Pengertian Pancasila dengan Fungsi dan Tujuannya Bagi Indonesia

Pengertian pancasila secara umum adalah suatu ideologi dan dasar – dasar dari negara Indonesia. Yang mana pada akhirnya pancasila ini kemudian dijadikan sebagai landasan dari segala keputusan bangsa. Juga mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia yang lebih baik lagi.

Dengan kata lain, pengertian pancasila sebagai dasar negara adalah dasar dasar dalam mengatur pemerintahan negara Indonesia. Misalnya saja dengan mengutamakan semua komponen di seluruh wilayah Indonesia.

Pada dasarnya pancasila dicetuskan para pendiri bangsa Indonesia. Dengan tujuan, agar masyarakat Indonesia memiliki pondasi kuat dalam menjalakan pemerintahan. Itu berarti, dengan adanya pancasila maka bangsa Indonesia akan memiliki dasar – dasar atau pondasi dalam bernegara sehingga tidak mudah lagi dipengaruhi maupun dijajah negara lain.

Pengertian Pancasila Secara Etimologi

pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka

Pancasila Sebagai Dasar Negara

Jika dilihat secara etimologi sendiri, kata “pancasila” ini sebenarnya berasal dari bahasa Sansekerta India, yakni panca yang berarti lima. Dan untuk kata “sila” sendiri memiliki arti sebagai dasar. Sehingga arti kata pancasila lebih lengkapnya secara harfiah adalah lima dasar.

Penting sekali untuk diketahui bahwa, dasar dari negara Indonesia ini pada dasarnya dilambangkan dengan garuda. Yang mana ada gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas. Gambar dalam pancasila tersebut mencerminkan arti dari 5 sila pancasila, sehingga disebutlah dengan garuda pancasila.

Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi

Selain itu, juga ada pengertian pancasila sebagai ideologi negara, yakni nilai – nilai yang terkandung dalam pancasila menjadi cita normatif dalam penyelenggaraan negara. Secara lebih luasnya, pengertian dari kata pancasila sebagai ideologi negara ini juga memiliki visi atau bahkan arah dari penyelenggaraan kehidupan bangsa dan negara di Indonesia.

Sehingga yang demikian tersebut mampu mewujudkan kehidupan yang lebih baik lagi. Misalnya saja mampu menjunjung tinggi ketuhanan, nilai kemanusiaan, menjunjung tinggi nilai keadilan, kesadaran akan kesatuan, dan berkerakyatan.

Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Kemudian yang dimaksudkan dengan pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka ini sendiri adalah pancasila yang ideologinya bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. Tetapi tanpa harus merubah nilai – nilai dasar yang terkandung di dalam pancasila.

Pengertian Pancasila Secara Umum

pengertian pancasila secara umum

Secara umum, pancasila nanti bisa dikembangkan sesuai dinamika kehidupan berbangsa dan juga adanya tuntutan perkembangan jaman secara lebih kreatif lagi. Misalnya saja dengan memperhatikan tingkat kebutuhan dan perkembangan di masyarakat itu sendiri.

Pada dasarnya negara Indonesia menganut ideologi terbuka, oleh sebab itu di negara ini diterapkannya sistem pemerintahan demokrasi. Dimana di dalamnya telah dibebaskan bagi setiap masyarakat untuk berpendapat, juga melaksanakan sesuatu sesuai keinginan.

Makanya, ideologi pancasila di Indonesia dijadikan sebagai ideologi terbuka, dan hal tersebut merupakan pilihan paling tepat digunakan Indonesia.

Pengertian Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Lalu, pengertian pancasila sebagai pandangan hidup bangsa ini sendiri berarti bahwa pancasila dijadikan sebagai petunjuk maupun pedoman. Contohnya, untuk mengatur kehidupan bernegara dan berbangsa Indonesia agar jadi lebih baik lagi. Bahkan juga difungsikan sebagai pegangan hidup, norma, serta pedoman di semua aspek kehidupan.

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

pengertian pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

Menurut para ahli, beberapa pemahaman tentang pancasila antara lain

• Soekarno, Pancasila adalah isi dari jiwa berbangsa Indonesia yang secara turun – temurun, bahkan hingga berabad – abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat. Sehingga pancasila tidak hanya sebagai falsafah negara saja, namun lebih luas lagi, yakni falsafah bagi bangsa Indonesia.

• Pancasila adalah dasar dari falsafah serta ideologi negara yang diharap – harapkan agar menjadi pandangan hidup bagi bangsa Indonesia. Misalnya saja, jadi dasar pemersatu, sebagai lambang persatuan dan kesatuan, juga jadi pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

• Muhammad Yamin. Pancasila asal muasalnya dari kata “panca” yang berarti lima, dan “sila” yang memiliki arti sebagai sendi, dasar, atas, atau bahkan peraturan tingkah laku yang penting juga baik. Sehingga dapat diartikan bahwa pancasila ini merupakan lima dasar yang di dalamnya berisi mengenai pedoman tingkah laku yang penting dan baik.

