Pengertian HAM | Macam-Macam, Kasus & Undang-Undang Tentang HAM

HAM merupakan kependekan dari Hak Asasi Manusia. Pada dasarnya setiap manusia yang hidup di dunia ini tidak lepas kaitannya dengan kewajiban dan hak. Keduanya merupakan suatu aspek yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

Pengertian HAM secara umum adalah hak – hak dasar manusia yang dimiliki sejak manusia berada didalam kandungan dan setelah lahir ke dunia sebagai kodrat yang berlaku secara universal dan juga diakui oleh semua orang.

Para ahli juga memiliki pendapat yang berbeda – beda tentang pengertian HAM walau pada hakikatnya berujung pada inti yang sama. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya beserta informasi penunjang yang lainnya!

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

pengertian ham secara umum

Sebelum membahas tentang HAM menurut para ahli kita akan membahas lebih dulu bahwa dalam sebuah negara, seorang warga negara juga memiliki hak. Lantas apa pengertian hak warga negara tersebut?

Hak yang dimiliki seseorang tidak hanya berlaku dalam hidupnya melainkan juga berlaku dengan statusnya sebagai warga negara. Pengertian hak warga negara adalah bahwa setiap masyarakat yang hidup dalam suatu negara memiliki hak untuk dilindungi, diperhatikan, dipandang sama dan mendapat perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan.

John Locke

Pengertian HAM menurut John Locke bahwa HAM merupakan hak – hak yang secara langsung diberikan oleh Tuhan kepada manusia sebagai kodrat. Karena itu tidak ada kekuatan apapun di dunia yang bisa mencabut hak tersebut.

Jan Materson

Pengertian HAM menurut Jan Materson bahwa HAM merupakan hak – hak yang ada pada setiap manusia. Tanpanya tentu manusia mustahil untuk bisa hidup sebagai manusia sebagaimana mestinya.

Miriam Budiarjo

Menurut Miriam Budiarjo bahwa pengertian HAM adalah suatu hak yang dimiliki masing – masing orang sejak lahir ke dunia. Hak tersebut sifatnya universal karena dimiliki tanpa adanya perbedaan ras, kelamin, budaya, agama dan suku.

Prof. Koentjoro Poerbopranoto

Pengertian HAM menurut Prof. Koentjoro Poerbopranoto adalah suatu hak yang bersifat asasi atau dasar. Hak – hak yang dimiliki setiap manusia berdasarkan kodratnya tidak akan bisa dipisahkan oleh apapun karena bersifat suci dan saling terkait.

Oemar Seno Adji

Menurut Oemar Seno Adji, pengertian HAM adalah suatu hak yang melekat pada setiap martabat manusia sebagai insan ciptaan Tuhan yang Maha Esa. Sifatnya dari HAM tersebut tidak boleh dilanggar oleh siapapun.

Jack Donnely

Definisi HAM menurut Jack Donnely adalah hak – hak yang dimiliki manusia semata – mata karena ia adalah seorang manusia. Seorang manusia memilikinya bukan karena diberikan oleh masyarakat kepadanya, akan tetapi berdasarkan martabatnya sebagai seorang manusia.

UU Nomor 39 Tahun 1999

Pada UU Nomor 39 Tahun 1999, pengertian HAM berada di pasal 1 yang berbunyi bahwa HAM adalah hak yang melekat pada diri manusia sebagai makhluk yang Tuhan ciptakan. Hak tersebut adalah suatu anugerah yang wajib hukumnya untuk dilindungi dan dihargai oleh setiap manusia.

David Beetham dan Kevin Boyle

Menurut David Beetham dan Kevin Boyle bahwa HAM adalah hak – hak individual yang berasal dari kebutuhan – kebutuhan serta kapasitas – kapasitas dalam diri seorang manusia.

HAM sebagai hak seorang manusia tidak hanya dimiliki dalam lingkup suatu negara melainkan juga untuk lingkup internasional.

Pengertian HAM internasional bahwa hak asasi manusia di mata internasional merupakan suatu hak yang dimiliki oleh seorang manusia dalam kehidupan di luar negaranya. Mereka punya hak untuk pergi ke negara lain dengan status bebas dengan syarat – syarat yang sudah dipenuhi.

