Peraturan Bola Basket

Peraturan bola basket pada dasarnya menjadi informasi yang menarik sekali untuk diketahui, terutama bagi Anda yang penasaran atau pun gemar bermain bola basket. Bola basket merupakan jenis olahraga yang bisa dikatakan cukup populer sekali di masyarakat Indonesia khususnya. Mulai dari anak – anak hingga orang dewasa pun banyak sekali yang menjadikan olahraga jenis ini sebagai olahraga rekreasi untuk sekadar menghilangkan rasa penat.

Meskipun permainan bola basket ini cukup lama dikenal, sudahkah Anda tahu apa saja peraturan bola basket lengkap? Tidak banyak yang tahu macam – macam peraturan dalam suatu pertandingan bola basket. Makanya melalui artikel ini akan kami bagikan informasi lebih lengkapnya tentang peraturan bola basket nya kepada Anda.

Peraturan Dalam Permainan Bola Basket

peraturan bola basket singkat

Ada banyak sekali aspek yang perlu diatur dalam permainan bola basket. Tujuannya, untuk menjamin pertandingan tersebut sesuai dengan yang diharapkan serta terlaksananya keadilan serta kejujuran dalam permainan bola basket. Peraturan bola basket indonesia atau pun peraturan permainan bola basket internasional pada dasarnya mencakup banyak hal, yang mungkin saja cukup repot apabila Anda harus mencari tahu satu per satunya.

Berikut ini informasi lengkap tentang peraturan bola basket singkat yang perlu Anda ketahui. Silakan di simak ulasannya dengan baik.

Peraturan dalam bola basket tentang lebar lapangan

peraturan bola basket 3 on 3

Hal paling mendasar yang harus Anda tahu dalam permainan bola basket ini sudah pasti tentang lebar lapangan bola basket. Lapangan dalam permainan ini memiliki 2 ukuran standar yang biasanya digunakan. Untuk lapangan pertama dirumuskan National Basketball Association dan biasanya digunakan dalam pertandingan bola basket pada liga Amerika.

Besar lapangan bola basket tersebut adalah panjang 2.85 m dan lebar 15 m. Beda halnya dengan ukuran dari FIBA yang sedikit lebih kecil, yakni memiliki panjang 26 m dan lebar 14 m. Kebanyakan ukuran lapangan permainan bola basket dari FIBA ini digunakan pada pertandingan berskala internasional.

Peraturan tentang jumlah pemain

peraturan bola basket lengkap

Pemain dalam permainan bola basket ini sebanyak 5 orang talet dari 1 team. Lalu untuk pemain cadangannya ada sekitar 5 orang dengan skenario terparah ada 5 atlet utama yang wajib digantikan secara keseluruhan fungsinya. Selain itu ada 2 orang wasit, untuk 1 wasitnya memiliki nama panggilan referee, sementara itu untuk satunya lagi umpire.

Peraturan tentang lama waktu permainan

peraturan bola basket terbaru

Berdasarkan aturan pada FIBA lama waktu permainan bola basket ini adalah 4 x 10 menit. Sementara itu menurut NBA sendiri, aturan lama waktu permainannya yakni 4 x 12 menit. Dimana tiap sesi jeda antar babak akan diberi waktu istirahat selama 10 menit.

Oleh sebab itu, pertandingan bola basket biasanya berjalan selama 80 – 90 menit, tergantung dari kondisi pertandingan itu sendiri.

Peraturan tentang ukuran garis di lapangan

Di lapangan permainan bola basket umumnya dikenal adanya garis yang berwarna putih, mirip dengan apa yang dijumpai di lapangan sepakbola. Masing – masing garis tersebut memiliki makna serta fungsinya sendiri. Ada pula ketentuan dalam ukuran garis di lapangan bola basket.

Yang mana untuk garis tengah lapangan yang dijadikan sebagai pembatas lapangan menjadi 2 sisi memiliki diameter 1.8 m. Sementara itu untuk garis serang aturan memiliki ukuran 6 m. Kemudian untuk jarak antara ring dan garis tembakan hukuman memiliki jarak sekitar 3.6 m.

Peraturan tentang ukuran bola basket

Akan dianggap sah dan juga disepekati untuk digunakan dalam permainan bola basket jika bola tersebut memiliki ukuran keliling 75 – 78 cm. Tidak hanya ukuran kelilingnya saja, tetapi berat bolanya pun juga punya aturannya sendiri, yakni 600 – 650 gram. Dimana pantulan ke atas harus 1.2 – 1.4 m jika dijatuhkan dari ketinggian 1.8 m.

