Pengertian Norma

Pengertian norma adalah pedoman, kaidah, acuan, maupun ketentuan, baik itu dalam berperilaku maupun berinteraksi antar manusia. Pada dasarnya kata “norma” ini asalnya dari bahasa Belanda yakni “norm” yang berarti “patokan, pedoman, atau pun pokok kaidah”. Tetapi beberapa orang ada yang mengatakan bahwa “norma” berasal dari bahasa Latin, yakni Mos yang artinya kebiasaan, adat istiadat, dan tata kelakuan.

Pengertian norma secara umum merupakan aturan dalam berperilaku di kehidupan bermasyarakat. Dengan kata lain, norma memiliki sifat yang memaksa dan memiliki kekuatan yang cukup besar. Biasanya norma diberlakukan di suatu lingkungan tertentu, seperti di negara tertentu atau etnis.

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

pengertian norma kesusilaan

Isworo Hadi Wiyono. Pengertian norma di sini adalah peraturan yang nanti akan memberikan ancar – ancar perbuatan mana saja yang boleh dijalankan. Juga perbuatan mana saja yang seharusnya dihindari guna mewujudkan ketertiban serta keteraturan di masyarakat.

Ultrecht. Arti kata norma di sini adalah semua petunjuk hidup yang di dalamnya mengatur mengenai tata tertib di masyarakat. Peraturan tersebut tentu saja wajib ditaati oleh setiap masyarakat. Apabila ada pelanggaran maka akan diberi tindakan atau sanksi dari pemerintah.

John J. Macionis. Norma adalah aturan serta harapan masyarakat yang memandu perilaku anggotanya.

Robert Mz. Lawang. Kata norma di sini berarti sebuah gambaran tentang apa saja yang diinginkan. Sehingga beberapa anggapan yang baik dan perlu dihargai sebagaimana mestinya.

Soerjono Soekano. Lalu menurut Seorjono sendiri norma adalah suatu perangkat aturan yang dibuat agar hubungan antar manusia di masyarakat dapat terjalin dengan baik.

Antony Giddens. Norma adalah suatu prinsip yang konkret, yang mana sudah semestinya diperhatikan masyarakat.

Craig Calhoun. Pengertian kata norma menurut Craig sendiri adalah pedoman yang di dalamnya menyatakan tentang bagaimana seseorang agar bertindak di situasi – situasi tertentu.

Broom dan Selznic. Norma menurut kedua ahli tersebut adalah rancangan paling ideal tentang perilaku manusia. Tujuannya, untuk memberikan batasan bagi setiap anggota agar bisa mendapatkan tujuan hidupnya yang lebih baik lagi.

Macam – Macam Norma dan Contohnya

Norma Agama

pengertian norma agama

Pengertian norma agama adalah pedoman hidup manusia yang bersumber dari Tuhan YME. Norma dengan jenis ini bersifat dogmatis. Ini artinya tidak boleh dikurangi maupun dilebih – lebihkan atau ditambah.

Pemeluk agama tertentu telah meyakini bahwasannya norma agama akan mengatur mengenai peribadatan dengan sebaik mungkin. Juga dalam hubungan antar manusia dengan sesamanya serta dengan penciptanya. Selain itu, dalam norma agama juga ada sanksi yakni berupa hukuman di akhirat.

Berikut adalah beberapa contoh norma agama yang harus diketahui, yakni jangan mencuri, jangan membunuh, jangan berzina, dan jangan berbuat kejahatan.

Norma Kesusilaan

pengertian norma hukum

Pengertian norma kesusilaan adalah aturan yang dianggap sebagai suara sanubari manusia. Norma dengan jenis ini biasanya ada kaitannya dengan baik atau buruknya suatu perbuatan. Norma kesusilaan asalnya dari moral dan hati nurani seseorang.

Dalam norma ini sendiri biasanya pemberian sanksi sifatnya kurang tugas. Bentuk sanksi norma ini lebih banyak pada rasa malu, penyesalan, atau pun pelanggaran. Dan berikut adalah contoh norma kesusilaan yang harus Anda tahu, yakni jujur terhadap orang lain, tidak mencuri hal orang lain, dan berlaku adil pada semua orang.

Norma Kesopanan

Pengertian norma kesopanan adalah peraturan yang biasanya muncul dari hubungan antar manusia dalam kelompok bermasyarakat. Jenis normal ini dianggap penting, misalnya saja dalam pergaulan di masyarakat. Norma kesopanan pada dasarnya bersumber dari masyarakat itu sendiri yang memiliki sifat relatif dan berbeda – beda di lingkungan juga waktu.

