Penjelasang Lengkap Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

Ukuran Lapangan Futsal – Ada banyak sekali orang, khususnya bagi kaum pria yang menggemari jenis olahraga yang satu ini, yakni futsal. Ya, jenis olahraga yang bisa dibilang hampir mirip dengan sepak bola tersebut memang digemari oleh kaum pria. Tetapi demikian, perlu untuk Anda ketahui bahwa antara olahraga sepak bola dan futsal belum bisa dikatakan sebagai olahraga yang kembar 100%, sebab memang ada beberapa perbedaan diantara keduanya.

Perbedaan yang paling mencolok adalah pada ukuran lapangan, dimana ukuran lapangan futsall ini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada ukuran lapangan sepak bola. Ukuran lapangan futsal tampak memiliki luasan lebih kecil sekitar 3 kali lipat dari lapangan sepak bola. Namun untuk mengetahui yang lebih jelasnya, berikut ini akan kami informasikan ukuran lapangan futsal beserta penjelasan lengkapnya.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

ukuran lapangan futsal nasional

Futsal saat ini memang sedang jadi primadona di lingkungan masyarakat, tidak hanya digemari oleh orang dewasa, remaja, tetapi juga anak – anak. Khususnya nih bagi Anda yang suka bermain futsal mungkin saja Anda akan merasakan ukuran lapangan futsal indoor ada yang sama tetapi juga ada yang sedikit berbeda.

Nah, berikut ini adalah contoh ukuran lapangan futsal minimal untuk standar nasional yang harus Anda ketahui.

• Panjang 25 m – 42 m
• Lebar 15 m – 25 m
• Diameter lingkaran tengah 3 m
• Titik pinalty pertama 6 m
• Titik pinalty kedua 10 m
• Jari – jari lingkaran tendangan sudut 25 cm
• Daerah pergantian pemain 5 m

Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

ukuran lapangan futsal indoor

Futsal adalah varian sepak bola yang dimainkan di atas lapangan berukuran kecil, dan biasanya dimainkan di dalam ruangan. Futsal bahkan juga menjadi cabang olahraga berkelompok terbaik yang dimainkan oleh dua tim saling berlawanan. Yang mana dalam setiap timnya terdiri dari 5 pemain futsal, sehingga jika dijumlahkan maka semua pemainnya ada 10 orang.

Cara bermain olahraga jenis satu ini adalah kedua tim harus memperebutkan bola dan mengolahnya menggunakan kakinya lalu dimasukkan ke gawang lawan. Nama futsal sendiri dari istilah internasional yang asalnya dari bahasa Spanyol, yakni “futbol” yang artinya sepak bola dan “sala” yang berarti ruangan. Jadi, apabila digabungkan maknanya menjadi sepak bola di dalam ruangan.

Nah, jika Anda sudah tahu ukuran lapangan futsal nasional, kini saatnya untuk mengetahui ukuran lapangan futsal internasional. Dimana lapangan fustal dengan standar internasional ini memiliki panjang 38 m – 42 m dan lebar 18 m – 25 m.

Gawang Lapangan Futsal

ukuran lapangan futsal minimal

Gawang lapangan futsal ini harus tepat di tengah lebar lapangan futsal. Tujuannya, agar memiliki dua pasangan yang sejajar dan berbentuk vertikal dengan memiliki jarak yang sama. Selain itu pada bagian batang horinzontal, tepatnya di sisi atas nanti akan dihubungkan.

Ukuran gawang futsal ini memiliki diameter 2 meter. Sementara itu untuk ukuran tiang pada lapangan permainan futsal sendiri memiliki panjang sekitar 3 meter.

Tanda Lapangan Futsal

ukuran lapangan futsal anak sd

Selain hal tersebut juga penting sekali untuk Anda tahu bahwa, dalam lapangan futsal ini diharuskan ada garis jelas. Yang nantinya berfungsi sebagai tanda atau pun batasan bidang permainan futsal. Dimana semua garis pada bidang permainan atau olahraga futsal ini harus memiliki lebar sekitar 8 cm.

