12 Sungai Terpanjang di Indonesia Beserta Letaknya [Lengkap]

Sungai Terpanjang di Indoneisa – Negara Indonesia memiliki banyak sekali Sungai. Hampir setiap Pulau di Nusantara ini memiliki Sungai. Baik itu yang besar maupun kecil atau panjang atau pendek. Ukuran Sungai memang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

Nah, dikesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa Sungai  terpanjang di Indonesia. Berikut ini Sungai-sungai yang dikategorikan terpanjang di Indonesia, antara lain sebagai berikut :

1. Sungai Kapuas

sungai terpanjang di Indonesia kapuas

Untuk sungai yang dikategorikan sebagai sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai kapuas. Sungai ini berada di Provinsi Kalimantan Barat, lebih tepatnya di Kabupaten Kapuas. Sungai ini memanjang dari berbagai desa-desa yang ada di Kabupaten Kapuas.

Sungai Kapuas merupakan Sungai yang sangat terkenal dan populer. Sungai Kapuas ini juga dicatatkan sebagai Sungai terpanjang di Indonesia diantara sungai- sungai di Indonesia lainnya. Berikut adalah beberapa informasi menarik mengenai Sungai Kapuas ini :

  • Sungai ini memiliki panjang 1.178 kilometer. Ukuran yang segitu termasuk ukuran sangat panjang bagi sebuah Sungai.
  • Sungai ini memiliki sumber aliran dari Pegunungan Muller dan bermuara di Selat Karimata.
  • Sungai Kapuas ini dijadikan sebagai sumber mata air bagi penduduk di sekitarnya.
  • Sungai ini juga dimanfaat masyarakat sekititar sebagai sarana transportasi untuk pergi ke tempat lain. Dan juga untuk mengangkut berbagai macam barang dagangan untuk dapat dipindahkan ke tempat lainnya.

Sungai Kapuas memiliki nama lain yaitu Sungai Lawai dan juga termasuk melegenda. Penduduk yang tinggal di sekitar Sungai tersebut adalah penduduk Suku Dayak dan Melayu. Penduduk suku ini bertempat tinggal di sepanjang aliran Sungai ini.

2. Sungai Terpanjang di Indonesia Mahakam

sungai terpanjang di Indonesia Mahakam

Untuk urutan yang kedua kali ini adalah Sungai Mahakam. Sungai ini berada di wilayah pulau Kalimantan sama seperti dengan Sungai Kapuas, lebih tepatnya di wilayah Kalimantan Timur.

Sungai ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat di sekitar untuk berbagai keperluan maupun kebutuhan hidupnya. Berikut beberapa manfaat Sungai Mahakam bagi masyarakat :

  • Dijadikan sebagai irigasi atau pengairan.
  • Dijadikan sebagai tempat budidaya tanaman dan ternak binatang.
  • Dijadikan sebagai sarana transportasi, untuk mengangkut barang- barang dagangan. Selain itu juga digunakan untuk pergi dari satu daerah ke daerah lainnya yang bisa dijangkau dengan kapal atau sejenisnya.

3. Sungai Batanghari

sungai terpanjang di Indonesia batanghari

Sebenarnya Sungai ini peran dan karakteristiknya hampir sama dengan kedua Sungai diatas. Sungai ini juga dikenal banyak masyarakat di Indonesia. Letak Sungai Batanghari ini terletak di Pulau Sumatera.

Sungai Batanghari mempunyai panjang sekitar 800 Kilometer, serta berhulu dari mata air Gunung Rasan dan bermuara di Laut Cina Selatan. Sungai ini juga terbentang dan alirannya melewati Provinsi Jambi dan Sumatera Barat.

Sungai Batanghari juga merupakan saksi bisu kemegahan dan kejayaan Kerajaan Sriwijaya di waktu itu. Pun, Sungai ini termasuk Sungai yang indah dan berpotensi dijadikan sebagai “River Cruise” atau Pesiar Sungai.

