Pengertian Kebudayaan adalah: Unsur-Unsur, Fungsi, Wujud dan Contoh

Pengertian kebudayaan sebenarnya kebudayaan berasal dari kata budaya. Budaya berasal dari bahasa Sansekerta Buddhayah yang merupakan suatu bentuk jamak dari buddhi yang berarti akal. Jadi pengertian budaya diartikan sebagai akal, budi dan cipta manusia.

Setiap negara tentu memiliki budaya. Termasuk Indonesia juga merupakan suatu negara yang kaya akan budaya. Budaya Indonesia sering disebut sebagai kebudayaan nasional. Pengertian kebudayaan nasional adalah suatu budaya yang dianggap mewakili ciri khas suatu bangsa.

Tanpa kebudayaan tentu saja Indonesia tidak akan menjadi negara yang beragam seperti sekarang ini. Informasi lengkap tentang pembahasan kebudayaan dapat Anda simak berikut ini!

Pengertian Kebudayaan Secara Umum

pengertian kebudayaan nasional

Pengertian kebudayaan secara umum adalah suatu hasil cipta, rasa dan juga karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup yang sangat kompleks. Juga mencakup tentang pengetahuan, keyakinan, seni, hukum adat, susila, kecakapan dan juga kebiasaan.

Kebudayaan juga bisa diartikan sebagai segala hal yang sangat kompleks dimana didalamnya berisi tentang kesenian, kepercayaan, pengetahuan, moral, hukum, adat istiadat dan keahlian atau ciri khas yang lain.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

pengertian kebudayaan menurut para ahli antropologi

Menurut White

Pengertian kebudayaan menurut White diartikan bahwa kebudayaan adalah suatu tingkah laku yang dipelajari.

Menurut Ibnu Khaldun

Kebudayaan menurut Ibnu Khaldun adalah kondisi kehidupan yang lebih dari apa yang dibutuhkan.

Menurut Koentjaraningrat

Pengertian kebudayaan menurut Koentjaraningrat adalah suatu keseluruhan manusia dari kelakuan dan hasil yang harus didapatkan dengan belajar. Semua hal tersebut tersusun didalam kehidupan masyarakat.

Menurut Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara, kebudayaan berarti buah budi manusia yang menjadi hasil perjuangan manusia atas dua pengaruh kuat yaitu alam dan zaman.

Kedua hal tersebut merupakan suatu bukti kejayaan hidup untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran di dalam hidup dan penghidupannya untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kebudayaan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia mencakup dua hal, yaitu :

• Hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti halnya kesenian, kepercayaan, dan juga adat istiadat.
• Pengetahuan manusia menyeluruh sebagai suatu makhluk sosial yang digunakan dalam memahami lingkungan dan pengalamannya. Serta apapun yang menjadi suatu pedoman tingkah laku seseorang.

Kamus Ilmu Sosial

Pengertian kebudayaan menurut para ahli sosiologi yang termaktub didalam kamus ilmu sosial bahwa kebudayaan adalah suatu totalitas perilaku yang dipelajari dan diturunkan dari satu generasi menuju ke generasi yang berikutnya secara turun temurun.

Unsur – Unsur Kebudayaan

pengertian kebudayaan khusus

Unsur bahasa

Suatu pengucapan yang indah dalam elemen budaya dan sekaligus menjadi suatu alat perantara utama bagi manusia dalam meneruskan atau mengadaptasi kebudayaan. Terdapat dua bentuk bahasa pada akhirnya yaitu lisan dan secara tertulis.

Sistem pengetahuan

Unsur yang satu ini berkisar pada pengetahuan mengenai kondisi alam sekeliling dan sifat peralatan yang digunakan. Sistem pengetahuannya sendiri meliputi suatu ruang pengetahuan mengenai alam sekitar, fauna, flora, ruang, waktu dan bilangan, sifat serta tingkah laku manusia dan juga tubuh manusia.

Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial

Kebudayaan dimaknai sebagai suatu kelompok masyarakat dimana anggotanya merasa satu dengan sesamanya. Organisasi sosial tersebut meliputi kekerabatan, asosiasi dan perkumpulan, sistem kenegaraan, sistem kesatuan hidup dan juga suatu perkumpulan.

Sistem peralatan hidup dan teknologi

Teknologi sendiri dimaknai sebagai jumlah keseluruhan dari teknik yang dimiliki setiap anggota suatu masyarakat.

Juga meliputi tentang keseluruhan cara bertindak dan berbuat didalam hubungannya dengan pengumpulan berbagai bahan mentah, pemrosesan bahan – bahan, penyimpanan, perumahan, pakaian, alat transportasi dan berbagai kebutuhan yang lain.

Unsur teknologi berupa kebudayaan fisik. Yang paling menonjol meliputi suatu alat produksi, senjata, wadah, minuman dan makanan, pakaian dan perhiasan, tempat berlindung dan perumahan juga alat transportasinya.

Sistem mata pencaharian hidup

Unsur ini merupakan segala bentuk usaha manusia dalam mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan. Sistem ekonomi yang satu ini juga meliputi kegiatan berburu dan mengumpulkan makanan, kegiatan peternakan, bercocok tanam, perikanan dan juga perdagangan.

Sistem religi

Selain ekonomi, terdapat juga sistem religi dalam unsur kebudayaan merupakan suatu perpaduan antara keyakinan dan praktek keagamaan yang ada kaitannya dengan hal – hal suci dan tidak terjangkau oleh akal.

Sistem ini meliputi berbagai hal termasuk sistem kepercayaan, sistem nilai dan pandangan hidup, sistem komunikasi keagamaan dan upacara keagamaan.

