Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang prinsip demokrasi pancasila. Dan pengertian, ciri-ciri, asas-asas dan lain sebagainya. Marilah kita simak baik-baik pembahasan kali ini dan pahami dari awal sampai akhir. Sehingga anda benar-benar paham dan tidak salah paham.

Pengertian Demokrasi Pancasila adalah suatu paham demokrasi yang bersumber dari pandangan hidup atau falsafah bangsa Indonesia. Yang diperdalam berdasarkan kepribadian rakyat Indonesia sendiri.

Dari falsafah hidup bangsa Indonesia, kemudian akan timbul dasar falsafah negara. Yang biasa disebut dengan Pancasila dan terdapat, tercermin, terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Demokrasi Pancasila ini merupakan demokrasi yang konstitusional berdasarkan mekanisme kedaulatan rakyat di setiap penyelenggaraan negara. Dan penyelenggaraan pemerintah menurut konstitusi yaitu UUD 1945. Serta pelaksanaannya wajib sesuai dengan apa yang terdapat di dalam UUD 1945.

Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Para Ahli

Selain pengertian demokrasi pancasila secara umum diatas, terdapat juga pengertian menurut para ahli. Mereka mengemukakan pendapatnya sendiri untuk mendefinisikan pengertian demokrasi pancasila.
Berikut ini macam-macam pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli.

Prof. Dardji Darmo Diharjo

Menurut beliau, Demokrasi Pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber dari kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia. Yang pelaksanaannya seperti dalam ketentuan-ketentuan Pembukaan UUD 1945.

Kansil

Menurut kansil, Demokrasi Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan. Ini merupakan sila keempat dari dasar negara Pancasila. Seperti yang tercantum dalam alinea keempat pembukaan UUD 1945.

Prof. Notonegoro

Menurut beliau, Demokrasi Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan serta berketuhanan YME. Dan berkemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, serta  berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ensiklopedia Indonesia

Menurut Ensiklopedia Indonesia, Pancasila meliputi bidang-bidang politik, sosial, dan ekonomi. Serta yang dalam penyelesaian masalah-masalah nasional. Dan berusaha sejauh mungkin menempuh jalan permusyawaratan untuk mencapai mufakat.

Ciri-ciri Demokrasi Pancasila

Demokrasi Pancasila yang diterapkan di Indonesia tentu memiliki karakteristik Khusus. Inilah yang membedakan demokrasi yang diterapkan di negara lain. Ciri–ciri demokrasi pancasila ini di bedakan menjadi dua yaitu, ciri khas demokrasi pancasila dan ciri secara umum demokrasi pancasila. Berikut ini karakteristik atau ciri-ciri demokrasi pancasila.

Ciri Khas Demokrasi Pancasila

  1. Demokrasi pancasila bersifat kekeluargaan dan gotong royong yang bernafas Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Demokrasi pancasila harus menghargai hak asasi manusia serta menjamin hak hak minoritas.
  3. Pengambilan keputusan dalam demokrasi pancasila sedapat mungkin jdidasarkan atas musyawarah untuk mufakat.
  4. Demokrasi pancasila harus bersendi atas hukum.

Ciri Secara Umum Demokrasi Pancasila

  1. Kedaulatan berada ditangan rakyat, maksudnya adalah kekuasaan tertinggi ada pada kehendak rakyat.
  2. Selalu berdasarkan kekeluargaan dan gotong-royong, maksudnya adalah demokrasi tidak bisa lepas dari prinsip kekeluargaan dan gotong royong. Hal ini sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia.
  3. Cara pengambilan keputusan melalui musyawarah untuk mencapai mufakat. Yang mana kalau mengambil keputusan selalu melalu musywarah bersama. Dan tidak memaksakan kehendak kehendak golongan saja.
  4. Tidak kenal adanya partai pemerintahan dan partai oposisi. Demokrasi adalah bersifat netral dan tidak memihak. Karena semua lapisan masyrakat bersama-sama membangun bangsa dan negara, dan tanpa membawa misi pribadi maupun kelompok.
  5. Diakui adanya keselarasan antara hak dan kewajiban. Demokrasi membenarkan persamaan hak serta kewajiban bukan hanya kewajiban saja. Namun melupakan hak atau sebaiknya, tapi berjalan bersama demi mencapai masyarakat madani
  6. Menghargai hak asasi manusia, hak asasi merupakan hak mendasar yang tidak boleh diganggu gugat oleh siapapun, bahkan oleh negara.
  7.  Ketidaksetujuan terhadap kebijaksanaan pemerintah dinyatakan dan disalurkan melalui wakil-wakil rakyat. Tidak menghendaki adanya demonstrasi dan pemogokan karena merugikan semua pihak.
  8. Tidak menganut sistem monopartai atau partai tunggal.
  9. Pemilu dilaksanakan secara luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia).
  10. tidak kenal adanya diktator mayoritas dan tirani minoritas. Hal ini mengandung makna bahwa semua warga negara memiliki kedudukan yang sama dalam segala bidang. Dan tidak memembedakan apapun itu.
  11. Mendahulukan kepentingan rakyat atau kepentingan umum. Dalam demokrasi mendahulukan kepentingan umum adalah hal yang paling utama. Dan harus dilaksanakan daripada kepentingan pribadi maupun kelompok.

