Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Dalam olahraga bulu tangkis, ukuran lapangan bulu tangkis memiliki standarisasi sendiri yang tentunya berbeda dengan ukuran lapangan dari bidang atau cabang olahraga lain.

Ukuran lapangan bulu tangkis adalah suatu acuan atau standar yang digunakan untuk menentukan ukuran lapangan bagi permainan tersebut. Ukuran tersebut meliputi panjang dan lebar lapangan. Sementara ukuran lebar lapangan bulu tangkis adalah lebar dari lapangan itu sendiri.

Banyak yang mengatakan bahwa ukuran lapangan untuk olahraga bulu tangkis professional dalam konteks nasional dan ukuran lapangan bulu tangkis internasional memiliki beberapa perbedaan. Informasi selengkapnya dapat Anda simak berikut ini!

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

ukuran lapangan bulu tangkis lengkap

Ukuran lapangan bulu tangkis lengkap sebagai berikut ini :

  • Panjang lapangan sebesar 13,40 meter.
  • Luas lapangan sebesar 6,10 meter.
  • Jarak antara garis net sampai dengan garis servis sebesar 1,98 meter.
  • Antara garis servis tengah dengan garis samping lapangan memiliki jarak sebesar 3,05 meter.
  • Garis servis di bagian belakang untuk pertandingan bulu tangkis ganda dengan garis belakang lapangan memiliki ukuran sebesar 0,76 meter.
  • Lebar antara garis di bagian samping untuk permainan bulu tangkis tunggal dengan garis bagian pinggir lapangan sebesar 0,46 meter.
  • Tinggi tiang net sebesar 1,55 meter.
  • Ketinggian net sebesar 1,55 meter.

Ukuran Lapangan Badminton Mini

bentuk lapangan bulu tangkis nasional

Ukuran lapangan bulu tangkis mini adalah lapangan bulu tangkis untuk anak – anak. Selain itu ukuran ini juga sering digunakan sebagai acuan ukuran lapangan badminton kampung. Ukuran lapangan badminton mini atau di kampung sebagai berikut.

Ukuran lapangan bulu tangkis untuk anak – anak dengan usia dibawah 9 tahun meliputi :

  • Panjangnya sebesar 10,05 meter
  • Lebarnya sebesar 4,40 meter

Kemudian untuk anak – anak dengan usia 9 tahun sampai di bawah 12 tahun sebagai berikut :

  • Panjangnya sebesar 11,88 meter
  • Lebarnya mencapai 5,18 meter

Bidang Permainan Bulu Tangkis

ukuran lapangan bulu tangkis internasional

Terdapat lima partai dalam permainan bulu tangkis yang biasa dimainkan yaitu :

Partai tunggal putera

Partai tunggal putera yaitu permainan yang dimainkan oleh seorang pemain putera dengan seorang pemain putera dari lawan. Contoh pemain tunggal putera yang berprestasi di Indonesia adalah Taufik Hidayat.

Partai tunggal puteri

Partai tunggal puteri adalah permainan yang dimainkan oleh seorang pemain puteri dengan seorang pemain puteri dari tim lawan. Contohnya adalah Susi Susanti yang memainkan partai tunggal puteri untuk bulu tangkis Indonesia.

Partai ganda putera

Partai ganda putera adalah permainan yang dimainkan oleh dua orang pemain putera dengan dua orang pemain putera dari tim lawan. Contoh pemain ganda putera di Indonesia adalah Hendra Setiawan dan Muhammad Ahsan.

Partai ganda puteri

Permainan partai ganda puteri dimainkan oleh dua orang pemain puteri dengan dua orang pemain puteri dari tim lawan. Contohnya pemain ganda puteri di Indonesia adalah Greysia Poli dan Nitya Krishinda.

Partai ganda campuran

Partai ganda campuran yaitu permainan yang dimainkan oleh pasangan putera puteri dengan pasangan putera puteri dari tim lawan. Contohnya pemain ganda campuran di Indonesia adalah Tantowi Ahmad dan Lilyana Natsir.

