Pengertian Sejarah Lengkap, Ruang Lingkup dan Sumbernya

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang pengertian sejarah lengkap termasuk juga pengertiannya menurut para ahli. Namun sebelum membahas tentang hal tersebut, kita akan membahas tentang ilmu sejarah terlebih dahulu.

Karena tentu pada hakikatnya pengertian sejarah dan seluruh aspeknya dipelajari didalam suatu bidang pengetahuan ilmu sejarah.

Pengertian ilmu sejarah sendiri adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki keseluruhan tentang perkembangan masyarakat dan kemanusiaan di masa lampau sebagai pelajaran sejarah di masa depan. Mengenai sejarah, sejarah memiliki ruang lingkup tertentu. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda!

Pengertian Sejarah Secara Umum

pengertian sejarah sebagai peristiwa

Sebelum kita membahas sejarah secara umum kita akan membahas dulu pengertian sejarah secara etimologi. Secara etimologi, sejarah berasal dari kata Arab yaitu sajaratu. Artinya adalah pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut juga dengan tarikh yang artinya penanggalan atau waktu.

Kata sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yang berasal dari kata historia (Yunani) yang artinya adalah ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris berubah menjadi history yang artinya masa lalu manusia.

Jadi secara umum, sejarah adalah suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau dan memiliki makna yang sangat luas. Juga meliputi berbagai macam unsur dan ciri – ciri tertentu dibaliknya.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

pengertian sejarah secara etimologi

Sejarah meliputi berbagai macam aspek. Tidak hanya tentang sejarah umum atau sejarah nasional saja, Islam juga menciptakan sejarah tersendiri di bumi. Sejarah Islam dikenal dengan adanya peradaban baru yang memihak kepada asas – asas keislaman.

Jika Anda ingin mengenal sejarah peradaban Islam, Anda harus mengenal pengertiannya dulu. Pengertian sejarah peradaban Islam yaitu suatu peristiwa sejarah yang berkaitan dengan proses masuknya Islam sampai dengan cara penyebaran Islam dan bagaimana masyarakat menerima Islam ketika pertama kali agama tersebut dibawa.

Meninggalkan pembahasan tentang arti dari sejarah peradaban Islam, sekarang kita akan mengenal tentang sejarah menurut para ahli.

Para ahli memiliki pendapat yang saling berkaitan mengenai sejarah, berikut pendapat para ahli mengenai sejarah meliputi :

Herodotus

Pengertian sejarah menurut Herodotus yang dijuluki sebagai The Father of History bahwa sejarah merupakan suatu kajian dalam menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, peradaban dan masyarakat.

Ibnu Khaldun

Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun bahwa sejarah adalah suatu catatan tentang masyarakat umum, manusia, peradaban manusia dan berbagai aspek lain yang terjadi dan berpengaruh pada watak atau sifat masyarakat tersebut.

Aristoteles

Menurut Aristoteles sejarah diartikan sebagai suatu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal dan tersusun ke dalam bentuk kronologi. Sejarah merupakan suatu peristiwa di masa lalu yang memiliki berbagai catatan, record atau berbagai bukti secara konkrit.

Muhammad Yamin

Muhammad Yamin memberikan pengertian tentang sejarah. Menurutnya yang dimaksud sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang tersusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang bisa dibuktikan dengan bahan kenyataan.

Mohammad Hatta

Menurut Mohammad Hatta, sejarah bukan hanya sekedar akan melahirkan kriteria dan kejadian di masa lalu. Melainkan sejarah berarti suatu pemahaman masa lalu yang mengandung berbagai konsep dinamika yang mungkin akan berisi tentang begitu banyak problematika pelajaran bagi manusia berikutnya.

Moh. Ali

Menurut Moh. Ali, sejarah merupakan keseluruhan perubahan dan kejadian yang benar – benar telah terjadi. Sejarah menjadi suatu ilmu yang menyelidiki tentang berbagai macam perubahan yang benar – benar terjadi di masa yang lampau.

Menurut KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Sejarah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu :

• Asal usul keturunan atau silsilah
• Kejadian dan juga peristiwa yang benar – benar terjadi di masa lalu
• Pengetahuan atau uraian mengenai peristiwa dan berbagai macam kejadian yang benar – benar terjadi di masa lalu.