4. Sungai Terpanjang di Indonesia Barito

Sungai  terpanjang di Indonesia barito

Sungai Barito merupakan salah satu Sungai yang paling penting di Indonesia. Sama halnya dengan Sungai Mahakam dan Sungai Kapuas, Sungai ini juga terletak di pulau Kalimantan, lebih tepatnya di Kalimantan Tengah.

Barito ini juga merupakan salah satu Sungai yang terkenal, bahkan Sungai ini juga dikenal dengan nama Sungai Cina dan Sungai Banjar. Berikut ini merupakan fakta menarik tentang sungai ini :

  • Menjadi tempat untuk transaksi jual beli masyarakat yang dilakukan di Pasar Terapung. Yang mana kegiatan jual beli dilakukan di atas perahu- perahu yang mengapung di Sungai tersebut.
  • Aliran Sungai Barito mempunyai cabang sehingga dapat dikatakan bahwa Sungai Barito ini adalah hasil gabungan dari beberapa Sungai yang sebelumnya sudah ada.
  • Air di Sungai ini tampak berwarna coklat karena mangandung banyak lumpur didalamnya.

5. Sungai Musi

Sungai  terpanjang di Indonesia musi

Sungai ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga, apabila mendengar nama sungai Musi. Sungai ini merupakan sebagai ikon Kota Palembang, yang mana sering sekali kita jumpai bersama dengan Jembatan Ampera.

Sungai ini memiliki nama lain, yaitu Sungai Batanghari Sembilan (yang memiliki makna sembilan Sungai besar). Berikut ini Informasi menarik terkait Sungai Musi :

  • Mempunyai Panjang Sungai mencapai 750 kilometer.
  • Sungai ini berhulu di Kepahiang dan bermuara di Selat Bangka.
  • Sungai ini menjadi ikon Kota Palembang dan juga sebagai tempat nongkrong favorit untuk menikmati indahnya pemandangan Kota Palembang.

6. Sungai Bengawan Solo

Sungai  terpanjang di Indonesia bangawan solo

Nah, sungai selanjutnya ini juga tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Siapa sih yang gak kenal dengan Sungai Benawan Solo? Sungai ini sudah dikenal diseluruh mancanegara, dan bahkan ada bebrapa Musisi yang menciptakan lagu tentang Sungai Benawan Solo. Berikut ini Informasi dan fakta menarik dari sungai ini :

  • Sungai ini memiliki panjang 548 Kilometer, berhulu dari Pegunungan Kidul di Wonogiri dan bermuara di Gresik, Jawa Timur.
  • Daerah-daerah yang dialiri Sungai ini adalah Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, Pacitan, Sragen, Ngawi, Blora, Magetan, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, dan muaranya di Gresik.
  • Sungai Bengawan Solo hingga sampai dikagumi oleh para Seniman, dan dibuat menjadi lagu kroncong yang berjudul “Bengawan Solo”.

7. Sungai Terpanjang di Indonesia Mamberamo

Sungai  terpanjang di Indonesia Mamberamo

Sungai Mamberamo ini merupakan Sungai yang paling panjang di wilayah Papua. Aliran Sungai ini nampak sangat indah pemandangannya, karena di sekitar Sungai terdapat poho-pohon dan tanaman hijau-hijauan. Berikut ini Informasi dan fakta menarik dari sungai ini :

  • Sungai ini memiliki panjang 670 Kilometer, dan terletak di Kabupaten Sarmi, Papua.
  • Sungai ini adalah di juluki Sungai istimewa, karena berpotensi sebagai penghasil listrik yang besar untuk Indonesia. Selain itu, Sungai ini berpotensi menghasilkan bio etanol yang sangat banyak.
  • Kondisi geologis Sungai ini kaya akan bahan- bahan galian. Maka dari itulah, sungai ini dinamakan atau di juluki sebagai Sungai Amazon di Indonesia.
  • Beberapa bahan galian yang terkandung di Sungai Mamberamo adalah antara lain: emas, bauksit, tembaga, dan nikel.