Asas Demokrasi Pancasila

Asas dalam sisitem demokrasi pancasila ada dua yaitu :

1. Asas kerakyatan

Yaitu asas atas kesadaran kecintaan terhadap rakyat, manunggal dengan nasib dan cita-cita rakyat. Serta berjiwa kerakyatan atau menghayati kesadaran senasib dan secita-cita dengan rakyat.

2. Asas Musyawarah untuk mufakat

Yaitu asas yang mendengarkan aspirasi dan kehendak dari seluruh rakyat. Yang jumlahnya banyak, dan membahas melalui forum permusyawaratan. Untuk menyatukan pendapat bersama serta mencapai kesepakatan bersama.

Selain Asas-asas diatas, ternyata ada asas-asas yang lain dan bersumber dari sila pancasiala, berikut ini asas-asasnya.

1. Kedaulatan rakyat

Asas kedaulatan rakyat dalam pelaksanaannya hampir sama dengan asa kerakyatan. Perbedaannya, kalau asas kedaulatan rakyat ini menjunjung tinggi penuh kekuasaan rakyat terhadap jalannya proses demokrasi. Sedangkan kedaulatan rakyat meyakini bahwa sistem pemerintahan presidensil dan parlementer hanya berada ditangan rakyat.

2. Kekuatan mayoritas

Kata mayoritas ini mengacu kepada keberadaan suara terbanyak dalam melakukan suatu musyawarah dalam pelaksanaan demokrasi pancasila.

3. Hak-hak minoritas

Sebagai negara yang menjunjung nilai-nilai luhur pancasila, proses demokrasi harus mengakomodasi semua kelompok. Tanpa terkecuali dan tidak diperkenankan adanya intervensi antar kelompok. Kelompok minoritas mempunyai kesempatan yang sama seperti kelompok mayoritas dalam pelaksanaan demokrasi.

4. Jaminan hak asasi manusia

Sebagai negara yang menjunjung tinggi demokrasi. Setiap warga negara Indonesia mempunyai hak untuk menyampaikan aspirasinya melalui cara-cara yang mereka inginkan. Dan negara tidak boleh menghalangi penyampaian aspirasi dari rakyat.

5. Pemilihan LUBERJURDIL

Dalam pelaksanaan demokrasi pancasila proses demokrasi harus dilakukan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

6. Kedudukan sama

Dalam pelaksanaan demokrasi pancasila, setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama. Tidak ada perbedaan yang membatasi satu orang dengan lainnya, ketika warga negara ikut serta dalam proses demokrasi.

7. Asas kekeluargaan

8. Asas toleransi

Asas toleransi ini mengepentingkan rasa toleransi terhadap pandangan yang berbeda dari golongan atau kelompok tertentu. Melalui asas ini, semua perbedaan yang muncul dalam proses demokrasi harus dihargai. Supaya tidak terjadi konflik dalam masyarakat yang dapat menimbulkan dampak tertentu.

Prinsip Demokrasi Pancasila

Prinsip Demokrasi Pancasila ini ditulis oleh salah satu pahlawan Indonesia yang tidak begitu dikenal oleh masyrakat. Yaitu Bapak Ahmad Sanusi, dalam bukunya yang berjudul “Memberdayakan Masyrakat Dalam Pelaksanaan 10 Pilar Demokrasi”.

Berikut ini prinsip-prinsip demokrasi pancasila, yaitu :

1. Demokrasi yang Berketuhanan Yang Maha Esa

prinsip demokrasi terpimpin

Berarati Negara Republik Indonesia menggunakan sistem negara yang taat, konsisiten dan sesuai dengan nilai . Dan juga kaidah dasar Ketuhanan yang Maha Esa.

2. Demokrasi dengan Kecerdasan

prinsip demokrasi pancasila

Berarti aturan dan penyelenggaraan demokrasinya menurut UUD 1945. Bukan lewat naluri, kekuatan otot atau kekuatan massa. Pelaksanannya lebih menurut kecerdasan rohani, aqliyah, rasional dan kecerdasan emosional.

