Peraturan Bola Voli

Peraturan Bola Voli – Masing – masing olahraga tentu saja memiliki peraturan. Peraturan tersebut tentunya ditetapkan untuk dipenuhi dan dipatuhi. Termasuk dalam olahraga bola voli juga tidak lepas kaitannya dengan berbagai macam peraturan.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas informasinya untuk Anda tentang apa saja peraturan bola voli yang Anda harus tepati dalam permainan bola voli. Peraturan tersebut meliputi peraturan dalam hal peralatan, permainan dan juga pastinya teknik bermain bola voli. Simak informasinya di bawah ini!

Peraturan Bola Voli Dasar

peraturan bola voli mini

Ada beberapa peraturan permainan bola voli yang sangat penting untuk dipahami terkait permainan tersebut. Adapun peraturan bola voli yang penting Anda tahu sebagai peraturan bola voli dasar diantaranya :

  • Pemain bola voli terdiri atas 6 orang
  • Pemain wajib menggunakan pakaian olahraga dengan warna yang sama, nomor punggung dan nomor di area dada.
  • Dalam melakukan pergantian ketika servis dilakukan dengan berputar searah jarum jam.
  • Durasi permainan yang dibutuhkan sendiri tergantung atas total poin pada satu set, rally poin yang baru didapatkan ketika sudah mencapai 15 poin.
  • Permainan bola voli dipimpin oleh seorang wasit, dibantu dengan 4 orang asisten wasit dimana tugasnya adalah untuk menjaga garis dan satu orang yang lain mengatur skor.
  • Masing – masing regu diberikan sebuah kesempatan dalam memainkan bola kurang lebih sebanyak 3 kali sentuhan.
  • Masing – masing pemain tidak diperkenankan untuk menyentuh bola lebih dari 1 kali secara beruntun.
  • Poin akan bertambah jika bola masuk atau terkena area bagian dalam atau di bagian garis pas lapangan.

Peraturan Pemain Dalam Voli

peraturan permainan bola voli lengkap

Sebenarnya inti dari peraturan bola voli adalah peraturan yang diberikan agar dipatuhi semua pemain sehingga tidak tercipta pelanggaran yang tidak diinginkan. Kedua tim tersebut saling berkompetisi dan mengatur strategi supaya timnya mencapai nilai paling akhir yaitu sebesar 25.
Peraturan pemain yang perlu diperhatikan dalam permainan bola voli diantaranya :

  • Empat orang yang menjadi pemeran utama dalam permainan bola voli yaitu spiker, tosser, defender dan libero.
  • Tosser dalam permainan ini memiliki tugas sebagai orang yang mengumpan bola ke rekan satu tim. Serta juga memiliki tugas sebagai seorang pengatur jalannya permainan bola.
  • Spiker memiliki tugas yang berbeda dari toser. Spiker memiliki tugas serta peran utama sebagai pemukul bola supaya bola bisa jatuh di lapangan permainan lawan dan kemudian lawan tidak dapat mengendalikan bola yang sudah di smash oleh pihak spiker.
  • Dalam tim, libero adalah sosok pemain bertahan. Keuntungan dari pemain libero sendiri adalah mereka yang dapat bebas keluar masuk. Akan tetapi mereka tidak memiliki hak apapun untuk melakukan smash bola ke arah tim lawan.
  • Defender memiliki peran sebagai pemain bertahan. Akan tetapi yang menjadi pembeda dengan libero bahwa pemain defender ini lebih ke arah bertahan dari serangan pihak lawan.
  • Jika Anda ingin menjadi pemain tosser, pemain harus bisa mengandalkan instingnya yang baik atau bahkan insting secara lebih sempurna. Hal ini karena terdapatnya tuntunan dalam permainan olahraga bola voli.
  • Seorang tosser dapat membuat dan juga mengambil keputusan tentang apa yang harus dilakukan dengan secepat mungkin. Semua hal yang terjadi pada tosser hanya boleh berlangsung beberapa detik saja.

