Pengertian Limbah, Karakteristik, Jenis, Dampak dan Pengolahan

Pengertian limbah secara umum adalah material maupun bahan – bahan sisa yang sudah tidak terpakai. Atau bahkan dianggap tidak memiliki nilai untuk dihasilkan sebagai sesuatu dari proses produksi. Selain itu, limbah juga dapat diartikan sebagai buangan produksi industri maupun domestik (rumah tangga).

Atas dasar itulah melalui artikel ini akan kami informasikan lebih lengkapnya tentang pengertian limbah secara umum dan menurut para ahli. Lengkap pula beserta karakteristik, jenis – jenis limbah, dampak limbah, dan pengelolahan limbah yang baik dan benar.

Pengertian Limbah

pengertian limbah padat dan contohnya

Limbah adalah semua material sisa maupun buangan yang asalnya dari proses teknologi maupun proses alam. Yang mana kehadiran limbah ini pastinya tidak memiliki manfaat yang baik bagi lingkungan juga tidak memiliki nilai ekonomis.

Limbah padat umumnya lebih dikenal sebagai sampah, kehadiran dari limbah jenis ini memang sering sekali tidak dikehendaki. Alasannya adalah karena sampah sama sekali tidak memiliki nilai ekonomis. Lalu jika dilihat lebih jauh lagi secara kimiawi, jenis dari limbah tersebut terdiri dari bahan kimia senyawa organik dan anorganik.

Dengan konsentrasi juga kuantitas tertentu, pastinya kehadiran limbah sampah akan berdampak negatif. Sehingga diperlukan penangan yang cukup serius terhadap limbah. Untuk tingkat bahaya keracunannya sendiri biasanya tergantung dari jenis maupun karakteristik dari limbah itu sendiri.

Pengertian Limbah Menurut Para Ahli

pengertian limbah cair

Deden Abdurahman

Pengertian limbah menurut Deden Abdurahman adalah buangan atau material sisa yang biasanya dihasilkan dari suatu proses produksi. Baik itu dari industri maupun rumah tangga, dimana kehadirannya nanti akan menurunkan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Daniel A.Okun  dan George Ponghis

Lalu jika menurut Daniel sendiri, limbah merupakan sebuah limbah cair rumah tangga atau domestik. Diantaranya yang termasuk limbah cair rumah tangga adalah air kotor dan semua jenis limbah industri yang dibuang secara tidak bertanggung jawab ke sistem saluran limbah cair.

Susilowarno

Pengertian atau definisi limbah jika menurut Susilowarno sendiri adalah sisa – sisa atau hasil sampingan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Limbah dengan jenis ini bisa dibilang sangat berbahaya sekali jika dibiarkan menumpuk begitu saja.

Karmana

Menurut Karmana sendiri, limbah dapat diartikan sebagai sisa atau sampah hasil proses kegiatan manusia, yang kemudian bisa jadi bahan polutan.

Cahyono Budi Utomo

Arti kata limbah jika menurut Cahyono sendiri adalah zat atau benda yang muncul sebagai hasil kegiatan manusia yang tidak digunakan lagi, alias dibuang.

Hieronymus Budi Santoso

Pengertian limbah menurut para ahli yang bernama Hieronymus sendiri adalah bahan yang dibuang dari hasil aktifitas seseorang. Atau, berbagai proses alam yang memang tidak memiliki nilai ekonomi. Bahkan bisa pula diartikan sebagai sesuatu yang bisa merugikan manusia juga lingkungan.

Karakteristik Limbah

• Memiliki ukuran atau bentuk yang sangat kecil, maupun suatu partikel kecil yang masih bisa dilihat dengan mata telanjang.
• Karakteristik limbah lainnya adalah bersifat dinamis. Ya, limbah pastinya akan selalu bergerak sesuai lingkungan di sekitarnya. Contohnya saja, saat limbah masuk ke aliran sungai linbah tersebut secara otomatis akan ikuti aliran sungai.
• Penyebaran limbah memiliki dampak yang luas. Tidak bisa dipungkiri lagi memang, bahwa dampak yang ditimbulkan dari material sisa – sisa ini terhadap lingkungan juga manusia sangat beragam sekali. Saat kontaminasi limbah sudah sangat berat, maka hal tersebut akan sebabkan kerusakan tidak hanya bagi lingkungan juga manusia.
• Memiliki dampak yang cukup panjang jika tidak segera diatasi. Limbah pada dasarnya bisa menimbulkan dampak yang sangat lama, terutama di wilayah yang terkontaminasi cukup parah. Sehingga butuh waktu lama untuk kembalikan kondisi wilayah tersebut.