Bentuk sanksi norma kesopanan paling umum adalah celaan atau ejekan dari orang lain. Contoh norma kesopanan sendiri diantaranya memberikan salam, membuat sampah di tempatnya, bertutur kata yang baik, dan menghargai orang lebih tua.

Norma Hukum

Pengertian norma hukum adalah peraturan yang dibuat lembaga tertentu yang di dalamnya memiliki wewenan untuk mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa, juga bernegara. Fungsi dari jenis norma hukum ini diantaranya untuk mengatur berbagai hal yang tidak ada pada norma jenis lain. Bahkan dijadikan pula sebagai pelengkap norma lain dengan sanksi yang nyata serta tegas.

Sanksi yang diberikan kepada mereka yang melanggar norma hukum sifatnya memaksa, tegas, dan mengikat. Contohnya, hukuman penjara, denda, atau bahkan hukuman mati. Berikut adalah contoh norma hukum yang harus Anda tahu, diantaranya kewajiban bayar pajak, dilarang merampok, mencuri, dan korupsi, dilarang melakukan pembunuhan, dan lain – lain.

Norma Sosial

pengertian norma kesopanan

Pengertian norma sosial adalah aturan sosial yang biasanya terbentuk secara sadar atau pun tidak sadar. Dimana ada petunjuk perilaku secara terus – terusan hingga akhirnya jadi kebiasaan. Sanksi yang diberikan kepada para pelanggar jenis normal satu ini adalah berupa kritikan atau cemoohan.

Dan berikut ini contoh norma kebiasaan yang harus Anda tahu, diantaranya mandi teratur di setiap hari, menggosok gigi agar nafas terasa segar, membaca doa sebelum makan atau tidur, memberikan tip kepada pelayan, dan lain – lain.

Baca Juga : Pengertian Negara

Fungsi Norma Dalam Masyarakat

pengertian norma adalah

Pada dasarnya norma dalam masyarakat ini diartikan sebagai pedoman atau acuan bagi anggota masyarakat dalam berperilaku di masyarakat. Namun untuk ulasan yang lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa fungsi normal dalam masyarakat yang harus Anda ketahui.

• Dijadikan sebagai pedoman atau aturan di kehidupan bermasyarakat
• Agar tercipta keteraturan dan kestabilitasan di masyarakat
• Dijadikan sebagai dasar untuk memberikan sanksi kepada anggota masyarakat yang melanggar aturan yang telah ditentukan
• Ciptakan keterlibatan dan keadilan di masyarakat
• Membantu masyarakat untuk mewujudkan tujuan bersama

Tujuan Norma

pengertian norma secara umum

Norma pada dasarnya juga memiliki tujuan yang sangat baik sekali bagi masing – masing anggotanya. Tujuan norma adalah menjadi arahan, pedoman, dasar, maupun tata terbit bagi anggota masyarakat. Sehingga terciptalah masyarakat yang teratur dan tenteram, tidak hanya itu norma juga digunakan untuk mengatur tingkah laku masyarakat dan membedakan mana saja yang benar dan mana yang salah.

Dengan mentaati norma – norma yang ada, maka akan tercipta tatanan kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa, juga bernegara yang aman, tertib, rukun, dan damai. Tidak hanya itu, taat terhadap norma juga dapat menciptakan kehidupan yang adil.

Manfaat Norma

pengertian norma sosial

Dengan adanya norma, maka kegiatan dalam bermasyarakat akan jadi lebih lancar dan tertib. Sehingga kehidupan akan berjalan dengan harmonis. Berikut ini ada beberapa manfaat norma di kehidupan bermasyarakat yang harus Anda ketahui, diantaranya.

• Untuk melindungi kepentingan atau hal milik orang lain
• Mewujudkan ketertiban dan kedamaian di kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
• Sebagai pengontrol sikap, ucapan, serta perilaku lewat teguran hati
• Menjaga perilaku masyarakat agar tidak menyimpang
• Meningkatkan kerukunan antar masyarakat
• Mencegah munculnya perselisihan di masyarakat
• Menjadikan manusia yang beriman dan bertaqwa

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pengertian norma menurut ahli, macam – macam, fungsi, tujuan, dan manfaat norma. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.