Fungsi Pancasila

pengertian pancasila sebagai ideologi negara

Penting untuk diketahui bahwa, dalam kedudukannya sebagai dasar – dasar negara, ternyata pancasila ini juga memiliki beberapa fungsi yang harus Anda tahu. Mengacu pada makna dari pancasila yang sudah kami bahas di atas, di bawah ini adalah beberapa fungsi pancasila yang penting Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut.

Sebagai Jiwa Bangsa

Pancasila menjadi jiwa bangsa Indonesia. Ini berarti semua negara punya jiwa. Nah, di Indonesia sendiri pancasila menjadi jiwa bangsa sehingga masyarakat Indonesia terapkan nilai – nilai pancasila di kehidupannya.

Sebagai Pribadi Bangsa

Pancasila menjadi kepribadian bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia pada dasarnya punya keunikan tersendiri dibandingkan bangsa lainnya. Yakni, memiliki kepribadian yang berbeda dan hal tersebut bahkan dijadikan sebagai pembeda dengan negara lain. Keunikan yang dimiliki ini diwujudkan dalam perilaku juga sikap mental masyarakat yang berlandaskan kepada pancasila.

Sebagai Sumber Hukum

Pancasila menjadi sumber dari segala sumber hukum. Hukum yang diberlakukan di Indonesia pada dasarnya bersumber dari pancasila. Ini berarti, semua hukum yang diberlakukan tidak bertentangan dengan pancasila yang jadi dasar dari negara Indonesia.

Sebagai Pedoman Hidup

Pancasila menjadi pandangan hidup berbangsa Indonesia. Fungsi dari pancasila ini adalah menjadi pandangan hidup berbangsa Indonesia. Juga menjadi petunjuk berperilaku di kehidupan sehari – hari. Segala bentuk cita moral bangsa dan budaya di Indonesia haruslah bersumber dari pancasila.

Sebagai Visi Bangsa

Pancasila menjadi cita – cita dan tujuan bangsa Indonesia. Cita – cita bangsa Indonesia ini adalah untuk menciptakan masyarakat adil juga makmur. Hal tersebut sudah dicantumkan pula dalam pembukaan Undang – Undang 1945.

Sebagai Falsafah

Pancasila menjadi falsafah hidup berbangsa. Dalam pancasila pada dasarnya juga terkandung nilai – nilai kepribadian. Yang mana hal tersebut dipercayai paling benar, adil, bijak, dan mempersatukan masyarakat. Hal inilah yang pada akhirnya membuat pancasila menjadi falsafah hidup berbangsa Indonesia.

Sebagai Dasar Negara

Pancasila menjadi dasar negara Indonesia. Pancasila merupakan dasar dalam penyelenggaraan negara dan kehidupan dalam bernegara. Dengan demikian, dalam pengaturan pemerintahan negara juga kehidupan di masyarakat haruslah selalu dilandaskan pada pancasila.

Sebagai Perjanjian Luhur

Pancasila menjadi perjanjian luhur bangsa Indonesia. Oleh karena itu Pancasila adalah hasil dari perjuangan juga perjanjian bersama masyarakat dengan pendiri bangsa Indonesia. Sehingga semua elemen masyarakat harus membela, juga mendukung, dan memperjuangkan nilai luhur yang ada di dalam pancasila.

Tujuan Pancasila

pengertian pancasila sebagai dasar negara

Seperti yang sudah kami bahas di atas, bahwa pada dasarnya dalam pembukaan Undang Undang 1945 telah disebutkan tujuan dari pancasila ini. Yakni, sebagai dasar negara Indonesia. Ini artinya, pancasila merupakan landasan dalam mengatur jalannya pemerintahan Indonesia.

Selain itu, pancasila juga dijadikan sebagai pandangan hidup maupun falsafah hidup berbangsa. Pancasila bahkan menjadi tujuan hidup berbangsa Indonesia. Seperti yang disebutkan dalam ketetapan MPR No. 11/MPR/1978.

Dan di bawah ini adalah beberapa tujuan pancasila yang harus Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut.

• Menjadi bangsa Indonesia yang adil secara sosial ekonomi
• Menghendaki bangsa yang religius yang taat kepada Tuhan YME
• Menjadi bangsa yang bisa menghargai HAM atau Hak Asasi Manusia
• Menghendaki bangsa yang demokratis
• Menghendaki menjadi bangsa nasionalis yang cinta tahan air Indonesia

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pengertian pancasila lengkap dengan fungsi dan tujuannya bagi Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.