Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

Dalam permainan bola voli, ada beberapa aspek dan komponen yang sangat penting kaitannya satu sama lain. Salah satu aspek penting yang saling berkaitan dalam permainan bola voli adalah pemain, net dan ukuran lapangan bola voli.

Ukuran lapangan bola voli adalah hal yang paling diperhatikan sebelum permainan bola voli dalam permainan biasa atau pertandingan bola voli dilakukan. Karena itu lapangan bola voli dan ukurannya yang tepat penting diukur sebelum permainan dilakukan.

Ukuran Lapangan Bola Voli Secara Lengkap

ukuran lapangan bola voli adalah

Ukuran lapangan bola voli untuk pertandingan dan permainan memang biasanya dibuat berbeda. Untuk permainan, ukuran lapangannya menggunakan ukuran lapangan bola voli mini. Secara umum ukuran lapangan bola voli yaitu 18 x 9 meter.

Ukuran ini merupakan ukuran umum yang sudah menjadi patokan, acuan dan standarisasi ukuran dalam permainan bola voli baik secara nasional atau secara internasional. Sehingga sebenarnya tidak ada bedanya dalam ukuran lapangan bola voli yang ada di Indonesia dan yang ada di luar negeri sekalipun.

Memang untuk lebih jelasnya, gambar ukuran lapangan beserta keterangannya sangat penting diperhatikan. Dari gambar tersebut akan Anda temukan kesimpulan mengenai lebar, panjang dan juga luas lapangan bola voli.

Ukuran dari net bola voli untuk lapangan bola putera dan puteri juga Anda perlu perhatikan, ukuran atau diameter bola voli dan juga ketentuan tentang posisi serta jumlah pemain bola voli didalam sebuah lapangan bola voli.

Pengertian serta Sejarah Lapangan Bola Voli

ukuran lapangan bola voli mini

Olahraga bola voli diberi nama Mintonette. Olahraga yang satu ini merupakan jenis olahraga yang ditemukan oleh William G. Morgan yaitu seorang instruktur pendidikan jasmani pada tanggal 9 Februari 1985 di Holyoke, Massachusetts Amerika Serikat.

Olahraga yang satu ini sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengombinasikan beberapa jenis permainan.

Mintonette diciptakan dengan mengadopsi sebanyak empat karakter olahraga permainan agar menjadi satu yaitu bola basket, tenis, baseball dan yang terakhir adalah bola tangan atau yang sering disebut dengan handball.

Kemudian di tahun 1896 nama Mintonette diubah menjadi voley ball atau bola voli. Kemudian di tahun tersebut demonstrasi pertandingan pertama bola voli turut diselenggarakan di International YMCA Training School.

Ada beberapa standar bola yang ditetapkan dan harus memenuhi beberapa syarat berikut ini, diantaranya :

• Berbentuk bulat
• Terbuat dari kulit lunak atau bahan sintetis
• Diameter pada bola voli yakni sebesar 65 – 67 cm dengan massa bola seberat 260 – 280 gram
• Warna pada bola harus memiliki kombinasi

Dalam permainan bola voli cara menghitung angkanya atau cara penilaiannya sebagai berikut ini :

  • Jika pihak musuh bisa memasukkan bola ke dalam daerah kita maka kita nantinya akan kehilangan bola dan musuh harus mendapatkan nilai
  • Serve yang kita lakukan juga harus dapat melewati bagian net dan kemudian masuk ke daerah musuh. Jika tidak, tentu saja musuh akan mendapatkan nilai tersebut.
  • Tim yang menang adalah tim yang mendapatkan angka 25 lebih dulu.

Ada beberapa teknik dasar dalam permainan bola voli yang Anda harus kuasai, diantaranya yaitu :

Service

lapangan bola voli beserta keterangannya

Teknik service merupakan suatu teknik dasar dari permainan bola yang harus dipelajari untuk Anda yang notabennya merupakan seseorang yang awam dalam permainan bola voli. Jika Anda masih belum paham apa service sebenarnya, service sebenarnya adalah suatu teknik dalam memukul bola voli.

Pukulan tersebut harus melewati bagian net menuju ke area tim lawan, menuju ke area yang kosong atau mengarah pada pemain lawan yang terlihat kurang piawai sehingga pihak lawan tidak mampu menguasai bola yang datang.

