Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia Beserta Penjelasannya

Sejarah Internet – Internet merupakan sebuah kebutuhan sehari-hari dan rasanya semakin tahun ke tahun makin penting keberadaanya. Bahkan, bagi sebagian orang internet adalah sebagai ladang dia mencari uang, seperti halnya seorang yang menggantungkan jualannya di Internet.

Karena dengan adanya internet menjadikan kita akan lebih dekat dengan semua orang, meski jarak jauh disana. Selain sebagai keperluan komunikasi, internet juga membantu untuk bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat.

Semua informasi hampir bisa didapatkan di Internet, namun itu juga tidak bisa ditelan dengan mentah-mentah informasinya, kita juga harus memfilter mana informasi yang positif dan mana yang negatif.

Saat Anda menggunkan internet setiap harinya, apakah kamu pernah berfikir dibenak kalian bagaimana sejarah internet? Tentunya ini pasti banyak yang belum tahu, bagaimana awal mulanya internet ditemukan dan siapa yang membuat atau menemukan?

Nah, pas sekali Anda berkunjung di artikel ini. Kesempatan ini kami akan mengulas secara detai dan lengkap tentang pengertian dan sejarah internet. Yuk, mari kita simak baik-baik ulasan berikut ini.

Pengertian Internet

sejarah internet di indonesia

Internet memiliki kepanjangan yaitu interconnection networking, pada awalnya internet berasal dari bahasa latin yaitu “inter” yang berarti “antara”. Internet merupakan jaringan yang saling terhubung dan juga menggunakan Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol untuk pertukaran paket, atau sering juga disebut dengan packet swithcing communication protocol.

Semua hal tersebut dipakai untuk melayani milyaran pengguna internet saat ini. Termasuk juga kamu yang sekarang ini sedang menggunakannya. Sampai sekarang ini internet merupakan sebuah jaringan yang saling terhubung dan terdiri dari milyaran komputer yang ada di dunia.

Internet melibatkan berbagai macam jenis komputer dengan topologi jaringan yang berbeda-beda. Sejarah Internet disini juga mempunyai peran vital di kemajuan zaman.

Sejarah Internet Singkat

sejarah internet di dunia

Awal mula penciptaan internet adalah terbentuknya sebuah proyek dari ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Penciptaan internet ini dipelapori oleh departemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969.

Hasil dari penciptaan semua itu menemukan tentang bagaimana hardware dan software komputer dengan basis UNIX. Dari situlah baru mereka mulai menyadari bahwa manusia mampu melakukan komunikasi dengan jarak jauh yang memanfaatkan saluran telepon.

Setelah ditemukan temuan itu mereka mengembangkan dengan terus menerus sehingga sampai sekarang ini. Pada proses perkembangan dari sejarah internet terdapat dua pembahasan yang akan kita bahas di artikel kali ini. Yuk simak baik-baik ulasan dibawah ini.

Sejarah Internet di Indonesia

sejarah internet explorer

Internet muncul di Indonesia diketahuio dilakukan oleh Joseph Luhukay pada tahun 1983 dengan melakukan pengembangan jaringan UINet (University of Indonesia Network) dan dimana jaringan ini masih berada di Universitas Indonesia.

Dulunya pada tahun 1984 UINet masih bernama UUNET dan Joseph Luhukay masih melakukan proses pengembangan internet di Indonesia. Dan pada tahun 1984 Indonesia menjadi negara pertama yang terhubung dengan jaringan internet secara global.

Setelah Internet sudah mulai berkembang di Indonesia, aktivitas penelitian yang dilakukan dan dibarengi dengan hobi mereka yang mendominasi pengguna internet di Indonesia berubah menjadi ranah pengiklanan atau komersil.

Aktivitas tersebut diawali oleh PT. Indo Internet yang kemudian berdiri menjadi layanan ISP (Internet Service Provider). Perusahaan ISP tersebut yang pertama kali berdiri di negara Indonesia yang tepatnya pada bulan September 1994.

Sesudah berdirinya Indonet, kemudian bermunculan perusahaan-perusahaan layanan ISP yang lainnya dengan sangat pesat pada tahun 90-an.

Diantaranya yaitu PT Wasantara Network dimana perusahaan ini hasil pengembangan dari PT Pos Indonesia di tahun 1996, Rahardjasa Internet atau (Radnet) yang berdiri pada tahun 1995, IndosatNet yang juga berdiri pada tahun 1996, dan yang terakhir menyusul adalah Telkomnet yang berdiri pada tahun 1998.

Kemajuan internet pada tahun 1998 perlahan ada perkembangan, menurut data APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). Orang yang berlangganan dengan ISP di seluruh Indonesia tercatat nerjumlah 138.000 orang. Serta perkiraan orang yang memakai Internet di kala itu sebanyak 512.000 pengguna.

