rumah kayu

Rumah Kayu – Membangun rumah dapat dibangun dengan bahan material apa saja, bisa dengan bata, pasir, semen, dan lain sebagainya. Namun rumah yang terbuat dari material tersebut terlalu Mainstream dan umum. Rumah yang unik yaitu yang terbuat dari material kayu.

Zaman dahulu pembangunan rumah dengan material kayu adalah sebuah hal yang biasa, terutama di benua Eropa. Namun seiring dengan perkembangan zaman, rumah kayu sulit ditemukan dibelahan dunia. Dan juga sekarang ini jarang pula orang yang ingin membangun rumah dengan dinding kayu.

Mereka menganggap ketinggalan zaman apabila membangun rumah dengan material kayu, dan dianggap tidak seawet dengan dinding bata. Selain itu, pembangun rumah kayu memang memakan waktu yang cukup lama dan memakan biaya yang cukup mahal, dibandingkan dengan pembuatan rumah dengan dinding bata.

Hal tersebut dikarenakan bahan material kayu yang dipakai untuk dinding haruslah kayu yang kuat, berkualitas bagus dan tidak gampang rampuh. Rata-rata rumah kayu mudah untuk ditemukan di pedesaan yang memberikan kesan kesederhanaan.

Walaupun begitu, rumah kayu juga dapat menjadi sangat menarik dan kuat, apabila dibangun menggunakan bahan material kayu berkualitas tinggi dan juga desain yang tepat. Rumah kayu akan menjadi unik , istimewa dan mempunyai nilai artistik tinggi yang tidak dapat dijumpai di rumah lain.

Bagi Anda yang berkeinginan untuk membangun sebuah hunian atau tempat tinggal yang berbeda dari segi desain dan suasana. Kami akan menyarankan yaitu rumah kayu yang merupakan solusi terbaik.

Biarpun banyak orang-orang yang memandang bahwa membangun rumah kayu telah ketinggalan zaman, namun rumah jenis ini mempunyai beberapa kelebihan tersendiri.

Kelebihan Desain Rumah Kayu Klasik dan Sederhana

1. Pembangunan Lebih Cepat

Untuk membangun rumah kayu bisa memakan waktu pengerjaan yang lebih cepat, dibandingkan dengan rumah yang terbuat dari material batu dan sebagainya. Hal ini karena terdapat beberapa pengusaha kontraktor yang menawarkan rumah kayu sistem knock down (bongkar pasang).

Sehingga pembuatannya dapat dilakukan di pabrik kemudian dirangkai atau disusun pada lokasi pembangunan rumah dalam waktu beberapa hari saja.

2. Menghemat Biaya

Supaya pembangunan rumah kayu menghemat biaya maka bangunlah di daerah tertentu yang mempunyai sumber daya alam berupa hutan dan pohon yang berlimpah. Dengan begitu pembangunan rumah kayu akan menjadi lebih hemat biaya.

Karena bahan pokok atau material utama bisa diambil darihutan atau pohon-pohon yang ada disekitar tempat pembangunan.

3. Memberikan Kesan Natural

Jika dilihat dari segi keindahan, rumah kayu akan lebih memberikan kesan natural dan tentu suasana yang berbeda. Hal tersebut disebabkan karena sifat tekstur kayu merupakan garis-garis alam dari sebuah pepohonan.

4. Sistem Knockdown

Ini merupukan sebuah kelebihan yang unik dan tentunya istimewa. Satu kelebihan rumah kayu yang ini tidak dimiliki oleh rumah dengan bahan material selain kayu, yaitu rumah kayu bisa dijadikan sistem knockdown. Sehingga rumah kayu bisa dibongkar pasangjika pemilik menginginkan untuk pindah alamat lokasi tempat tinggal. Hal tersebut pastinya tidat bisa dilakukan apabila rumah terbuat dari bahan tembok.

Suatu hal kalau ada kelebihannya pasti terdapat kekurangannya. Nah kekurangan rumah kayu ini harus anda ketahui jika ingin membangunnya, yaitu :

Kekurangan Desain Rumah Kayu Klasik dan Sederhana

1. Kelangkaan Pohon

Kayu merupakan bagian dari pohon, ibarat kalau tak ada pohon maka juga tidak ada kayu. Sekarang ini sangat sulit menemukan atau mendapatakan sebuah pohon yang cocok untuk membangun sebuah rumah. Hal tersebut lantaran terjadinya kelanmgkaan pohon sebagai akibat dari penebangan yang liar dan terlalu banyak penebangan yang tak diimbangi dengan reboisasi atau penanaman kembali.