Peraturan tentang perlengkapan pertandingan

Pada pertandingan atau permainan bola basket ini juga harus tetap memperhatikan dengan baik perlengkapan yang dibutuhkan. Perlengkapannya pun tidak sembarangan, sebab sudah ada aturannya sendiri yang dianggap resmi. Ada beberapa perlengkapan yang harus dalam setiap kompetisi bola basket, diantaranya scoresheet, jam pertandingan, stopwatch khusus, lapisan pengaman tiang papan pantul, pencahayaan yang cukup, dan lain – lain.

Peraturan tentang seragam dalam permainan bola basket

Seragam dalam permainan bola basket ini juga penting untuk diperhatikan. Khususnya untuk seragam yang memiliki nomor punggung harus ditentukan pula ukurannya. Untuk nomor depan tingginya 10 cm dan lebar 2 cm, sementara itu untuk nomor punggung tingginya 10 cm juga.

Selain itu, pada saat bermain di lapangan seragam lengkap pastinya harus sudah dikenakan pemainnya, seperti kaos, celana pendek, dan kaos kaki. Tidak hanya itu, dalam penggunaan kaosnya pun pemain harus memasukkannya ke dalam celana yang dikenakan.

Baca : Peraturan Bola Voli

Pelanggaran Dalam Permainan Bola Basket

peraturan bola basket indonesia

Bagi para pemain bola basket, baik itu yang masih pemula sekalipun sangat disarankan sekali untuk mengenal lebih jauh mengenai peraturan bola basket terbaru. Tidak ketinggalan, tiap kondisi yang dianggapnya sebagai pelanggaran juga harus diketahui. Tujuannya, agar setiap pemain bisa menghindari kondisi – kondisi tersebut dengan bermain secara baik dan benar.

Berikut ini akan kami informasikan kepada Anda tentang beberapa jenis pelanggaran dalam permainan bola basket lebih lengkapnya. Silakan di simak baik – baik ulasannya.

Peraturan tentang pelanggaran 3 second violation

Sesuai namanya, pelanggaran dalam permainan bola basket satu ini berkaitan dengan lama waktu 3 detik yang telah dilanggar pemain tersebut ada dalam daerah tembakan bebas. Pemain nanti akan diberi peringatan pelanggan dengan kerugian tembakan untuk lawan mainnya. Oleh karenanya, pemain bola basket wajib memperhatikan posisinya dan terus berfokus dalam melakukan pergerakan.

Peraturan tentang pelanggaran back ball

Lalu untuk peraturan selanjutnya ini menjelaskan mengenai suatu keadaan pelanggaran yang ditujukan secara khusus dengan nama yang back ball atau back court. Pemain yang membawa bola yang sedang dikendalikannya hingga ke daerah pertahaan lewat garis tengah akan dianggap melanggar peraturan dalam permainan bola basket.

Dengan menghindari pelanggaran tersebut, tentu saja Anda akan lebih banyak peluang untuk hasilkan poin team Anda.

Peraturan tentang pelanggaran traveling atau walking

Ini adalah jenis pelanggaran yang biasanya terjadi karena pemainnya membawa bola basket tanpa driblle di jarak perpindahan lebih dari 2 langkah. Secara tak langsung sama saja pemain sedang bawa bola tanpa ikuti aturan dalam permainan bola basket, yakni dribble. Yang demikian tersebut tentu saja tidak boleh diberi keringanan, sebab apa bedanya bola basket dengan jenis olahraga lainnya apabila dribble saja tidak dilakukan.

Peraturan tentang pelanggaran double

Satu lagi nih peraturan dalam permainan bola basket yang wajib Anda tahu, yakni ada kaitannya dengan pelanggaran double. Pelanggaran jenis tersebut terjadi karena dari pemain yang kembali dribble bola setelah sebelumnya sudah berhenti lakukan dribble bola. Untuk menghindari pelanggaran tersebut, pemain bisa mencoba melatih gerak refleksnya dengan baik, sehingga tidak lagi mudah mengoper bola dan mendribble double.

Demikian informasi tentang peraturan bola basket yang lebih lengkapnya bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.