8. Sungai Terpanjang di Indonesia Digul

Sungai  terpanjang di Indonesia digul

Sungai ini juga letaknya sama dengan Sungai Mambero yaitu di pulau Papua. Berikut ini Informasi dan fakta menarik dari Sungai ini :

  • Mempunyai panjang mencapai 526 Kilometer.
  • Sungai ini berhulu di Pegunungan Maoke dan bermuara di Laut Arafuru.
  • Daerah dan wilayah yang di aliri Sungai ini, yaitu Kabupaten di Papua, yakni Asmat, Jayawijaya, Lanny Jaya, Boven, Digeol, Mappi, K Merauke, Nduga, dan Yahukimo.
  • Sungai Digul bentuknya berkelok-kelok dinamis menyerupai gerakan ular. Tanaman yang ditanam di sekitar Sungai ini pasti akan tumbuh cepat, karena tanahnya subur dan hijau. Dan tak heran jika banyak perumahan penduduk yang berada di sekitaran sungai tesebut.

9. Sungai Terpanjang di Indonesia Indragiri

Sungai  terpanjang di Indonesia Indragiri

Sungai Indragiri terletak di provinsi Riau dan masuk dalam wilayah Pulau Sumatera. Berikut adalah informasi dan fakta seputar sungai ini:

  • Panjang sungai ini sekitar 500 Kilometer.
  • Air Sungai ini berasal dari dua sungai yakni sungai Sinamar dan Sungai Ombilin, bermuara di Selat Malaka.
  • Memiliki air yang sangat jernih sehingga banyak dimanfaatkan warga untuk sumber air irigasi.
  • Banyak terdapat pepohonan hijau tinggi yang menambah keasrian wilayah Sungai Indragiri ini.

10. Sungai Seruyan

Sungai  terpanjang di Indonesia seruyan

Untuk urutan yang kesepuluh Sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai Seruyan. Sungai ini terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Berikut ini Informasi dan fakta menarik dari sungai ini :

  • Memiliki Panjang sekitar 350 Kilometer.
  • Sungai ini Bermuara di Laut Jawa, dan memiliki kedalaman sekitar 6 meter dan lebar 300 meter.
  • Sungai ini perannya sama dengan sungai Kapuas dan Mahakam, yaitu sama-sama dimanfaat masyarakat sekitar sebagai sarana transportasi untuk pergi ke tempat lain. Dan juga untuk mengangkut berbagai macam barang dagangan untuk dapat dipindahkan ke tempat lainnya.

11. Sungai Brantas

Sungai  terpanjang di Indonesia Brantas

Sungai ini merupakan Sungai yang terpanjang nomor dua di Pulau Jawa setelah Sungai Benawan Solo. Sungai Brantas terletak di Provinsi Jawa Tengah. Berikut adalah informasi dan fakta seputar sungai ini :

  • Memiliki Panjang sekitar 320 Kilometer.
  • Sungai ini berhulu di Desa Smber Brantas kecamatan Bumiaji, Kota Baru, dan airnya berasal dari simpanan air Gunung Arjuno.
  • Alirannya menembus beberapa wilayah yang ada di Provinsi Jawa Timur, meliputi Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Jombang, dan Mojokerto.

12. Sungai Terpanjang di Indonesia Krueng Aceh

Sungai  terpanjang di Indonesia Krueng

Sungai yang terpanjang di Indonesia ini salah satunya ada di Provinsi Aceh, untuk lebih jelasnya mengenai Informasi dan beberapa fakta menarik, simak baik-baik ulasannya sebagai berikut :

  • Memiliki panjang sekitar 145 Kilometer.
  • Berhulu di pegunungan Aceh Besar dan bermuara di Selat Malaka.
  • Sungai ini mengaliri sebagian besar wilayah persawahan di daerah Banda Aceh dan Aceh Besar.
  • Mempunyai bentuk sungai yang indah dan terlihat lurus, sehingga tampak lebih menarik dari bentuk Sungai kebanyakan.
  • Di sisi kanan dan kiri Sungai terdapat tumbuhan hijau yang menambah keasrian daerah sekitarnya.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Sungai terpanjang di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang akan kaya alamnya. Maka dari itu, Kita sebagai generasi negara harus menjaga dan merawat alam yang ada di Negara Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua, dan bisa lebih cinta lagi terhadap alam.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.