Ukuran Lapangan Sepak Bola

Pada saat akan melakukan pertandingan sepak bola, ukuran lapangan sepak bola pastinya memiliki peranan yang cukup penting sekali. Sehingga perlu diatur dalam peraturan sepak bola, baik itu menurut organisasi sepak bola yang ada di Indonesia, atau pun internasional seperti PSSI dan FIFA.

Sebagai salah satu pecinta dan penggemar sepak bola, tentu saja Anda harus tahu berapa ukuran lapangan dalam sepak bola yang benar. Tidak hanya itu saja, kegunaan dan fungsi dari garis – garis yang ada di dalam lapangan maupun di luar lapangan juga penting sekali untuk Anda ketahui. Melalui artikel ini akan kami bagikan informasi tentang ukuran lapangan sepak bola lengkap untuk Anda.

Ukuran Luas Lapangan Sepak Bola Nasional

ukuran lapangan sepak bola mini

Lapangan sepak bola adalah bagian permukaan tanah lapang untuk pertandingan sepak bola, biasanya berupa lapangan rumput sintetis atau pun alami. Pertandingan sepak bola yang diadakan dalam skala dalam negeri biasanya disebut dengan standar nasional. Lapangan yang digunakan biasanya lebih sempit dari lapangan skala internasional.

Ukuran lapangan sepak bola mini ini memang khusus digunakan untuk permainan sepak bola skala nasional. Sebab, memiliki ukuran panjang lapangan pada kisaran antara 90 meter sampai 120 meter. Sementara itu untuk ukuran panjang dan lebarnya sendiri harus memenuhi angka pada kisaran 4 meter sampai 90 meter.

Dimana ukuran ini adalah ketentuan yang sudah diberlakukan sejak lama. Sebagai rinciannya, berikut ukuran dalam lapangan sepak bola nasional yang harus Anda tahu.

• Ukuran 9.15 meter yang digunakan untuk ukuran lingkaran di bagian tengah lapangan sepak bola.
• Ukuran kotak kipernya sendiri ada pada kisaran 18.30 meter x 5.5 meter.
• Kemudian untuk ukuran kotak pinalty-nya sendiri, yang biasanya berada tepat di depan gawang memiliki ukuran 40.3 meter x 16.5 meter.

Ukuran Luas Lapangan Sepak Bola Internasional

ukuran lapangan sepak bola adalah

Lalu untuk ukuran lapangan sepak bola internasional ini sendiri sudah pasti memiliki ukuran yang sedikit lebih luas lagi dari lapangan berskala nasional. Yang demikian tersebut karena permainan sepak bola pada skala ini jauh lebih dibuat menantang dengan ukuran lapangan yang lebih luas lagi.

Sepak bola pada dasarnya merupakan cabang olahraga yang menggunakan bola, biasanya dibuat dari material kulit dan dimainkan dua tim. Untuk masing – masing tim dalam permainan sepak bola ini beranggotakan 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Dan berikut ini adalah beberapa kriteria dari ukuran dalam lapangan sepak bola untuk skala internasional yang penting Anda tahu, diantaranya.

• Ukuran panjang lapangan internasional yang memenuhi kriteria adalah 100 meter hingga 110 meter. Dan dengan memiliki lebar antara 64 meter hingga 75 meter.
• Kemudian untuk ukuran gawang atau yang juga disebut dengan kotak kipernya sendiri, yakni tinggi 2.44 meter dan lebar 7.32 meter.
• Lalu ukuran kota pinalti pada lapangan bola internasional ini ternyata sama dengan lapangan standar nasional, yakni 40.3 meter x 16.5 meter.

Ukuran Panjang Lapangan Sepak Bola Menurut Standart FIFA

ukuran lapangan sepak bola lengkap

Pada dasarnya ukuran standar lapangan yang akan digunakan untuk suatu turnamen maupun pertandingan resmi, tentu saja harus dipenuhi demi terciptanya suatu permainan yang berkualitas. Dan semua wilayah yang ada di dalam garis lapangan pada lapangan merupakan bagian penting dari area permainan.