Namun, ternyata ISP tidaklah satu-satunya faktor dari perkembangan Internet di Indonesia. karena saat itu akses Internet dengan ISP hanya bisa diakses oleh kalangan menengah keatas yang sudah memiliki komputer dan juga berkewajiban membayar tagihan telepon.

Sejarah Internet di Dunia

sejarah internet dan intranet

Sejarah internet di mulai pada tahun 1969, ketika itu Departemen Pertahanan Amerika atau U.S. DARPA (Defense Advanced Reserch Project Agency) memulai untuk mengadakan riset penelitian mengenai cara menghubungkan beberapa komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Program riset tersebut dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970 DARPA sudah bisa menghubungkan komputer lebih dari sepuluh. Keberhasilan tersebut kemudian dapat bisa membuat mereka berkomunikasi satu dengan lain menggunakan komputer dan membentuk sebuah jaringan.

Saat ditemukan internet, mereka langsung menggunakan operation system dan hardware UNIX, yang mana ini termasuk awal mula teciptanya OS Linux.

Tujuan dari penciptaan internet oleh Departeman Pertahanan Amerika Serikat yaitu sebagai proyek militer untuk membuat sebuah sistem jaringan komputer yang terletak pada daerah-daerah vital.

Sebagai pertahanan negara untuk menanggulangi kalau tiba-tiba ada serangan nuklir, dan untuk mengantisipasi masalah informasi terpusat.

Maksud dari diciptakan internet yaitu jika sewaktu-waktu terjadi perang, tentera militer Amerika bisa langsung cepat bergerak untuk menghadapi musuh. Hal tersebut bisa langsung menyebarkan informasi diseluruh dunia tanpa ada halangan.

Saat pertama kali ditemukan internet, ARPANET hanya dapat menghubungkan situs aja, diantara yaitu Stanford University of California, Research Institute, University of Utah, dan Santa Barbara. Jaringan padu tersebut dibuat pada tahun 1969, dan dirilis secara umum diperkenalkan ke publik oleh ARPANET pada bulan Oktober 1972.

Setelah ARPANET membuat sebuah jaringan di 4 situs tersebut, tak lama lagi proyek itu dilirik oleh berbagai Universitas di negara tersebut. Sehingga proyek itu digarap oleh ARPANET yang baru saja berkembang dengan pesat. Namun hal itu mengakibatkan ARPANET kesulitan dalam manajemennya.

Pada waktu itu banyak sekali permintaan yang ingin mengembangkan internet, karena akpanet kewalahan menangani permintaan client. Akhirnya ARPANET dibagi menjadi dua, yaitu “ARPANET” dan “MILNET”.

Pembagian tersebut memiliki tugas masing-masing, ARPANET fokus menngani non militer seperti universitas, perusahaan, dan lain-lain. Sedangkan MILNET fokus mengurusi keperluan militer. Dari dua pembagian itu, terbentuklah sebuah jaringan yang sekrang dikenal dengan nama DARPA internet. Dan kini (zaman now) kita kenal dengan nama internet.

Rangkuman Sejarah Internet

sejarah internet lengkap

Secara urut ringkas sejarah internet bisa dijelaskandalam beberapa fase, berikut ini :

  1. Pada tahun 1980-an, internet mulai dipakai dengan terbatas untuk menghubungkan beberapa kampus-kampus universitas terkenal yang berada di Amerika Serikat.
  2. Protokol standar TCP/IP mulai dipublikasikan ke umum pada tahun 1982.
  3. Pada tahun 1960-an, Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui Advanced Research Projects Agency yang disingkat dengan ARPA merintis sebuah sistem jaringan ARPANET. ARPANET merupakan cikal bakal terbentuknya internet.
  4. Sistem nama domain mulai digunakan pada tahun 1984.
  5. Pada tahun 1993, InterNIC didirikan untuk melayani pendaftaran nama domain.
  6. ARPANET dibubarkan pada tahun 1990. Akan tetapi internet tetap terus berkembang sampai serang.
  7. Awalnya informasi yang bisa didapatkan lewat internet hanyalah informasi berbasis teks. Pada tahun 1990, layanan berbasis tampilan grafis yang WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan oleh CERN.
  8. National Science Foundation Network (NSFNET) dibangun pada tahun 1986 dan mulai menggantikan peran ARPANET sebagai jaringan riset di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional di berbagai negara mulai dibangun dan dihubungkan dengan NSFNET.
  9. Sekitar tahun 1994, internet mulai digunakan di Indonesia.

Demikian penjelasan mengenai sejarah internet dan juga pengertian internet, dengan membaca artikel ini Anda akan mendapatakan banyak informasi mengenai internet dari awal-mulanya diciptakan hingga internet sekarang ini. Semoga bermanfaat see you..

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.