Pengertian Manajemen Beserta Informasi Lain Lebih Lengkapnya

Kata manajemen pada dasarnya berasal dari bahasa Perancis, yakni menagement. Yang artinya, seni melaksanakan dan mengatur. Selain itu, pengertian manajemen juga dapat diartikan sebagai sebuah proses dari perencanaan, pengorganisasian, pengontrolan, dan pengkoordinasian sumber daya guna mencapai sasaran yang lebih efisien.

Selain itu, pastinya masih ada banyak lagi definisi dari kata manajemen yang harus Anda ketahui. Mari simak ulasan lebih lengkapnya pada rangkuman berikut ini.

Pengertian Manajemen Secara Umum

pengertian manajemen sumber daya manusia

Secara umum, pengertian dari kata manajemen ini adalah suatu seni dalam ilmu pengetahuan dan pengorganisasian. Misalnya saja menyusun perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian, atau pun pengawasan.

Bahkan bisa juga diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan sistematis. Tujuannya, agar bisa memahami kenapa manusia bisa saling bekerjasama sehingga hasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat lagi. Lalu secara etimologis, manajemen didefinisikan sebagai seni untuk melaksanakan dan mengatur.

Manajemen pada dasarnya juga dilihat sebagai ilmu yang di dalamnya mengajarkan mengenai proses untuk mendapatkan tujuan dari organisasi. Juga dijadikan sebagai usaha bersama dengan banyak orang dalam organisasi. Sehingga tidak heran jika akhirnya ada banyak orang yang merumuskan dan melaksanakan tindakan manajemen tersebut.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

pengertian manajemen pemasaran

Dr. Ahuja

Pengertian manajemen menurut Dr. Ahuja adalah pihak – pihak yang di dalamnya menawarkan jasa, terutama untuk bidang yang ada kaitannya dengan manajemen.

Renville Siagian

Sementara itu menurut Renville sendiri, kata manajemen dapat diartikan sebagai bidang usaha yang di dalamnya bergerak di bidang jasa pelayanan. Kemudian dikelola tenaga ahli di bidangnya yang sudah terlatih juga berpengalaman.

Dr. Bennett N. B. Silalahi, M. A

Lain halnya menurut Dr. Bennett, pengertian manajemen berartikan sebagai ilmu perilaku yang terdiri atas beberapa aspek sosial eksak. Bukannya dari tanggung jawab keselamatan dan kesehatan kerja baik dair segi perencanaannya.

James A. F. Stoner

Sementara itu jika menurut James, pengertian dari kata manajemen ini adalah suatu proses perencanaan, leadership, pengorganisasian, dan juga pengendalian upaya. Selain itu, sumber daya yang tersedia di organisasi ini bertujuan untuk mencapai suatu tujuan yang ditetapkan oleh organisasi sebelumnya.

Mary Parker Follet

Pengertian manajemen yang terakhir menurut Mary Parker Follet adalah seni untuk selesaikan pekerjaan lewat orang lain. Ini artinya, seorang manajer sebuah perusahaan memiliki tugas untuk mengatur dan mengarahkan orang lain agar tercapainya suatu tujuan.

Fungsi Manajemen Dalam Bisnis

pengertian manajemen strategi

Perencanaan

Ini adalah memikirkan tentang apa yang nantinya akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki sebelumnya. Perencanaan dalam sebuah manajemn perusahaan dilakukan untuk tentukan tujuan secara keseluruhan.

Seorang manajer nanti akan melakukan evaluasi berbagai rencana alternatif sebelum akhirnya mengambil tindakan. Lalu melihat apa rencana yang dipilihnya benar – benar cocok dan bisa digunakan.

Pengorganisasian

Tujuan dari pengorganisasian adalah untuk membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan yang lebih kecil. Pengorganiasian nanti bisa memudahkan manajer untuk melakukan pengawasan juga menentukan seseorang yang dibutuhkan guna melaksanakan beberapa tugas yang dibagi tersebut.

Pengarahan

Ini adalah tindakan untuk mengusahakan supaya semua tim atau anggota berusaha keras untuk mencapai tujuan sesuai perencanaan manajerial dan usaha.

Unsur – Unsur Manajemen

pengertian manajemen keuangan

Pada dasarnya masing – masing perusahaan, baik itu perusahaan kecil atau berskala besar pasti punya unsur untuk membentuk sistem manajerial yang baik. Apabila salah satu diantaranya tidak sempurna, atau bahkan tidak ada, nanti akan berimbas dengan berkurangnya agar bisa mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Unsur – unsur manajemen sebuah perusahaan diantaranya sebagai berikut.