3. Demokrasi yang Berkedaulatan Rakyat

prinsip demokrasi pancasila

Demokrasi pancasila kekuasaan tertinggi ada pada tangan rakyat. Jadi, prinsipnya rakyatlah yang memiliki kedaulatan. Tapi, kedaulatan rakyat ini dibatasi dan dipercayakan kepada wakil rakyat, yaitu DPR, DPD dan DPRD.

4. Demokrasi dengan Rule Of Law

prinsip demokrasi pancasila

Prinsip demokrasi ini mempunyai empat makna yang sangat penting :

  • Pertama, kekuasaan negara Republik Indonesia itu harus mengandung, melindungi, serta mengembangkan kebenaran hukum (legal truth) bukan demokrasi ugal-ugalan, demokrasi dagelan, atau demokrasi manipulatif.
  • Kedua, kekuasaan negara itu memberikan keadilan hukum (legal justice) bukan demokrasi yang terbatas pada keadilan formal dan akal-akalan.
  • Ketiga, kekuasaan negara itu menjamin kepastian hukum (legal security) bukan demokrasi yang membiarkan kesemrawutan atau anarki.
  • Keempat, kekuasaan negara itu mengembangkan manfaat atau kepentingan hukum (legal interest). Seperti kedamaian dan pembangunan, bukan demokrasi yang malah mempopulerkan fitnah dan hujatan atau menciptakan perpecahan, permusuhan, dan kerusakan.

5. Demokrasi dengan Pemisahan Kekuasaan Negara

Demokrasi Pancasila menurut UUD 1945 ini, bukan saja mengakui kekuasaan negara Republik Indonesia yang tidak terbatas secara hukum. Melainkan demokrasi juga dikuatkan dengan pemisahan kekuasaan negara dan diserahkan kepada badan-badan negara yang bertanggung jawab.

Demokrasi menurut UUD 1945 juga mengalami pembagian dan pemisahan kekuasaan (division  and seperation of power). Dengan sistem pengawasan dan perimbangan (check and balance).

6. Demokrasi dengan Hak Asasi Manusia

prinsip demokrasi pancasila

Prinsip Demokrasi ini berarti menurut UUD 1945, dimana mengakui Hak Asasi Manusia dengan tujuan bukan hanya menghormati hak tersebut. Melainkan terlebih-lebih untuk meningkatkan martabat dan derajat manusia seutuhnya.

7. Demokrasi dengan Pengadilan yang Merdeka 

prinsip demokrasi pancasila

Berarti, demokrasi menurut UUD 1945, menghendaki diberlakukannya sistem pengadilan yang  independen atau merdeka. Dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada semua pihak yang berkepentingan, untuk mencari dan menemukan hukum yang seadil-adilnya.

Semua pihak juga mempunyai hak yang sama untuk mengajukan pertimbangan, dalil-dalil, fakta-fakta, saksi, alat pembuktian, dan petitumnya.

8. Demokrasi dengan Otonomi Daerah

prinsip demokrasi pancasila

Berarti otonomi daerah merupakan pembatasan terhadap kekuasaan negara, khususnya kekuasaan legislatif dan eksekutif di tingkat pusat. Dan lebih khusus lagi pembatasan atas kekuasaan Presiden.

Didalam UUD 1945 secara jelas memerintahkan untuk membentuk daerah-daerah otonom pada Provinsi dan Kabupaten atau Kota. Tujuannya adalah supaya bisa mengatur dan menyelenggarakan urusan-urusan pemerintah. Sebagai urusan rumah tangganya sendiri yang diserahkan oleh Pemerintah Pusat.

9. Demokrasi dengan Kemakmuran 

prinsip demokrasi pancasila

Berarti, prinsipnya ialah agar membangun negara yang makmur dan untuk rakyat Indonesia yang mencakup semua aspek. Baik itu dari hak, kewajiban, kedaulatan rakyat, pembagian kekuasaan, otonomi daerah maupun keadilan hukum.

10. Demokrasi yang berkeadilan Sosial

prinsip demokrasi pancasila

Prinsip yang terakhir ini berarti demokrasi di Indonesia mengepentingkan keadilan untuk seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali. Dan tidak memihak pada kelompok maupun golongan tertentu. Pelaksanaan demokrasi yang berkeadilan sosial didasarkan pada sila keempat Pancasila. Yang juga diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Nah, dengan memahami beberapa hal tentang Demokrasi Pancasila, seperti ciri-ciri, dan prinsip demokrasi pancasila. Setidaknya Anda bisa menjawab, apabila diberi pertanyaaan oleh teman atau mungkin guru kamu.

Semoga isi artikel ini lengkap dan bisa memenuhi ilmu pengetahuan Anda, dan bisa membantu anda dalam memecahkan pertanyaan-pertannyaan.

2 Comments

  1. good artikelnya

    Myblog

    1. Ya, Terima kasih udah berkunjung

Leave a Reply

Your email address will not be published.