Pengertian Wirausaha Secara Lengkap, Ciri-ciri dan Tujuannya

Di era bisnis seperti sekarang ini kita dapat menemukan berbagai macam wirausahawan dengan mudah di sekitar kita. Mereka berdiri dengan menjalankan berbagai macam bidang bisnis mulai dari bisnis dengan jangkauan kecil sampai dengan jangkauan yang besar sekalipun.

Akan tetapi mengenai arti wirausahawan sendiri banyak orang yang masih belum mengerti. Bahkan kerap definisi dari wirausahawan dipersamakan dengan arti kewirausahaan itu sendiri. Padahal sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Lantas apa pengertian kewirausahaan dan wirausaha?

Singkatnya, kewirausahaan merupakan suatu proses melakukan atau menciptakan suatu produk sementara wirausaha atau wirausahawan adalah orang yang melakukan kegiatan tersebut. Berikut ini kami akan ulas tentang pengertian wirausahawan dan informasi selengkapnya bisa Anda simak berikut ini!

Pengertian Wirausaha Secara Umum

karakteristik wirausahawan

Wirausaha di lingkungan kita juga sering disebut dengan pengusaha. Karena itu kalau membahas tentang arti secara umum maka pengertian pengusaha sama dengan pengertian wirausaha.
Secara umum pengertian wirausahawan yaitu seseorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya yang dimilikinya.

Seorang wirausaha harus mampu mengenali produk apa yang sekiranya dapat laku keras di pasaran, bisa menentukan bagaimana cara produksinya, mengerti seperti apa cara menyusun operasional untuk menciptakan sebuah peluang usaha baru, dan juga memiliki berbagai kemampuan penting lainnya.

Seorang wirausahawan dalam prosesnya harus mampu mengombinasikan berbagai macam faktor produksi. Beberapa faktor produksi tersebut yang penting dikombinasikan seorang wirausahawan seperti halnya sumber daya alam, tenaga kerja, material dan berbagai peralatan lain.

Seorang wirausahawan harus mampu melakukan pengrusakan kreatif atau yang dikenal sebagai creative destruction untuk menghasilkan suatu produk baru atau minimal menambah nilai pada produk tertentu. Sehingga sebenarnya inti dari keterampilan wirausaha sendiri adalah kreativitas.

Karena itulah seorang wirausaha adalah pelaku utama dalam pembangunan ekonomi dimana fungsinya adalah untuk melakukan berbagai macam inovasi atau kombinasi baru hingga melakukan berbagai upaya perbaikan produk yang lainnya.

Pengertian Wirausaha Secara Etimologi

pengertian pengusaha

Wirausaha dan wirausahawan sebenarnya memiliki arti yang sama. Akan tetapi jika dilihat secara etimologi, keduanya berasal dari susunan kosa kata yang berbeda. Kata wirausaha berasal dari dua kata. Asal kata wirausaha yaitu wira dan usaha.

Sementara wirausahawan berasal dari tiga kata yaitu wira, usaha dan wan (orang). Wira artinya manusia yang unggul, berjuang dan berbudi pekerti luhur.

Sementara usaha artinya kegiatan melakukan suatu aktivitas untuk mendapatkan hasil atau output berupa laba atau keuntungan baik secara materiil atau non materiil. Sementara wan artinya orang.

Jadi makna wirausahawan atau wirausaha adalah orang yang berbudi pekerti luhur dan memiliki etos kerja yang tinggi melakukan suatu kegiatan atau aktivitas usaha untuk mendapatkan keuntungan berupa laba atau keuntungan lain baik secara materiil atau secara non materiil.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

pengertian wirausahawan mandiri

Eddy Soeryanto Soegoto

Pengertian wirausahawan menurut Eddy Soeryanto Soegoto adalah seseorang yang melakukan suatu usaha kreatif yang dibangun atas dasar inovasi dalam menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, menunjang manfaat dan juga menciptakan suatu lapangan kerja bagi orang yang lain.

Stein dan John F. Burgess (1993 : 35)

Pengertian wirausahawan menurut Stein dan John F. Burgess adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan dan berani menanggung segala bentuk resiko dalam menciptakan sebuah peluang usaha baru.

Ahmad Sanusi (1994)

Ahmad Sanusi menjelaskan tentang pengertian kewirausahaan. Menurut Ahmad Sanusi bahwa kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sebagai sumber daya, tujuan, siasat, tenaga menggerakkan, proses, kiat dan juga hasil dari suatu bisnis.