Berdasarkan pendapat para ahli diatas bisa kita simpulkan sendiri mengenai sejarah secara ringkas. Ringkasan pengertian sejarah bahwa sejarah merupakan suatu riwayat kejadian masa lalu yang diceritakan secara turun temurun agar jejaknya tidak hilang dari generasi ke generasi.

Sumber – Sumber Sejarah

pengertian sejarah menurut herodotus

Sumber sejarah tertulis

pengertian sejarah peradaban islam

Peninggalan sejarah menjadi salah satu sumber sejarah yang sangatlah penting. Karena, secara umum sumber tertulis akan memberikan berbagai macam informasi yang kita cari untuk mendukung suatu penelitian sejarah. Ketika kita lihat dari bentuknya, sumber tertulis dapat berupa sebuah tulisan yang sudah dicetak, tulisan tangan atau berupa manuskrip.

Selain itu, terdapat banyak aspek yang biasanya diinformasikan dari sumber tertulis mengenai aspek sosial, budaya, kepercayaan, politik dan juga ekonomi.

Sumber lisan

ringkasan pengertian sejarah

Sumber sejarah lisan bisa kita dapatkan dari wawancara kepada saksi atau kepada tokoh yang terlibat didalam suatu peristiwa sejarah. Dalam wawancara, seorang peneliti juga diharuskan untuk paham terhadap semua topic yang akan dibahas didalam suatu sesi wawancara.

Supaya tidak ada penyimpangan, seorang peneliti biasanya harus membuat suatu daftar pertanyaan lebih dulu sebelum sesi wawancara dilakukan. Data yang didapatkan dari sesi wawancara kemudian harus dikritisi dengan cara melakukan cek silang terhadap berbagai sumber sejarah.

Hal tersebut tentu sangat penting karena juga ada seorang narasumber yang lupa terhadap kejadian sebenarnya. Utamanya jika kejadian tersebut menyangkut usia. Bahkan juga ada narasumber yang lebih menonjolkan peran dirinya sendiri sehingga berbagai macam keterangan yang ia dapatkan bersifat subjektif.

Selain itu seorang peneliti hendaknya menyiapkan berbagai macam perlengkapan secara memadai seperti halnya video, perekam suara, atau berbagai macam arsip yang sekiranya bisa dijadikan cek silang secara langsung ketika seorang narasumber memberikan berbagai keterangan secara berbeda – beda.

Ruang Lingkup Sejarah

pengertian sejarah lengkap

Sejarah sebagai peristiwa

Pengertian sejarah sebagai peristiwa berarti bahwa sejarah menyangkut tentang berbagai macam kejadian penting yang nyata dan aktual. Sejarah hanya akan membahas terkait berbagai peristiwa penting di masa lalu yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia.

Sejarah sebagai suatu ilmu

Pengertian sejarah sebagai ilmu secara umum berarti membahas tentang berbagai kebenaran dari sejarah secara objektif. Selain itu, sejarah dianggap sebagai ilmu pengetahuan juga mempelajari tentang semua kenyataan dengan mengadakan suatu penelitian dan pengkajian tentang peristiwa cerita sejarah.

Bisa juga dikatakan bahwa sejarah merupakan suatu pengetahuan masa lalu yang tersusun dengan konsep sistematis bersama metode kajian secara ilmiah.

Sejarah sebagai kisah

Selain sebagai ilmu, sejarah juga dianggap sebagai kisah secara umum. Artinya, bahwa sejarah merupakan suatu rangkaian cerita dan kisah yang berupa konsep narasi. Narasi tersebut kemudian disusun atas dasar ingatan, tafsiran manusia atau kesan mengenai berbagai macam kejadian yang ada di masa lalu.

Sejarah sebagai nilai seni

Sejarah sebagai seni berarti bahwa sejarah yang ditulis dan diceritakan disusun atas berbagai bahan secara ilmiah. Akan tetapi tata cara penyajiannya menyangkut tentang keindahan bahasa dan seni penulisannya.

Itulah berbagai informasi selengkapnya untuk Anda tentang pengertian sejarah, ruang lingkup dan sumbernya. Semoga menjadi informasi inspiratif untuk Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.