Pengertian Negara: Unsur-Unsur, Tujuan, Fungsi, Sifat dan Bentuk Negara

Suatu kawasan atau wilayah bisa disebut sebagai suatu negara jika memiliki tujuan dan terdapat berbagai macam unsur didalamnya. Negara memiliki suatu pengertian tersendiri. Pengertian negara berasal dari satu kata yaitu negara. Negara dalam bahasa Inggris disebut sebagai “State”.

State artinya suatu kondisi atau keadaan dengan sifat tegak dan tetap. Sementara di Indonesia, kata negara berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Nagari atau Nagara yang memiliki arti wilayah atau penguasa.

Pengertian Negara

pengertian negara secara umum

Pengertian negara secara umum diartikan sebagai suatu lembaga atau organisasi paling tinggi dari suatu kelompok masyarakat yang terdiri atas sekumpulan orang di wilayah tertentu, memiliki cita – cita untuk bisa hidup bersama dan memiliki suatu sistem pemerintahan yang saling berdaulat.

Didalam suatu negara terdapat kelompok masyarakat yang disebut sebagai warga negara. Jadi, pengertian warga negara adalah sekelompok masyarakat yang mendiami suatu negara. Mereka yang merupakan warga negara wajib melakukan aksi bela negara.

Pengertian bela negara sendiri adalah suatu kegiatan, aktivitas atau tindakan untuk membela negara dan memberikan yang terbaik kepada negara.

Pengertian Negara Menurut Para Ahli

pengertian negara indonesia

Setelah kita membahas tentang pengertian negara secara umum, kini kita akan membahas tentang pengertian negara lengkap menurut para ahli. Para ahli memiliki pengertian masing – masing tentang arti sebuah negara.

Pengertian negara menurut para ahli sebagai berikut :

Prof. Mr. L. J. Van Apeldoorn

Pengertian negara menurut Van Apeldoorn adalah tentang suatu daerah yang didalamnya sudah didiami oleh suatu bangsa berada di bawah sebuah kekuasaan tertinggi.

Aristoteles

Pengertian negara menurut Aristoteles adalah suatu persekutuan dari keluarga dan desa demi tujuan mencapai hajat hidup yang sebaik mungkin.

Max Weber

Pengertian negara menurut Max Weber berarti suatu masyarakat yang memiliki sebuah monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik yang telah berlaku didalam suatu wilayah tertentu yang saling terkait.

Karl Marx

Pengertian negara menurut Karl Marx adalah suatu alat kelas yang berkuasa dalam menindas atau mengeksploitasi kelas yang lainnya.

Prof. Mr. Soenarko

Negara menurut Prof. Mr. Soenarko adalah suatu organisasi masyarakat yang memiliki wilayah tertentu dimana kekuasaan negara tersebut akan berlaku secara penuh sebagai suatu kedaulatan.

Unsur – Unsur Negara

pengertian negara dan unsur-unsur negara

Rakyat

Unsur – unsur negara yang pertama adalah rakyat. Pengertian rakyat adalah semua orang yang ada di suatu wilayah negara dan taat pada peraturan negara yang bersangkutan. Rakyatlah yang mendirikan negara dan kemudian tinggal didalamnya.

Bisa dibilang bahwa rakyat adalah suatu komponen penting. Tanpa ada rakyat maka tidak akan ada yang namanya negara.

Wilayah

Sebuah negara tentu saja harus memiliki wilayah atau suatu daerah kekuasaan. Wilayah negara juga merupakan suatu tempat tinggal rakyat dan penyelenggara pemerintahan. Sebuah negara tidak mungkin dapat berdiri jika tidak memiliki suatu wilayah.

Bisa dibilang bahwa suatu wilayah negara meliputi berbagai macam aspek. Beberapa aspek dalam kaitannya dengan wilayah meliputi daratan, lautan dan juga udara.

Pemerintah yang berdaulat

Unsur – unsur berdirinya suatu negara adalah adanya pemerintahan yang sah dan berdaulat. Yang dimaksud hal tersebut adalah suatu pemerintah yang memiliki titik kekuasaan tertinggi.

Kekuasaan yang paling tinggi tersebut kemudian dimanfaatkan untuk mempertahankan, mengamankan dan juga mengatur serta melancarkan tata cara penyelenggaraan pemerintahan secara penuh.

Pengakuan dari negara lainnya

Unsur negara yang terakhir adalah adanya pengakuan dari negara yang lain. Hal seperti ini sangat diperlukan dalam tata hubungan internasional. Akan tetapi hal ini juga termasuk suatu unsur deklaratif.