Jenis – Jenis Limbah

Jenis limbah padat

Pengertian limbah padat ini adalah limbah yang memiliki wujud padat, bersifat kering, dan juga tidak bisa berpindah – pindah. Contoh jenis limpah padat tersebut diantaranya sisa makanan, sampah, plastik, logam, dan potongan kayu.

Limbah cair

Pengertian limbah cair adalah jenis limbah yang wujudnya cair, bisa terlarut di dalam air, juga bisa berpindah sendiri. Contoh dari jenis limbah tersebut diantaranya air bekas pencucian kendaraan, air cucian piring, dan lain – lain.

Limbah gas

pengertian limbah organik

Pengertian limbah gas adalah limbah zat yang memiliki wujud seperti gas. Di dalam jenis limbah tersebut terdapat kandungan racun CO2, HCL, SO2, dan lain – lain, juga bisa berpindah – pindah. Contoh jenis limbah ini diantaranya asap pabrik, asap kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.

Limbah industri

pengertian limbah secara umum

Pengertian limbah industri, yaitu limbah yang asalnya dari sisa – sisa pembuangan atau sisa dari kegiatan industri.

Limbah pertanian

pengertian limbah organik dan anorganik

Pengertian limbah pertanian adalah jenis limbah yang biasanya muncul karena adanya kegiatan pertanian. Contoh dari jenis limbah satu ini diantaranya sabut dan tempurung kelapa, jerami dan dedak padi, dan lain sebagainya.

Limbah domestik

Pengertian limbah domestik adalah jenis limbah yang biasanya dihasilkan dari segala kegiatan rumah tangga. Asal muasal limbah domestik ini pada dasarnya dibagi menjadi 3 jenis, yakni limbah pertanian, limbah domestik, dan limbah industri. Jenis limbah tersebut pada dasarnya menjadi permasalahan yang cukup serius, sebab tidak bisa dikelola dengan baik.

Limbah organik

pengertian limbah industri

Pengertian limbah organik adalah barang yang dianggap sudah tidak bisa digunakan lagi, dan dibuang pemiliknya. Tetapi jenis limbah tersebut masih bisa digunakan kembali jika dikelola dengan prosedur yang benar. Ini merupakan jenis limbah yang bisa diuraikan dan berbaur dengan alam.
Jenis limbah tersebut bahkan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Misalnya saja untuk jenis limbah kotoran hewan dan kotoran manusia.

Limbah anorganik

Pengertian limbah anorganik adalah jenis limbah yang bisa dibilang paling sulit atau bahkan tidak bisa diuraikan. Limbah tersebut biasanya dihasilkan dari bahan non hayati, baik itu yang berupa produk sintetik atau hasil proses teknologi pengelolaan bahan tambang. Contoh dari jenis limbah anorganik ini sendiri diantaranya potongan baja, sampah plastik, dan lain sebagainya.

Dampak Limbah

Dari awal sudah kami ingatkan bahwa, pada dasarnya apapun jenis limbahnya pastilah memiliki dampak yang tidak baik. Misalnya saja terhadap lingkungan, tidak hanya merusak lingkungan limbah juga bisa sebabkan nilai estetika lingkungan jadi buruk. Tidak hanya itu, limbah juga bisa sebabkan kematian terhadap organisme yang ada di lingkungan tersebut.

Selain itu, limbah juga memiliki dampak buruk bagi manusia. Meskipun sebagian besar dari limbah dihasilkan oleh manusia itu sendiri. Pastinya akan ada banyak sekali gangguan kesehatan yang terjadi akibat limbah yang beracun, diantaranya diare, sesak nafas, keracunan, gangguan syaraf, dan lain – lain.

Pengelolahan Limbah

pengertian limbah b3

Cara mengelolah limbah padat

• Dilakukannya penimbunan terbuka, baik itu untuk jenis limbah organik maupun anorganik.
• Sanitary landfill. Ini biasanya menggunakan lubang yang sudah diberi lapisan tanah liat dan plastik. Agar bisa mencegah pembesaran ditanah dan gas metana yang terbentuk bisa digunakan untuk hasilkan listrik.
• Ini merupakan hasil panas yang biasanya digunakan untuk listrik maupun pemanas ruangan.
• Membuat kompos padat.
• Di daur ulang, khususnya untuk limbah padat yang sifatnya anorganik.

Cara mengelolah limbah cair

1. Pengelolahan primer dengan proses penyaringan, pengelolahan di awal, pengendapan, dan juga pengapungan.
2. Melalui pengelolahan sekunder dengan menggunakan mikroorganisme untuk uraikan bahan.
3. Mengolah secara tersier.
4. Melakukan slude treatment.

Cara mengelolah limbah gas

• Mengontrol emisi gas buang.
• Hilangkan materi partikulat.
• Pengelolahan limbah B3.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pengertian limbah secara lebih lengkapnya harus diketahui. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.