Sementara itu untuk garis sentuhnya sendiri adalah 2 buah garis yang masing – masing memiliki ukuran lebih panjang. Fungsinya, yakni sebagai pembagi bidang atau pun side line. Bidang dalam permainan futsal sudah terbagi menjadi 2 bagian yang jelas, dimana bagian tersebut dipisahkan oleh garis tengah.

Setidaknya ada titik – titik di bagian tengah – tengah garis lapangan futsal. Sebab jelas lingkaran di bagian tengah lapangan tersebut memiliki radius jarak sekitar 3 meteran.

Penjelasan Daerah Bebas

ukuran lapangan futsal internasional

Sebagai informasi tambahan, futsal merupakan jenis permainan atau olahraga yang muncul pertama kalinya di tahun 1930, tepatnya di Montevideo, Uruguay. Diciptakan oleh Juan Carlo Cerini, salah seorang pelatih sepak bola asal Argentina. Olahraga futsal ini pastinya tidak akan berlangsung tanpa area bermain yang sesuai determinasi dan peraturan yang ada.

Nah, pada lapangan atau area bermain futsal terdapat daerah bebas yang letaknya ada di 5 meter di sekeliling garis tengah lapangan. Yang mana daerah ini harus bebas dari pandangan ke dalam lapangan. Alasanya adalah karena di bagian luar daerah bebas tersebut ada meja wasit ketiga dan pencatat waktu, jarak meja wasit ketiga tersebut minimal 2 meter dari garis tepi lapangan futsal.

Penjelasan Permukaan Lapangan

ukuran lapangan futsal mini

Pada dasarnya setiap jenis olahraga butuh sarana lapangan sebagai tempat berlangsungnya aktifitas. Secara garis besarnya, beberapa jenis olahraga yang butuh sarana lapangan selain futsal adalah basket, tenis, sepakbola, dan badminton. Untuk tiap – tiap jenis lapangan tentu saja memiliki ukuran serta dimensi yang berbeda.

Nah, khususnya pada jenis olahraga futsal umumnya memiliki bidang permukaan lapangan yang harus rata, halus, dan tidak licin. Bahan yang paling dianjurkan untuk lapangan futsal tersebut adalah kayu atau pun parkit. Sangat tidak dianjurkan menggunakan bahan beton dan paving stone.

Pemilihan bahan atau material permukaan lapangan futsal ini bertujuan, tidak lain untuk mengutamakan keselamatan para pemain futsal itu sendiri.

Penjelasan Gawang Futsal

ukuran lapangan futsal rental

Baik itu untuk ukuran gawang futsal biasa atau pun khusus standar interasional pada dasarnya peletakannya harus ditempatkan di bagian tengah garis gawang. Lalu untuk bentuk penampang tiang yang diperbolehkan adalah kotak dan lingkaran. Tetapi demikian bentuk penampang bulat ternyata jadi salah satu yang paling dianjurkan.

Alasannya, selain cukup aman apabila terjadi benturan dan pantulan bola, ternyata penggunaan tiang penampang bulat ini lebih membentuk arah yang akurat. Selain itu penting untuk Anda tahu bahwa jaring gawang umumnya dibuat dari bahan nilon, yang kemudian diikatkan ke tiang dan palang gawang.

Lalu untuk kedalaman gawangnya sendiri adalah sekitar 80 cm untuk bagian atas gawang, dan 100 cm untuk bagian bawah gawang. Gawang pada permainan futsal ini umumnya juga terdiri dari 2 buah tiang sejajar yang menggunakan posisi vertikal dan memiliki jeda sama pada tiap sudut. Pada sisi bagian atasnya sendiri dihubungkan dengan tiang horizontal.

Kemudian jeda pada kedua tiang vertikal atau pun lebar gawangnya adalah 3 meter yang diukur berdasarkan bagian dalam tiang. Juga jeda asal sisi bawah batangan atas ke bagian dasar permukaan lapangan futsal.

Bahkan sering sekali dianggap setinggi gawang, yakni 2 meter yang diukur berdasarkan bagian tiang palang atas gawang ke lantainya. Pada tiang vertikal dan horizontal pada permainan futsal ini biasanya memiliki diameter 8 cm.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang ukuran lapangan futsal beserta penjelasan lengkapnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.