Baca : Peraturan Sepak Bola

Peraturan Pelanggaran Dalam Voli

peraturan bola voli terbaru

Dalam peraturan bola voli, juga disebutkan tentang peraturan mengenai suatu pelanggaran yang dilakukan. Ada beberapa aspek dalam permainan bola voli yang dianggap sebagai suatu pelanggaran atau kesalahan ketika permainan masih berlangsung.

Dalam menghindari pelanggaran tersebut dan agar pemain bisa bermain dengan baik, maka berikut pelanggaran yang perlu dihindari dalam peraturan bola voli diantaranya :

  • Jika pemain melakukan kontak dengan net secara sengaja atau tidak maka termasuk ke dalam pelanggaran yang dilakukan.
  • Jika pemain melewati garis pembatas yang terdapat di tengah lapangan lawan hal tersebut juga diakui sebagai suatu pelanggaran.
  • Bola akan dianggap out jika keluar dari lapangan. Jika tidak, maka bola tersebut adalah bola in.
  • Ketika pemain sempat mengenai net sebanyak 2 kali selama pertandingan bola voli, maka hal tersebut dinyatakan sebagai double foults.
  • Ketika servis akan dilakukan, maka pemain dari dua tim harus berada pada posisi masing – masing. Yang dimaksud ke dalam hal ini adalah bahwa dua tim harus berada di dua deret ke samping. Tiga deret pemain berada di area depan dan 3 yang lain berada di deret belakang.
  • Dalam peraturan bola voli terbaru yang disebutkan, terdapat larangan untuk berkata kasar kepada sesama pemain dalam satu tim, kepada pemain lawan, kepada juri dan kepada wasit.
  • Wasit harus selalu memberikan keputusan terbaik menurut peraturan bola voli

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

peraturan permainan bola voli

Service

Teknik memukul bola dalam permainan bola voli disebut dengan service. Pukulan tersebut harus merupakan pukulan yang melewati net ke area tim lawan kemudian menuju area yang kosong atau mengarah pada para pemain lawan yang terlihat kurang piawai.

Hal tersebut menjadikan pihak lawan tidak mampu menguasai bola yang datang dan tim yang menjatuhkan bola di daerah lawan juga akan mendapatkan tambahan poin. Teknik service sendiri dijalankan ketika Anda dan tim sudah berhasil mendapatkan poin.

Passing

Passing merupakan suatu teknik dimana pemain bola voli akan memberikan bola kepada teman yang berada didalam timnya dengan teknik tertentu. Hal tersebut menjadi sangat penting untuk membuat perencanaan strategi penyerangan atas lawan.

Dalam bermain bola voli, supaya penyerangan yang diluncurkan bisa berhasil dan menghasilkan poin maka teknik dasar permainan passing harus benar – benar dikuasai. Hal tersebut penting bagi pemain voli.

Smash

Smash atau yang juga dikenal dengan istilah spike adalah teknik dasar permainan bola voli yang berupa pukulan dengan gerakan melompat yang penuh kekuatan. Kemudian bola diarahkan ke area tim dari pihak lawan yang kosong. Didalam peraturan bola voli ini, teknik dasarnya adalah bentuk pukulan yang ketiga.

Blocking

Ada beberapa langkah atau tahapan dalam melakukan teknik blocking. Beberapa langkah dalam teknik blocking yang dilakukan sebagai berikut :

  • Anda harus berdiri dengan posisi badan tegap dan kaki sejajar dengan kedua tangan yang posisinya di depan dada dan menghadap ke arah net.
  • Setelahnya, Anda perlu lakukan lompatan dengan mengikuti kemana arah bola yang sudah dipukul oleh pemain dari kubu lawan itu sendiri.

Dalam peraturan bola voli, semua aturan diatas perlu ditepati oleh masing – masing pemain, wasit, juri dan semua pihak yang berkecimpung didalamnya. Bagi pemain voli, semua teknik dasarnya juga perlu diperhatikan dan harus dikuasai agar bisa bermain tanpa hambatan selama pertandingan voli berlangsung.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.