Kelangkaan pohon ini merupakan salah satu ancaman pemanasan global yang dapat berakibat fatal terhadap pembangunan bumi dan seisinya. Dengan mengambil pohon tanpa diimbangi dengan reboisasi, berarti juga ikut memperbanyak aktivitas penebangan pohon secara sembarangan.

2. Memerlukan Biaya yang Besar untuk Bahan Baku yang Bagus

Apabila Anda tinggal di daerah perkotaan dengan sumber daya alam yang kurang dan sedikt kayu, maka pembangunan rumah kayu jadi akan memakan biaya yang besar. Ini merupakan kebalikan dengan yang bertempat tinggal di desa, sebab jika di desa banyak sumber daya alam.

Karena di Kota tidak banyak kayu akan lebih sulit untuk mencari sumber daya alam berupa kayu yang berkualitas bagus. Sehingga kayu-kayu yang berkualitas harus didatangkan dari daerah-daerah lain, dan untuk mendapatkan dapat memakan ongkos kirim yang besar juga.

3. Tukang Bangunan harus betul-betul mengerti dalam hal perkayuan

Ini merupakan hal yang paling sulit untuk membuat sebuah rumah kayu, Anda harus mencari tukang bangunan yang handal dalam perkayuan. Andak tidak dapat sembarangan memilih tukang bangunan. Sebab tukang bangunana nantinya akan bekerja membangun rumah Anda harus betul-betul mengerti dalam hal perkayuan atau dapat disebut tukang kayu.

Selain tiga kekurangan diatas, rumah kayu juga cenderung lebih tidak tahan terhadap rayap dan cuaca lembab.

Cara Merawat Rumah Kayu

Merawat rumah kayu merupakan sebuah hal yang amat penting untuk dilakukan oleh pemilik rumah, karena bahan kayu harus memerlukan perhatian lebih. Apabila tidak dirawat, maka rumah Anda akan cepat lapuk dan keropos dimakan sama rayap.

Disisni kami akan membagikan beberapa tips yang harus dilakukan untuk merawat rumah kayu. Berikut ini cara merawatnya, cekidooot…

1. Coating Ulang Secara Rutin

Rumah yang mempunyai material atau properti berbahan kayu dianjurkan untuk melakukan coacting ulang dengan rutin, setidaknya tiap 6 bulan sekali. Namun, disini diutamakan untuk bagian eksterior dari rumah yang langsung bersentuhan dengan efek cuaca.

Peristiwa-peristiwa alam seperti Angin, hujan, dan sinar matahari merupakan musuh utama bagi komponen rumah dan properti berbahan kayu. Sebaiknya sebelum melakukan coating, pilihlah yang sesuai dengan fungsinya.

Bila Anda memilih finishing dengan memakai plitur atau coating untuk mempertahankan serat kayunya supaya terlihat, maka pilihlah coating yang berkualitas sekalian ramah lingkungan.

2. Pemusnahan dan Pencegahan Rayap Secara Berkala

Anda tentu sudah tahu betapa bahanya kayu terhadap rayap. Apalagi jika kayu yang Anda pilih untuk membangun rumah tak cukup berkualitas atau tidak terawat, maka itu akan mendatangkan rayap. Agar berssifat anti rayap maka Anda harus melakukan pengecekan dengan rutin di tempat-tempat rawan rayap, terutama di sudut-sudut rumah.

3. Bersihkan Kayu dari Debu dan Kotoran

Debu-debu dan noda-noda yang menempel pada elemen kayu harus dibersihkan setiap hari. Untuk membersihkannya dapat dilakukan dengan air pel dan kemudian harus langsung dikeringkan. Sedangkan, pencucian dinding kayu bisa dilakukan dengan jangka waktu panjang, tergantung dengan tingkat kebersihan udara dilingkungannya.

Bila rumah Anda terdapat di daerah yang banyak debu dan polusi, Anda bisa membersihkannya dengan memakai lap basah, supaya debu tak menempel dan merusak kayu.

Perlu di ingat dan diketahu banwa pencucian hanya boleh dilakukan satu kali saja. Sebab jika selalu sering dilakukan pencucian, bisa menyebabkan cat pudar dan terkupas, serta dapat juga memungkinkan kayu menyerap kelembaban yang bakal sangat mempengaruhi usia kayu Anda.

Harus dipahami saat membersihkan dinding kayu, lakukan pemebrsihan dari atas kebawah. Kenapa? Agar takl mengotori wilayah yang telah dibersihkan sebelumnya.

Desain Rumah Kayu Kalsik dan Sederhana

rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest
rumah kayu
Pinterest

 

rumah kayu
Pinterest

Nah itulah beberapa desain rumah kayu dan kelebihan kekurangan, artikel kali ini dapat Anda jadikan inspirasi bagi Anda yang ingin membuat atau membangun rumah kayu. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.