Macam – Macam Hak Asasi Manusia

pengertian ham menurut john locke

Hak Asasi Pribadi (Personal Rights)

Personal rights atau hak asasi pribadi merupakan hak asasi manusia yang ada kaitannya dengan kehidupan pribadi masing – masing individu. Contohnya meliputi :

• Setiap warga negara memiliki kebebasan untuk bergerak, bepergian dan berpindah tempat.
• Kebebasan setiap warga negara untuk mengajukan pendapat
• Kebebasan dalam berorganisasi dan berkumpul

Hak Asasi Politik (Political Rights)

Hak asasi yang satu ini terkait dengan kehidupan politik seseorang. Contoh hak asasi politik diantaranya :

• Pertama meliputi hak untuk dipilih dan memilih dalam suatu pemilihan umum
• Pada poin kedua yakni untuk bergabung dengan partai politik legal yang diakui oleh negara
• Ketiga yakni hak untuk mendirikan partai politik dan organisasi politik, serta masih banyak yang lainnya.

Hak Asasi Hukum (Legal Equality Rights)

Pada hak asasi hukum dijelaskan bahwa setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan kedudukan yang sama dalam bidang hukum dan pemerintahan. Adapun contohnya meliputi hak agar diperlakukan sama dan setara di mata hukum serta pemerintahan.

Sementara poin lainnya yang diliput adalah hak seorang warga negara untuk menjadi pegawai negeri sipil. Pada poin terakhir hak asasi hukum, yang dilindungi adalah hak seorang warga negara untuk mendapatkan pelayanan setara, serta perlindungan hukum.

Hak Asasi Ekonomi (Property Rights)

Masing – masing individu memiliki hak asasi ekonomi dalam kegiatan perekonomian. Beberapa contohnya yaitu :

• Kebebasan dalam berdagang dan melakukan kegiatan apapun berkaitan dengan jual beli sehat
• Yang kedua adalah kebebasan melakukan perjanjian kontrak
• Pada poin terakhir yakni kebebasan penyelenggaraan sewa menyewa dan hutang piutang

Hak Asasi Peradilan (Procedural Rights)

Hak asasi peradilan adalah suatu hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam tata cara pengadilan. Contoh hak asasi peradilan meliputi hak untuk mendapatkan pembelaan hukum di pengadilan

Hak Asasi Sosial Budaya (Social Cultural Rights)

Hak ini merupakan hak individu terkait dengan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Contohnya meliputi :

• Hak dalam menentukan, memilih dan mendapatkan pendidikan
• Kedua adalah Hak untuk mendapatkan pengajaran
• Ketiga yakni Hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai bakat dan minat.

Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

pengertian ham international

Walau pengertian HAM sudah dijelaskan dalam UUD 1945, akan tetapi pada prakteknya masih ada pelanggaran – pelanggaran yang terjadi di berbagai pelosok negeri. Hal tersebut sudah menjadi catatan hitam perjalanan bangsa Indonesia.

Sebelum kita membahas tentang apa saja kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang pernah terjadi, kita akan membahas dulu pengertian pelanggaran HAM. Pengertian pelanggaran HAM berarti bahwa suatu undang – undang tentang HAM dilanggar oleh oknum tertentu baik masyarakat, aparat hukum, kelompok atau negara yang dilakukan baik sengaja atau tidak disengaja.

Beberapa contoh pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia meliputi :

• Peristiwa pembantaian di Rawagede tahun 1945
• Tragedi pembantaian masal PKI yang terjadi pada tahun 1965 – 1966
• Sejarah Tanjung Priok tahun 1984
• Kasus Tragedi Trisakti tahun 1998
• Dan Peristiwa Wamena berdarah di bulan April 2003

Undang – Undang Tentang HAM

pengertian ham dan contohnya

Undang – Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 merupakan hukum yang mengatur tentang hak asasi manusia. Dalam UUD 1945 terdapat beberapa pasal yang mengatur tentang HAM yaitu terdapat pada pasal 28A sampai dengan 28J.

Pasal 28A mengatur tentang hak untuk hidup, pasal 28B mengatur tentang hak berkeluarga. Selain itu, pasal 28C juga mengatur tentang hak mendapatkan pendidikan yang layak. Karena hal tersebut, Pasal ini dipahami sebagai pasal yang mengatur tentang kepastian hukum. Sementara disisi lain, pasal 28E digunakan untuk mengatur tentang kebebasan dalam beragama.

Pada sub pasal 28 lainnya, yaitu Pasal 28F yang digunakan untuk mengatur tentang komunikasi dan informasi. Sementara Pasal 28G mengatur tentang hak perlindungan diri. Untuk sub Pasal 28H masalah kesejahteraan dan jaminan sosial terkandung didalamnya.

Sub Pasal 28 yang terakhir adalah mengatur tentang hak – hak basic asasi manusia dan mengatur tentang penghormatan terhadap HAM. Semua hal tersebut diatur pada pasal 28I dan pasal 28J.

Itulah informasi selengkapnya tentang HAM untuk Anda. Semoga informasi lengkap tentang pengertian HAM dan macam – macamnya diatas dapat semakin menambah cakrawala pengetahuan kita.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.