Joseph C. Schumpeter

Joseph C. Schumpeter memberikan pendapat tentang wirausaha. Wirausaha adalah orang yang mampu menghancurkan keseimbangan pasar dan juga membentuk keseimbangan pasar yang baru dan mengambil berbagai macam keuntungan atas perubahan – perubahan yang terjadi tersebut.

J.B Say (1803)

Wirausaha menurut J.B Say adalah pengusaha yang memiliki suatu kemampuan dalam mengolah sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien dengan tingkat produktivitas yang rendah agar bisa semakin lebih tinggi.

Ciri – Ciri Wirausaha

pengertian kewirausahaan dan wirausaha

Ada beberapa ciri atau karakteristik wirausahawan. Adapun beberapa ciri wirausaha atau wirausahawan meliputi :

  • Berpikir dan bertindak secara strategis dan adaptif atas perubahan dalam berusaha mencari peluang keuntungan, juga termasuk didalamnya mengandung resiko yang agak besar dalam mengatasi berbagai macam masalah yang ada.
  • Seorang wirausahawan harus selalu berusaha mendapatkan keuntungan melalui keunggulan produknya
  • Harus mampu memuaskan pelanggan
  • Berusaha untuk mengenal dan mengendalikan kekuatan serta kelemahan perusahaan. Juga harus meningkatkan kemampuan pengendalian dengan sistem internal yang ada.
  • Berusaha untuk meningkatkan kemampuan dan ketangguhan perusahaan, utamanya dengan pembinaan motivasi dan semangat kerja serta juga pemupukan permodalan.
  • Berani mengambil resiko yang ditunjang oleh suatu kemampuan dalam memperhitungkan akibatnya serta berusaha untuk sebisa mungkin menghindarinya.
  • Senantiasa berupaya untuk mencapai dan menghasilkan sebuah karya bakti yang lebih baik untuk setiap pelanggan, pemilik, pemasok, tenaga kerja, bangsa, masyarakat dan juga negara.
  • Memiliki sikap antisipatif atas perubahan dan akomodatif atas lingkungan
  • Memiliki kreativitas dalam mencapai dan menciptakan peluang pasar serta meningkatkan produktivitas dan efisiensinya.
  • Senantiasa berusaha meningkatkan keunggulan serta citra perusahaan melalui investasi baru di berbagai macam bidang.
  • Memiliki daya kreativitas serta keberanian
  • Seorang wirausaha harus memiliki suatu keberanian dalam daya kreativitasnya untuk merencanakan dan bermimpi.
  • Harus berpikiran open minded dan tidak boleh mudah menyerah.

Tujuan Wirausaha

Adapun tujuan seorang wirausaha melakukan kegiatan kewirausahaan diantaranya meliputi :

  • Mendapatkan laba atau keuntungan demi mendapatkan hajat hidup yang jauh lebih layak.
  • Mendapatkan kemakmuran hidup.
  • Mengasah kemampuan berwirausaha.
  • Berusaha dan bertekad dalam meningkatkan jumlah wirausaha yang baik. Atau dengan kata lain ikut serta dalam mengader manusia calon wirausaha demi membangun suatu jaringan bisnis yang jauh lebih baik.
  • Ikut serta dalam mewujudkan kemampuan bagi seorang wirausahawan dalam meningkatkan kesejahteraan dan juga kemakmuran masyarakat beserta negara.
  • Ikut serta dalam menumbuhkan serta mengembangkan kesadaran juga orientasi kewirausahaan yang kokoh.
  • Menyebarluaskan dan membuat budaya ciri – ciri kewirausahaan di sekitar utamanya di tengah masyarakat.
  • Mengembangkan bisnis dalam bentuk kreasi dan inovasi supaya bisa tercipta suatu konsep hidup yang penuh dinamika dalam dunia bisnis sehingga kemakmuran bisa tercapai nantinya.
  • Memiliki upaya dan kemauan dalam tingkatan jumlah beberapa wiraswasta yang baik. Atau dengan kata lain turut serta mengader manusia calon wiraswasta untuk membangun suatu jaringan bisnis yang jauh lebih baik.

Itulah pengertian wirausahawan secara lengkap beserta ciri dan tujuannya. Semoga informasi diatas menjadi informasi terbaik yang dapat memperluas informasi dan wawasan Anda khususnya tentang dunia wirausaha.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.