Kesenian

Unsur yang satu ini dapat dimaknai sebagai segala hasrat manusia terhadap suatu bentuk keindahan. Bentuk keindahan yang beraneka ragam itulah yang kemudian timbul dari suatu imajinasi kreatif yang dapat memberikan sisi kepuasan batin untuk setiap manusia.

Pemetaan bentuk kesenian sendiri terbagi atas tiga garis besar yaitu seni rupa, seni suara dan juga seni tari. Ketiganya memiliki bidang ilmu masing – masing yang sering dipelajari pecinta seni.

Ciri – Ciri Kebudayaan

pengertian kebudayaan dan fungsinya

Kebudayaan terbagi atas kebudayaan daerah dan kebudayaan nasional. Keduanya memiliki ciri – ciri yang berbeda. Ciri – ciri kebudayaan daerah diantaranya :

• Memiliki sifat kedaerahan tertentu
• Terdapat suatu adat istiadat yang sangat khas
• Adanya unsur kebudayaan asli dan tradisional
• Dianut oleh penduduk daerah yang bersangkutan
• Menggunakan bahasa dan seni daerah
• Juga terdapat suatu unsur kepercayaan
• Bisa ditemukan sebuah peninggalan sejarah

Sementara suatu kebudayaan nasional juga memiliki ciri. Adapun ciri – ciri kebudayaan nasional meliputi :

• Mengandung unsur budaya daerah yang sifatnya diakui secara global atau nasional
• Menjadi suatu budaya yang mencerminkan nilai luhur dan kepribadian bangsa
• Merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia
• Terdapat unsur – unsur yang dapat mempersatukan bangsa

Wujud Kebudayaan

pengertian budaya

Kebudayaan sebagai sistem ide

Contohnya yaitu aturan atau norma sopan santun dalam bertutur kata kepada orang yang lebih tua, dan aturan bertamu di rumah orang yang lain. Contoh wujudnya secara konkret terdapat didalam undang – undang 1945 atau pada aturan – aturan tertulis.

Kebudayaan sebagai sistem aktivitas

Contohnya yaitu budaya upacara perkawinan, proses dalam memilih sosok pemimpin atau kampanye partai yang terkategori sebagai wujud kebudayaan yang berupa suatu aktivitas individu.

Kebudayaan sebagai sistem artefak

Contohnya wayang golek yang berasal dari Jawa, kain ulos yang berasal dari Batak dan kain songket yang berasal Padang. Contoh yang lain juga berupa sebuah mahar berupa barang yang harusnya diberikan dalam upacara adat perkawinan.

Fungsi Kebudayaan

pengertian kebudayaan menurut para ahli sosiologi

Pedoman hubungan manusia atau suatu kelompok

Suatu kelompok tertentu yang dapat berjalan dengan satu arah dan satu tujuan. Hal tersebut karena memiliki suatu kebudayaan yang sama. Sebagai contoh adalah masyarakat Yogyakarta yang memiliki suatu sistem kebudayaan Grebeg Maulud untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Masyarakat di Jogja sama – sama sepakat bahwa hal tersebut adalah budaya yang sudah sejak dulu ada, tujuannya jelas dan juga dianggap sebagai salah satu alat untuk mempersatukan masyarakat Jogja. Karena itu menjadi budaya yang dilestarikan sampai sekarang.

Berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat setempat

Suatu budaya bukan hanya tentang persoalan adat istiadat melainkan juga tentang pola perilaku. Termasuk juga mengenai bagaimana masyarakat dapat bertahan hidup dengan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Semisal berkebun untuk masyarakat pegunungan dan mencari ikan yang dilakukan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai. Keduanya dapat bertahan hidup dengan kebudayaan dan juga tata caranya sendiri yang berfungsi sebagai pemenuhan kebutuhan hidup yang jauh lebih baik.

Mendorong terjadinya perubahan masyarakat

Suatu kebudayaan dapat digunakan untuk mengubah masyarakat. Utamanya berlaku untuk kebudayaan baru yang mulai masuk pada ranah masyarakat tertentu. Sebagai contoh nyata adalah budaya Korea yang masuk ke Indonesia.

Sedikit banyak tentu mengubah pola perilaku sebagian masyarakat yang suka dengan kebudayaan yang dibawa tersebut. Baik diwujudkan dalam gaya hidup, bahasa atau unsur kesenian.

Contoh Kebudayaan Indonesia

pengertian budaya

Setelah kita membahas tentang pengertian kebudayaan maka sekarang kita akan membahas contohnya. Contoh kebudayaan Indonesia salah satunya adalah tradisi ngaben. Kebudayaan Indonesia yang satu ini merupakan tradisi masyarakat Bali dalam memperlakukan orang yang sudah wafat.

Mereka percaya bahwa api merupakan suatu elemen untuk mensucikan. Sehingga menjadikan orang yang telah meninggal dibuatkan upacara tertentu. Nah upacara tertentu tersebut disebut ngaben.

Orang yang sudah meninggal kemudian dibuatkan sebuah upacara tertentu dengan cara dibakar sampai menjadi abu. Selanjutnya abu nantinya akan dikumpulkan ke dalam suatu wadah. Wadah tersebut akan dilarung ke laut.

Itulah pengertian kebudayaan, cirinya, dan contohnya secara konkret. Semoga menjadi sebuah pembahasan yang semakin menambah informasi dan cakrawala Anda tentang suatu kebudayaan.
Meta Desc: pengertian budaya yakni akal, budi dan ciptaan manusia dari interaksi mereka dalam satu wilayah dan mewakili ciri khas daerah tersebut.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.