berinvestasi di negara lain.

Tujuannya adalah untuk mengeruk sumber daya di negara tersebut dengan baik. Misalnya, tambang emas Freeport yang ada di Papua, Indonesia yang ternyata dikerut oleh negara lain. Dan berikut ini juga akan kami informasikan tentang pengertian globalisasi dan dampaknya yang lebih lengkapnya untuk Anda.

Dampak – Dampak Globalisasi yang Penting Diketahui

pengertian globalisasi dan dampaknya

Kami ingatkan lagi, bahwa pengertian dari kata globalisasi ini sendiri merupakan sebuah proses yang mendunia. Nah, mengacu pada pengertian tersebut, ternyata globalisasi bisa berdampak langsung di kehidupan masyarakat secara universal. Berikut ini adalah beberapa dampak positif dan negatif dari globalisasi yang terjadi penting untuk Anda tahu.

Dampak – Dampak Positif Globalisasi

• Teknologi informasi bisa berkembang pesat
• Kemudahan mendapat kebutuhan dan keperluan pribadi
• Penyebaran informasi jadi lebih cepat dan mudah
• Semakin efisiennya urusan berkomunikasi jarak jauh
• Hubungan internasional antar negara jadi semakin baik
• Mampu meningkatkan sikap toleran dan cosmopolitan
• Tingkatkan hubungan baik antar negara di sektor ekonomi
• Bertransaksi secara online jadi lebih mudah

Dampak – Dampak Negatif Globalisasi

• Potensi terjadi kriminalitas jadi semakin tinggi
• Semakin banyak paham – paham yang kurang sesuai dengan ideologi negara menimbulkan konflik di masyarakat
• Menjadikan masyarakat jadi lebih konsumtif daripada produktif
• Menyebabkan masyarakat cenderung kehilangan kreatifitas dalam dirinya sebab menirukan trend dari luar negeri
• Muncul berbagai informasi yang tidak akurat, atau bahkan hoax
• Masyarakat akan jadi lebih individual dan egois

Demikian informasi yang bisa kami bagikan mengenai pengertian globalisasi secara lebih lengkapnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.