Lapangan Bulu Tangkis Pada Pertandingan Partai Tunggal

ukuran lapangan bulu tangkis adalah

Ukuran lapangan badminton tentunya bisa dilihat dari indicator gambar lapangan bulu tangkis. Ukurannya berbeda pada partai tunggal dan partai ganda. Ukuran lapangan bulu tangkis standar BWF untuk kategori tunggal putra atau putri sebagai berikut :

  • Panjang lapangan sebesar 13,40 meter
  • Panjang lapangan sebesar 4,72 meter
  • Lebar lapangan mencapai 5,18 meter
  • Lebar lapangan permainan penerima servis sebesar 2,59 meter

Lapangan Bulu Tangkis Pada Pertandingan Partai Ganda

Bentuk lapangan bulu tangkis nasional untuk partai ganda sama saja. Mengenai ukurannya untuk partai ganda baik ganda putera, puteri atau campuran sebagai berikut :

  • Lebar lapangan sebesar 6,10 meter
  • Panjang lapangan permainan penerima servis sebesar 3,96 meter
  • Lebar lapangan permainan penerima servis sebesar 3,05 meter

Garis Lapangan Bulu Tangkis Area Servis

gambar lapangan bulu tangkis

Lapangan yang digunakan untuk pertandingan bulu tangkis antara partai ganda dan juga partai tunggal memiliki perbedaan. Didalam permainan bulu tangkis setiap garis lapangan memiliki fungsinya masing – masing.

Garis di bagian samping memiliki 2 garis luar dan dalam kemudian garis belakang juga memiliki sebanyak 2 garis di luar dan dalam. Ukuran tebal garis lapangan badminton di bagian samping dalam dan garis belakang luar digunakan untuk area permainan tunggal.

Sementara garis samping luar dan garis belakang luar untuk area permainan di partai ganda. Bidang area service pada permainan badminton untuk partai tunggal adalah garis samping dalam dan garis belakang luar. Sementara berlaku sebaliknya untuk partai ganda badminton.

Baca : Ukuran Lapangan Futsal

Sejarah Bulu Tangkis Indonesia

ukuran lebar lapangan bulu tangkis adalah

Berbicara tentang sejarah bulu tangkis maka bicara soal waktu. Olahraga bulu tangkis sebenarnya sudah lama dikenal di Indonesia. Diperkirakan bahwa olahraga bulu tangkis dikenal sejak tahun 1930an dan pada waktu itu bernaung di bawah ISI (Ikatan Sport Indonesia).

Kemudian setelah Indonesia merdeka, olahraga bulu tangkis semakin berkembang. Di tahun 1947 di Jakarta didirikan suatu organisasi Bulu Tangkis Nasional yang diberi nama PORI (Persatuan Olahraga Republik Indonesia).

Kemudian di tanggal 5 Mei 1951 dibentuk PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia). Jika kita telisik lebih lanjut, lahirnya PBSI bersamaan dengan revolusi setelah kemerdekaan yang terjadi saat itu. Indonesia pada masanya berusaha keras untuk mengukir prestasi pasca kemerdekaan di tingkat dunia.

Hal tersebut dilakukan generasi penerus bangsa untuk mengokohkan pengenalan negara Indonesia di mata dunia. Hal tersebut mendapat dukungan penuh oleh presiden Soekarno. Adapun sebutan yang ia berikan adalah Nation Building.

Awal Mula Bulu Tangkis Indonesia

tebal garis lapangan badminton

Di awal bulu tangkis dikenal, tidak tanggung – tanggung presiden Soekarno menargetkan menjadi 10 besar negara dengan prestasi olahraga di tingkat Internasional. Kemudian demi menjawab tantangan tersebut, Soekarno mengusahakan agar Indonesia berpartisipasi dalam IBF di tahun 1953.

Harapan Soekarno tampaknya untuk memperkenalkan Indonesia melalui ajang olahraga cukup terjawab pada cabang olahraga ini. Indonesia mengukir kejayaan di tahun 1960 sampai di tahun 1970. Salah satu nama yang terkenal sebagai atlet bulu tangkis yang dimiliki Indonesia adalah Rudy Hartono.

Tidak tanggung – tanggung, nama Rudy Hartono kemudian tercatat di Guinness Book of World Records karena keberhasilannya menjadi pemegang rekor pada kejuaraan bulu tangkis All England pada masanya.

Tercatat juga sebanyak 8 kali Rudy Hartono menyabet juara pada kejuaraan badminton tersebut. Hal tersebut diraihnya secara berturut – turut mulai dari tahun 1967 sampai dengan tahun 1974 dan kemudian menjadi juara kembali tepat di tahun 1976.

Itulah sejarah tentang bulu tangkis di Indonesia dan informasi ukuran lapangan bulu tangkis baik nasional atau internasional yang perlu Anda tahu. Semoga menjadi informasi yang semakin menambah wawasan semua orang.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.