Tim Anda juga yang akan menjatuhkan bola di daerah lawan dan akan mendapatkan beberapa poin tambahan. Teknik service yang semacam ini dijalankan ketika Anda dan tim sudah berhasil mendapatkan berbagai macam poin.

Teknik passing

Yand dimaksud dengan teknik passing adalah suatu teknik dimana pemain bola voli memberikan bola kepada teman yang berada didalam timnya dengan menggunakan suatu teknik tertentu untuk membuat suatu perencanaan strategi penyerangan atas lawannya.

Dalam permainan bola voli sendiri, supaya penyerangan yang diluncurkan dapat berhasil serta menghasilkan suatu poin terbaik maka tentu saja teknik dasar permainan passing harus turut dikuasai agar bisa dijalankan dengan pas dan setepat mungkin.

Teknik smash

Teknik dasar ini adalah suatu bentuk pukulan yang ketiga. Didalam pola permainannya, urutan yang pertama dalam menerima bola voli adalah hal pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan passing bawah. Kemudian bola yang kedua menggunakan passing atas dan yang terakhir adalah dengan melakukan teknik smash.

Biasanya spiker atau pemain penyerang adalah orang yang memiliki postur tubuh tinggi dan memiliki suatu kemampuan lompatan yang paling tinggi. Hal ini tentu saja berperan besar ketika smash berlangsung.

Salah satu pemain harus membuat suatu lompatan kemudian memukul bola di bagian puncak ketinggian dengan sekuat mungkin. Spike atau smash ini dalam tata laksananya harus menghasilkan serangan yang sangat menukik dan keras.

Hal tersebut tentu menjadi suatu aspek yang sangat penting supaya pemain lawan tidak mampu dalam mengimbangi dan membuat tim Anda mendapatkan tambahan poin.

Blocking

ukuran lapangan bola voli yaitu

Teknik yang satu ini dilakukan dengan tujuan agar mampu menahan atau mencegah terjadinya serangan dari tim lawan kepada tim Anda. Untuk pertahanan sendiri, Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan kedua tangan secara bersamaan bersama lompatan yang cukup tinggi.

Setelah itu Anda perlu tahan bola agar tidak bisa masuk ke dalam area tim Anda. Peran teknik ini cukup penting karena masing – masing pemain yang ingin menahan suatu serangan perlu menguasai teknik block dengan baik dan tepat.

Ukuran Lapangan Bola Voli

lapangan bola voli dan ukurannya

Tidak ada perbedaan pada ukuran lapangan bola voli digunakan dalam standar nasional dan internasional. Sehingga tak ada lagi yang namanya perbedaan antara ukuran lapangan bola voli putra dan putri yang terdapat di Indonesia dan yang terdapat di luar negeri. Hal tersebut karena keduanya memiliki standar dan ketentuan yang sama.

Penjelasan Ukuran Lapangan Bola Voli

ukuran lapangan bola voli plastik

Mengenai bagaimana penjelasan ukuran lapangan bola voli beserta keterangannya sebagai berikut :
• Panjang lapangan bola voli adalah sebesar 18 meter
• Lebar lapangan bola voli adalah 9 meter
• Panjang garis serang pada lapangan olahraga bola voli mencapai sebesar 3 meter
• Area servis lapangan bola voli adalah 3 meter
• Lebar garis dalam lapangan bola voli adalah 5 sentimeter
• Luas lapangan bola voli adalah 162 meter (18 meter x 9 meter)

Ukuran Net Bola Voli

Mengenai penjelasan dari ukuran net dalam permainan bola voli baik untuk putera atau puteri :

• Untuk tim putra, tinggi net bola voli mencapai sebesar 2,43 meter
• Untuk tim putri, tinggi net bola voli sebesar 2,24 meter
• Lebar net bola voli sebesar 1 meter
• Panjang net bola voli sebesar 9 meter
• Tinggi tiang net bola voli mencapai 2,55 meter
• Jarak antara tiang net dengan garis tepi atau samping lapangan sebesar 0,5 – 1 meter
• Tinggi antenna pada net bola voli sebesar 80 cm diatas net
• Pita tepian samping net bola voli sebesar 5 cm dengan panjang mencapai 1 meter
• Pita tepian atas net bola voli mencapai 5 cm
• Ukuran mata jala net bola voli dalam bentuk persegi mencapai 10 cm.

Itulah ukuran lapangan bola voli yang Anda harus tahu dan pahami. Secara garis besar ukuran yang ada di Indonesia dan bersifat internasional adalah sama.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.