FIFA atau International Federation of Football Association adalah badan yang berfungsi bersamaan dengan asosiasi regional. Bekerja untuk memantau perkembangan sepak bola dunia. Ke-6 konfederasi yang membentuk FIFA diantaranya.

• AFC (Asia)
• CAD (Afrika)
• CONMEBOL (Amerika Selatan)
• CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia)
• OFC (Oseania)
• UEFA (Eropa)

Dan berikut ini adalah ukuran dalam lapangan sepak bola piala dunia yang harus Anda ketahui.

• Panjang 90 meter – 120 meter
• Lebar 45 meter – 90 meter
• Lingkaran tengah dengan radius 9.5 meter
• Panjang kotak pinalti 40 meter
• Lebar kotak pinalti 16.5 meter
• Jarang tendangan pinalti 11 meter
• Panjang gawang 18.32 meter
• Lebar gawang 5.5 meter
• Tinggi gawang 2.4 meter
• Lebar gawang 7.3 meter

Permukaan Lapangan Sepak Bola

ukuran lapangan sepak bola internasional

Ukuran lapangan bola pada dasarnya memiliki bentuk persegi panjang. Yang mana dibagi menjadi dua bagian yang sama ukurannya. Pada sebuah lapangan biasanya ada 2 buah gawang yang ada di bagian ujung lapangan.

Permukaan lapangan bola inilah biasanya menggunakan rumput alami. Dimana rumput tersebut tumbuh secara alami di atas permukaan tanah, akan tetapi ada pula lapangan yang menggunakan rumput buatan, atau sintetis.

Baca : Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Garis Lingkaran Tengah Lapangan Sepak Bola

ukuran lapangan sepak bola nasional

Dalam sebuah permainan sepak bola, garis di bagian tengah lapangan sepak boa ini pada dasarnya berfungsi untuk membagi lapangan menjadi dua bagian. Dengan memiliki luas yang sama dan berfungsi sebagai batasan area maupun daerah sendiri dengan daerah lawan.

Ada pula garis yang berbentuk lingkaran dan biasnya ada di bagian tengah lapangan. Ukuran dari garis lingkaran tengah lapangan ini berkisar radius 9.15 meter dari titik tengah. Fungsi utama dari garis tengah lapangan tersebut adalah sebagai pembatas permainan lawan.

Misalnya saja saat tendangan kick off dilakukan di awal – awal pertandingan. Pemain lawan atau musuh tidak boleh masuk ke dalam area lingkaran tersebut ketika kick off. Kecuali pemain lawan yang sedang melakukan tendangan.

Ukuran Kotak Pinalty

ukuran lapangan sepak bola penjas

Pada kotak pinalty biasanya ada sebuah titik yang berwarna putih. Fungsinya adalah untuk meletakkan bola ketika pemain mengeksekusi tendangan pinalty. Tendangan pinalty ini biasanya disebabkan karena terjadi sebuah pelanggaran di area pinalty.

Selain itu, jarak titik putih tersebut berjarak sekitar 11 meter dari garis gawang, sehingga ada istilah tendangan 12 pas pada permainan ini. Apabila memang ada pemain yang melakukan pelanggaran di area pinlaty tersebut, maka pemain bertahan itu akan mendapat hukuman tendangan pinalty.

Garis kotak pinalty memiliki fungsi sebagai batas seorang kiper diperbolehkan untuk menyentuh atau pun memegang bola. Kotak pinalty ini memiliki luasan yang berbentuk persegi panjang, dengan panjang berukuran sekitar 40 meter dengan lebar 16 meter. Oleh karenanya, kotak pinalty juga sering disebut dengan nama kotak 16.

Ukuran Gawang Sepak Bola

ukuran lapangan sepak bola piala dunia

Area gol ada pada garis yang biasanya disebut dengan area penjaga gawang. Dimana area ini memiliki bentuk persegi panjang, mirip sekali seperti kotak pinalty, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Ukuran gawang sepak bola biasanya memiliki panjang 18 meter dan dengan lebar 5.5 meter.

Nah, itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan tentang ukuran lapangan sepak bola lengkap. Dengan informasi di atas, maka diharapkan agar bisa menambah wawasan serta pengetahuan Anda tentang dunia sepak bola lebih banyak lagi. Dan semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.