Itu artinya tanpa adanya pengakuan asalkan sudah terpenuhi tiga unsur lain yaitu rakyat, wilayah dan pemerintah maka suatu negara sah bisa dikatakan sebagai suatu negara.

Fungsi Negara

pengertian negara menurut van apeldoorn

Fungsi ketertiban dan keamanan

Negara memiliki suatu fungsi sebagai pihak yang mengatur dan melaksanakan suatu ketertiban dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan begitu maka kegiatan warga negara dapat berlangsung dengan sangat baik.

Fungsi kesejahteraan dan kemakmuran

Penyelenggara negara dalam hal ini yaitu pemerintah harus mengupayakan kesejahteraan dan kemakmuran warga negara. Secara khusus juga berada di lingkungan ekonomi dan sosial.

Fungsi pertahanan

Negara juga memiliki fungsi untuk mempertahankan dan juga menjamin suatu kelangsungan hidup bangsa dari berbagai ancaman, entah itu serangan dari dalam (kudeta) atau serangan dari luar (invasi).

Fungsi penegakan keadilan

Negara harus dapat menjamin keadilan sosial bagi seluruh warganya yang akan mencakup keseluruhan aspek kehidupan. Juga mencakup aspek ideology, ekonomi, sosial budaya, politik, keamanan dan pertahanan.

Fungsi keadilan yang satu ini dilakukan dengan tata cara penegakan hukum melalui suatu badan peradilan di suatu negara.

Tujuan Negara

pengertian negara dan pemerintah

Untuk negara Indonesia sendiri, tujuan dari pembentukan negara tercantum di pembukaan Undang – Undang Dasar Tahun 1945 alenia ke-4 yang berbunyi :

• Untuk memberikan perlindungan pada segenap bangsa Indonesia
• Memajukan kesejahteraan masyarakat umum
• Berusaha mencerdaskan kehidupan bangsa
• Turut berpartisipasi melaksanakan ketertiban dunia

Bentuk Negara

pengertian negara lengkap

Negara kesatuan

Negara kesatuan adalah suatu bentuk negara dimana kekuasaan yang tertinggi dipegang oleh pemerintah pusat. Bentuk negara kesatuan sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu :

• Sistem sentralisasi yang merupakan suatu sistem pemerintahan dimana segala masalah dalam negara diatur oleh pemerintah pusat sementara pemerintah daerah hanya bertindak sebagai pelaksana tanpa memiliki suatu kewenangan.
• Sistem desentralisasi yaitu suatu sistem pemerintahan dimana pemerintah daerah mendapat kewenangan untuk mengatur kebutuhan dan berbagai peraturan tertentu yang disebut dengan hak otonomi daerah.

Beberapa negara yang menganut negara kesatuan diantaranya :

• Jepang
• Indonesia
• Filiphina
• Italia
• Belanda
• Kamboja

Negara serikat

Negara serikat merupakan suatu bentuk negara dimana didalamnya terdapat beberapa negara bagian. Bentuk negara serikat terbagi ke dalam dua bagian yaitu :

• Pemerintahan federal : pemerintahan yang satu ini dapat mengatur berbagai macam kepentingan bersama dimana masing – masing anggota negara bagian semisal komunikasi, mata uang, pertahanan dan hubungan internasional.
• Pemerintahan negara bagian : merupakan pemerintahan dimana wilayah administrasi tingkat pertama dari suatu negara federal.

Beberapa negara yang menganut sistem negara serikat diantaranya :

• Argentina
• Austria
• Amerika Serikat
• Meksiko
• Nigeria

Sifat Negara

Sifat memaksa negara

Yang dimaksud dengan sifat memaksa negara adalah agar suatu peraturan perundang – undangan ditaati. Caranya yaitu dengan memaksa maka penertiban dalam masyarakat akan tercapai dan akan timbul suatu anarki dicegah.

Hal yang juga termasuk didalamnya adalah kekuasaan untuk memakai kekerasan fisik secara legal. Perangkat – perangkat yang dipakai diantaranya polisi, tentara dan juga suatu badan peradilan.

Sifat monopoli negara

Semua hal yang berkaitan dengan kehidupan orang banyak dimonopoli oleh negara. Contohnya adalah negara bisa melarang aliran kepercayaan atau kelompok politik tertentu yang dianggap bertentangan dengan paham suatu negara.

Sifat mencakup semua atau menyeluruh (all encompassing all embracing)
Negara memiliki sifat menyeluruh yang artinya mencakup semua hal. Semua peraturan perundang – undangan tersebut semisal kewajiban membayar pajak yang berlaku untuk semua orang tanpa terkecuali.

Itulah informasi selengkapnya untuk Anda tentang pengertian negara dan unsur – unsurnya. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan semakin menambah pengetahuan Anda.

.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.