Manusia

Manusia dalam manajemen sebuah perusahaan memiiki fungsi penting, dan bahkan paling menentukan. Manusia membuat tujuan dan manusia juga yang akan melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut. Tanpa manusia, bisa dipastikan tidak akan pernah ada proses kerja, karena manusia adalah makhluk kerja.

Uang

Selain manusia, uang ternyata juga menjadi usur penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Uang menjadi alat tukar dan alat ukur nilai. Besar dan kecilnya hasil kegiatan pastinya bisa diukur dari jumlah uang yang beredar di perusahaan.

Oleh sebab itu, sampai kapan pun uang akan tetap menjadi alat penting untuk mencapai tujuan. Sebab segala sesuatunya harus diperhitungkan dengan baik dan secara rasional. Yang demikian ini tentu saja ada kaitannya dengan berapa uang yang harus disediakan untuk biaya gaji tenaga kerja, dan lain – lain.

Bahan

Di dunia usaha atau bisnis, untuk mencapai hasil lebih baik bahan maupun materi juga menjadi salah satu sarana penting. Karena materi dan manusia tidak akan pernah terpisahkan. Tanpa materi maka semuanya keinginan dan tujuan mustahil terwujud.

Mesin

Penggunaan mesin ini nanti akan membawa kemudahan juga keuntungan yang lebih besar lagi. Bahkan bisa menciptakan efisiensi kerja di sebuah perusahaan.

Metode

Sebuah metode bisa dinyatakan sebagai salah satu penetapan cara pelaksanaan kerja. Misalnya saja dengan cara memberikan pertimbangan dari sasaran, fasilitas yang tersedia, penggunaan waktu, uang, dan kegiatan usaha. Penting untuk diingat, bahwa meskipun metodenya baik tapi orang di dalamnya tidak paham dan tidak memiliki pengalaman, maka hasilnya pasti tidak akan memuaskan.

Pasar

Melakukan pemasaran sebuah produk pastinya memiliki peranan penting sekali. Karena jika barang yang diproduksi tersebut tidak laku terjual, maka proses dari produksi akan terhenti. Itu berarti, proses kerja pun tidak akan berlangsung dengan baik.

Oleh karenanya, penguasaan pasar menjadi faktor penting yang paling menentukan dalam sebuah perusahaan. Agar pasar bisa dikuasai dengan baik, maka kualitas juga harga barang tersebut harus disesuaikan dengan selera konsumen.

Contoh dan Jenis – Jenis Manajemen

pengertian manajemen strategik

Manajemen Strategi

Pengertian manajemen strategi adalah seni dan ilmu penyusunan, pengevaluasian keputusan, penerapan, manajemen strategis yang berfokus pada proses penetapan tujuan organisasi, perencanaan untuk mencapai sasaran, dan mengalokasikan sumber daya untuk terapkan kebijakan.

Setidaknya ada 3 tahap dalam manajemen strategi yang harus Anda ketahui, diantaranya perumusan strategi, evaluasi strategi, dan pelaksanaan strategi.

Manajemen Keuangan

Lalu untuk pengertian manajemen keuangan ini sendiri adalah kegiatan penganggaran, perencanaan, pemeriksaan, pengendalian, pengelolaan, pencarian, juga penyimpanan dana – dana yang dimiliki perusahaan. Dalam manajemen keuangan ini ada 3 aktifitas penting yang harus diketahui, diantaranya :

• Aktifitas penggunaan dana
• Aktifitas pendapatan dana
• Aktifitas pengelolaan aktiva

Manajemen Pemasaran

Pengertian manajemen pemasaran adalah proses dari penetapan tujuan pemsaran suatu perusahaan atau organisasi. Juga termasuk perencanaan, pelaksanaan aktifitas untuk memenuhi tujuan tersebut, dan mengukur kemajuan ke arah pencapaian yang lebih baik lagi.
Manajemen sumber daya manusia

Pengertian manajemen sumber daya manusia adalah ilmu atau cara mengatur hubungan serta peran sumber daya yang dimiliki individu secara efisien. Bahkan bisa digunakan pula secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama.

Manajemen Produksi

Pengertian manajemen produksi adalah salah satu bagian bidang manajemen yang memiliki fungsi, atau peranan dalam mengoordinasikan berbagai macam kegiatan untuk mencapai tujuan.

Dalam manajemen produksi tersebut dibuat beberapa keputusan yang ada kaitannya dengan usaha untuk mencapai tujuan. Agar barang maupun jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pengertian manajemen beserta informasi lain lebih lengkapnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.